Nikko Edomura Edo Wonderland

Home / Amusement Park / Nikko Edomura Edo Wonderland
Item image

Nikko Edomura Edo Wonderland adalah salah satu objek wisata di Jepang di mana kita bisa merasakan “sejarah Jepang” di masa lampau. Kalau di Saitama ada Kawagoe (baca juga: Kisah kunjungan Tim Info Jepang ke Kawagoe), di Tochigi, ada Nikko Edomura. Di sini, kita bisa melihat samurai dengan rambutnya yang khas, orang-orang berpakaian ninja, para geisha, dan gadis-gadis desa yang berkeliling dengan menggunakan kimono! Benar-benar seperti suasana Jepang di masa lampau. Yang lebih spesial lagi, kita bisa berganti kostum dan berkeliling Nikko Edomura dengan pakaian tradisional seperti penduduk Jepang zaman dahulu. Nah, buat kamu yang masih bingung menentukan pilihan tujuan wisata, baca keseruan kisah kami mengunjungi Nikko Edomura berikut ini.

Nikko Edomura ini meliputi area seluas hampir 50 hektar, itulah mengapa disebutkan sebagai Wonderland atau “Taman Impian”. Di sini, kita bisa merasakan sendiri kehidupan di jaman Kekaisaran Edo ratusan tahun yang lalu, mulai dari suasana, bangunan, pekerjaan, hingga kegiatan sehari-hari penduduk Jepang.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Nikko Edomura

1. Berkeliling dengan pakaian tradisional jaman Edo

Begitu membeli tiket dan melintasi pintu masuk, kita seakan-akan dibawa melintasi mesin waktu menuju Jepang di tahun 1800-an, di mana Kekaisaran Edo berada di puncak kejayaannya. Nah, supaya semakin lengkap dan makin seru, kita bisa menyewa pakaian ninja, samurai, putri bangsawan, geisha, atau masyarakat tradisional di jaman Edo di toko Edo Style Kimono & Costumes. Mumpung bisa berkeliling dengan pakaian tradisional Jepang, jangan lupa untuk berfoto-foto juga ya.

Mengenakan pakaian jaman Edo dan berkeliling Nikko Edomura Edo Wonderland

Mengenakan pakaian jaman Edo dan berkeliling Nikko Edomura Edo Wonderland

Untuk bisa mencoba berpakaian tradisional Edo seperti di atas, teman-teman bisa mampir ke Toko Henshin Costume House yang letaknya di seberang area permainan/ kegiatan untuk anak-anak. Ada berbagai pakaian, seperti kostum ninja, geisha, tuan tanah, putri kerajaan, dan juga keluarga bangsawan. Harganya sendiri juga mulai dari 3.900 yen untuk penyewaan sampai jam 3 sore.

2. Ikut serta dalam berbagai kegiatan pekerjaan di jaman Edo

Pada jaman Edo, ada banyak pekerjaan unik yang kini tidak dapat kita temukan lagi di masa sekarang. Nah, Nikko Edomura punya beragam atraksi dan kegiatan di mana kita bisa mencoba langsung pekerjaan di jaman Edo, seperti menjadi ninja, samurai, polisi patroli Okappiki, hingga pasukan pemadam kebakaran Sen-gumi. Kita akan berlatih melemparkan shunken (senjata khas ninja), cara bersembunyi, cara berlari ninja, atau teknik menggunakan samurai.

Nah, itu baru mengenal pekerjaan yang ada di jaman Edo. Kita juga bisa ikut serta dalam kegiatan lainnya seperti membuat Sembei Cracker (cemilan tradisional dari beras yang dipanggang) atau melatih ketangkasan ninja kita di rumah Kai-Kai Ninja dan kemampuan kita memecahkan teka-teki di labirin Ninja Karakuri. Kalau waktunya tepat, kita juga bisa melihat parade orang-orang yang berpakaian jaman Edo dan menari kebudayaan Edo.

3. Berkeliling dan melihat tempat yang hanya ada pada jaman Edo

Sudah puas merasakan sendiri beragam kegiatan atau pekerjaan yang hanya ada ratusan tahun lalu, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan dengan berkeliling tempat-tempat yang hanya ada di jaman Kekaisaran Edo. Mulai dari penjara Kodenma di mana para penjahat dihukum, lalu mengunjungi rumah pandai besi Kanuchi di mana pedang Katana (pedang terkuat di dunia) dibuat, lalu ke Kuil Jigoku yang dikenal seram karena menjadi tempat tinggal para roh dan hantu yang gentayangan, hingga rumah tempat tinggal penguasa daerah di Choshu Daimyo yang megah.

