Kamikochi Nagano

Home / Nature / Kamikochi Nagano
Item image

Kamikochi Nagano adalah kawasan di kaki pegunungan Alpen Jepang. Letaknya sekitar 50 kilometer di sisi barat Matsumoto di Prefektur Nagano. Kamikochi dikenal sebagai salah satu tempat dengan pemandangan alam terbaik di Jepang, bersama dengan Taman Nasional Daisetsuzan dan lahan basah Kushiro yang ada di Hokkaido. Kondisi alam yang masih terjaga memberikan kita kesempatan untuk menikmati kicauan burung dan monyet yang hidup bebas sambil menyusuri tempat-tempat wisata di sekitarnya. Selain itu, pemandangan di musim gugur di Kamikochi juga menarik ratusan ribu pengunjung yang ingin melihatnya secara langsung. Simak kunjungan saya mengunjungi Kamikochi di Nagano, sebuah surga tersembunyi di utara Tokyo.

Penggunaan nama Alpen pada pegunungan yang ada di Prefektur Nagano dimulai dari pendakian William Gowland di Kamikochi sekitar tahun 1877. Dia menuliskan pengalamannya mendaki Gunung Yarigatake di dalam sebuah majalah berbahasa Inggris yang kemudian menjadi referensi penyebutan hingga hari ini. Deretan puncak gunung dalam satu area  dengan puncak saljunya membuat William Gowland mengidentikkan wilayah Kamikochi dengan pegunungan Alpen yang ada di Eropa. Mulai dari saat itu, keberadaan Kamikochi mulai dikenal dunia terutama karena keindahan alamnya.

Jembatan Kappa atau Kappabashi adalah jembatan suspensi yang ada di pusat kota Kamikochi. Kappabashi titik awal pendakian favorit wisatawan, di mana kita bisa menemukan banyak hotel, restoran, dan juga toko oleh-oleh di sekitaran Kappabashi. Dari sini, kita bisa mendaki naik dan turun bukit dan menikmati pemandangan lembah dan pegunungan sekitar. Namun jalur ini butuh stamina ekstra, sangat tidak disarankan buat yang sekadar mau jalan-jalan menikmati keindahan alam Jepang.

Menyusuri alam Kamikochi Nagano

Jembatan Kappa (Kappabashi) di Kamikochi Nagano

Kappabashi juga adalah spot favorit menikmati keindahan pemandangan musim gugur di Kamikochi. Di jalur ini kita bisa melihat Kolam Tashiro yang disebut-sebut sebagai salah satu pemandangan terbaik di Kamikochi. Kolam dengan air jernih berwarna biru ini dikelilingi oleh rawa-rawa yang masih alami di mana kita bisa melihat kawanan burung mencari makan. Sayangnya, hampir 80 persen pengunjung hanya berkeliling di Kappabashi, padahal dengan “sedikit” perjalanan kita bisa menikmati pemandangan alam yang lebih keren lagi.

Nah, jalur yang kedua ini yang bisa dicoba oleh para pendaki pemula. Kita akan menyusuri Sungai Azusa, dari Kolam Taisho sampai Jembatan Myojin. Walaupun rutenya mayoritas datar, kita bisa menikmati pemandangan pegunungan Alpen Jepang. Kolam Taisho sendiri adalah kolam yang terbentuk setelah lahar dari letusan Gunung Yakadake di tahun 1915 membendung Sungai Azusa. Di sekitar kolam ini kita bisa melihat sisa-sisa batuan dan pepohonan besar yang terbawa lahar. Setelah menyusuri jalur ini selama 1 jam, kita bisa melihat kolam Myojin. Di sekitaran kolam Myojin kita juga bisa mengunjungi Kuil Hotaka dan restoran Kamonjigoya yang berada di tepi kolam.

Danau di kawasan Kamikochi Nagano

Keindahan Kolam Taisho di Kamikochi Nagano

Kamikochi terkenal luas dengan pemandangan musim gugurnya (sekitar bulan Oktober). Pepohonan yang tumbuh di kaki gunung berpadu indah dengan latar belakang puncak gunung dan pemandangan matahari terbenam.

Pemandangan alam pegunungan Kamikochi Nagano

Pemandangan alam pegunungan Kamikochi Nagano

Informasi mengenai Kamikochi

Suhu di Kamikochi, terutama di awal musim semi, akhir musim gugur, dan musim dingin bisa mencapai di bawah 0 derajat. Oleh karena itu, akses ke Kamikochi ditutup untuk umum pada saat musim dingin (mulai dari tanggal 16 November sampai pertengahan/ akhir Bulan April). Jika teman-teman ingin menyusuri jalur mendaki di Kamikochi bisa menggunakan sepatu olahraga dengan pakaian jaket (tipis-sedang) dan sarung tangan.

