Huis Ten Bosch

Home / Amusement Park / Huis Ten Bosch
Item image

Huis Ten Bosch (dibaca Hausu Ten Bosu) adalah taman bermain dengan ciri khas Eropa dan Belanda yang terletak di kota Sasebo Nagasaki. Di sini kita bisa merasakan aura dan arsitektur bangunan Eropa di seluruh area taman, ada kebun bunga dan kincir angin hampir di seluruh taman, bangunan-bangunan berarsitektur Eropa, dan kanal-kanal dengan perahu terapung mirip di Belanda.

Huis Ten Bosch dibuka pada tanggal 25 Maret 1992. Kita bisa mengunjungi taman bermain ini dengan naik kereta ekspress JR Kyushu atau bus dari Kota Nagasaki. Huis Ten Bosch juga bisa dicapai dengan naik kapal laut dari pelabuhan kota Nagasaki. Ketiga-tiganya menyuguhkan pemandangan indah yang tidak mungkin terlupakan. Saya sendiri mencoba naik kereta JR dan bus dari kota Nagasaki. Aksesnya yang mudah membuat banyak wisatawan, terutama dari Cina, Korea, dan Taiwan mengunjungi taman bermain ini dalam liburan di Jepang

Pada musim semi dan musim gugur, di Huis Ten Bosch diadakan acara festival bunga. Kita bisa melihat seluruh bunga warna-warni mekar. Di musim panas, ada acara festival kembang api atau hanabi yang diadakan di pinggir pantai. Sementara pada musim dingin, diadakan Huis Ten Bosch Illumination, iluminasi terbesar di Jepang. Berbeda dengan Tokyo Disneyland atau Tokyo Disneysea yang merupakan taman bermain untuk anak-anak, di Huis Ten Bosch orang tua pun bisa turut serta bermain dan menikmati liburan di tempat ini.

Kegiatan Wisata Seru di Huis Ten Bosch

1. Berkeliling Taman Bunga Art Garden

Art Garden adalah taman terbesar yang ada di Huis Ten Bosch. Desain taman dibentuk sedemikian menunjukkan perpaduan ciri khas taman di Eropa dan taman hias khas Jepang. Bunga-bunga silih berganti tumbuh dan mekar seiring dengan bergantinya musim di Jepang, menyuguhkan pemandangan taman bunga yang berbeda tiap musim tiap tahun. Di Art Garden ini ada 1000 jenis bunga dan lebih dari 200 ribu tangkai bunga di seluruh taman. Dan jenis bunga yang paling banyak adalah bunga mawar dengan 500 jenis dan 4000 tangkai.

Melihat pemandangan taman bunga Huis Ten Bosch Nagasaki

Melihat pemandangan taman bunga

Tiap tahun ketika musim panas tiba diadakan festival bunga mawar, dengan lebih dari 1,2 juta tangkai bunga-bunga mawar bermekaran indah, menunjukkan keasrian taman. Harum bunga pun menyebar memenuhi seluruh taman. Seluruh bunga ditata dengan desain yang bagus sehingga warnanya begitu indah dan asri. Festival bunga mawar diadakan setiap tahun pada awal Mei hingga awal Juni. Di musim gugur, kita juga bisa menyaksikan festival bunga yang berlangsung pada 12 Oktober sampai 4 November 2019.

Art Garden Huis Ten Bosch Nagasaki

Suasana Art Garden

Ada 5 tempat menikmati bunga di Art Garden. Pertama, Taman Grand Rose (Grand Rose Garden), Istana Mawar (Rose Palace), Plaza Mawar (Rose Plaza), Mansion Mawar (Rose Mansion), dan Kanal Mawar (Rose Kanal) di mana kita bisa naik perahu mengelilingi kanal dengan bunga-bunga mawar yang mekar di sepanjang kanal. Di setiap tempatnya selalu ada pemandangan bunga-bunga asri yang bermekaran. Keindahan dan keharuman bunga sungguh mempesona dan akan terus dikenang oleh siapapun yang datang ke Huis Ten Bosch.

Ada juga Ferris Wheel (kincir berputar) di mana kita bisa naik dan melihat seluruh taman bunga Art Garden dan seluruh taman bermain dari atas kincir. Harganya 700 yen. Ada pula toko yang menjual hiasan bunga dan restoran yang menyuguhkan menu makanan sayur-sayuran dengan hiasan bunga di atasnya.

2. Bermain Sepuas-puasnya di Area Permainan Tak Terbatas

Di musim panas, Huis Ten Bosch menjadi pusat atraksi dan permainan air terbesar di Jepang. Memanfaatkan kanal-kanal dan danau buatan di areal taman bermain, di musim panas lebih dari 60 wahana permainan air termasuk water slider dan jumper dipasang di atas permukaan air sepanjang 80 X 41 meter. Wah pastinya seru banget! Wahana air ini terbuka bagi pengunjung Huis Ten Bosch selama musim panas dari tanggal 1 Juli 2016 hingga 11 September 2016.

