Beppu Jigoku

Home / Attraction / Beppu Jigoku
Item image

Beppu bisa dibilang adalah kota resort onsen termegah dan paling terkenal yang ada di Jepang, selain Kinugawa Onsen di Nikko dan Kinosaki Onsen di tepi laut Prefektur Hyogo. Selain bisa menikmati beragam pemandian air panas (onsen) yang tersebar di seluruh area kota, kita juga bisa melihat Beppu Jigoku. Jigoku kalau diartikan langsung ke bahasa Indonesia artinya neraka, dan Beppu menunjuk pada lokasinya yang berada di prefektur Beppu. Sebenarnya bukan neraka dalam artian surga dan neraka loh, melainkan semburan air panas. Saking panasnya, kita bisa melihat air mendidih dan uap yang terus-menerus menyembur. Pemerintah Kota Beppu berhasil menyulap fenomena alam semburan air panas ini jadi atraksi wisatawan yang menarik loh! Para wisatawan biasanya berteriak dan berdecak kagum saat terjadi semburan. Kita bisa berdiri dari jauh menunggu, lalu berfoto dengan semburan dan uap panas terjadi. Wah, jadi penasaran kan?

Total ada delapan titik Beppu Jigoku yang tersebar di dua distrik di Beppu. Enam buah ada di distrik Kannawa, sementara dua sisanya ada di distrik Shibaseki. Perlu teman-teman ketahui, list dibawah ini bukanlah daftar onsen atau pemandian air panas. Sebab di Beppu Jigoku ini suhu airnya sangat tinggi, bahkan uap mengepul memenuhi daerah sekitar, sehingga tidak bisa digunakan untuk membasuh tubuh. Beppu Jigoku ini hanya untuk dilihat-lihat saja, terutama karena warna-warnanya yang unik. Berikut ini enam jigoku yang ada di Kannawa yang bisa teman-teman kunjungi.

Berkeliling Beppu Jigoku

1. Umi Jigoku

Umi Jigoku telah ada dari 1300 tahun yang lalu. Disini, kita bisa mencicipi telur rebus maupun Jigoku puding yang dibuat langsung dengan uap panas, sambil merasakan pemandian air panas kaki. Kolam air panasnya berwarna biru sehingga sering disebut juga sebagai Neraka Biru. Tiket masuknya 400 yen untuk orang dewasa.

2. Shiraike Jigoku

Shiraike Jigoku ini punya kolam air panas berwarna biru dan putih. Selain itu, kita juga bisa melihat ikan piranha dan ikan-ikan air tawar lainnya di akuarium besar di sekitar Shiraike Jigoku. Hiiiy, serem ya…

Beppu Jigoku Shiraike Jigoku

Beppu Jigoku: Shiraike Jigoku

3. Oniishibozu Jigoku

Oniishibozu Jigoku dikenal dengan gelembung lumpur yang muncul akibat uap panas di bawahnya, terlihat seperti kepala botak yang habis dicukur. Di sini juga ada pemandian air panas untuk kaki dan juga onsen publik yang biasanya digunakan oleh penduduk lokal.

4. Kamado Jigoku

Di dekat pusat semburan air panas Kamado Jigoku, ada patung setan atau iblis berwarna merah yang sedang memegang panci, sehingga disebut sebagai neraka khusus memasak. Di tempat ini kita bisa menikmati aneka makanan ringan seperti telur dan kue yang dikukus dengan air panas dari Kamado Jigoku.

5. Oniyama Jigoku

Onimaya Jigoku sering disebut sebagai neraka buaya. Mengapa? Karena di sini kita bisa melihat ratusan buaya dan alligator yang hidup di sekitar kolam air panas. Buaya-buaya di tempat ini berasal dari tempat penangkaran buaya yang dimulai pada jaman Taisho (sekitar tahun 1912). Nah, kita bisa melihat atraksi makan para buaya ini pada pukul 10.00 dan 14.30 (di setiap akhir pekan) dan pukul 10.00 di hari Rabu.

Beppu Jigoku Oniyama Jigoku

Beppu Jigoku: Oniyama Jigoku

6. Yama Jigoku

Yama Jigoku disebut juga sebagai “gunung neraka” karena uap panas keluar dari puncak gunung. Di sekitaran Yama Jigoku, kita bisa melihat kebun binatang lokal yang dijalankan oleh penduduk Beppu. Ada sekitar 20 spesies hewan di sini, seperti kuda nil, monyet, flamingo, bahkan gajah Afrika. Area ini biasanya dipenuhi dengan anak-anak kecil dari sekitaran Beppu dan Oita.

Dua buah Jigoku yang bisa dikunjungi di Distrik Shibaseki:

1. Chi no ike Jigoku

Meskipun akses lokasinya cukup jauh dari pusat kota Beppu, Chi no ike Jigoku ini hampir selalu masuk ke dalam daftar jigoku yang harus dikunjungi oleh para wisatawan. Air kolam yang berwarna merah layaknya darah ini begitu terkenal. Di sekitaran ini juga ada toko yang menjual aneka makanan khas Beppu yang bisa kita jadikan oleh-oleh.

