Tomamu Hokkaido

Home / Attraction / Tomamu Hokkaido
Item image

Tomamu berada di bagian tengah Hokkaido, berjarak sekitar 150 kilometer sebelah timur Sapporo dan menjadi resort ski dan seluncur, serta resort liburan musim panas terfavorit masyarakat Jepang karena udaranya yang sejuk sepanjang tahun. Tomamu Ski Resort ini begitu populer karena salju di sini begitu halus layaknya tepung. Kita tidak hanya bisa bermain ski dan seluncur es saat musim dingin, namun juga bisa menikmati pemandangan musim panas, keindahan momiji musim gugur, dan juga lautan awan di hari-hari musim dingin. Aksesnya juga mudah karena tersedia kereta dan bus yang bisa ditempuh sekitar satu jam dari Bandara Internasional Shin Chitose, bandara udara utama di Hokkaido. Apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan di Tomamu? Berikut informasi lengkap khas Tim Info Jepang.

1. Bermain ski dan seluncur saat musim dingin

Resort Tomamu menjadi tujuan musim dingin favorit penduduk Jepang karena variasi jalur ski dan seluncur. Di sini kita bisa mencoba 28 jalur dengan total lintasan 4,5 kilometer yang membentang di area seluas 145 hektar yang diapit 2 gunung besar. Di sini ada jalur ski dan seluncur khusus bagi anak-anak, pemula, bahkan buat yang tingkat lanjut, jadi tidak perlu takut tertabrak orang lain. Letaknya yang berada di bagian pegunungan membuat salju di tempat ini tebal sekitar 8-10 meter sehingga tidak sakit meskipun jatuh saat mencoba bermain ski atau seluncur. Tidak perlu kuatir karena ada penyewaan alat-alat bermain ski dan seluncur es, ada juga kursus singkat untuk para pemula permainan ski dan seluncur yang dilaksanakan hampir tiap jam sekali.

Tempat ski ini buka setiap hari mulai dari jam 09.00 -16.00. Kita juga bisa bermain ski di malam hari, dari jam 16.00 – 18.00 pada hari Senin-Kamis, atau sampai 19.00 di hari Jumat, Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Biaya naik lift 1 harinya 5.400 yen untuk dewasa, dan 3.800 yen untuk anak-anak. Untuk paket hemat 4 jam, dewasanya 4.600 yen dan anak-anak 3.200 yen. Informasi selengkapnya bisa dibaca di halaman berikut.

Ski dan seluncur di Tomamu Hokkaido

Ski dan seluncur di Tomamu Hokkaido

Selain bermain ski, kita juga bisa mencoba beragam permainan lain seperti snow mobiling, snow rafting, snow shoeing, bahkan dog sleeding di mana kita bakalan naik kereta yang ditarik oleh anjing.

2. Menikmati liburan di Resort Ski Tomamu

Resort Tomamu benar-benar cocok buat kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Anda bisa berendam di kolam ombak Minamina Beach sepanjang 50 meter, menikmati pijatan dan aromaterapi khas Tomamu, atau bercengkerama bersama anak-anak sambil menikmati santapan malam di restoran-restoran dalam kompleks hotel. Minamina Beach sendiri berarti pantai tempat tertawa dan bersenang-senang dengan keluarga. Bahkan ada restoran es dengan menu kue kejunya yang begitu lezat.

Resort ski ini juga bergaya Eropa sehingga cocok bagi para wisatawan dari luar negeri. Staf-staf hotel juga mayoritas bisa berbahasa Inggris, sehingga tidak perlu kuatir selama liburan di Hokkaido.

Minamina Beach di Tomamu Hokkaido

Minamina Beach di Tomamu Hokkaido

Beberapa kegiatan seru lainnya di Tomamu antara lain menyusuri jalan-jalan bersalju dengan snowmobile, snow rafting atau berseluncur di atas salju dengan perahu karet, naik snow boat atau memancing ikan di danau yang membeku. Semuanya seru-seru dan hanya bisa dilakukan di tempat ini saat musim dingin.

