Jigokudani Monkey Park

Home / Attraction / Jigokudani Monkey Park
Item image

Nama Jigokudani Monkey Park mungkin sudah terkenal di wisatawan Indonesia. Jigokudani Monkey Park atau taman kera Jepang Jigokudani terletak di pedalaman pegunungan Yamanouchi (artinya daerah di dalam gunung dalam bahasa Jepang) di Nagano, tepatnya di kawasan wisata onsen Yudanaka dan Shibu Onsen. Apa yang membuat Jigokudani Monkey Park menjadi sangat terkenal dan membuat banyak wisatawan datang ke tempat ini? Jawabannya adalah pemandangan unik, di mana kera-kera di tempat ini sering masuk dan berendam di suatu kolam pemandian air panas saat musim dingin. Suatu pemandangan unik yang hanya dapat ditemukan di satu tempat di dunia, yakni Jigokudani Monkey Park. Kita dapat melihat pemandangan unik ini dari sebelah luar kolam air panas. Tenang saja, kera-kera ini sangat jinak dan tidak bakal balik mengganggu kita. Apa saja kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Jigokudani Monkey Park? Berikut informasi lengkapnya, plus cara menuju ke tempat ini dari Shirakawago atau Tateyama Kurobe Alpine Route.

Jigokudani Yaen Kouen atau Jigokudani Monkey Park terletak di sebelah utara prefektur Nagano. Jigokudani sendiri berarti lembah neraka, karena adanya sumber air panas yang memancar di wilayah tersebut, yang sering dibilang lubang neraka oleh masyarakat Jepang. Taman yang terkenal akan monyet saljunya ini hanya berjarak 55 menit dengan menggunakan bis ekspres dari Stasiun Nagano, namun dikarenakan tumpukan salju yang lebat, akses menuju pintu masuk taman ini hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki melalui tanjakan curam sepanjang 2 kilometer.

Kegiatan Wisata di Jigokudani Monkey Park

1. Melihat kera yang mandi di dalam kolam air panas

Monyet salju menjadi daya tarik lokasi wisata tersebut karena moyet ini adalah satu-satunya primata yang hidup di daerah beriklim dingin. Uniknya lagi, monyet salju memiliki pemandian air panas pribadi yang digunakan untuk menghangatkan diri. Selain itu, monyet-monyet yang ada di taman ini dibiarkan hidup di alam bebas sehingga para wisatawan dapat mengamati monyet-monyet tersebut dari jarak dekat. Walupun bernama monyet salju, monyet-monyet ini tidak hanya dapat dilihat pada saat musim dingin saja, karena monyet-monyet ini selalu berada di sekitar wilayah tersebut .

Kita dapat segera menuju ke kolam air panas, yang berada tidak jauh dari halte bus Snow Monkey Park (baca informasi tentang akses di bagian bawah). Meskipun Jigokudani Monkey Park buka sepanjang tahun, Tim Infojepang menyarankan untuk datang pada musim dingin saja, dan tidak perlu memaksakan datang selain musim dingin atau kalau tidak punya cukup waktu untuk berlibur. Itu karena pemandangan unik kera di Jigokudani Monkey Park hanya terjadi di musim dingin saja, antara bulan Desember hingga Maret, saat daerah pegunungan Nagano ini diliputi salju tebal. Sedangkan di musim lainnya, walaupun monyet-monyet dapat dijumpai, namun tidak terlalu wah! dibandingkan saat musim dingin.

Di musim semi, anak-anak monyet akan bermain keliling hutan, dan kita tidak bisa menjumpai monyet di pemandian air panas. Begitu pula di musim panas dan musim gugur, saat pohon-pohonan hutan berbuah, maka monyet-monyet akan mencari makan di dalam hutan, untuk menghadapi musim dingin. Makanya kita juga tidak bisa menjumpai monyet di dalam pemandian air panas.

Dalam perjalanan menuju ke kolam air panas, beberapa ekor kera sudah dapat ditemui. Saya sempat mengambil beberapa fotonya meskipun harus menahan dingin. Sampai di kolam air panas, kita dapat mengambil foto kera-kera yang tengah berendam dan menikmati panasnya air, bertahan dari dinginnya suhu di musim dingin. Menurut informasi yang tersedia di pusat informasi, total ada sekitar 200 ekor kera di sini. Kera-kera ini sudah terbiasa dengan manusia. Hanya jangan coba menyentuh atau memberi makan kera-kera ini.