Ada juga wahana permainan outdoor untuk anak-anak lainnya. Di area Adventure Park, kita bisa mengajak anak-anak berolahraga sambil menikmati keindahan dan kesegaran alam lewat aktivitas outdoor. Salah satu aktivitas paling menantang adalah meniti tali di atas ketinggian 9 meter, suatu pengalaman yang jarang bisa dirasakan sewaktu di Indonesia. Satu yang membuat adventure park ini menarik adalah karena orangtua juga bisa ikut berpartisipasi. Anak-anak tentu akan senang bisa bermain dengan orangtua. Orangtua juga tentu nyaman karena bisa beraktivitas bersama dengan anak-anak.

3. Menyaksikan Huis Ten Bosch Illumination

Huis Ten Bosch Illumination adalah iluminasi musim dingin dengan skala terbesar di Jepang, di mana seluruh bagian taman bermain ini dihiasi lebih dari 11 juta buah lampu-lampu kemilau. Menurut survei yang diadakan Yahoo! Japan, iluminasi ini mendapatkan peringkat 1 pilihan pengunjung selama tiga tahun berturut-turut. Iluminasi ini berlangsung dalam jangka waktu lumayan lama, contohnya di tahun 2019/2020, iluminasi musim dingin ini berlangsung dari tanggal 5 Oktober 2019 sampai 6 Mei 2020. Menurut website offisialnya, iluminasi di tempat ini adalah iluminasi yang terbesar dan termegah di Jepang. Tidak hanya itu, iluminasi juga disesuaikan dengan irama musik, menambah agung dan megahnya Huis Ten Bosch Illumination.

Pemandangan iluminasi musim dingin di Huis Ten Bosch Nagasaki

Pemandangan iluminasi musim dingin

4. Membeli suvenir cantik khas Huis Ten Bosch

Kita bisa menemukan banyak restoran dan toko-toko suvenir di area World Bazaar dan Amsterdam City. Jika bersama keluarga, Tim Info Jepang menyarankan untuk mencoba restoran dengan teras di bagian luar. Di siang hari pemandangan seantero taman bermain akan menjadi teman makan siang bersama keluarga. Sedangkan di malam hari, hiasan lampu di pepohonan sekeliling teras membuat waktu makan malam menjadi sangat tenang, sangat cocok dinikmati bersama dengan keluarga tercinta.

Selain itu ada jugan Museum Gyaman dan museum seni gelas dan kaca, museum kotak musik, bangunan istana Belanda serta Imperial Garden dan masih banyak arena permainan dan museum lainnya.

Membeli oleh-oleh maskot Huis Ten Bosch Nagasaki

Membeli oleh-oleh maskot Huis Ten Bosch Nagasaki

Informasi Akses dan Tiket Huis Ten Bosch

Tiket masuk dan bermain sepuasnya harganya 7000 yen. Ini mencakup tiket masuk, bermain di 40 arena permainan sepuasnya, dan juga menikmati atraksi-atraksi khusus di Huis Ten Bosch. Untuk pelajar SMP dan SMA tiket masuknya 6000 yen, sedangkan untuk anak SD 4.600 yen, di bawah itu 3.500 yen. Kalau teman-teman membeli tiketnya dari jauh-jauh hari bisa mendapatkan diskon hingga 800 yen lho! Lumayan kan! Taman bermain ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 22.00.

Beli Online Sekarang
Tiket Masuk Huis Ten Bosch

Akses Menuju Huis Ten Bosch

1. Dari Narita Airport atau Haneda Airport (Tokyo)

Narita/ Haneda Airport – Fukuoka Airport dengan Pesawat penerbangan domestik
Fukuoka Airport – Hakata Station (Fukuoka) dengan Fukuoka Airport Line (250 Yen) dalam 6 menit
Hakata Station – Huis Ten Bosch Station (Nagasaki) dengan JR Huis Ten Bosch (3270 Yen) dalam 110 menit

2. Dari Hakata Station di Prefektur Fukuoka

Hakata Station – Huis Ten Bosch Station (Nagasaki) dengan JR Huis Ten Bosch (3270 Yen) dalam 110 menit
Hakata Station – Isehaya Station (Nagasaki) dengan JR Kagoshima Main Line Midori
Isehaya Station – Huis Ten Bosch Station (Nagasaki) dengan JR Omura Line Express
Total 3270 Yen dalam 100 menit. Teman-teman juga bisa mengikuti paket wisata tour ke Huis Ten Bosch dari Stasiun Hakata Fukuoka.

