Sunshine City Ikebukuro

Home / Aquarium / Sunshine City Ikebukuro
Item image

Siapa yang tidak mengenal kawasan Shibuya, Shinjuku, Ginza, Asakusa atau Harajuku? Nama-nama tempat di atas hampir selalu menghiasi daftar itinerary liburan atau kunjungan kita di Tokyo Jepang. Tempat-tempat tersebut menawarkan liburan lengkap di Tokyo, mulai dari cuci mata dengan barang-barang merek dunia dan elektronik terbaru, bangunan dan taman yang indah, dengan atraksi dan pemandangan yang tidak dapat kita jumpai di tempat lain. Salah satu yang sering terlewat oleh para wisatawan dari Indonesia adalah area Ikebukuro. Memang harus diakui, promosi wilayah Ikebukuro ini tidak segencar Ginza, Roppongi, atau Shinjuku yang sudah begitu terkenal dan penuh dengan wisatawan. Namun jangan salah, Ikebukuro punya tempat wisata yang keren dan lengkap juga, salah satunya Sunshine City Ikebukuro. Akhir Juni kemarin saya berkesempatan mengunjungi Observatorium Sunshine City, ini dia ceritanya.

Kegiatan Seru di Ikebukuro

1. Belanja di Mal Sunshine City

Saat mulai dibuka untuk umum di tahun 1978, kompleks bangunan Mal Sunshine City Ikebukuro menjadi bangunan tertinggi di Tokyo dan di Asia. Bangunan dengan total 60 lantai ini berdiri setinggi 240 meter dari permukaan tanah. Di dalam kompleks perbelanjaan ini, kita bisa melihat aneka pakaian, tas, aksesoris jam dan perhiasan, hingga perlengkapan olahraga. Para remaja dan pemuda di Jepang biasanya berkeliling di pusat perbelanjaan ALTA yang menyediakan beragam pilihan pakaian, topi, jaket, hingga celana dengan model terkini khusus para remaja. Tempat ini pas banget buat kamu yang pengen update mode terkini apalagi yang suka mode Jepang.

Belanja di Sunshine City Ikebukuro

Belanja di Sunshine City Ikebukuro

2. Observatorium Sunshine 60

Nah, tadi kan udah saya bilang bangunan ada tempat yang bagus untuk menikmati keindahan kota Tokyo. Letaknya ada di lantai paling atas dari bangunan Sunshine 60. Area observasi ada di lantai 60 dengan ketinggian 251 meter. Karena tidak ada bangunan tinggi di sekeliling Sunshine 60 ini, sehingga kita bisa menikmati pemandangan full 360 derajat mulai dari Tokyo Skytree, Odaiba dan Teluk Tokyo, hingga Gunung Fuji.

Lantai observasi ini dikenal dengan Sky Circus, dan menjadi area bermain dan atraksi tertinggi yang ada di Jepang. Di sini, kita bisa menikmati beragam atraksi berupa iluminasi di Kaleido Scape, suasana berkemah dengan latar belakang awan di Circus Tent, hingga berjalan di atas Sky Bridge yang memacu adrenalin. Selain itu, kita juga bisa makan siang atau makan malam sambil menikmati pemandangan kota Tokyo di cafe Quu.

Tiket masuk Sky Circus adalah 1800 yen untuk orang dewasa, 1500 yen untuk pelajar dan mahasiswa, 900 yen untuk anak-anak, dan 1500 yen untuk warga senior berusia di atas 65 tahun.

Siang hari dari Sunshine City Ikebukuro

Siang hari dari Sunshine City Ikebukuro

3. Melihat beragam hewan laut di Sunshine Akuarium

Sunshine Akuarium terletak di puncak bangunan World Import Mart di area Sunshine City. Sejak dipugar dan dibuka kembali di tahun 2011, akuarium ini menjadi tempat wisata favorit di Ikebukuro, dengan salah satu atraksi favoritnya yakni Marine Garden Sky Journey. Di sini, kita bisa melihat burung pelikan, berang-berang, dan singa laut yang berenang di atas kepala kita dengan latar belakang langit biru dan bangunan Sunshine 60 yang menjulang tinggi. Melihatnya dari bawah saat atraksi makan, kita seakan-akan melihat singa laut dan berang-berang ini terbang di “langit” dan berburu makanan.

