Taman Ashikaga

Home / Park / Taman Ashikaga
Item image

Taman Ashikaga adalah taman bunga wisteria atau bunga fuji dalam bahasa Jepang, salah satu bunga paling terkenal di Jepang selain bunga sakura. Menurut websitenya, Taman Ashikaga yang terletak di Tochigi ini adalah taman bunga wisteria terindah di dunia! Di taman ini kita bisa melihat bunga wisteria dengan warna merah jambu, ungu, dan kuning, paduan warna yang sangat menarik di hamparan dedaunan berwarna hijau. Selain bunga wisteria, Taman Ashikaga juga memiliki 8 taman lainnya yang berbunga tiap musim berganti, menjadikan taman ini selalu menarik dikunjungi sepanjang tahun. Tim Info Jepang sudah merangkum kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan waktu mengunjungi Taman Ashikaga ini.

Kegiatan Seru di Taman Ashikaga

1. Melihat bunga-bunga yang menawan

Tidak perlu diragukan lagi! Taman seluas 9 hektar ini sudah berhasil mempesona jutaan wisatawan dengan keindahan bunga wisteria 3 warnanya. Orang-orang biasanya akan mulai ramai berdatangan saat awal bulan Mei, melihat bunga-bunga sakura, tulip, crocus yang mungil yang mulai mekar. Teman-teman perlu bersiap-siap karena taman ini akan sangat ramai saat puncak musim bunga sakura! Spring Festival atau festival bunga musim semi berlangsung pada 2 Maret hingga 8 April 2018.

Piramid bunga di Taman Ashikaga

Piramid bunga di Taman Ashikaga

Tapi tidak hanya bunga sakura, ada banyak bunga lainnya yang akan mekar sepanjang tahun. Kita bisa melihat bunga musim panas seperti wisteria, azalea, bunga peony, mawar, dan banyak jenis teratai, lalu bunga musim gugur seperti bunga lantana, pansy, bunga maple dan momiji dan juga musim dingin dengan iluminasi lampu yang indah. Festival bunga mawar di Rainbow Garden berlangsung dari bulan April hingga bulan Mei.

Kita bisa melihat arch (gapura), air mancur, terowongan, piramida yang dibentuk dari bunga-bunga wisteria, pengalaman baru melihat keindahan bunga dengan sejarah panjang di Jepang ini. Ada juga jembatan dan sungai-sungai di dalam taman, yang memberikan efek segar dan sejuk bagi seisi taman.

Terowongan bunga di Taman Ashikaga

Terowongan bunga di Taman Ashikaga

2. Membeli oleh-oleh dan bibit bunga

Di Taman Ashikaga ada juga stand-stand jualan yang menjual makanan, minuman, dan juga oleh-oleh khas Tochigi. Kita bisa membelinya sebelum perjalanan pulang kembali ke Tokyo. Selain itu, jika berminat kita juga bisa membeli bibit bunga untuk ditanam di rumah? Bagaimana berminat?

3. Melihat iluminasi musim dingin Flower Fantasy

Di musim dingin, Taman Ashikaga juga tetap ramai dikunjungi karena ada iluminasi/ set pencahayaan lampu yang menerangi bunga-bunga, menciptakan suasana yang sama sekali berbeda! Kita bisa melihat bunga wisteria yang bercahaya di seluruh taman! Lampu-lampu juga diset untuk menghiasi jalan setapal, pagar-pagar di sekeliling halaman, dan juga objek-objek kesenian dalam ukuran raksasa. Dijamin tidak bakal rugi datang ke taman ini. Iluminasi musim dingin bisa kita saksikan dari minggu terakhir Oktober sampai minggu pertama bulan Februari setiap tahunnya.

4. Lihat Festival Great Wisteria

Festival Great Wisteria diadakan di Taman Ashikaga saat bunga-bunga wisteria mekar sempurna. Festival biasanya diadakan pada pertengahan bulan April sampai bulan Mei. Pada tahun 2019 ini, berdasarkan informasi yang Tim Info Jepang dapatkan, Festival Great Wisteria akan diadakan pada tanggal 13 April 2019 sampai 19 Mei 2019. Sementara itu, iluminasi wisteria dengan lampu-lampu yang keren akan dimulai dari tanggal 20 April 2019 sampai 12 Mei 2019 (1 minggu sebelum Festival berakhir). Tim Info Jepang menyarankan untuk datang ke sini sekalian saja pada saat iluminasi supaya bisa melihat keindahan iluminasi bunga yang tidak ada duanya di tempat lain. Festival berlangsung dari saat matahari terbenam, sekitar pukul 17.30-21.00, dengan biaya masuk 600-1.400 yen untuk dewasa, dan 300-700 yen untuk anak-anak (biaya bergantung dengan keadaan bunga).