2. Tatsumaki Jigoku

Tatsumaki Jigoku adalah satu-satunya jigoku yang menyandang status aset alam spesial Kota Beppu. Mengapa spesial? Karena setiap 30-40 menit, kita bisa melihat semburan air panas di Tatsumaki bisa mencapai ketinggian 50 meter. Semburan air panas ini bisa bertahan selama 10 menit layaknya air mancur namun dengan suhu yang sangat panas. Kalau waktunya pas, kita bisa berfoto dengan latar belakang semburan air panas yang keren banget.

Akses ke Beppu Jigoku

Beppu Jigoku yang ada di distrik Kannawa bisa dicapai dengan naik bus Kamenoi (nomor 5,7,9) dari Stasiun Beppu dan turun di terminal bus Kannawa. Ke enam jigoku di Kannawa bisa kita kunjungi dengan berjalan kaki dari terminal bus ini.

Dari terminal bus Kannawa, kita bisa lanjut naik bus Kamenoi (nomor 16 atau 16A) menuju halte bus Shibaseki, Stasiun Kamegawa, hingga kembali ke Stasiun Beppu. Dari halte bus Shibaseki, kita bisa mengunjungi Chinoike dan Tatsumaki Jigoku dengan berjalan kaki.

Tersedia Kamenoi Bus Pass seharga 900 yen yang mengcover semua ongkos perjalanan naik bus Kamenoi selama satu hari, dikombinasikan dengan tiket all-in-pass jigoku seharga 2.000 yen yang mengcover semua tiket masuk untuk ke-8 Beppu Jigoku. Kombinasi pass ini cocok buat teman-teman yang ingin berkeliling atau menikmati beragam onsen yang ada di Beppu. Namun, kalau teman-teman hanya ingin mengunjungi 2 atau 3 tempat saja, silahkan beli tiket masuk dan bus ketengan yang lebih murah.

Akses menuju Beppu dari Tokyo, Kyoto, atau Hakata

Recommended Hotels in Beppu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Yuuhi
5 km away
from ¥9803/night
Beppu no Oyado Kagaya
5 km away
from ¥6227/night
Tenku Yubo Seikaiso
5 km away
from ¥7611/night
Tabino Oyado Rinkai
5 km away
from ¥4959/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Beppu Jigoku
0 km away
Beppu Jigoku Oniyama Jigoku
Takasakiyama Monkey Park
9 km away
Takasakiyama Monkey Park di Beppu
Beppu Onsen
5 km away
blog-image
Kereta Gantung Beppu
5 km away
Kereta Gantung Beppu di Oita

Sumber gambar: Flickr Pan Lai, Kevin Lee


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
marco kun
2017-04-30 15:00:16
very good

Close Comments

Comments (4)

  1. malam pak Nugroho, saya mau tanya kalau ke Fukuoka rencana mau keliling fukuoka dan menikmati Beppu onsen dan Beppu Jigoku kira kira butuh waktu berapa lama ya?rencana 1 malam di fukuoka dan 2 malam di Beppu ? atau cukup dapat 1 malam di Beppu? dan apakah lebih efisien beli pass all in Jigoku dan bus Kamenoi 1 day? mohon info nya karena saya lagi susun itenary nya. butuh waktu berapa lama di fukuoka dan beppu . thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Cukup bu 1 malam, kotanya kecil kok dan rasanya ibu sudah bisa keliling sore-malam harinya, besoknya abis sarapan, foto-foto dan lanjut kembali ke Fukuoka.

  2. Slamat siang Pak, kalo sy mendarat di Fukuoka kemudian :
    2 hr dibeppu oita
    3 hr tokyo ( disneysea & mt fuji)
    5 hr osaka ( kyoto nara universal)
    Dari Osaka pagi langsung ke airrport fukuoka utk pulang Indonesia.
    Yg sy mau tanyakan :
    1.apakah anak sy yg sedang kuliah dijepang bs ikut beli jrpass?
    2.bila dia tdk bisa beli jrpass,apakah sbaiknya kt yg dr Indonesia 4 org tetap beli jrpass dan dia beli beli eceran walau lbh mahal; atau ada alternatif lain yg lebih hemat ?
    3.dr Beppu ke Tokyo sbaiknya naik pesawat Oita Tokyo atau ada alternatif lain?
    4.apakah bisa naik shinkansen dr osaka pagi langsung ke airport fukuoka bila pesawat sy jam 14.30 ?
    Trimaksh Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Hanya yang memiliki Visa Turis saja yang bia membeli JR PASS, jadi anak ibu tidak bisa membeli JR PASS. Dia harus membeli tiket shinkansen eceran.
      Dari Beppu, lebih baik ke Fukuoka Airport lebih dahulu, karena ada banyak penerbangan murah ke Tokyo dari Fukuoka Airport.
      Kalau berangkat naik shinkansen jam 09.33 dari Shin Osaka, akan tiba di Hakata (Fukuoka) pukul 12.01, dengan ongkos 14.480 yen. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!