2. Menginap di daerah wisata Yudanaka dan Shibu Onsen

Tim Infojepang sering menyarankan untuk mengambil penginapan satu malam di daerah sekitar. Selain karena akses bus yang terbatas hanya sampai sebelum jam 18.00, pemandangan di tempat ini juga sangat bagus dan sayang kalau dilewatkan. Misalnya saja daerah Shibu Onsen dengan jalanan batu dan bangunan ryokan dari kayu yang sangat bersejarah. Kita juga bisa melihat beberapa tamu yang keluar dari penginapan dengan yukata dan sendal geta, berkeliling melihat pemandangan kota.

Pemandian air panas di daerah ini juga sangat terkenal selama ratusan tahun, menjadi pusat wisata dan melepas penat penduduk lokal. Jigokudani sendiri berarti tebing neraka, karena banyaknya sumber mata air panas dari tempat ini. Dan kalau dilihat dari atas, uap-uap air akan mengepul memenuhi pelosok desa, mirip seperti neraka dalam legenda Jepang.

Kokuya ryokan di dekat Jigokudani Monkey Park

Kokuya ryokan di dekat Jigokudani Monkey Park

Baca juga: Info Wisata di Nagano

3. Bermain Ski di Shiga Kogen

Pilihan lain adalah bermain ski atau salju di Shiga Kogen, resort ski di daerah pegunungan Alpen Nagano. Aksesnya sangat mudah, dapat naik bus dari Nagano Station.

Akses menuju ke Jigokudani Monkey Park

Biaya masuknya adalah 800 yen untuk dewasa dan 400 yen untuk anak-anak. Untuk sampai ke Jigokudani Monkey Park, kita bisa naik Nagaden bus dari Nagano Station ke arah Shiga Kogen atau Hotaru Onsen, dan turun di halte bus Snow Monkey Park.

Bus berangkat dari Nagano Station East Exit pukul 08.15, 9:05, 10:10, 10:15, 11:20, 12:30, 13:05, 14:10, 15:05, 15:20, 17:20, 21:00. Bus tidak perlu reservasi, bisa antri naik bus di halte keberangkatan. Keluar dari Nagano Station dari East Exit dan cari halte dengan plang papan Nagaden Bus. Dari halte bus ini, tinggal jalan kaki sekitar 30-40 menit sampai ke kolam air panas Jigokudani. Ongkos busnya adalah 1.400 yen, dan total ada 4-10 bus per hari yang berangkat PP dari Nagano atau Jigokudani Monkey Park.

Atau bisa juga naik kereta Nagaden Railway dari Nagano Station sampai ke stasiun terakhir Yudanaka sekitar 65 menit perjalanan dengan ongkos 1.160 yen, dilanjutkan degan bus lokal dari Yudanaka Station sampai ke halte Kanbayashi Onsen (perjalanan 10-15 menit, dengan ongkos 310 yen). Dari halte ini bisa jalan 20-30 menit sampai ke kolam air panas Jigokudani Monkey Park.

Dari Tateyama Kurobe Alpen Route atau Shirakawago pertama bisa ke Toyama Station. Kemudian naik Hokuriku Shinkansen sampai ke Nagano Station. Perjalanan ke Jigokudani Monkey Park bisa dilanjutkan seperti tertulis di atas.

Baca juga: Akses Transportasi menuju Nagano

Recommended Hotels in Nagano [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Suwa Lakeside Hotel
83 km away
Suwa Lakeside Hotel
from ‎¥6649/night
1166 Backpackers
26 km away
1166 Backpackers
from ¥2978/night
Hotel Sunroute Ueda
42 km away
Hotel Sunroute Ueda
from ¥6983/night
Zen Hostel
4 km away
from ¥2986/night

Recommended Hotels near Jigokudani Monkey Park [More Hotels]

Hotel Yudanaka
5 km away
from ¥7040/night
Yudanaka Seifuso
5 km away
from ¥8854/night
Ryokan Biyunoyado
4 km away
from ¥8427/night
Zen Hostel
4 km away
from ¥2986/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Resort Ski Fujimi Panoram
94 km away
Ayuk ke Resort Ski Fujimi Panorama
Garyu Park
17 km away
Hanami di Garyu Park Nagano
Jigokudani Monkey Park
0 km away
Kera Jepang di Jigokudani Monkey Park
Kastil Ueda
41 km away
Pintu gerbang Kastil Ueda

Sumber gambar: Flickr Rosario


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (45)

