Informasi Pass Kereta di Yokohama

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Informasi Pass Kereta di Yokohama

Yokohama masuk sebagai kota satelit Tokyo dan menjadi kota terbesar di Tokyo Metropolitan Area. Letaknya ada di sisi barat-selatan kota Tokyo dan menghadap langsung ke Teluk Tokyo. Letaknya yang dekat dengan Tokyo (hanya 30 menit naik kereta), ditambah dengan tempat wisata yang beragam membuatnya menjadi primadona utama para wisatawan sebagai day-trip dari Tokyo. Berikut ini Tim Info Jepang memberikan informasi pass kereta di Yokohama yang bakalan membuat liburan kita ke Yokohama menjadi praktis, dan tentu lebih murah.

1. Yokohama-Minatomirai Pass

Kawasan Yokohama Minatomirai adalah kawasan wisata utama Yokohama. Wilayah tepi pantai dan area reklamasi di tepi Teluk Tokyo ini disulap menjadi pusat wisata dan belanja, selain sebagai fungsi utamanya yakni pelabuhan utama ekspor dan impor wilayah Kanto Jepang.

Yokohama Minatomirai Pass adalah pass kereta terbaik buat teman-teman yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di area Minatomirai. Tiket ini bisa dibeli di Travel Center di Stasiun Yokohama (View Plaza) atau di JR Ticket Offices (Midori-no Madoguchi) di seluruh stasiun di Yokohama. Harganya 520 yen untuk dewasa dan 260 yen untuk anak-anak (dibawah 12 tahun), dengan masa berlaku 1 hari kalender. Kalau teman-teman berencana pergi ke 2-3 tempat berbeda stasiun seperti Minatomirai Station, Bashamichi Station, atau Motomachi Chuukagai, maka pass kereta ini sangat menguntungkan. Itu karena harga tiket subway Minatomirai cukup mahal 210 yen untuk sekali perjalanan.

rute kereta yang dicover yokohama minatomirai pass

Rute kereta yang dicover Yokohama Minatomirai Pass

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: kereta Negishi Line dari Stasiun Yokohama sampai Stasiun Shin-Sugita, dan kereta subway Minatomirai dari Stasiun Yokohama menuju Stasiun Minatomirai sampai Stasiun Motomachi-Chugakai. Ingat, ongkos dari Stasiun Shinjuku atau Stasiun Tokyo tidak tercover dengan pass ini. Ongkos baru akan dicover setelah kamu tiba di Stasiun Yokohama. Tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan Yokohama Minatomirai Pass:

  1. Minatomirai Area, meliputi tempat-tempat wisata seperti: Yokohama Cosmo World, Sky Garden Landmark Tower, Yokohama Akarenga Soko (Yokohama Red Brickhouse), Museum Cup Noodles, taman bermain Yokohama Cosmo World, jembatan kayu bersejarah Kishamichi Promenade, dan jembatan gantung Yokohama Bay Bridge. Seluruh tempat wisata ini dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Minatomirai.
  2. Taman Yamashita (5 menit berjalan kaki dari Stasiun Motomachi-Chugakai atau 7 menit berjalan kaki dari Stasiun Ishikawacho).
  3. Yokohama Chinatown (5 menit berjalan kaki dari Stasiun Motomachi-Chugakai).
Ke Yokohama Chinatown dengan pass kereta di Yokohama

Ke Yokohama Chinatown dengan pass kereta di Yokohama


pemandangan dari sky walk

Yokohama adalah kota terbesar kedua di Jepang setelah Tokyo, dan adalah ibukota wilayah Kanagawa di selatan Tokyo....


Landmark Tower Yokohama di waktu malam

Mau pergi ke Yokohama? Ini dia tujuh tempat wisata favorit di Yokohama: Landmark Tower, Museum Ramen, wilayah Pecinan Motomachi Chuukagai dan lainnya.


