Kereta Gantung Beppu

Home / Attraction / Kereta Gantung Beppu
Item image

Gunung Tsurumi sendiri adalah gunung setinggi 1375 meter yang ada di sisi barat Kota Beppu, persis seperti Gunung Rokko di Kobe maupun Gunung Inasayama di Nagasaki, yang terkenal dengan pemandangan malam harinya yang begitu menakjubkan. Dek observasi Gunung Tsurumi adalah cara terbaik untuk menikmati pemandangan kota Beppu dan kota Oita dengan latar belakang birunya laut Teluk Beppu. Untuk mencapai dek observasi di ketinggian 800 meter ini, kita bisa naik Kereta Gantung Beppu (Beppu Ropeway) yang juga adalah atraksi favorit para wisatawan di Beppu. Jadi, setelah puas menikmati onsen-onsen maupun melihat Beppu Jigoku, mengapa tidak mencoba pengalaman naik kereta gantung Beppu yang terkenal dengan pemandangan hanaminya?

Naik Kereta Gantung Beppu dan Menyaksikan Keindahan Kota

Stasiun puncak atau stasiun atas kereta gantung ini terletak di area taman terbuka di jalur menuju puncak Gunung Tsurumi. Kita tinggal berjalan kaki untuk mencapai dek-dek observasi yang dibangun di sini. Ada yang menghadap ke arah timur, yakni ke Kota Beppu dan Laut Teluk Beppu, dan ada juga yang menghadap ke sisi timur, ke arah Gunung Yufu dan Pegunungan Kuju di sisi barat. Selain pemandangan kota dari ketinggian, di musim semi, kita bisa juga melihat pemandangan mekarnya bunga sakura dan warna pepohonan yang berubah warna menjadi merah di musim gugur. Sungguh indah! Dari dek observasi atau stasiun atas kereta gantung, kita bisa mendaki selama kurang lebih 15-20 menit sampai ke puncak Gunung Tsurumi.

Suasana di bagian atas gunung Tsurumi

Suasana di bagian atas gunung Tsurumi

Pemandangan kota Beppu dari atas gunung

Pemandangan kota Beppu dari atas gunung

Sementara itu, stasiun bawah kereta gantung terletak di tepi jalan utama yang menghubungkan Beppu dengan kota Yufuin di sisi selatan. Kita akan dibawa ke ketinggian 800 meter dengan perjalanan 12 menit dengan kereta gantung. Area di sekitar stasiun bawah ini juga merupakan spor favorit para penduduk Beppu dan Oita di musim hanami bunga sakura, yang berlangsung dari awal hingga pertengahan bulan April.

Sementara itu, bagi teman-teman pecinta alam, bisa menyusuri jalur pendakian Gunung Tsurumi selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Jalur pendakian ini terkenal begitu terkenal di musim semi karena ada lebih dari 3.000 pohon bunga sakura yang tumbuh tersebar di area kaki gunung. Warna hijau pepohonan juga begitu indah untuk dilihat di awal musim panas (sekitar bulan Mei-Juni).

Jalan dari Beppu ke Yufuin

Jalan dari Beppu ke Yufuin

Akses ke Gunung Tsurumi dan Beppu Ropeway

Stasiun bawah kereta gantung terletak di tepi jalan yang menghubungkan Beppu dengan Yufuin. Dari Stasiun Beppu, kita bisa naik bus Kamenoi (nomor 33, 34, 36, atau 37) dan turun di pemberhentian Beppu Ropeway. Lama perjalanannya sekitar 20 menit dengan ongkos 420 yen.

Tersedia Kamenoi Bus Pass seharga 900 yen yang mengcover semua ongkos perjalanan naik bus Kamenoi selama satu hari. Pass ini cocok buat teman-teman yang ingin berkeliling atau menikmati beragam onsen, jigoku, maupun ke Gunung Tsurumi.

Akses menuju Beppu dari Tokyo, Kyoto, atau Hakata

Recommended Hotels in Beppu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Tabino Oyado Rinkai
5 km away
from ¥4959/night
Ryokan Kappo Sekiya
5 km away
from ¥6573/night
Tenku Yubo Seikaiso
5 km away
from ¥7611/night
Beppu no Oyado Kagaya
5 km away
from ¥6227/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Beppu Jigoku
5 km away
Beppu Jigoku Oniyama Jigoku
Beppu Onsen
5 km away
blog-image
Jigoku Mushi Kobo
5 km away
blog-image
Takasakiyama Monkey Park
8 km away
Takasakiyama Monkey Park di Beppu

Sumber gambar: Flickr Richard Lum, Richard Lum, Richard Lum, frrisk


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (4)

  1. saya bln des akan liburan 14 hari menjenguk anak saya. rutenya beppu-osaka-kyoto- kobe- nagoya- shirakawao- tokyo. mhn saran lebih irit mana beli jr pass atau suica/pasmo. untuk anak saya yg kuliah di jepang pakai apa jr pass atau suica/pasmo

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mohon infonya lebih lengkap. Ibu naik pesawat mendarat di mana? Apakah langsung di Beppu?
      Lalu, anak ibu yang kuliah di Jepang tidak bisa pakai JR Pass, karena hanya untuk pemilik visa kunjungan sementara.
      Salam

    • Lea Purnama  |  

      Saya mendarat di Osaka. Dari Osaka mengunjungi anak saya yang kuliah di Beppu. Dari Beppu baru ke Osaka, Kobe, Kyoto dan Tokyo. . Saya sebaiknya beli JR Pass atau beli suica/pasmo. Untuk anak saya yang kuliah di Jepang sebaiknya beli apa. tks

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk Ibu Lea sendiri bisa membeli JR Pass, karena jatuhnya lebih murah bila rute perjalanannya seperti itu.
      Anak Ibu di Jepang TIDAK BISA beli JR Pass, jadi ya beli tiket shinkansen sendiri.
      Kalau ada pertanyaan2, atau ingin dibantu menyusun perjalanan Tim Info Jepang menyediakan bantuan tour Guide Online.
      Seperti apa itu bisa dibaca di halaman ini.
      Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!