Sejak tahun 1975, teman-teman hanya bisa masuk ke Kamikochi dengan menggunakan bus karena mobil pribadi juga tidak boleh masuk ke kawasan Kamikochi.

Akses Menuju Kamikochi Matsumoto

Kamikochi terletak di antara Hida Takayama dan Matsumoto. Untuk mencapainya, kita bisa naik kereta Matsumoto Electric Railway (Matsumoto Denkitetsudo) dari Stasiun Matsumoto sampai Stasiun Shinshimashima. Lama perjalanan sekitar 30 menit. Kemudian berlanjut dengan naik bus selama 60 menit sampai Kamikochi. Tersedia keberangkatan mulai dari jam 05.00 sampai jam 18.00. Kalau teman-teman mau menginap di Kamikochi, ada Hotel Shirakabaso atau Gosenjaku Hotel yang menjadi tempat favorit para pengunjung.

Akses Menuju Matsumoto

1. DARI TOKYO (DENGAN KERETA)

Dari Shinjuku Station naik kereta JR Chuo Line sampai Stasiun Matsumoto melalui Stasiun Takao dan Kofu. Lama perjalanan sekitar 4,5 jam dengan ongkos 4.000 yen.

Atau juga bisa naik kereta Limited Ekspress Super Azusa dari Stasiun Shinjuku sampai Stasiun Matsumoto selama 2,5 jam dengan ongkos 6.380 yen.

Selain itu teman-teman juga bisa naik kereta Shinkansen Hakutaka/ Asama dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Nagano sekitar 100 menit dengan ongkos tiket 7.680 yen. Kemudian dari Nagano, bisa lanjut naik kereta limited express Wide View Shinano selama 50 menit dengan ongkos tiket 2.320 yen.

2. DARI TOKYO (DENGAN BUS)

Selain itu tersedia bus cepat Keio (Keio Highway Bus) dari terminal bus Stasiun Shinjuku sampai ke Stasiun Matsumoto. Bus ini berangkat setiap jam dengan lama perjalanan sekitar 3 jam dengan harga 3.500 yen untuk sekali perjalanan dan 6.100 yen untuk rute pergi-pulang Shinjuku-Matsumoto. Informasi selengkapnya bisa dilihat di Matsu Moto Shinjuku.

3. DARI NAGANO (DENGAN KERETA)

Buat teman-teman yang berangkat dari Nagano, bisa naik kereta limited express Wide View Shinano dari Stasiun Nagano selama 50 menit dengan ongkos tiket 2.320 yen. Atau Shinonoi Line seharga 1.140 yen namun dengan 80 menit perjalanan sampai Stasiun Matsumoto. Dari Nagano Station, juga tersedia bus ekspress langsung ke Kamikochi dengan durasi perjalanan sekitar 3 jam. Ongkosnya 3400 yen.

4. DARI NAGOYA

Dari Stasiun Nagoya, kita bisa naik kereta JR Limited Express Shinano sampai Stasiun Matsumoto. Lama perjalanannya sekitar 2 jam dengan ongkos 5.510 yen.

5. Dari Takayama atau Hirayu Onsen

Dari Takayama, teman-teman bisa naik bus langsung menuju ke Hirayu Onsen terlebih dahulu. Lama perjalanannya 1 jam dengan ongkos 1.570 yen, dan ada 1 keberangkatan setiap jamnya. Lalu dari Hirayu Onsen, bisa lanjut naik bus ke Kamikochi selama 25 menit, dengan ongkos 1.160 yen.

Cheap Hotels in Matsumoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel New Station
29 km away
Hotel New Station
from ‎¥6444/night
Tabi-shiro
29 km away
tabi-shiro
from ‎¥3682/night
Hotel Trend Matsumoto
29 km away
Hotel Trend Matsumoto
from ‎¥5421/night
Matsumoto BackPackers
29 km away
Matsumoto BackPackers
from ‎¥3171/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Garyu Park
74 km away
Pohon bunga sakura di Garyu Park saat hanami
Danau Shirakoma
69 km away
Danau Shirakoma di pagi hari
Karuizawa Prince Shopping
90 km away
blog-image
Kebun Wasabi Daio
26 km away
Pemandangan Kebun Wasabi Daio Nagano

Sumber gambar : Flickr paiyan-paiyan-paiyan-AmandaFendrick


Recommended for you


Last modified: June 2, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (14)

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk mencapainya, kita bisa naik kereta Matsumoto Electric Railway (Matsumoto Denkitetsudo) dari Stasiun Matsumoto sampai Stasiun Shinshimashima. Lama perjalanan sekitar 30 menit. Kemudian berlanjut dengan naik bus selama 60 menit sampai Kamikochi. Tersedia keberangkatan mulai dari jam 05.00 sampai jam 18.00.

