Beppu Onsen

Home / Attraction / Beppu Onsen

Beppu bisa dibilang adalah kota resort onsen termegah dan paling terkenal yang ada di Jepang, selain Kinugawa Onsen di Nikko dan Kinosaki Onsen di tepi laut Prefektur Hyogo. Di seluruh kota, ada puluhan ryokan dengan private onsen maupun onsen publik (pemandian air panas umum) yang bisa kita kunjungi dengan berjalan kaki atau naik bus, lengkap dengan aneka hotel, restoran, dan toko dan taman kota yang indah. Beppu Onsen dibagi menjadi delapan buah area yang disebut dengan Beppu Hatto. Berdasarkan brosur wisata yang saya peroleh, total ada 130.000 ton sumber air panas yang keluar dari celah-celah tanah di Beppu, menjadikan Beppu sebagai tempat dengan sumber air panas terbesar di Jepang. So, mari mulai menjelajahi Beppu Onsen yuk!

Onsen-Onsen di Beppu

1. Beppu Onsen

Dekat dengan Beppu Station di pusat kota, Beppu Onsen adalah daerah yang paling terkenal dengan akses yang paling mudah dicapai dari Stasiun Beppu. Kita tinggal berjalan kaki ke arah timur (ke tepi laut) dari Stasiun Beppu. Takegawara Onsen terletak di sini.

2. Kankaiji Onsen

Kankaiji Onsen memiliki pemandangan alam terbaik di antara ke delapan area Beppu Onsen yang ada. Letaknya ada di bukit di sisi barat kota Beppu dan mengusung tema tradisional dan dikelilingi dengan rumah penduduk lokal Beppu. Tanayu Onsen berada di area Kankaiji.

3. Kamegawa Onsen

Kamegawa Onsen adalah area onsen di sekitaran Stasiun Kamegawa. Suasana pedesaan yang masih asri bisa teman-teman nikmati di Kamegawa Onsen. Beppu Kaihin Sunayu Ashiyu yang terkenal dengan mandi pasirnya terletak di area Kamegawa Onsen.

4. Shibaseki Onsen

Shibaseki Onsen ini letaknya ada di lereng gunung Tsurumi. Suasana yang sepi dan dikelilingi oleh hutan yang lebat membuatnya jadi tempat onsen untuk terapi kesehatan nasional Jepang.

5. Kannawa Onsen

Kannawa Onsen ini adalah area onsen yang dilengkapi dengan ryokan di sekitarnya. Di sini, teman-teman bisa merasakan perpaduan berendam di onsen sekaligus pengalaman tinggal di rumah tradisional Jepang.

6. Myoban Onsen

Terletak di bukit ke arah Yufuin, Myoban Onsen menawarkan pengalaman berendam di onsen yang cukup berbeda. Di sini, kita bisa berendam di onsen yang berwarna putih seperti layaknya susu maupun mandi lumpur. Salah satu onsen yang terkenal di sini adalah Myoban Yunosato dan Ebisuya di mana onsennya mengandung belerang yang pekat. Onsen ini buka setiap hari dari jam 10.00-21.00 dengan tiket masuk 600 yen.

7. Horita Onsen

Horita Onsen terletak di sebelah barat Kankaiji Onsen, dan sudah dikenal dari jaman Edo sebagai onsen tempat peristirahatan para musafir atau pedagang yang melintasi Beppu. Suasana pedesaan dengan rumah-rumah penduduk lokal Beppu bisa kita temui di sini. Dari Horita Onsen, kita bisa berjalan kaki ke stasiun bawah Beppu Ropeway yang bisa membawa kita ke puncak Gunung Tsurumi untuk melihat pemandangan kota Beppu dari ketinggian.

8. Hamawaki Onsen

Dibangun di tahun 1991, Hamawaki Onsen adalah resort onsen modern. Dengan harga tiket masuk 100 yen, onsen ini adalah onsen termurah yang ada di Beppu. Kita bisa berendam di sini sampai lewat tengah malam loh, karena onsen ini buka dari jam 06.30-01.00. Wah, dijamin puas deh! Teman-teman bisa ke Hamawaki Onsen dengan naik bus Kamenoi dan turun di  Utopia Hamawak. Lama perjalanannya sekitar 7 menit dengan ongkos 170 yen. Dari sini, kita bisa berjalan kaki ke Takasakiyama Monkey Park dan juga Akuarium Umitamago.