  1. Maaf, saya ada yg kurang mengerti. Di atas tertulis: keluar nagano station, cari plang nagaden. Dari halte itu tinggal jalan kaki 30-40 mnt sampai di jigokudani. Tapi sebelumnya ditulis, dr nagano stasiun naik nagaden bus ke halte snow monkey. Jadi yg jalan 30-40 mnt itu dr mana? Lalu, harga bus/train nya tersebut untuk one way atau pp? Terima kasih

  2. selamat siang pak, saya mau bertanya :
    1. Hokuriku arch pass ini berlaku untuk berapa hari ?
    2. bila saya ingin ke Nagano, tujuan sebenarnya adalah jigokudani monkey park, apakah bisa turun di Nagano lalu lanjut dengan bus ke Jigokudani ?
    3. Kira – kira naik bus apa kalau dari Nagano ?
    4. Lalu bila hari berikutnya saya ingin ke Nara – Kyoto – dan Osaka, apakah saya bisa terus menggunakan Hokuriku Arch Pass tanpa perlu membeli lagi ?
    5. Atau ada alternatif lain yang lebih murah mungkin ?

    terima kasih banyak :)

    • Nugroho Christian  |  

      1. 7 hari berurutan bu, sama dengan JR Pass.
      2. Bisa, Stasiun Nagano masuk area yang tercover dengan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini.
      3. Ada bus lokal bu (tidak perlu reservasi). Ibu bisa baca lengkapnya di tulisan saya tentang jigokudani monkey park
      4. Bisa bu, selama naik kereta JR, ongkosnya tercover dengan pass ini.

    • Luvie Kartika  |  

      Selamat pagi pak,
      terima kasih jawabannya, boleh saya bertanya lagi ?
      di tulisan dengan judul “hitung – hitungan ala tim info Jepang” point 1, menuliskan “…..namun perlu tiket tambahan untuk bisa ke Nagano dari Shinano Omachi” –> ini maksudnya bagaimana ?
      Lalu, jika saya beli Hokuriku Arch Pass ini, bila dari Nagano saya lanjut ke Nara lalu Kyoto dan Osaka, artinya seluruhnya naik Shinkansen ?
      Apakah ada kereta biasa yang melayani jalur Nagano – Nara – Kyoto – Osaka ?
      dan.. apakah Hokuriku Arch Pass ini bisa dipakai selama saya keliling kota Osaka ?
      terima kasih.. maaf pertanyaannya banyak :)

    • Nugroho Christian  |  

      Namun perlu tiket tambahan untuk bisa ke Nagano dari Shinano Omachi, maksudnya kalau ibu menempuh rute perjalanan full Tateyama (start dari Toyama dan berakhir di Shinano-Omachi/ Nagano), ongkos dari Shinano Omachi ke Nagano tidak tercover.
      Ya, ongkos naik kereta Shinkansen, Nagano-Kanazawa, dilanjutkan kereta ekspress Thunderbird ke Stasiun Kyoto. Untuk ke Nara bisa dengan JR Nara Line, dan ke Osaka dengan JR Kyoto Line. Salam.

  3. Malam Pak Nugroho
    Sy ada rencana mau ke Jigokudani tapi rutenya spt ini :
    Dari shirakawa go mau explore ke Matsumoto dulu dan menginap semalam di Matsumoto,naik apa ya pada dari Shirakawa ke Matsumoto? Sy dh browing2 ga nemu.
    Esok hari nya baru ke Jigokudani dari Matsumoto.
    dari Jigokudani langsung menuju Tokyo
    Trimakasih sblmnya

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau ingin naik kereta memang tidak ada rutenya. Harus memutar jauh ke Nagoya atau Tokyo lebih dulu. Ibu bisa naik bus dari Shirakawago ke Takayama dulu, baru kemudian naik bus lagi dari Takayama ke Matsumoto. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa saja bu, namun ibu harus berangkat pagi-pagi sekali dengan limited ekspress Thunderbird ke Kanazawa, dilanjutkan dengan Hokuriku Shinkansen sampai Nagano. Untuk akses transportasinya bisa langsung dilihat di dalam tulisan di atas. Salam.

  4. Malam Pak, mau tanya apakah Jigokudani Noboribetsu masih bisa dikunjungi pada jam 5.00 sore di awal Desember. Maksud saya apakah area tersebut sudah gelap pada jam 5.00 sore. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Di awal bulan November, matahari terbenam pukul setengah lima sore. Nah, kalau di awal Desember mungkin akan terbenam lebih cepat lagi, sekitar jam 4 sore. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!