Terowongan bunga saat iluminasi musim dingin

Terowongan bunga wisteria saat iluminasi musim dingin di Ashikaga

Akses dan Informasi Taman Ashikaga

Taman Ashikaga di Tochigi bisa diakses menggunakan kereta JR Utsunomiya (Kereta Lokal), JR Shonan Shinjuku (Ekspress) dari Tokyo Station atau Shinjuku Station sampai ke Oyama Station. Lalu berpindah ke jalur kereta JR Ryomo dan turun di Ashikaga Flower Park Station, satu stasiun sebelum Ashikaga (ingat jangan turun di Ashikaga Station). Taman bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 3 menit dari stasiun. Jika naik Shinkansen dari Tokyo Station sampai Oyama Station perlu sekitar 4.000 yen dalam 70 menit atau 1.940 yen bila naik kereta biasa (Shonan Shinjuku Line) dalam 110 menit. Semua transportasi ke Taman Ashikaga tercover dengan Tokyo Wide Pass atau JRPass.

Kita juga bisa naik jalur kereta Tobu Isesaki Line dari Asakusa Station sampai ke Ashikaga-shi Station. Bila naik kereta ekspress “Ryomo Limited Express” durasinya 70 menit dengan ongkos 2.000 yen, dan bila naik kereta biasa ongkosnya 970 yen dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Dari Stasiun Ashikaga-shi, kita bisa naik bis shuttle (hanya tersedia di akhir pekan/ hari libur, dan pada musim selain musim dingin, dengan ongkos 300 yen). Atau bisa dengan naik taksi selama kurang lebih 10 menit dengan ongkos sekitar 2.500-3.000 yen.

Biaya masuk dan jam buka Taman

Taman Ashikaga buka sepanjang tahun kecuali pada hari Rabu dan Kamis ketiga bulan Februari dan tanggal 31 Desember. Sementara itu, biaya masuknya selain berbeda sepanjang tahun, juga bervariasi sesuai keadaan mekarnya bunga.

  1. Bulan Maret hingga tengah April buka jam 9.00 – 18.00 dengan biaya masuk 300-1.200 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  2. Pertengahan April hingga akhir Mei buka jam 9.00 – 18.00 dengan biaya masuk 900-1.700 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya. Sementara itu, untuk tiket malam harinya (saat iluminasi wisteria dalam Festival Great Wisteria) tiketnya 600-1.400 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  3. Mei hingga akhir Juni buka jam 9.00 – 18.00 dengan biaya masuk 500-1.200 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  4. Juli sampai Februari buka jam 10.00 – 17.00 dengan biaya masuk 300-700 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  5. Iluminasi musim dingin dari jam 15:30 – 21:00 (awal Desember sampai Februari).

Cheap Hotels near Ashikaga Park [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Route-Inn Sanofujio
7 km away
from ¥7029/night
Hotel Route-Inn Ashikaga-
7 km away
from ¥6412/night
Hotel Route-Inn Ashikaga
6 km away
from ¥7550/night
Hotel Select Inn Sano-Eki
5 km away
from ¥6925/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Lily Hunter Mountai
71 km away
Keindahan Taman Lily Hunter Mountain
Nikko Edomura Edo Wonderl
55 km away
Pintu masuk Nikko Edomura Edo Wonderland
Oku Nikko
52 km away
Senjogahara di Oku Nikko
Taman Ashikaga
0 km away
Bunga Wisteria di Taman Ashikaga

Sumber gambar: Flickr Manish PrabhuneHetarllen MumrikenHetarllen MumrikenManish Prabhune


Recommended for you


Last modified: May 28, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Ryan Aries
2016-10-23 13:48:11
Menarik sekali untuk wisata malam. Terima kasih rekomennya! ;)

Close Comments

Comments (65)

  1. Saya pingin kesana 28 juni 2017 bunga apa saja yg lagi mekar? Apa masih ada wisteria selain bulan april sd mei Pak ? Kalau gak berbunga spa kita hanya melihat daun2 hijaunya saja?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tim Info Jepang tidak menemukan nama bunga yang cocok dalam bahasa Indonesia.
      Untuk contoh bunga-bunga yang mekar di akhir bulan Juni bisa dilihat di website berikut.

