Museum Kereta Saitama

Home / Museum / Museum Kereta Saitama
Item image

Museum Kereta Saitama dibangun di Onari, Saitama diresmikan dalam peringatan ulang tahun ke 20 JR East tanggal 14 Oktober 2007. Sempat menjadi museum kereta terbesar dan terlengkap di Jepang selama hampir 9 tahun, kini Museum Kereta Saitama harus turun ke posisi kedua setelah Museum Kereta Kyoto dibuka akhir April 2016. Selain itu, masih ada Museum Kereta Maglev di Kota Nagoya. Museum kereta ini adalah objek wisata paling terkenal di Saitama. Mari belajar dan mengenal sejarah kereta di Jepang secara singkat bersama Tim Info Jepang.Museum kereta di Saitama ini sangat Tim Info Jepang rekomendasikan bagi teman-teman yang sedang ada di Tokyo dan ingin melihat dan belajar sejarah kereta di Jepang. Jaraknya yang hanya 40 menit perjalanan dari Stasiun Tokyo membuatnya bisa kita kunjungi dalam waktu setengah hari sebelum melanjutkan kunjungan ke objek wisata di Saitama lainnya.

Kegiatan seru di Museum Kereta Saitama

1. Melihat koleksi kereta Jepang

Ada beragam koleksi kereta di museum ini, mulai dari lokomotif uap yang pertama kali muncul dan digunakan di Jepang, lokomotif diesel berbahan bakar solar. Ada juga rangkaian kereta listrik dan diesel, dan yang menjadi primadona adalah kereta kekaisaran yang dulu digunakan bagi Kaisar Jepang dan keluarganya. Semuanya ditata lengkap dengan papan penjelasan berbahasa Inggris. Kita juga bisa naik ke dalamnya dan merasakan suasana interior kereta di jaman dahulu.

Lokomotif koleksi Museum Kereta Saitama

Lokomotif koleksi Museum Kereta Saitama

Suasana di dalam Museum Kereta Saitama

Suasana di dalam Museum Kereta Saitama

2. Mencoba menjadi masinis kereta

Museum Kereta Saitama memiliki salah satu wahana favorit yakni simulator kereta, termasuk simulator kereta uap satu-satunya yang ada di Jepang. Kita bisa merasakan sendiri suasana di dalam ruang masinis termasuk tombol dan tuas yang dibuat menyerupai aslinya. Jika ingin mencobanya, pastikan datang ke sini di pagi hari karena menjelang siang antrian untuk mencoba sudah mengular dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencoba simulator ini.

3. Melihat diorama kereta

Daam museum ini, kita juga bisa melihat diorama kereta Jepang, lengkap dengan suasana jalanan yang penuh dengna mobil dan orang, serta kesibukan stasiun kereta dengan latar belakang gedung-gedung tinggi. Sungguh menyenangkan!

diorama di museum kereta saitama

Melihat diorama jalur kereta api di Museum Kereta Saitama

4. Menikmati pemandangan jalur kereta Saitama

Di area atap museum, ada taman terbuka dan restoran. Kita bisa menyantap makanan sambil menikmati pemandangan kota atau jalur kereta Saitama. Bila beruntung kita bisa melihat kereta JR Joetsu atau Tohoku Shinkansen yang melaju dengan kecepatan hampir 200 km/jam. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan!

Kereta ekspress Tipe 485 yang jadi koleksi Museum Kereta Saitama

Kereta ekspress Tipe 485 yang jadi koleksi Museum Kereta Saitama

Informasi Tiket Masuk Museum

Tiket masuk ke Museum Kereta Saitama: 1.000 yen

Akses ke Museum Kereta Saitama

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta JR Utsunomiya Line dan turun di Stasiun Omiya Saitama. Harga tiketnya 550 yen dengan durasi perjalanan sekitar 35-40 menit. Dari Stasiun Omiya Saitama, kita naik kereta New Shuttle sampai Tetsudo Hakubutsukan (3 menit dengan tiket 190 yen). Museum Kereta Saitama ada di sebelah stasiun Tetsudo Hakubutsukan.

Cheap Hotels in Saitama [More Hotels]

Dormy Inn Express Soka Ci
20 km away
from ¥9028/night
Hotel Heritage Hanno
28 km away
from ¥10183/night
Hotel Route-Inn Fukaya Ek
43 km away
from ¥8293/night
Guest House Wasabi
25 km away
from ¥3100/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Edo Tokyo
30 km away
Bangunan Museum Edo Tokyo
Rainbow Bridge
34 km away
Rainbow Bridge
Mesjid Tokyo Camii
29 km away
Bagian dalam Mesjid Tokyo Camii
Taman Istana Kaisar
30 km away
Keindahan Taman Istana Kaisar

Sumber gambar: Flickr Aapo Haapanen, Kouki Kuriyama, Aapo Haapanen, sodai gomi


Recommended for you


Last modified: February 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (3)

  1. Hallo mas terimakasih atas info tokyo wide pass ini. Balasan di coment2nya jg informatif.
    Sy rencana mei ke tokyo selama 6 hari. Rencana memakai tokyo wide pass selama 3 hari ke hitachi seaside park di ibaraki, railway museum di saitama, kawaguchiko (shibazakuro festival +kachikachi rope). Sisa 3 hari untuk di kota tokyo dan tachikawa showa kinen park itu baiknya lbh murah beli tokyo wide pass 3 hari lagi atau bayar biasa tiap perjalanan aja ya? Thanks in advance

    • Hallo thx replynya. Mau tanya kalo sisa 3 hari tokyo city tour aja balik modal ga ya kalo beli tojyo wide pass 3 hari lagi? Atau pake pasmo aja?

    • Nugroho Christian  |  

      Tokyo Wide Pass baru akan untung kalau kamu pergi jauh-jauh, minimal ke Hakone, Kawaguchiko, atau Gala Yuzawa. Silahkan membandingkan sendiri harga tiket kereta dengan Tokyo Wide Pass seharga 10.000 yen. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!