Danau Yunoko

Home / Hot Spring / Danau Yunoko
Item image

Terletak tidak jauh dari Danau Chuzenji dan berada di luar kota Nikko, ada pemandangan alam Danau Yunoko yang tidak kalah indahnya. Danau yang terletak di ketinggian 1.475 meter di atas permukaan laut ini terkenal dengan kawasan yang masih asri yang menjadi habitat bagi burung-burung liar di Tochigi. Wisatawan biasanya datang berkunjung ke sini, menginap di kawasan Yunoko Onsen yang merupakan resort onsen alami, sambil menikmati pemandangan alam dengan berjalan kaki menyusuri hutan dan rasa di sekeliling danau. Simak kisah perjalanan salah seorang kontributor kami ke Danau Yunoko di Tochigi.

Kegiatan Seru di Danau Yunoko

1. Berkeliling dan menikmati keindahan danau

Danau Yunoko terbentuk saat terjadi letusan besar Gunung Nantai. Berdasarkan sejarah, Danau Yunoko ini terbentuk bersamaan dengan Danau Chuzenji. Air Danau Yunoko mengalir melalui air terjun Yudaki, ke sungai Yukawa, yang kemudian menjadi salah satu sumber air masuk ke Danau Chuzenji.

Pemandangan Danau Yunoko di Nikko
Pemandangan Danau Yunoko di Nikko

Suasana alam yang masih asri adalah daya tarik utama danau ini. Para wisatawan pecinta alam dari Eropa atau Amerika sangat menyukai pengalaman menyusuri hutan di sekeliling danau. Ribuan pohon conifer berpadu indah dengan alam yang masih alami dan burung-burung liar yang hidup di sini. Oiya, pemandangan musim gugur di tempat ini juga sangat keren, di mana pepohonan berubah warna menjadi coklat kemerahan di akhir September hingga Oktober.

Di musim dingin, pemandangan Danau Yunoko juga tidak kalah indah. Tapi, harus prepare kalau ingin ke sini saat musim dingin, karena berada di ketinggian, wah, suhunya dingin banget!

Buat teman-teman yang mau coba pengalaman memancing di Jepang, bisa juga loh dilakukan di Danau Yunoko. Cukup dengan biaya 2.000-3.600 yen kita bisa memancing dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore. Namun, sistemnya di sini adalah catch and release, di mana ikan yang didapat, harus dilepaskan kembali ke danau.

Memancing di Danau Yunoko
Memancing di Danau Yunoko

2. Melihat keindahan Air Terjun Yudaki

Air Terjun Yudaki menjadi salah satu dari air terjun terindah yang ada di Jepang. Letaknya ada di sisi selatan Danau Yunoko. Air terjun setinggi 70 meter ini memang menjadi daya tarik utama Nikko selain Danau Chuzenji. Airnya hangat karena bercampur dengan sumber air panas dari perut bumi. Kita bisa melihat air terjunnya langsung, atau dari area observatorium dekat dasar air terjun.

Air terjun Yu dekat Yunoko

Air terjun Yu dekat Yunoko

Kalau senang berpetualang, kita bisa menyusuri rute alam Senjogahara Plateau menyusuri Sungai Yukawa dari Air Terjun Yudaki sampai ke Air Terjun Ryuzu di tepi Danau Chuzenji. Sepanjang perjalanan kita bisa menikmati rimbunnya pepohonan dan bunga-bunga Rhododendron (sejenis azalea) yang tumbuh secara alami di sini.

Rute alam Senjogahara Plateau menyusuri Danau Yunoko

Rute alam Senjogahara Plateau menyusuri Danau Yunoko

3. Keliling dan merasakan asrinya Yunoko Onsen

Yunoko Onsen adalah kota resort onsen yang terletak di tepi Danau Yunoko. Di sini, ada banyak ryokan tradisional Jepang lengkap dengan kolam-kolam pemandian air panas. Teman-teman bisa mencoba menginap satu malam di sini dan merasakan pengalaman layaknya di Kusatsu Onsen atau Kinosaki Onsen yang tidak terlupakan.

Akses menuju Danau Yunoko atau Yumoto Onsen

Dari Stasiun JR Nikko atau Tobu-Nikko, kita bisa naik bus Tobu selama 80 menit sampai ke Yumoto Onsen. Busnya berangkat satu sampai dua kali setiap jam, dengan harga tiket sebesar 1.700 yen. Seluruh ongkos ke Danau Yunoko tercover oleh All Nikko Pass seharga 3.000 yen yang bisa dibeli di Stasiun Tobu-Nikko.

Akses menuju Nikko

Dari Bandara Narita atau Bandara Haneda, kita bisa naik kereta menuju Stasiun Asakusa atau Stasiun Shinjuku. Dari Stasiun Asakusa, kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line sampai Stasiun Tobu-Nikko melalui Stasiun Shimo-Imaichi. Lama perjalanan sekitar 140-160 menit dengan ongkos 1.360 yen. Selain itu, tersedia juga kereta Ekspress Tobu Kinu dari Stasiun Asakusa sampai Stasiun Tobu-Nikko selama 2 jam dengan ongkos 2.800 yen. JR Pass tidak dapat digunakan untuk naik kereta Tobu. Namun, jika teman-teman punya Tokyo Wide Pass, JR East Nagano-Niigata Pass, JR East Tohoku Area Pass, dan JR East-South Hokkaido Pass bisa digunakan untuk perjalanan ke Nikko. Baca juga: Tipe-Tipe Japan Rail Pass.

Kalaupun terpaksa hanya dengan JR Pass, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Yamabiko sampai Stasiun Utsunomiya, lalu dilanjutkan dengan kereta lokal Nikko sampai Stasiun JR Nikko.

Cheap Hotels near Danau Chuzenji Nikko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nikkosan BackPackers Inn
18 km away
Nikkosan BackPackers Inn
from ¥3983/night
Hotel Harumoto
16 km away
Hotel Harumoto
from ¥6536/night
Nikko Park Lodge
18 km away
Nikko Park Lodge
from ¥2859/night
Ohruri Sanso Nikko
1 km away
Ohruri Sanso Nikko
from ¥4187/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tobu World Square
26 km away
Info Wisata di Nikko ke Tobu World Square
Kereta Wisata Watarase
45 km away
Musim semi di jalur Kereta Wisata Watarase
Air Terjun Kegon
10 km away
Pemandangan Air Terjun Kegon
Nikko Edomura Edo Wonderl
24 km away
Pintu masuk Nikko Edomura Edo Wonderland

Sumber gambar: Flickr Guilhem VellutGuilhem VellutMr Hicks46


Recommended for you


Last modified: May 1, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!