  1. Pak Nugorho, apabila saya dari Fuji kawaguchiko mau ke kamikochi, apakah harus ke Tokyo dahulu atau ada rute lain? Mohon petunjuk untuk akses yang paling baik. Trima kasih banyak atas jawabannya sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta Fujikyu Railway kembali ke Stasiun Otsuki, lalu naik kereta ekspress Azusa/ Kaiji sampai Stasiun Matsumoto. Dari situ, naik kereta Matsumoto Electric Railway ke Shin-Shimashima Station, dan tinggal naik bus ke Kamikochi. Salam.

  2. Selamat Malam Pak Nugroho,
    Sy dan keluarga thn depan rencana ke Jepang lg selama 2 minggu dgn menggunakan JR Pass 14 hari kelas biasa.
    Itinerary sy sbg berikut :
    Day 1 : Arrive Narita Apt. Tokyo – Toyama. Stay at Toyama
    Day 2 : Tateyama Alpen. Stay at Toyama.
    Day 3 : Toyama – Osaka. Stay at Osaka.
    Day 4 : Osaka – Hiroshima. Stay at Hiroshima.
    Day 5 : Hiroshima – Fukuoka. Stay at Fukuoka.
    Day 6 : Fukuoka – Nagasaki. Stay at Fukuoka.
    Day 7 : Fukuoka City Tour. Stay at Fukuoka.
    Day 8 : Fukuoka – Kyoto. Stay at Kyoto.
    Day 9 : Kyoto – Gifu – Gujo Hachiman. Stay at Gifu
    Day 10 : Gifu – Matsumoto. Stay at Matsumoto.
    Day 11 : Kamikochi. Stay at Matsumoto.
    Day 12 : Matsumoto – Tokyo. Stay at Tokyo
    Day 13 : Yokohama. Stay at Tokyo.
    Day 14 : Mt. Takao. Stay at Tokyo
    Day 15 : Tokyo – Narita Apt.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah itinerary saya sudah baik dan maksimal dlm menggunakan JR Pass 14 hari ?
    2. Apakah setiap naik Shinkansen, hrs antri di JR office utk reserve ticket dulu atau lsg menuju gate masuk dgn menunjukkan JR pass dan passport saja?
    Terima kasih banyak pak

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya, sudah oke bu. Sudah akan balik modal.
      2. Untuk naik shinkansen, ibu harus reserve ticket (bisa sekaligus reserved nya, misal Tokyo Toyama, Toyama Osaka, Osaka Hiroshima) dalam 1 hari. Ada baiknya ibu cetak tiket dan rencana jadwalnya, nanti setibanya di Narita atau di Stasiun Tokyo, bisa langsung reserved semuanya. Saat mau masuk, tinggal tunjukkan JR Pass di pintu manual masuk peron saja. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Sebenarnya busnya tidak terlalu ramai, namun ibu bisa memesannya melalui website highwaybus.com atau beli 1-2 hari sebelum keberangkatan di terminal bus di Stasiun Shinjuku.

  3. apakah jalur dari tokyo sampai matsumoto di cover oleh jrpass? untuk ke kamikochi ini, apakah bisa jalan kaki dari stasiun matsumoto? atau harus naik bus/ kendaraan lain?

    terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore dee. Perjalnan kereta ekspress dari Tokyo sampai Matsumoto tercover oleh JR Pass. Sementara dari Matsumoto sampai Kamikochi bisa naik bus yang berangkat tiap sejam sekali (lama perjalanan sekitar 60-90 menit) ongkosnya 2450 yen.
      Salam

    • kalau boleh tau dimana saya bisa melihat jadwal keberangkatan busnya? dan apakah admin punya info tempat menarik yang bisa dikunjungi sekitar shinano-omachi station? terima kasih..

    • Nugroho Christian  |  

      Jadwal keberangkatan busnya bisa dilihat di halaman ini (bahasa Jepang), namanya bus Alpico.
      Sebetulnya di sekitar Shinano Omachi tidak ada objek wisata, sebab letaknya yang berada jauh di pegunungan Alpen Jepang. Mungkin bisa lihat-lihat tempat wisata yang berada satu prefektur yakni objek wisata di Nagano, yang masih satu arah jika kembali ke arah Tokyo atau Gunung Fuji/ Danau Kawaguchiko.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!