  2. Saya mau kesana tgl 26 april2017. Ingin lihat ashikaga siang dan malam hari saat iluminasi. Saya mesti bayar double atau gmn? 1700+1400?. Kalo yang 1400 tiket malam berlaku jam berapa sampai jambrp? Bagaimana biar bisa menikmati taman saat sore dan malam. Bisa bayar 1 tiket?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau ingin melihat Taman Ashikaga pada siang dan malam hari, harus membeli 2 buah tiket, seperti yang ibu katakan.
      Kemudian tiket malamnya berlaku sampai jam 21.00, sama dengan jam berakhirnya festival great wisteria di Taman Ashikaga. Salam

    • nia Kurniasih  |  

      oh ya pak, kalau saya dari Gala yuzawa mau kesini, apa benar harus turun di Takasi station n pindah line ke JR Ryomo (turun di Tomita Station) ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, silakan naik shinkansen dari Gala Yuzawa sampai ke Takasaki Station dan kemudian pindah ke JR Ryomo Line sampai Tomita Station.
      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tiket masuknya memang berdasarkan keadaan bunga. Kalau setengah mekar biasanya murah, namun kalau semuanya mekar harga tiket masuknya jadi agak mahal. Harga tiket pastinya bisa diketahui pada saat hari H. Salam

  3. Malem pak… Mau tanya… Rencna saya h 1.ke ashikaga dan h. 2 ke kawaguchiko… Tpi pas baliknya saya dri st kawaguchi langs ke nagoyA… Apakah tercover twp ato beli ketengan ya pak… Trus bisa dibantu Ruteny… Jg harga tiap Tiketny… Mks

  4. Pak rencna saya hari 1. City tour
    Hari 2= kawaguciko
    Hari 3= ashikaga flower park dan malem city tour
    Hari ke 4 berangkt dri tokyo ke osaka langs balik indo… enaknya selama di tokyo beli ketengan ato lebih hemat beli tokyo wide pas ya pak..

  5. Pak. Jika dari nagano mau menuju ashikaga, saya bs taro luggage / coin locker dmn yah pak ? Krn menuju wisteria nya , harus jalan kaki 15 mnt dr tomita station .. thanks pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Jadi ibu akan langsung pergi ke Tomita (Taman Ashikaga) dari Nagano Station?
      Kalau langsung ibu bisa menitipkan koper di Oyama Station (stasiun shinkansen terdekat menuju ke Taman Ashikaga).
      Hanya di Koyama Station, loker yang tersedia hanya 15 loker ukuran sedang dan 2 loker ukuran besar (lihat ukuran loker).
      Salam

    • Amelia  |  

      Wah, gambling jg yah pak, klo ga dapet locker , harus bawa2 koper besar ke ashikaga flower park hahaha . Klo gt sy better nginep di oyama station aja , spy bs taro koper 😊… Thanks a lot yah pak.. really helpful ..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau mau menginap di sekitar Taman Ashikaga, ya silakan dititip kopernya saja di hotel.
      Hotel di Jepang menerima penitipan loker bagi yang check in di hari yang sama. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Ya tercover, Dian bisa naik kereta JR Utsunomiya Line dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Oyama dilanjutkan dengan kereta JR Ryomo Line sampai Stasiun Tomita. Semuanya tercover dengan Tokyo Wide Pass.

  6. Trips saya tgl 19 april -3 mei.
    26 april = nagano
    27 april = ashikaga flower park
    28 april = tokyo / lake kawaguchi

    Mohon info nya yah pak, klo tdk ad the tale of fuji no hana ( flower in the night), saya mau langsung menuju lake kawaguchi , book hotel disitu saja . Tp klo ada, sy nginep nya di ashikaga. Thanks 😊

    • Nugroho Christian  |  

      Siang Amel, sudah dikonfirmasi, untuk Tale of Fuji no Hana berlangsung dari 22 April sampai 14 Mei 2017 dari jam 17.30-21.00.

  7. Pak nugroho, ashikaga flower sy cek di website nya ada lighting period dr 23 april -17 mei… dr jm 5.30 PM -9.00 PM . Apakah masih berlaku untuk tahun ini ? Thanks ..

    • Nugroho Christian  |  

      Ya ada Amel. Ada event The Tale of Fuji no Hana berupa iluminasi malam hari bunga wisteria. Harusnya sih ada seperti tahun lalu, tapi nanti kami akan cari infonya lagi. Oiya, kamu di Jepangnya tanggal berapa? Salam.

  8. Kalau kesini pertengahan April kira2 udah keluar belum ya Wisteria nya? Takutnya udah jauh2 ternyata Zonk, yg di idam2kan (wisteria) belum muncul:(

    Dari Tokyo bisa pakai Sucia/Pasmo apa beli tiket kereta ketengan saja?

