Mendaki Gunung Fuji

You are here Home  > Nature, Wisata Jepang >  Mendaki Gunung Fuji

Musim panas sekitar bulan Juli dan Agustus adalah saat terbaik untuk mendaki Gunung Fuji. Meskipun dibilang musim panas, namun di Jepang musim panas sekaligus musim hujan, sehingga kelembaban udara sangat tinggi dan terasa panas. Temperatur udara sekitar puncak Gunung Fuji sekitar 5 hingga 10 celsius sehingga kita perlu melakukan persiapan mendaki Gunung Fuji. Biasanya para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal mengincar liburan obon atau liburan musim panas sekitar pertengahan bulan Agustus, sehingga pada saat itu gunung Fuji. Jika ingin mendaki dalam suasana yang lebih tenang, teman-teman bisa mengincar hari kerja pada awal bulan Juli.

Kostum Saat Mendaki Gunung Fuji

perlengkapan naik gunung fuji

Barang-barang yang Diperlukan Waktu Mendaki Gunung Fuji

Berikut adalah barang-barang yang saya bawa sewaktu mendaki Gunung Fuji:

1. Meninggalkan barang-barang tidak diperlukan

Kita dapat meninggalkan barang-barang lebih yang tidak terlalu diperlukan saat mendaki di loker yang terdapat di perhentian kelima Gunung Fuji atau 5-gome. Mendaki Gunung Fuji tidaklah gampang, jadi untuk keamanan dan keselamatan sendiri, lebih baik tinggalkan barang-barang yang tidak diperlukan. Catatan: loker di Jepang aman, jadi tidak perlu kuatir barang akan hilang atau tercuri.

2. Botol minuman

Kita akan berhenti dan menginap di rumah-rumah penginapan di lereng gunung, jadi bawalah air minum secukupnya untuk asupan air saat berada di tengah jalan menuju rumah penginapan. Makanan kecil manis untuk menyegarkan mulut dan perut juga bisa dibawa, untuk keadaan genting.

Bawa minuman waktu mendaki Gunung Fuji

3. Jaket tebal dan jaket tipis

Kenakanlah jaket tebal dan jaket tipis, jaket tebal di bagian luar dan jaket tipis di bagian dalam. Kalau matahari terik dan terasa panas, bukalah jaket tebal. Sedangkan kalau angin dingin bertiup kencang, pakailah kembali jaket tebal untuk menjaga suhu tubuh. Pilihlah jaket yang mudah untuk dipakai dan dilepas.

Perjalanan mendaki Gunung Fuji

4. Jas hujan dan penutup ransel

Seperti ditulis di atas, bulan Juli dan Agustus adalah musim hujan, sehingga hujan seringkali turun tiba-tiba. Untuk menjaga agar pakaian tetap kering, bawalah jas hujan plastik tahan air. Jas hujan tahan air akan mencegah air hujan menyerap di jaket sehingga temperatur badan tetap terjaga. Begitu pula dengan penutup ransel, sehingga bisa melindungi ransel dan seluruh isinya basah dan menjadi berat.

5. Sepatu trekking

Gunung Fuji dipenuhi oleh batu-batu kerikil yang tajam dan tidak rata. Untuk itu, kenakanlah sepatu khusus trekking yang alasnya tebal dan runcing. Untuk mencegah telapan kaki dari permukaan tidak rata dan juga mencegah dari terpeleset.

6. Lampu senter

Biasanya pendakian akan dilanjutkan hingga malam dan kemudian menginap di rumah penginapan nomor 8 (8-goume). Setelah itu, untuk mengejar matahari terbit, pendakian akan dimulai kembali tengah malam sekitar pukul 1 hingga 2 malam. Karena suasana sekitar sangat gelap, maka lebih baik membawa lampu senter untuk sendiri. Bisa dipergunakan untuk melihat jalan atau pembimbing perjalanan saat mendaki Gunung Fuji.