Belum puas? Di area lantai 1 dan 2, kita bisa melihat beraneka spesies ikan dan hewan laut, seperti penguin, ubur-ubur, kura-kura, ikan mola-mola (spesies asli perairan Bali dan Lombok), ikan pari, ikan badut, hingga pertunjukan singa laut. Masih ada juga atraksi “feeding time” atau pemberian makan, di mana kita bisa melihat perangai dan tingkah laku hewan dengan lebih dekat saat mereka makan.

Akuarium unik di Sunshine City Ikebukuro

Akuarium unik di Sunshine City Ikebukuro

4. Berkunjung ke Planetarium Manten

Buat penyuka pengetahuan luar angkasa, Planetarium Manten yang ada di kawasan Sunshine City ini bisa masuk ke daftar itinerary kamu. Perusahaan printer sekaligus sistem simulasi Konica Minolta Jepang berhasil membuat planetarium megah dengan detail angkasa luar yang mengesankan. Selain melihat presentasi dan film-film yang berkaitan dengan penelitian luar angkasa, teman-teman juga bisa membeli beragam oleh-oleh unik bertema angkasa luar, seperti tas atau gantungan kunci berbentuk bintang.

Planetarium Manten di Sunshine City Ikebukuro

Planetarium Manten di Sunshine City Ikebukuro

5. Beli beragam oleh-oleh bertema Pokemon di Pokemon Center

Pokemon Center Mega Tokyo ada di Sunshine City Ikebukuro. Teman-teman pasti mudah menemukannya karena ada patung Mewtwo, Charizard, dan juga Mega Lucario. Tempat ini bisa jadi alternatif buat teman-teman yang tidak sempat mengunjungi Akihabara, tempat berkumpulnya para pecinta anime dan manga. Di Pokemon Center ini, kita bisa menemukan aneka aneka suvenir bertema pokemon, mulai dari jaket hoodie, kaos, gelas maupun tempat makan, kartu, hingga video game.

6. Bermain di J-World Tokyo

Buat kamu pecinta anime dan manga Jepang, jangan lewatkan Taman Bermain J-World Tokyo. Di taman bermain ini, kita akan diajak masuk ke dalam dunia cerita Naruto, Dragon Ball, dan juga One-Piece, komik Jepang yang terkenal di dunia. Ada beragam wahana permainan interaktif, tokoh-tokoh kartun sesuai ukuran aslinya, bahkan menu-menu makanan yang sama persis dengan yang ada di komik. Waah! keren-keren deh! Teman-teman bisa membeli tiket masuk J-World Tokyo melalui website J-World Tokyo.

Akses ke Sunshine City Ikebukuro

Dari Stasiun Shinjuku (ongkos tiket 160 yen, selama 9-10 menit) atau Stasiun Tokyo (ongkos 200 yen selama 25 menit), teman-teman bisa menggunakan kereta JR Yamanote Line dan turun di Stasiun Ikebukuro.

Atau juga bisa naik kereta JR Saikyo selama 9 menit dari Stasiun Shinjuku sampai di Stasiun Ikebukuro.

Dari Stasiun Ikebukuro, kita tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit (300-400 meter) sampai di kompleks bangunan Sunshine City.

Cheap Hotels in Shinjuku [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

City Hotel Lonestar
4 km away
City Hotel Lonestar
from ¥18800/night
Tokyo Business Hotel
4 km away
Tokyo Business Hotel
from ¥12500/night
Shinjuku Kuyakusho-mae Ca
4 km away
from ¥4500/night
Hotel Wing International
5 km away
Hotel Wing International Premium Tokyo
from ¥20300/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Staffan Asami, Erica Rivera, Laura Tomàs Avellana, Dick Thomas Johnson, jamesjustin


Recommended for you


Last modified: June 27, 2017 by

Close Comments

Comments (14)

  1. met siang pak nugroho, mau tanya kl kami menginap di ikebukuro dan akan jalan ke lokasi berikut :
    * Asakusa , Imperial Palace, Shibuya ——Tokyo Metro Ticket 24 Jam
    * Miraikan , Tsukiji market, harajuku , Meiji Jingu ——- Tokunai Pass

    Apakah urutan destinasi sudah benar? dan pemakaian tiket terusan sdh benar.