    • Nugroho Christian  |  

      Tahun lalu wisteria mulai ada tanggal 15 dan mencapai puncak mekarnya tanggal 23-24 April. Tahun ini kemungkinan besar akan sama, atau kalaupun meleset 1-2 hari. Bisa pake suica/pasmo, cuma harga tiketnya 2000 yen, jadi ribet ngisi dulu suica-nya terus langsung dipakai. Bagusan langsung beli aja tiketnya, hehe. Salam.

    • Itu kan kalo dr Tokyo Station pake Shinkansen 4000 Yen, kalo pake JR Shonan Shinjuku(express) berapa Yen? Soalnya di atas yg dr stasiun shinjuku adanya harga yg kereta biasa.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu Putri. Kereta Shonan Shinjuku terhitung kereta biasa, jadi ongkosnya sekitar 1.940 yen juga.
      Salam

    • Saya lihat peta jalur dr Shinjuku (JR Shonan) tp ko gak nemu ya Oyama Station untuk pindah JR Ryomo nya? Hehehe

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Jalur kereta Shonan Shinjuku itu bercabang, ada yang ke Maebashi dan ke Utsunomiya.
      Nah, Ryomo Line menghubungkan dua kota ini Maebashi dan Utsunomiya.
      Supaya lebih mudah mengerti bisa dicek di peta jalur kereta Kanto berikut. Salam

  9. Di atas tertera illuminasi musim dingi dari des-feb.. Jika saya ingin kesana tanggal 17 feb berarti bisa dapat atraksi ini kan(?)
    Jadwal buka untuk bulan feb sampai jam 17.00, tetapi untuk illuminasi musim dingin itu jadwalnya berbeda lagi ya dengan jadwal reguler itu? Mohon penjelasannya.
    Terakhir, saya berencana memakai Tokyo Wide Area pass. Kalau tidak salah mengcover area ini juga kan? Mohon petunjuk akses kereta menggunakan Tokyo Wide Area pass ini. Terima Kasih banyak! ^^

    • Nugroho Christian  |  

      Siang Ryan, berdasarkan pengalaman tahun 2016 kemarin, winter ilumination hanya berlangsung sampai tanggal 4 Februari. Jadi kalau rencana datang tanggal 17 Februari sepertinya sudah tidak ada iluminasi lagi. Jadwal iluminasi ini sampai jam 21.00.
      Silahkan baca akses menuju Taman Ashikaga di atas, semuanya tercover oleh Tokyo Wide Pass. Salam.

  10. hilda situmorang  |  

    untuk november apakah worthed datang ke taman ini? apakah ada bunga dan pohon yg bagus dimusim gugur? apakah light illuminationnya sudah ada?

    • Nugroho Christian  |  

      Di musim gugur hilda bisa melihat bunga lantana, pansy, bunga maple dan momiji di Ashikaga. Iluminasi baru ada di musim dingin (sekitar bulan desember). Salam

  11. Hai,
    Mohon maaf sy mau tanya, tgl 10-17 sy akan pergi ke jepang, dan rencana hanya keliling tokyo saja.
    Lbh baik saya membeli suica atau membeli tokyo wide pass jg ya?
    Rencana rute kel tokyo – fuji – gotemba – ashikaga – tateyama ( kalau bisa) ,dan untuk penginapan lebih baik di daerah mana ya yg strategis mba, krna flight saya sampai hnd di jam 22.30 . Terima kasih

    • Info Jepang  |  

      Kalau boleh tahu tanggal 10-17 apa ya? Mei kah? Atau bulan apa ya? Kalau hanya berjalan-jalan di kota Tokyo lebih baik menggunakan SUICA.
      Suica digunakan sebagai pengganti uang kertas dan dapat dipergunakan di seluruh jalur kereta dan bus dalam kota.

      Sedangkan JR Pass lebih tepat ketika dipakai berkeliling kota di Jepang (antar kota dan antar prefektur), karena dengan menggunakan JR PASS ongkos kereta akan jadi lebih murah. Kalau rencana ingin sampai ke Fuji dan Gotemba, lebih bagus membeli JR Pass-Tokyo wide pass.

      Kalau untuk hotel bisa di daerah Tokyo, karena masih tersedia kereta atau bus sampai tengah malam, silahkan klik di sini untuk panduan dari Bandara Haneda dan juga ada link hotel terdekat nya juga http://infojepang.net/panduan-lengkap-bandara-haneda/

      Oiya, kami punya layanan Tour Online Info Jepang, bisa tanya apapun, silahkan hubungi nomor 0818.221.505, kami siap membantu merencanakan perjalanan ke tempat-tempat yang diinginkan.

      Selamat liburan, dan salam!

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!