Suasana waktu mendaki Gunung Fuji

7. Batang trekking

Batang trekking atau trekking pole adalah opsi terakhir barang-barang yang diperlukan saat mendaki Gunung Fuji. Kita dapat membelinya di perhentian kelia Gunung Fuji dengan harga 400 hingga 600 yen. Dengan memegang batang ini, kita bisa meenahan tubuh sehingga dapat lebih lancar mendaki Gunung Fuji.

Baca juga: FOTO KEINDAHAN GUNUNG FUJI

Hal-hal penting saat Mendaki Gunung Fuji

  1. Gunung Fuji ini menjadi bagian dari taman Nasional dan dilindungi oleh negara Jepang. Itu berarti seluruh bagian Gunung Fuji, termasuk tanaman dan hewan, semuanya dilindungi oleh undang-undang dan kita tidak boleh mengganggu atau merusak apapun yang ada di Gunung Fuji.
  2. Dalam panduan tour mendaki gunung Fuji biasanya memerlukan 2 hari dan 1 malam. Mulai mendaki dari siang atau sore hari, lalu beristirahat malam di lereng gunung Fuji. Pada dini hari mulai mendaki untuk mencapai puncak Gunung Fuji di saat matahari terbit. Sangat tidak disarankan untuk mendaki ke puncak dalam waktu seharian. Ini berbahaya karena cuaca di Gunung Fuji bisa menjadi cukup ekstrem sehingga tubuh harus diistirahatkan supaya bisa beradaptasi tanpa terganggu. Ada kalanya, temperatur di kaki gunung dan di puncak gunung Fuji berselisih 20 derajat celcius. Petir bisa menyambar sewaktu-waktu dan cuaca pun berubah. Dan walau pun pergi di musim panas, bisa jadi akan turun kabut.Disarankan untuk menginap dulu semalam di pondok-pondok yang sudah disediakan, dan baru lanjut mendaki ke puncak keesokan harinya.
  3. Saat akan mendaki Gunung Fuji, wisatawan akan dimintai retribusi sebesar 1000 yen yang dikumpulkan di stasiun-stasiun di berbagai jalur pendakian. Saat menggunakan toilet juga silakan menyumbangkan uang receh 100 yen untuk pemeliharaan toilet.

Gunung Fuji ini berdekatan dengan kawasan wisata Danau Kawaguchiko dan juga Hakone, yang juga jadi dua rute akses utama menuju Gunung Fuji. Jika teman-teman berminat mengunjungi Kawaguchiko dan Hakone dari Tokyo, bisa menggunakan Fuji Hakone Pass yang bisa menghemat biaya transportasi di Hakone dan Gunung Fuji.

Cheap Hotels near Gunung Fuji [More Hotels]

Pension Avenue
from ‎¥9534/night
Fuji Backpackers Capsule
from ¥2321/night
K’s House Fuji View
from ¥4341/night
Subashiri Condominium
from ¥12350/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar : Flickr skyseeker, Youkoso Japan, skyseeker, skyseeker, skyseeker,


Recommended for you

Last modified: October 17, 2016

Comments (15)

  1. Selamat siang,
    Saya rencana akan melakukan perjalanan dari haneda langsung ke osaka. lalu beberapa hari kemudian ke fuji kawaguchiko. baru ke tokyo.

    yang saya agak bingung, rute osaka ke fuji menggunakan JRpass.
    mohon saran untuk rute tercepat dan yang termurah. karena saya baca2, tidak semua dapat dicover JR pass pada waktu ke fuji. dan saya bersama istri saya yang sedang hamil. jadi mau cari yang lebih tidak melelahkan.
    Thanks before

    • Malam Pak Nugroho,

      Saya mau tanya :

      Hari 1 : Osaka – Tokyo – Disneyland / Disneysea – Tokyo Skytree -Ueno Park – Akihabara – Asasuka
      Hari 2 : Tokyo – Galayuzawa – shibuya – shinjuku – harajuku
      Hari 3 : Tokyo – Shibazakura Festival – Mt Fuji – Lake Kawaguchiko
      Hari 4 : Tokyo – Tateyama Kurobe Alpine Road – Arashiyama – Fushimi Inari – Kyoto Tower
      Hari 5 : Osaka – Osaka Castle – Dotonbori – Shinsaibashi
      Hari 6 : Osaka – Universal Studio – Umeda Sky – Tempozan Ferris Wheel

      dengan Rute spt ini yg ingin saya tanyakan adalah :

