Museum Ramen

Home / Attraction / Museum Ramen
Item image

Ramen. Teman-teman tentu tahu makanan khas Jepang ini. Makanan yang mirip mie kuah di Indonesia dengan sup terdiri dari bumbu-bumbu khusus adalah salah satu makanan favorit masyarakat Jepang. Dan kalau pergi ke Jepang, jangan lupa untuk berplesir ke Yokohama dan mengunjungi Museum Ramen! Di Museum Ramen di Yokohama kita dapat menyantap berbagai cita rasa ramen seluruh Jepang!

Nissin salah satu produsen ramen terbesar di Jepang membuka Museum Ramen ini pada 17 September 2011. Dan di Museum Ramen ini kita tidak hanya bisa melihat sejarah produksi ramen saja, namun juga ikut serta dalam berbagai kegiatan menarik! Tim Info Jepang sudah merangkum kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan di Museum Ramen di Yokohama. Silakan membaca!

1. Menyimak penjelasan dan video sejarah pembuatan ramen

Di ruangan teater kita bisa menyimak video penjelasan mengenai Momotaro Ando yang pertama kali membuat ramen instan di Jepang. Kisah bagaimana dia menemukan ide tentang ramen yang diseduh dengan air panas dijelaskan secara menarik dan dengan karakter-karakter yang lucu. Tenang saja karena ada penjelasan dalam bahasa Inggris juga bagi para wisatawan!

2. Membuat ramen instan sendiri

Ini mungkin kegiatan terseru yang bisa dilakukan di Museum Ramen, di mana kita bisa membuat ramen instan sendiri mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Kita bisa menghias gelas plastik ramen dengan tulisan yang unik, memilih jenis ramen, menambahkan toping-toping seperti udang kering, sayur-sayuran, bawang, keju, bahkan oreo!

Membuat cup noodles sendiri di Museum Ramen Yokohama

Membuat cup noodles sendiri di Museum Ramen Yokohama

3. Praktek membuat ramen

Kita juga bisa mencoba membuat ramen sendiri di Museum Ramen di Yokohama. Para pemandu akan menjelaskan dengan detail bagaimana proses membuat ramen yang enak. Kemudian satu per satu peserta diijinkan untuk membuat adonan, menggiling dan me-rolling adonan, memotongnya tipis-tipis, mengukusnya, dan terakhir menggorengnya untuk membuat ramen instan. Dan tentu saja kita bisa menyantap langsung ramen yang kita buat!

Dapur membuat cup noodles di Museum Ramen Yokohama

Dapur membuat cup noodles di Museum Ramen Yokohama

Keramaian di restoran Museum Ramen Yokohama

Keramaian di restoran Museum Ramen Yokohama

4. Santai sejenak di restoran ala jaman Showa

Di lantai paling atas Museum Ramen kita dapat menikmati berbagai cita rasa ramen di seluruh dunia! Ada ramen dan Indonesia, Vietnam, Thailand, dan juga negara-negara lain. Porsi ramen semuanya kecil sehingga kita dapat mencoba semua rasa ramen. Nikmati juga pesona Jepang saat jaman Showa (tahun 1950-an), di mana ada poster-poster dan hiasan-hiasan di gang-gang kecil yang tentu jadi pengalaman tak terlupakan!

Setelah puas menyantap mie dari berbagai macam negara, kita keluar menuju balkon. Dari area balkon, kita bisa menikmati keindahan pemadangan dan hembusan angin Teluk Tokyo.

pemandangan Teluk Tokyo dari Museum Ramen Yokohama

Pemandangan Teluk Tokyo dari Museum Ramen Yokohama


Liburan ke Yokohama hemat dengan pass kereta di Yokohama

Informasi pass kereta di Yokohama yang bakalan membuat liburan kita ke Yokohama menjadi praktis, dan tentu lebih murah: Yokohama Minatomirai Pass, Minatomirai Line One Day Ticket, Tokyu Tokyo Metro Pass dan lainnya.


Landmark Tower Yokohama di waktu malam

Mau pergi ke Yokohama? Ini dia tujuh tempat wisata favorit di Yokohama: Landmark Tower, Museum Ramen, wilayah Pecinan Motomachi Chuukagai dan lainnya.


pemandangan dari sky walk

Yokohama adalah kota terbesar kedua di Jepang setelah Tokyo, dan adalah ibukota wilayah


Informasi Museum Ramen Yokohama

Nama lengkap museum ialah Cupnoodles Museum Yokohama. Museum ramen buka setiap hari kecuali hari Selasa mulai pukul 10.00 hingga 18.00. Biaya masuk ke Museum Ramen adalah 500 Yen dan ada biaya tambahan untuk praktek membuat ramen dan membuat ramen instan. Biaya makan di restoran juga bervariasi antara 200 Yen hingga 350 Yen untuk satu mangkuk ramen.