Pintu masuk Nikko Edomura Edo Wonderland

Pintu masuk Nikko Edomura Edo Wonderland

4. Mencoba makanan tradisional khas Edo

Puas berkeliling, menikmati beragam atraksi dan mengambil foto-foto, perut kita mungkin terasa lapar atau ingin beristirahat sejenak. Teman-teman bisa berkunjung ke beberapa kafe atau restoran yang ada di sini. Yang unik, para pelayannya memakai kimono saat mengantarkan makanan yang kita pesan. Menu makanan yang bisa teman-teman coba di sini antara lain: kakisoba (gabungan menu mie soba dingin dengan tempura dan sayuran), ada juga ramen Tori Soba-ya dengan kuah ayam yang dimasak selama 8 jam, dan nasi daging lezat Yama Kujira. Buat yang hanya ingin bersantai sejenak, ada juga kedai-kedai yang menyediakan aneka jus dan minuman teh tradisional Jepang.

Informasi Tiket Masuk Nikko Edomura Edo Wonderland

Untuk dapat masuk dan menikmati beragam kegiatan di Nikko Edomura, kita dikenakan tiket seharga 4.700 yen untuk orang dewasa (usia 13 tahun ke atas) dan 2.400 yen untuk anak-anak (usia 6-12 tahun), sementara itu, untuk anak-anak dibawah usia 5 tahun bisa masuk secara gratis. Namun tersedia potongan harga tiket yang bisa teman-teman gunakan pada link berikut.

Akses menuju Nikko Edomura

Dari Stasiun Kinugawa Onsen, kita bisa naik bus Tobu selama 15 menit sampai ke Edo Wonderland Nikko Edomura. Busnya ada di halte nomor 3 terminal bus Stasiun Kinugawa Onsen, dengan ongkos 410 yen.

Jika teman-teman dari Stasiun Nikko atau Kuil Toshogu Nikko, bisa naik bus keliling gratis yang melalui Edo Wonderland. Lama perjalanan sekitar 30 menit. Atau bisa naik kereta naik kereta ke Shimo-Imaichi (dengan Tobu Nikko Line) dilanjutkan dengan Tobu Kinugawa Line sampai Stasiun Kinugawa Onsen dari Stasiun Nikko ke Stasiun Kinugawa-Onsen dahulu. Lama perjalanannya sekitar 30 menit dengan ongkos 310 yen. Busnya berangkat jam 10.05, 11.25, dan 13.25.

Dari Bandara Narita atau Bandara Haneda, kita bisa naik kereta menuju Stasiun Asakusa atau Stasiun Shinjuku. Dari Stasiun Asakusa, kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line sampai Stasiun Kinugawa Onsen melalui Stasiun Shimo-Imaichi. Lama perjalanan sekitar 140-160 menit dengan ongkos 1.550 yen. Selain itu, tersedia juga kereta Ekspress Tobu Kinu dari Stasiun Asakusa sampai Stasiun Kinugawa Onsen selama 2 jam dengan ongkos 2.890 yen.

Selain itu, jika dari Stasiun Shinjuku bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Nippori. Lalu berpindah ke kereta JR Joban Line sampai Stasiun Kita-Senju. Lama perjalanan total sekitar 30 menit dengan ongkos tiket 310 yen. Dari Stasiun Kita-Senju, tersedia kereta Ekspress Tobu Kinu sampai Stasiun Kinugawa Onsen selama 110 menit dengan ongkos 2.700 yen.

Cheap Hotels near Kinugawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel New Ohruri
4 km away
from ¥7963/night
Kinugawa Park Hotels
4 km away
from ¥9618/night
Marukyoo
4 km away
from ¥13962/night
Kashobou Fukumatsu
5 km away
from ¥6929/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Nikko Toshogu
9 km away
Kuil Nikko Toshogu di musim gugur
Kereta Wisata Watarase
55 km away
Musim semi di jalur Kereta Wisata Watarase
Kuil Rinnoji
10 km away
Jembatan Shinkyo menuju ke Kuil Rinnoji di Nikko
Air Terjun Kegon
18 km away
Pemandangan Air Terjun Kegon

Sumber gambar: Flickr scion_cho, scion_cho


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (67)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa naik kereta JR Utsunomiya Line sampai ke Utsunomiya Station. Kemudian naik JR Nikko Line sampai ke Nikko.
      Lalu bisa naik Tobu Kinugawa Line sampai ke Kinugawa Onsen. Salam

  1. Terimakasih pak nugroho , website infojepang ini sangat informatif sekali bagi saya dan keluarga.
    Saya ada pertanyaan pak, saya ada waktu 3 hari saja di tokyo bulan febuary 2020, dan saya ingin ke Edo woderland, gala yuzawa dan 1 lagi ingin melihat gunung fuji, saya putuskan ke fujiten resort. Pesawat saya landing di Narita jam 8 pagi, begitu sampai ingin memanfaatka waktu langsung ke 3 lokasi wisata tersebut. Yang ingin saya tanyakan sebaik nya saya setelah landing imigrasi beli TWP itu langsung kemana dulu ya pak, Edo wonderlankah ? Gala Yuzawa dulu kah ? atau ke Fujiten?
    mengingat waktu kita sangat mepet. dan apa bisa koper kita titipkan di stasiun Tokyo? saya mengina di dekat stasiun Ryogoku. Terimakasih pak Nugroho.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Yang paling memungkinkan adalah ke Gala Yuzawa Pak. Akses transportasi ke Edo Wonderland dan Fujiten Snow Resort tidak terlalu sering.
      Keberangkatan dengan transportasi umum juga tidak sering, jadi harus dihitung benar-benar waktunya.
      Sementara perjalanan kereta menuju ke Gala Yuzawa cukup sering Pak. Kopernya bisa dititipkan di Tokyo Station Pak. Salam