3. Bangun pagi-pagi dan lihat Lautan Awan

Lautan awan atau Unkai Terrace adalah ikon wisata resort ski Tomamu di Hokkaido lebih tepatnya di Hoshino Resorts Tomamu. Gejala alam lautan awan (Unkai) ini muncul akibat udara dingin yang terkurung di antara pegunungan yang bisa disaksikan dari teras terbuka di hotel ini. Kita bisa bangun pagi-pagi, lalu naik gondola selama kurang lebih 15 menit ke arah utara untuk dapat melihat keajaiban alam ini. Gimana penasaran mau lihat lautan awan ini?

Teras awan saat musim dingin di Tomamu Hokkaido

Teras awan saat musim dingin di Tomamu Hokkaido

Teman-teman bisa melihat Unkai ini mulai dari periode 13 Mei sampai 16 Oktober 2017, dengan periode seperti ini:

  1. Tanggal MAY 13 – MAY 31, dari jam 5:00 – 7:00
  2. Tanggal JUN 1 – AUG 31, dari jam 5:00 – 8:00
  3. Tanggal SEP 1 – SEP 30, dari jam 4:30 – 8:00
  4. Tanggal OCT 1 – OCT 16, dari jam 5:00 – 7:00

4. Ada Ice Chapel yang sangat unik

Di Tomamu, ada bangunan kapel (gereja kecil) yang terbuat seluruhnya dari es. Konon, jika kita berdoa di sini bersama dengan pasangan, kita akan bahagia selamanya. Selain itu, kita juga bisa berjalan-jalan ke bangunan berbentuk kubah (dome-dome) dengan iluminasi lampu. Di dalamnya ada restoran dan kafe di mana kita bisa menikmati suasana romantis nan indah.

5. Bersantai di Tomamu untuk melanjutkan perjalanan ke kota lain

Letak Tomamu yang berada di tengah Hokkaido menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang liburan mengelilingi pulau Hokkaido. Tim Info Jepang sendiri beberapa kali membantu orang Indonesia merencanakan liburan hemat dan nyaman berkeliling Hokkaido. Jalurnya dari Shin Chitose Airport ke Tomamu, lalu ke Kushiro di bagian timur, ke bagian utara Abashiri, Asahikawa, Sapporo, Otaru dan kembali ke Shin Chitose Airport.

Akses menuju ke Tomamu

Pemesanan hotel Hoshino Resort di Tomamu bisa dilakukan via web berikut.

Kita bisa pergi ke Tomamu dengan naik kereta ekspress dari Sapporo Station yang berangkat setiap sejam sekali. Waktu perjalanannya 90-100 menit dengan ongkos 4.610 yen dan tercover oleh JR Pass maupun JR Hokkaido Pass. Jika datang dari Bandara Shin Chitose, bisa naik kereta ekspress dari Stasiun Minami-Chitose menuju ke Tomamu Station (65 menit) sampai ke stasiun terdekat. Dari stasiun kita bisa naik bus shuttle gratis sampai ke pintu masuk hotel atau ke Resort Ski Tomamu dalam waktu 10 menit.

Di musim dingin (bulan Desember sampai Maret) ada bus langsung dari Bandara Shin Chitose. Perjalanan menempuh waktu sekitar 2 jam dengan ongkos 3980 yen untuk dewasa dan 1990 yen untuk anak-anak. Untuk dapat naik bus ini harus memesan terlebih dahulu karena biasanya penuh booking. Tim Info Jepang bisa membantu pemesanan tiket bus. Jika membutuhkan bisa menuliskannya di kotak komentar bagian bawah.

Reservasi Hokkaido Bus
ke Resort Ski Tomamu
Ex-Chitose
Chitose airport ~ Tomamu Busliner
#701#703#705#707#709#711
Flight arrival (domestic)~8:458:50 ~10:0510:10 ~11:2012:10 ~13:0513:10 ~15:1015:15 ~17:05
Shin-Chitose airport (Domestic)09:3010:5012:0514:0015:5517:55
Shin-Chitose airport (International)
14:1016:0518:05
Yuni Parking Area
Istirahat di Rest Area
Tomamu The Tower11:3012:5014:0516:1018:0520:05
Hoshino Resort Risonare Tomamu11:3512:5514:1016:1518:1020:10

Tersedia juga Hokkaido Resort Liner yang menghubungkan beberapa hotel di Sapporo Hokkaido dengan Resort Ski di Tomamu. Perjalanan menempuh waktu sekitar 4 jam dengan ongkos 4.800 yen untuk dewasa dan 2.400 yen untuk anak-anak. Tim Info Jepang bisa membantu pemesanan tiket bus. Jika membutuhkan bisa menuliskannya di kotak komentar bagian bawah.