Public Onsen di Beppu

1. Tanayu

Tanayu onsen sebenarnya masuk ke dalam fasilitas dari Hotel Suginoi, hotel terbesar yang ada di Beppu. Namun, para pengunjung atau wisatawan tetap boleh menikmati onsen di sini walaupun tidak menginap, cukup dengan membayar tiket masuk sebesar 1.500 yen (hari biasa) dan 2.000 yen (akhir pekan dan liburan). Kolam-kolam pemandiannya terletak di atas atap hotel, dan mengijinkan kita bisa menikmati pemandangan kota Beppu dan lautan biru sambil bersantai di kolam pemandian air panas.

Beppu Onsen Tanayu Onsen di Suginoi Hotel

Beppu Onsen Tanayu Onsen di Suginoi Hotel

2. Takegawara Onsen

Takegawara Onsen sudah ada sejak tahun 1879 dan menjadi salah satu onsen tertua di Beppu. Suasana atau tema yang diangkat di onsen ini adalah tradisional, dengan pohon bambu dan atap jerami. Yang tidak boleh dilewatkan di sini adalah berendam atau mandi dengan pasir mineral hangat yang menenangkan, dilanjutkan dengan bernedam di pemandian air panas. Onsen ini buka dari jam 06.30-20.30, namun tutup setiap hari kamis ketiga dalam sebulan. Kita dikenakan biaya masuk seharga 100 yen dan 1.030 yen untuk pemandian pasir. Tersedia juga handuk seharga 250 yen, sabun dan sampo sachet seharga 50 yen, dan koin loker untuk barang-barang berharga 100 yen. Takegawara Onsen bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 7-10 menit dari Stasiun Beppu.

3. Kannawa Mushi-yu Onsen

Kannawa mushi-yu Onsen dibangun oleh Ippen Shonin di tahun 1276. Di sini ada onsen yang mengandung Sodium Hidrogren Karbonat yang unik dan bisa menyembuhkan beragam penyakit seperti alergi dan tekanan darah tinggi. Onsen ini buka dari jam 06.30-20.00, namun tutup setiap hari kamis terakhir dalam sebulan. Kita dikenakan biaya masuk seharga 510 yen. Untuk ke Kannawa Mushi-Yu, teman-teman bisa naik bus Kamenoi selama 20 menit sampai ke Halte Kannawa dengan ongkos 320 yen. Bus ini tersedia di pintu keluar sisi barat Stasiun Beppu.

4. Beppu Kaihin Sunayu Ashiyu

Salah satu tempat Beppu Onsen yang tidak boleh dilewatkan adalah Beppu Kaihin Sunayu Ashiyu, di mana kita bisa berendam di pasir hangat sambil bersantai memandang lautan Teluk Beppu yang indah di depan mata. Onsen ini buka dari jam 08.30-18.00 (datang paling telat pukul 17.00), namun tutup setiap hari kamis terakhir dalam sebulan. Kita dikenakan biaya masuk seharga 1.030 yen. Untuk ke sini, teman-teman bisa naik bus Kamenoi selama 15 menit sampai ke Halte Kaihin Sunayu dengan ongkos 330 yen. Bus ini tersedia di pintu keluar sisi timur Stasiun Beppu.

Rekomendasi Beppu Onsen Beppu Kaihin Sunayu Ashiyu

Rekomendasi Beppu Onsen: Beppu Kaihin Sunayu Ashiyu

Akses ke Beppu Onsen

Onsen-onsen di Beppu bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Beppu atau naik bus Kamenoi. Halte bus Kamenoi ini ada di sisi timur dan barat pintu keluar Stasiun Beppu. Teman-teman bisa membeli tiketnya secara langsung, dengan harga 100-300 yen tergantung jaraknya. Tersedia Kamenoi Bus Pass seharga 900 yen yang mengcover semua ongkos perjalanan naik bus Kamenoi selama satu hari, pass ini cocok buat teman-teman yang ingin berkeliling atau menikmati beragam onsen yang ada di Beppu.

Akses menuju Beppu dari Tokyo, Kyoto, atau Hakata

Recommended Hotels in Beppu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Yuuhi
0 km away
from ¥9803/night
Tabino Oyado Rinkai
1 km away
from ¥4959/night
Ryokan Kappo Sekiya
1 km away
from ¥6573/night
Beppu no Oyado Kagaya
1 km away
from ¥6227/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Beppu Onsen
0 km away
blog-image
Jigoku Mushi Kobo
5 km away
blog-image
Beppu Jigoku
5 km away
Beppu Jigoku Oniyama Jigoku
Kereta Gantung Beppu
5 km away
Kereta Gantung Beppu di Oita

Sumber gambar: Flickr けむりのアルバムYusuke Kawasaki


Recommended for you


Last modified: February 15, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!