Sasebo di Nagasaki

Home / Attraction / Sasebo di Nagasaki
Item image

Sasebo adalah wilayah paling barat wilayah pulau-pulau utama Jepang. Kalau teman-teman ingin tahu di mana ujung terakhir jalur kereta Japan Railway (JR) di Sasebo inilah tempatnya. Selain itu, kota terbesar kedua setelah kota Nagasaki di Prefektur Nagasaki. Hari ini, Sasebo dikenal sebagai markas Tentara Angkatan Laut Jepang sekaligus basis militer Amerika Serikat di wilayah Asia-Pasifik bersama dengan kota Okinawa. Meskipun menjadi pangkalan militer puluhan tahun, tidak ada kesan “serius” atau “angker” saat saya mengunjungi Sasebo di Nagasaki. Terletak di ujung barat Jepang, Sasebo dianugerahi pemadangan matahari terbenam yang mempesona dan pemandangan malam yang romantis. Tidak lupa, ada juga ikon wisata Taman Huis Ten Bosch yang dikunjungi lebih dari 1 juta wisatawan setiap tahunnya plus bangunan dan restoran yang menawarkan menu-menu Barat dan Amerika.

Kegiatan seru di Sasebo

1. Mengunjungi taman bermain khas Belanda Huis Ten Bosch

Terletak sekitar 30 menit dari pusat kota Sasebo, Huis Ten Bosch bisa dilang adalah ikon wisata utama Sasebo. Kompleks taman bermain ini punya konsep yang unik dibandingkan dengan taman bermain lainnya yang ada di Jepang, seperti Disney Resort di Tokyo, Universal Studio Osaka, atau Fujikyu Highland di sekitaran gunung Fuji.

Huis Ten Bosch–Hausu Ten Bosu dalam bahasa Jepang–adalah taman bermain yang terletak di Sasebo, Prefektur Nagasaki, Jepang. Dalam bahasa aslinya, Huis Ten Bosch berarti rumah di hutan. Menurut sejarah, taman dengan beragam atraksi dan permainan ini dibangun saat area Sasebo masih berbentuk hutan alias belum berkembang seperti sekarang. Huis Ten Bosch menampilkan taman bermain dengan ciri khas Eropa dan Belanda yang begitu kental. Lengkap dengan kebun bunga tulip dan mawar, bangunan kincir angin, bangunan-bangunan berarsitektur Eropa, dan kanal-kanal dengan perahu-perahu yang melintas di atasnya. Tidak salah, jika banyak orang yang bilang, Huis Ten Bosch adalah kepingan negeri Belanda di Jepang.

Untuk mencapai Huis Ten Bosch, kita bisa naik kereta JR Seaside Liner dari Stasiun Sasebo selama 20-30 menit dengan ongkos 280 yen. Atau kalau dari Stasiun Nagasaki, bisa naik kereta JR Omura atau JR Seaside Liner selama 1,5 jam dengan ongkos 1.470 yen sampai sampai di Stasiun Sasebo. Dari Stasiun Sasebo, kita tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit sampai pintu masuk Huis Ten Bosch.

Kincir angin di Huis Ten Bosch

Kincir angin di Huis Ten Bosch

2. Bersantai menikmati keindahan matahari terbenam di Sasebo Seaside Park

Sasebo Seaside Park bisa dicapai dengan lima menit berjalan kaki dari Stasiun Sasebo ke arah barat laut. Area taman ini terletak persis di sebelah pelabuhan Kujirase. Kita bisa duduk atau mengelilingi taman sambil menikmati keindahan matahari terbenam. Perubahan warna langit dari kuning kemerahan, ungu, hingga menjadi gelap. Selain itu ada menara observasi juga, di mana kita bisa melihat pemandangan 360 derajat wilayah Sasebo, mulai dari kota Sasebo, pelabuhan Sasebo, birunya laut Teluk Sasebo.

Pemandangan sore hari di Sasebo Seaside Park

Pemandangan sore hari di Sasebo Seaside Park

3. Mencoba tur berkeliling Kepulauan Kujukushima dengan kapal pesiar

Tepat di sisi barat perairan Nagasaki, kita bisa menemukan kepulauan Kujukushima. Kujukushima berarti 99 pulau di dalam bahasa Jepang yang termasuk ke dalam Taman Nasional Saikai. Kepulauan Kujukushima menjadi kepulauan terpadat di Jepang dengan pemandangan kontras, pulau dengan hutan hijau yang lebat dan laut biru tanpa pantai. Kita bisa mencoba tur kapal pesiar (cruise boat) bernama Kujukushima Pearl Sea Resort untuk berkeliling dan menikmati keindahan kepulauan Kujukushima. Mayoritas pulau-pulau berupa padang rumput dengan pohon-pohon besar dan tidak dihuni oleh manusia. Biaya tur kapal pesiar ini juga cukup murah kok, mulai dari 2.050 yen untuk tur selama 50 menit dan sudah termasuk jamuan makan seafood segar dari perairan di kepulauan Kujukushima.

Pemandangan Kujukushima

Pemandangan Kujukushima dari Yumiharidake

4. Lihat keindahan Kepulauan Kujukushima dari Yumiharidake

Berkelling dengan tur kapal pesiar mungkin memberikan kita kesempatan menikmati kepulauan Kujukushima dari dekat, melihat bebatuan, pepohonan, dan pantai pasir pulau-pulau tersebut. Namun, kita agak sulit membayangkan keindahan susunan kepulauan ini. Nah, dari observatorium Yumiharidake di sisi utara pusat kota Sasebo, kita bisa melihat susunan kepulauan Kujukushima. Pemandangannya begitu indah, khususnya panorama saat matahari terbenam. Selain itu ,kita juga bisa menikmati keindahan malam pusat kota dan pelabuhan Sasebo yang tak akan terlupakan.

Akses menuju Sasebo di Nagasaki

1. Dari Nagasaki

Dari Stasiun Nagasaki, kita bisa naik kereta JR Seaside Line sampai ke Stasiun Sasebo. Lama perjalanannya sekitar 100 menit dengan ongkos tiket 1.650 yen. Tersedia keberangkatan setiap jamnya.

2. Dari Hakata

Dari Stasiun Hakata di Fukuoka (stasiun terakhir kereta JR Sanyo Shinkansen dari Stasiun Shin-Osaka), kita bisa naik kereta ekspress Midori sampai ke Stasiun Sasebo. Lama perjalanannya sekitar 115 menit dengan ongkos tiket 3.360 yen. Atau bisa naik kereta lokal melalui Stasiun Tosu, Stasiun Hizenyamaguchi sampai Stasiun Sasebo seharga 2.130 yen, sekitar 3 jam perjalanan.

Selain itu, teman-teman bisa naik bus dari Terminal Hakata selama 2 jam sampai Sasebo dengan ongkos 2.200 yen.

Baca juga: Akses menuju Nagasaki

Cheap Hotels in Nagasaki [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Resol Sasebo
0 km away
from ¥5701/night
Hotel Europe
10 km away
from ‎¥18526/night
Hotel Nagasaki
48 km away
from ¥8349/night
Casa Blanca Guesthouse
49 km away
from ¥2545/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gereja Oura Nagasaki
50 km away
Bangunan Gereja Oura Nagasaki
Nagasaki Seaside Park
49 km away
Pemandangan dari Nagasaki Seaside Park
Glover Garden
50 km away
Taman bunga Glover Garden Nagasaki
Gereja Tabira
24 km away
Gereja Tabira Nagasaki dari luar

Sumber gambar: Flickr kobakou, Joel, かがみ~, かがみ~


Recommended for you


Last modified: December 3, 2016 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!