Ex-Sapporo city
Sapporo city ~ Tomamu
#7701
#713
Art Hotels Sapporo
8:00
– –
Sapporo Tokyu Rei Hotel
8:10
– –
Century Royal Hotel
8:25
16:30
Hotel Emisia Sapporo
9:15
– –
Rest stop at Yuni Parking Area
Rest stop enroute
via Chitose airport
Tomamu Resort Center
11:45
– –
Tomamu The Tower
11:50
20:00
Hoshino Resort Risonare Tomamu
12:00
20:10

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tokachidake Onsen
39 km away
Puncak tokachidake
Shiretoko Hokkaido
259 km away
Jembatan gantung di Shiretoko
Resort Ski Sapporo Satola
98 km away
Bermain di Sapporo Satoland
Gunung Hakodate
215 km away
blog-image

Sumber gambar : Flickr MIKI Yoshihito, MIKI Yoshihito, NoriBay, Kentaro Ohno, Hideyuki Mizukami


Recommended for you


Last modified: December 9, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (10)

  1. Siang Pak, sy juni travel ke sapporo dan furano.sy mau ke unkai terrace dan tdk pakai jr pass. 1. Apakah bisa naik bus ke Tomamu (unkai terrace) 2. Dari kota mana naiknya? 3. Sy tdk inap di resortnya,apakah mkgn bisa liat awanya?4. Apa ada transport saat pagi2 yg bisa membawa sy lihat awannya (dr hotel kota itu ke resort).terima kasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Awan unkai terrace itu hanya terjadi di pagi hari, jadi sepertinya tidak mungkin bisa melihatnya kalau tidak menginap di resort.
      Untuk busnya, ada kok bis yang menghubungkan beberapa hotel di Sapporo dengan Tomamu, informasinya sudah dituliskan di artikel di atas.

    • Nugroho Christian  |  

      Unkai Terrace hanya bisa disaksikan pada periode 13 Mei sampai 16 Oktober. Bapak bisa stay di Hoshino Resorts Tomamu saja. Nanti ada transportasi ke sana. Salam.

  2. Pagi pak, untuk perjalanan pulang dari stasiun tomamu ke minami chitose stasiun jika menggunakan JR pass apakah perlu membeli tiket lagi atau lgsg naik train aja?

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu Hilda, ongkos nya tercover dengan JR Pass, cukup masuk lewat pintu manual dan tunjukkan JR Pass kepada petugas. Salam.

  3. Selain lewat sapporo kalau dari shin hakodate lewat noboribetsu – minami chitose terus lanjut ke tomamu apakah lebih jauh dan lebih lama pak ? thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau mau ke Tomamu lebih cepat dari Minami Chitose Pak. Sebab kereta dari Sapporo ke Tomamu juga melewati Minami Chitose Station. Salam

  4. pagi pak. tolong tanya untuk akses dari tokyo menuju ke tomamu dengan JR pass bgm pak ?
    Dan kalau saya mau mampir ke kota lain dalam perjalanan ke tomamu apakah setiap stasiun ada penyewaan loker utk tas / koper. Referensi daerah yang menarik yang searah perjalanan ke tomamu di hokkaido apa ya … thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Kita bisa pergi ke Tomamu dengan naik kereta dari Tokyo ke Shin-Hakodate Hokuto, lalu naik kereta limited ekspress Hokuto sampai Sapporo, dan terakhir naik kereta ekspress dari Sapporo Station yang berangkat setiap sejam sekali. Waktu perjalanannya 90-100 menit dengan ongkos 4.610 yen dan tercover oleh JR Pass maupun JR Hokkaido Pass. Bapak bisa menitip di Stasiun Sapporo (kota besar terakhir menuju Tomamu).

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!