Baca juga: Akses menuju Nagasaki

Cheap Hotels in Nagasaki [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Watermark Hotel Nagasaki
1 km away
from ‎¥16159/night
Forest Villa
1 km away
from ‎¥39317/night
Hotel Amsterdam
0 km away
from ‎¥33656/night
Hotel Nikko
0 km away
from ‎¥11630/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kazagashira Park
39 km away
Pemandangan kota Nagasaki dari Kazagashira Park
Gunkanjima Nagasaki
51 km away
Melihat pulau Gunkanjima dari atas perahu
Museum Bom Atom Nagasaki
36 km away
Gerbang Museum Bom Atom Nagasaki
Megane Bridge Nagasaki
39 km away
Pemandangan Megane Bridge di Nagasaki

Sumber gambar: Flickr ume-y, yuki5287, yuki5287, Vintage Lulu, yuki5287


Recommended for you


Last modified: August 26, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (20)

  1. Sore pak Nugroho, 15-18 jan 2020 saya mendarat & bermalam di Fukuoka, lalu 18-19 di Kagoshima
    1. klo mengunjungi Huis Ten Bosch di musim dingin wahana tempat bermain tetap buka?
    2. Tempat wisata musim dingin apa saja yg wajib dikunjungi di sekitar Fukuoka, Beppu & juga tempat yg akan kami kunjungi dibawah ini di bln Jan.?
    Saya beli JR pass 14 hari …dari daerah Kyushu kami lanjut ke Hiroshima, Okayama, Tokyo, Nara, Kobe & pulang dari Osaka
    Terima kasih….

  2. Pak, mau tanya rencana tgl 20 jun sampai fukuoka . Apakah taman bunga art garden ada buka untuk umum? Bagaimana transportasi menuju ke taman tersebut? Lebih baik saya beli JR pass atau tidak seandainya saya hanya ke fukuoka – nagasaki- mt aso – beppu. mohon info nya . thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Taman bunga ini hanya bisa dikunjungi kalau sudah masuk ke Huis Ten Bosch. Ibu jadi harus membeli tiket masuknya dulu. Salam

  3. Hafidz Rizqi Mulyana  |  

    Pagi Pak Nugroho,
    Saya mau nanya, di keterangan dari web huis ten bosch untuk 1 day passport kita bisa menikmati 50 atraksi. kemudian apabila saya ingin menikmati Jurassic Island apakah kita harus bayar biaya tambahan 2100 yen atau tidak perlu karena semua atraksi sudah tercover dengan 1 day passport?
    terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tambahan lagi Pak Hafidz. 2100 yen sudah termasuk tiket masuk dan biaya naik kapal dan atraksinya. Salam.

    • Krismiati  |  

      Tolong tanya jadwal iluminasi untuk tahun 2019 dimulai tanggal brp? Apakah ada festival bunga saat akhir oktober dan awal nov? Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Iluminasi untuk tahun 2019-2020 berlangsung dari 5 Oktober 2019 sampai 6 Mei 2020.
      Untuk festival bunga berlangsung pada 12 Oktober sampai 4 November. Salam

  4. Siang Pak Nug, pembelian tiket masuk Huis Ten Bosch apakah bisa dilakukan on the spot di pintu masuk? Lalu jarak dari Huis Ten Bosch Station ke dalam area taman apakah cukup dekat untuk ditempuh dengan jalan kaki? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya pembelian tiketnya bisa dibeli saat Hari H. Area taman tersebar di seluruh are Huis Ten Bosch dan jaraknya tidak jauh bu. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Shin Osaka Station ibu bisa naik shinkansen sampai ke Hakata Station. Harga tiketnya 14.480 yen dengan lama perjalanan 2,5 jam.
      Kemudian naik kereta lagi, Hakata Station – Huis Ten Bosch Station (Nagasaki) dengan JR Huis Ten Bosch (3270 Yen) dalam 110 menit. Salam

    • Mau Tanya lg, Pak. Saya pake JR pass, apakah Sudah mengcover seluruh perjalanan sampai dengan ke huis Ten Bosch? Apakah Bisa trip ini saya lakukan 1 hari? Malam nya saya balik ke Osaka lagi? Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, jika memiliki JR PASS maka seluruh ongkosnya jadi GRATIS.
      Tripnya bisa dilakukan satu hari. Namun dengan catatan ibu harus berangkat dengan kereta paling pagi (pukul 06.00 di Shin Osaka) dan kembali dengan kereta terakhir (pukul 17.57 dari Huis Ten Bosch Station). Dengan begitu ibu punya waktu sekitar 7 jam di Huis Ten Bosch. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak/ Ibu. Dari Huis Ten Bosch bisa naik kereta ekspress JR Huis Ten Bosch sampai ke Hakata Station, lanjut naik kereta shinkansen sampai ke Tokyo, lalu naik kereta JR Kaiji sampai Otsuki. Semuanya tercover oleh JR Pass. Lanjut naik kereta Fujikyuko Line sampai Kawaguchiko Station ongkosnya 1140 yen (hanya ini saja yang tidak tercover JR Pass). Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!