    • Selamat siang pak Nugroho, Mohon bantuan informasi tentang transportasi pass dijepang. Kami Rencana ke Jepang Bulan Mei selama 12 hari dengan itenary sbb:
      Day 1: Tiba di Haneda pukul 22.30 cek in Di hotel Skitar airport haneda
      Day 2: jalan2 di harajuku, Shibuya Kemudian cek in di shinjuku
      Day3: ke Disneysea
      Day4 : M. Fuji Dan Hakone
      Day 5: Yokohama
      Day 6: Tobu world square Dan sekitarnya
      Day 7: Osaka
      Day 8: kyoto
      Day 9: Kobe nara
      Day10: Nagoya (museum Toyota) sekitarnya
      Day 11: Osaka Dan airport Kansai terbang jam 10 malam

      Jika kami beli JR Pass apakah Sdh cukup untuk itenary diatas atau harus beli pass yang lainnya jg?

      Trims sebelum nya..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk perjalanan ke Fuji dan Hakone rencananya kemana saja ya bu? Mungkin akan sulit mengunjunginya dalam 1 hari.
      Lalu perjalanan ke Nagoya itu PP dari Osaka kah? Kalau PP dari Osaka, Ibu bisa membeli JR PASS. Salam

  2. Hi Pak Nugroho, saya rencana ke Edo Wonderland dan ada beberapa pertanyaan yang mau saya tanyakan,
    1. Kira2 berapa lama ya pak untuk explore Edo Wonderland?
    2. Jika saya sampai sana jam 10:30 (mengikuti jadwal free bus menuju Edo Wonderland) dan jam 14:00 pulang (mengikuti jadwal free bus menuju Nikko station) apakah cukup hanya explore kurang lebih 3 jam?
    3. Jika saya berencana pulang dari Edo Wonderland jam 15:30 menggunakan taxi menuju Nikko station kira2 biaya taxi apakah mahal pak? Karena saya planning menuju Shinjuku menggunakan kereta (Nikko) direct jadwal brgkt 16:39 dan apakah kereta tersebut dicover oleh TWP?
    4. Jika saya mengikut jadwal bus Edo Wonderland jam 15:55 dan sampai di Nikko jam 16:30 apakah terlalu buru2 untuk naik kereta 16:39 menuju Shinjuku?

    Thanks before pak

  3. Halo Pak, maaf mau tanya. Saya rencana ke jepang bulan Juli dan tempat saya menginap di Ohanajaya. Yang mau saya tanyakan apakah rute kereta keisei tercover oleh TWP karena saya uda searching tapi tidak menemukan jawabannya. Dan saya rencana mau ke Edo Wonderland, bisa diinfokan pak rute menuju kesana mending dari Ohanajaya langsung atau saya ke Shinjuku terlebih dahulu? Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Kereta Keisei itu dioperasikan oleh kereta swasta, jadi tidak tercover dengan Tokyo Wide Pass.
      2. Dari Ohana, bisa naik kereta ke Nippori, lalu Kita Senju, dan naik kereta ekspress Nikko sampai ke TObu-Nikko, nanti tinggal naik bus kota saja ke Edo Wonderland. Salam.

    • Terima kasih pak infonya. Dan ada yang mau saya tanyakan lagi pak, bisa infokan kalau ke kawaguchiko dari ohanajaya rutenya better darimana? Karena so far saya cek banyak yang dari shinjuku jadi rada bingung. And last kalo keliling Tokyo misalnya shinjuku, shibuya, harajuku, dll better menggunakan tokyo subway pass kah? Thanks before pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Memang kereta untuk Kawaguchiko itu hanya dari Stasiun Shinjuku saja. Dari Stasiun Ohana, ibu bisa naik kereta Keisei Main Line Local sampai Stasiun Nippori, baru naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Shinjuku. Kalau mau keliling Shinjuku Shibuya, dan Harajuku (yang dilalui kereta JR) saya sarankan menggunakan Tokunai Pass saja. Tokyo Subway Pass lebih cocok digunakan untuk berkeliling tempat-tempat wisata yang dilalui kereta subway.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Ya bisa pak, bapak bisa naik kereta menuju ke Nikko Station, kemudian naik bus dari Nikko Station menuju ke Edo Wonderland. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!