Takasakiyama Monkey Park

Home / Attraction / Takasakiyama Monkey Park
Item image

Takasakiyama Monkey Park adalah kebun binatang mini yang berada di kaki Gunung Takasaki, di sebelah selatan Kota Beppu, kota resort onsen terkenal di Jepang. Kebun binatang ini dikenal juga dengan Taman Monyet (Monkey Park) karena dihuni lebih dari 1500 macaca Jepang (sejenis monyet). Dahulu, monyet-monyet ini menganggu para petani dan penduduk yang tinggal di kaki gunung Takasaki. Lalu, sekitar tahun 1952 pemerintah Kota Beppu membuat Taman Monyet ini sebagai cara memisahkan monyet ini dari aktivitas manusia. Atraksi favorit pengunjung di sini adalah menonton para monyet makan dan juga saat mereka berlarian, memanjat, dan bermain dengan bebasnya. Lucu deh melihat tingkah laku mereka!

Kegiatan Wisata di Takasakiyama Monkey Park Beppu

1. Melihat monyet-monyet di Takasakiyama Monkey Park

Monyet-monyet ini sebenarnya hidup bebas di area puncak Gunung Takasaki. Namun, setiap pagi dan sore hari, mereka akan turun gunung dan masuk ke taman, untuk mengambil makanan yang sudah disediakan oleh pengelola taman. Nah, biasanya mereka akan bersantai sejenak di taman (sekitar 1-2 jam) sebelum kembali ke hutan saat matahari sudah meninggi. Namun, ada beberapa monyet (biasanya yang masih kecil atau masih anak-anak) akan bertahan di sini seharian penuh. Mereka biasanya bertingkah laku lucu, seperti bertengkar dengan sesama monyet atau saling berkejaran.

Atraksi makan ini diadakan setiap 2 jam sekali, namun atraksi makan besar (dengan jumlah monyet yang lebih banyak) diadakan pagi dan sore hari. Teman-teman sebaiknya datang sekitar jam 7-8 pagi atau 3-4 sore ke sini, di mana monyet-monyet sedang berkumpul.

Meskipun terlihat lucu, namun monyet-monyet ini masih liar. Kita boleh mendekat ke pagar untuk melihat, tapi tidak diperbolehkan untuk memberi makan atau menyentuh mereka secara langsung. Bahkan, ada larangan untuk kontak mata secara langsung karena ditakutkan akan membuat monyet-monyet menjadi agresif.

Kalau teman-teman sudah pernah mampir ke Taman Iwatayama di Arashiyama atau Jigokudani Monkey Park, maka Takasakiyama Monkey Park ini akan terasa lebih sepi, sehingga kita bisa melihat lihat dan berinteraksi dengan lebih leluasa.

2. Pergi ke Akuarium Umitamago

Puas melihat monyet-monyet yang bertingkah lucu di Takasakiyama, teman-teman bisa menyeberang jalan menuju Akuarium Umitamago, akuarium kebanggaan penduduk Kota Beppu. Ada beragam hewan laut, seperti singa laut, berang-berang, dan juga lumba-lumba yang hidup di laut Seto Inland. Kalau teman-teman berencana mengunjungi 2 tempat ini sekaligus, bisa membeli “Monkey Marine Ticket” seharga 2.450 yen. Tiket ini mengcover tiket masuk Taman Monyet (510 yen untuk pelajar dan dewasa, 250 yen untuk anak-anak) dan Akuarium Umitamago (2.200 yen), ditambah dengan ongkos pulang pergi dari Stasiun Beppu atau Stasiun Oita. Teman-teman bisa membeli tiket ini secara langsung di Pusat Informasi Turis Oita-Kotsu yang ada di Stasiun Beppu atau Terminal Bus Oita.

Ikan Pari di Akuarium Umitamago kompleks Takasakiyama Monkey Park

Ikan Pari di Akuarium Umitamago kompleks Takasakiyama Monkey Park

Akses ke Takasakiyama Monkey Park

Untuk ke Takasakiyama Monkey Park, dari Stasiun Beppu, teman-teman bisa naik bus Oitaekimae nomor AS60 atau AS61 yang menuju Stasiun Oita dan turun di halte Takasakiyama Shizen Dobutsuenmae. Lama perjalanan sekitar 10 menit dengan ongkos 410 yen.

Dari tepi jalan, kita bisa berjalan kaki selama 5 menit melalui jalan mendaki atau naik kereta monorail selama 3 menit menuju ke spot di mana monyet-monyet berkumpul. Ongkos kereta monorail ini 100 yen untuk rute pulang pergi.

Akses menuju Beppu dari Tokyo, Kyoto, atau Hakata

Recommended Hotels in Beppu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Yuuhi
3 km away
from ¥9803/night
Tenku Yubo Seikaiso
3 km away
from ¥7611/night
Tabino Oyado Rinkai
4 km away
from ¥4959/night
Beppu no Oyado Kagaya
4 km away
from ¥6227/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Beppu Onsen
4 km away
blog-image
Takasakiyama Monkey Park
0 km away
Takasakiyama Monkey Park di Beppu
Beppu Jigoku
9 km away
Beppu Jigoku Oniyama Jigoku
Kereta Gantung Beppu
8 km away
Kereta Gantung Beppu di Oita

Sumber gambar: Flickr Jordi Sanchez TeruelAndres


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!