2. Minatomirai Line One Day Ticket

Minatomirai Line One Day Ticket adalah pass kereta yang mengcover jalur Minatomirai Line dari dari Stasiun Yokohama menuju Stasiun Minatomirai sampai Stasiun Motomachi-Chugakai. Harganya 460 yen untuk dewasa dan 230 yen untuk anak-anak (dibawah 12 tahun), dengan masa berlaku 1 hari kalender. Pass kereta ini bisa dibeli di vending machine di seluruh stasiun yang melayani rute Minatomirai Line, lalu juga bisa dibeli di Comfort Hotel Yokohama Kannai, Yokohama Excel Hotel Tokyu, Yokohama Plaza Hotel, dan Yokohama Heiwa Plaza Hotel. Pass kereta di Yokohama ini sama persis seperti Yokohama Minatomirai Pass, hanya tidak mengcover kereta JR.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: kereta subway Minatomirai dari Stasiun Yokohama menuju Stasiun Minatomirai sampai Stasiun Motomachi-Chugakai.

Tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan Minatomirai Line One Day Ticket:

  1. Minatomirai Area, meliputi tempat-tempat wisata seperti: Sky Garden Landmark Tower, Yokohama Akarenga Soko (Yokohama Red Brickhouse), Museum Cup Noodles, taman bermain Yokohama Cosmo World, jembatan kayu bersejarah Kishamichi Promenade, dan jembatan gantung Yokohama Bay Bridge. Seluruh tempat wisata ini dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Minatomirai.
  2. Potongan harga masuk ke tempat wisata Museum Seni Yokohama, Yokohama Minatomirai Manyo Club, SKYspa Yokohama, dan Nadaman Yokohama.
sta. Motomachi

Arsitektur futuristis Stasiun Kereta Subway Minatomirai

3. Seaside Line One Day Pass

Seaside Line One Day Pass adalah pass kereta yang mengcover jalur Kanazawa Seaside Line dari Stasiun Shin-Sugita sampai ke Stasiun Kanazawa-Hakkei. Harganya 670 yen untuk dewasa dan 340 yen untuk anak-anak (dibawah 12 tahun), dengan masa berlaku 1 hari kalender. Pass kereta ini bisa dibeli di vending machine di seluruh stasiun yang melayani rute Kanazawa Seaside Line.

Tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan Seaside Line One Day Pass:

  1. Yokohama Hakkeijima Sea Paradise.
  2. Mitsui Outlet Park Yokohama Bayside (5 menit berjalan kaki dari Stasiun Torihama).
  3. Pantai putih buatan Uminokoen (2 menit berjalan kaki dari Stasiun Uminokoen-Shibaguchi atau Stasiun Uminokoen-Minamiguchi).
  4. Kuil Shomyo-Ji, kuil Buddha yang terkenal dengan pemandangan hanami sakuranya di Yokohama. Kuil ini bisa dicapai dengan 15 menit berjalan kaki dari Stasiun Uminokōen-Minamiguchi.
  5. Museum Prefektur Kanagawa (5 menit berjalan kaki dari Stasiun Uminokoen-Minamiguchi).
  6. Taman Nojima (5 menit berjalan kaki dari Stasiun Nojimakoen).

4. Minato-Burari Ticket

Berbeda dengan tiga buah pass sebelumnya yang digunakan untuk naik kereta gratis, Minato-Burari Ticket hanya dapat digunakan untuk naik bus gratis. Burari sendiri artinya jalan-jalan dalam bahasa Jepang. Harganya 500 yen untuk dewasa dan 250 yen untuk anak-anak (dibawah 12 tahun), dengan masa berlaku 1 hari kalender. Bus ticket ini bisa dibeli di seluruh stasiun kereta subway Yokohama, Stasiun Yokohama, dan Pusat Informasi Wisata di Sakuragicho atau langsung membeli di halte dan dalam bus.

Tersedia juga Minato Burari Ticket Wide yang mengcover rute PP menuju Stasiun Shin-Yokohama yang melayani rute Tokaido Shinkansen. Harganya 550 yen untuk dewasa dan 280 yen untuk anak-anak.

Tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan Minato-Burari Ticket:

  1. Minatomirai Area, meliputi tempat-tempat wisata seperti: Yokohama Cosmo World, Sky Garden Landmark Tower, Yokohama Akarenga Soko (Yokohama Red Brickhouse), Museum Cup Noodles, taman bermain Yokohama Cosmo World, dan jembatan kayu bersejarah Kishamichi Promenade. Seluruh tempat wisata ini dapat dicapai dengan naik bus dari Stasiun Yokohama.
  2. Taman Yamashita.
  3. Yokohama Chinatown.
  4. Taman Sankeien.

5. Tokyu Tokyo Metro Pass

Keempat Pass Kereta di Yokohama di atas adalah untuk kereta daerah Yokohama dan subway Minatomirai. Pass Kereta di Yokohama di atas cocok buat teman-teman yang memiliki JR Pass, JR East Tohoku Pass, Tokyo Wide Pass dan pass lain yang mengcover ongkos kereta JR Tokyo dan Yokohama.

Nah buat teman-teman yang tidak punya pass-pass JR, bisa membeli Tokyu Tokyo Metro Pass. Pass ini sebenarnya adalah gabungan pass kereta Tokyu (yang menghubungkan Shibuya dan Yokohama via jalur kereta Toyoko Line) dan Tokyo Metro Subway 24-Hours Pass yang mengcover subway Tokyo Metro di pusat kota Tokyo. Dengan kata lain, jika membeli Tokyu Tokyo Metro Pass, ongkos dari hotel di Tokyo sampai Yokohama, semua ongkosnya tercover. Tokyu Tokyo Metro Pass ini bisa dibeli di seluruh stasiun jalur kereta Tokyu, seharga 1.000 yen dan berlaku satu hari. Pass ini juga sangat cocok dikombinasikan dengan Minatomirai Line One Day Ticket.

Recommended Hotels in Yokohama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yokohama Hostel Village H
from ¥2400/night
APA Hotel Yokohama
APA Hotel Yokohama Kannai
from ¥11000/night
Business Inn New City
from ¥2400/night
The Yokohama Bay Hotel
The Yokohama Bay Hotel Tokyu
from ¥28000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kishamichi Promenade
Jalur kereta Kishamichi Promenade
Yokohama Bay Bridge
yokohama bay bridge
Museum Ramen
Museum Ramen di Yokohama
Landmark Tower
Landmark Tower Yokohama di waktu malam

Sumber gambar: Flickr TokyoViews, TokyoViews,tomosang


Recommended for you

Last modified: May 8, 2017

Comments (4)

  1. Kak Nugroho itu yg no 5. tokyu tokyo metro pass beli nya di mana ya? stasiun apa? kalau di stasiun tokyo ada jual gak di vending machine nya? atau dimana ya?

    oh iya itu untuk cover tokyo (metro subway) sama perjalanan dari Shibuya station ke yokohama stasiun doank ya? kalau di dalam kota yokohamanya gak di cover ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam. Tokyu Tokyo Metro Pass bisa dibeli di mesin tiket jalur kereta Tokyu di stasiun Shibuya.
      Pass ini mengcover ongkos sampai ke Yokohama Station saja. Bisa saja dikombinasikan dengan Minatomirai Line One Day Ticket (pass nomor 2). Salam

  2. Selamat siang Pak, ada beberapa yang mau saya tanyakan :
    1. Sta. Komagome ke Sta. Yokohama, apakah ini tercover dengan Minatomirai Pass?
    2. Sta. Okachimachi ke Sta. Kisarazu apakah bisa pakai Tokundai Pass?
    3. Saya ingin ke Mishima Sky Walk setelah itu ke Gotemba Premium Outlet, apakah ada bus yg langsung ke Mishima Sky Walk ?

    Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Indah mohon membaca dengan seksama penjelasan kami yah.
      1. Tidak tercover. Minatomirai Pass baru mulai mengcover dari Stasiun Yokohama
      2. Tidak, Tokunai pass hanya untuk naik kereta JR di dalam Tokyo.
      3. Kamu bisa naik bus Odakyu atau Hakone Tozan ke arah Moto-Hakone atau Hakone Machi (di tepi Danau Ashinoko), baru naik bus Tokai ke Mishima Sky Walk. Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!