Akses ke Museum Ramen Yokohama

DARI STASIUN SHINJUKU (TOKYO)

  • Shinjuku Station – Yokohama Station dengan JR Shonan Shinjuku Line (540 Yen) dalam 30 menit, lalu lanjut dengan Yokohama Train Line (180 Yen) sampai Minatomirai Station (Yokohama).
  • Shinjuku Station – Shibuya Station dengan JR Yamanote Line (150 Yen) selama 6 menit, lalu berpindah naik kereta Tokyu Toyoko Line (440 Yen) dalam 28 menit sampai Stasiun Minatomirai.

DARI TOKYO STATION

  • Tokyo Station – Yokohama Station dengan JR Tokaido Main Line (450 Yen) dalam 25 menit. Dari Stasiun Yokohama, kita bisa naik kereta Yokohama Train Line (180 Yen) sampai Minatomirai Station (Yokohama).

Dari stasiun Minatomirai, kita tinggal bisa berjalan kaki kurang lebih 8 menit ke arah utara, menyeberang jalan utama (di sudut bianglala Yokohama Cosmo World).

Cheap Hotels in Yokohama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yokohama Royal Park
1 km away
Yokohama Royal Park Hotel
from ¥35000/night
Hotel JAL City Kannai
1 km away
Hotel JAL City Kannai
from ¥8500/night
Mielparque Yokohama
2 km away
Mielparque Yokohama
from ¥7500/night
Rose Hotel Yokohama
1 km away
Rose Hotel Yokohama
from ¥17000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Hakone
62 km away
menuju kuil hakone
Hakone Onsen
54 km away
Hakone Onsen Kappa Tengoku
Museum Ramen Shin-Yokoham
6 km away
Suasana Museum Ramen Shin-Yokohama
Museum Ramen
0 km away
Membuat cup noodles sendiri di Museum Ramen Yokohama

Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi Tim Info Jepang, Flickr Guilhem Vellut, Amy Jane Gustafson, Amy Jane Gustafson


Recommended for you


Last modified: May 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (8)

  1. Halo pak, mau nanya apakah museum ramen yg di ikeda station dan di yokohama ini sama?
    Dan kalo saya mau ke yokohama apakah tercover oleh tokyo subway pass ? Terima kasih pak. Tlg bantu dijawab ya pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Kurang lebih sama sih bu, namun museum ramen itu isinya ramen dan sejarah ramen, sementara yang yokohama ini ramen tapi lebih ke arah ramen instan (cup-noodles/ dalam cup). Kalau saya bilang, sama saja, bisa pilih salah satu. Lalu untuk ke Yokohama, tidak bisa dengan subway pass (hanya sebagian), karena Yokohama ini sudah diluar kota Tokyo, sementara Tokyo Subway Pass hanya mengcover ongkos subway dalam kota Tokyo saja. Salam.

  2. Pak, boleh tanya kalo misal dari Kamata saya lsg ke Cup noodles Museum, setelah itu jalan yang searah itu ke China Town dan Landmark Tower bukan yah? apakah harus naik kereta lagi atau jalan kaki antar 1 objek ke yang lainnya? thank you

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa naik kereta Toei Subway Line dari Morishita sampai ke Shinjuku Sanchome Station, kemudian naik subway Tokyo Metro Fukutoshin Line sampai di Minatomirai Station untuk kemudian jalan kaki ke Yokohama Cup Noodle Museum. Semuanya tidak tercover oleh Tokyo Wide Pass.
      Kalau dipaksakan naik yang tercover Tokyo Wide Pass, malah jadi lebih jauh dan makan waktu. Salam

  3. Siang mau nanya kalo ke museum doraemon kan naik kereta odakyu apakah pake pass tokyo wide ini ke cover?
    Trus kalo ke museum ramen yokohama kan naik tokyu toyoku line atau yokohama train line sampe minatomirai stasiun, apakah ke cover jg? Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tokyo Wide Pass tidak mengcover ongkos kereta Odakyu.
      Kemudian, ibu bisa naik kereta JR Tokaido Line sampai ke Yokohama, tinggal bayar ongkos dari Yokohama sampai Minatomirai Station. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!