      1. Apakah Rute ini sudah searah atau berurutan
      2. Apakah setiap rute per day bisa di lakukan dalam seharian full
      2. saya berencana pakai JR pass , apakah trip ini tercover dengan JR pass atau ada pass lain nya
      3. Trip Ke Disneyland / Disneysea dan Universal studio saya tidak masuk ke dalam
      4. Trp ke Tateyama Kurobe Alpine Road hanya 1/2 hari saja
      5. bila ada tempat yg tidak bisa di jalani dalam trip ini dalam sehari , tempat mana yg diabaikan.
      6. Apakah di stasiun Kyoto ada Locker Coin, apa mungkin setelah dari tateyama saya bisa explore tempat wisata kyoto spt itin diatas tsb.

      maaf kalau terlalu banyak pertanyaan nya pak

      terima kasih

      Anis

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, rutenya sudah berurutan. Perjalanannya sepertinya akan sulit dilakukan dalam satu hari, terutama di hari pertama dan keempat.
      Untuk itinerary ke Tokyo Disneyland atau Disneysea, kalau memang ingin masuk, lebih baik menghabiskan satu harian di sana. Daripada sayang sudah keluar banyak uang untuk tiket masuk namun hanya setengah-setengah hari. Bapak juga bisa menghemat dengan membeli tiket half Day di Tokyo Disneyland atau Disneysea, setelah jalan-jalan keliling Tokyo. Rutenya supaya searah adalah turun di Tokyo Station, kemudian Asakusa, Tokyo Skytree, Ueno, Akihabara. Silakan dilewatkan 2-3 tempat mana yang memang tidak ingin dikunjungi.

      Untuk perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine Route, secepat-cepatnya pasti memakan waktu 5-6 jam, belum ditambah perjalanan ke Kyoto dengan kereta, mungkin hanya sempat ke Kyoto Tower yang masih buka sampai malam pukul 20.40.

    • terima kasih atas jawaban nya pak,

      untuk pass yg dibutuhkan hanya JR pass saja ya pak ?
      untuk ke disneyland atau disney sea saya tidak masuk ke dalam hanya di luar saja ..
      apakah rute spt dibawah ini sudah benar pak
      Tokyo – Disneyland – Asasuka – Tokyo Skytree -ueno – Akihabara

      Sementar untuk rute hari ke 4 kalau saya ganti spt di bawah ini
      Tokyo – Tateyama alpine Road – Osaka Castle – Dotonbori – Shinsaibashi

      apakah waktu nya bisa dalam seharian full

      terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, sudah tepat Pak. Sebab Dotonbori dan Shinsaibashi buka sampai malam.
      Lalu perjalanan di Tokyonya juga sudah bagus. Salam

    • untuk pass nya pakai apa saja ya pak untuk bisa mengcover semua tempat yg saya sebutkan diatas..

      Tokyo – Kyoto -Osaka

      Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Bapak bisa menggunakan JR Pass (29.110 yen), sudah balik modal kalau melihat jadwal perjalanannya.
      Salam

  2. Mahal juga ya pak harga sewa kamarnya..
    Kalo bus malam willer dari Kyoto ke Danau Kawaguchi apakah ada pak? Dan apa Bapak ada rekomendasi tempat menginap yang tidak terlalu mahal di daerah danau?
    Terima kasih.

  3. Siang Pak,

    Retribusi sebesar 1,000 Yen itu harus dibayar untuk per orang atau per keluarga pak? Dan bagaimana caranya untuk pesan kamar di penginapan no. 8 (8 goume)?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Visca, biaya 1000 yen itu per orang Visca. Tersedia dua pilihan: Large Rooms mulai dari 8.500 yen (booking di sini) dan Semi-Private Rooms mulai dari 10.000 yen (booking di sini).

      Salam dan selamat datang di Gunung Fuji!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!