    Terimakasih sebelumnya

  2. Selamat pagi Pak Nugroho,

    Mohon informasi saya akan tiba di Haneda AIrport tanggal 24 Juni 2017 pukul 22.30 naik AirAsia. Saya sudah jaga jaga booking di dua hotel :
    1. Hotel Villa Fontaine Tokyo-Nihombashi Hakozaki
    2. Sunshine City Prince Hotel di Toshima-ku, Higashiikebukuro, Tokyo
    Menurut bapak untuk transportasi malam (baik kereta / monorail / bus) lebih mudah untuk menjangkau hotel yang mana ya Pak?
    Atau lebih baik saya menginap di hotel dekat bandara saja dikarenakan saya harus mengaktifkan JR Pass juga untuk besok paginya supaya lebih mudah.

    Kemudian saya ingin bertanya lagi untuk cuaca 24 Juni – 30 Juni apakah sudah memasuki musim panas? Kira kira cuaca sepanas Jakarta kah? Atau masih ada kemungkinan hujan? Karena ingin menentukan pakaian yang digunakan.

    Mohon infonya Pak. Terima kasih Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk ke Hotel Villa Fontaine Tokyo-Nihombashi Hakozaki, kereta terakhir adalah pukul 11.38 dengan kereta Keikyu Line, sedangkan untuk Sunshine City Prince Hotel kereta terakhir adalah 12.08 dengan Tokyo Monorail. Llau kalau ingin menukar JR PASS, maka lebih baik di Sunshine City Prince Hotel, karena dekat dengan stasiun JR Ikebukuro Line tempat menukar JR PASS. Lalu tanggal 24-30 Juni, masuk ke musim hujan ibu, dan suhunya sekitar 25-30 derajat celcius dengan kelembaban tinggi, lebih tinggi daripada Jakarta. Salam

  3. ratu Irni Herliani  |  

    Siang pak.
    Mau tanya..saya dan keluarga akan k jepang via haneda…tiba 22.30…apartment yg kami booking adalah di daerah toshima…
    Yg ingin ditanyakan ..jam brp kereta terakhir dr haneda..kemudian kereta apa yg dipergunakan sampai ke toshima/station ikebukoro..dan brp estimasi harga tiket nya per orang..trima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kereta terakhir supaya bisa sampai ke Ikebukuro station adalah pukul 00.01 dari Haneda Airport.
      Ibu bisa naik kereta Keikyu sampai Shinagawa, dan kemudian berganti JR Yamanote Line sampai Ikebukuro Station.
      Tiba pukul 01.09 di Ikebukuro Station. Ongkosnya 670 yen. Salam

  4. Halo pak, saya rencana dari osaka berangkat dengan bus malam. Perhentian shinjuku station sudah habis, yang ada tinggal ikebukuro dan osaka. Kira2 yg paling dekat ke tokyo apa ya pak? Thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, bisa ke Ikebukuro atau Osaki Station. Keduanya berada di pusat kota Tokyo, dan berada di jalur kereta Yamanote Line yang menghubungkan Shinjuku, Shibuya, dan Tokyo Station juga. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta Shonan Shinjuku Line dari Ikebukuro sampai ke Odawara Station (seluruh ongkosnya tercover oleh JR Tokyo Wide Pass). Kemudian start dari nomor 2. Perjalanan dari nomor 2 tidak tercover JR Tokyo Wide Pass. Salam

  5. Selamat Pagi Pak Nugroho, keluarga saya akan tiba di haneda airport pukul 11.00 malam dan akan naik kereta sampai stasiun oizumi gakuen, (haneda-shinagawa-ikebukuro-oizumi) yang saya tidak mengerti adalah cara pakai mesin penjual tiketnya, apakah bisa dibantu penjelasannya? Terima kasih 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mesinnya seperti mesin tiket di Stasiun kereta di Indonesia. Fina tinggal memasukkan stasiun awal, stasiun tujuan (akhir) dan memasukkan sejumlah uang (kertas/koin). Fina harus membeli tiket 3 kali, masing-masing di Haneda, Shinagawa, dan di Ikebukuro.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!