Gunkanjima Nagasaki

Home / Attraction / Gunkanjima Nagasaki
Item image

Gunkanjima atau “pulau kapal perang” di dalam bahasa Jepang adalah sebutan untuk dua buah pulau di lepas pantai Jepang yang berbentuk unik mirip kapal perang. Yang pertama adalah Pulau Hashima yang ada di Nagasaki. Lalu yang kedua adalah Pulau Mitsukejima di Ishikawa. Pulau Hashima adalah pulau asli dan bukanlah pulau buatan manusia. Dari jauh, pulau ini memang seperti kapal perang yang sedang bersandar di tengah laut. Nah, sewaktu mengunjungi Nagasaki tahun 2014 lalu, Tim Info Jepang memperoleh kesempatan langka untuk mengunjungi Gunkanjima Nagasaki.

Gunkanjima Nagasaki atau pulau Hashima adalah sebuah pulau bekas tambang batubara yang kini ditinggalkan dan dibiarkan tak berpenghuni. Kisahnya dimulai di awa tahun 1800-an ketika penguasa area Saga dan Fukuoka menemukan cadangan batubara dalam skala besar di pulau Hashima. Seiring berjalannya waktu, pulau Hashima kemudian dieksplorasi oleh perusahaan raksasa Mitsubishi.

Lokasinya di lepas pantai dan berada sekitar 25 kilometer dari Nagasaki membuat urusan transportasi pekerja cukup merepotkan dan membebani keuangan perusahaan. Daripada harus menyediakan puluhan kapal yang terus menerus membawa pekerja, perusahaan memutuskan untuk membangun tempat tinggal dan beragam fasilitas langsung di atas pulau Hashima. Ada apartemen, sekolah, rumah sakit, bahkan restoran dan spa yang dibangun di atas pulau ini. Di masa jayanya, pulau ini dihuni lebih dari 5000 orang yang mayoritas adalah pekerja tambang langsung.

Tahun 1974, batubara di pulau Hashima habis ditambang. Usaha eksplorasi berhenti mengakibatkan para pekerja meninggalkan pulau. Pulau beserta bangunan-bangunan ditinggalkan kosong begitu saja. Sekitar tahun 1975, badai besar menerjang pulau ini dan merusak sebagian besar bangunan. Kaca-kaca pecah, struktur apartemen dan dermaga rusak total. Karena cukup berbahaya, pemerintah melarang orang untuk mengunjungi pulau Hashima.

Lebih dari 35 tahun didiamkan begitu saja, Gunkanjima berubah menjadi pulau yang terkesan angker dan penuh misteri. Hingga pada April 2009, pemerintah prefektur Nagasaki mebangun dermaga baru di sisi selatan pulau. Kapal berukuran kecil bisa bersandar dan membuat para pengunjung bisa melihat pulau ini secara lebih dekat. Merasakan sendiri sisa-sisa kejayaan Gunkanjima di masa lampau.

Pulau Gunkanjima lepas pantai Nagasaki Jepang

Pulau Gunkanjima lepas pantai Nagasaki Jepang

Gunkajima dapat dicapai dengan menggunakan kapal dengan tiga jam perjalanan. Tersedia paket tour yang mencakup perjalanan pulang-pergi Nagasaki-Gunkanjima termasuk mendarat dan berkeliling pulau Gunkanjima selama 1 jam. Bangunan-bangunan megah tempat tinggal para pekerja dan lubang-lubang tambang di sini menjadi objek wisata yang “misterius” namun menarik.

Naik ferry menuju ke Gunkanjima

Naik ferry menuju ke Gunkanjima

Informasi Tour ke Gunkanjima Nagasaki

Tour dengan menggunakan kapal diadakan dua kali sehari: tur pagi hari dan tur sore hari. Tur pagi dimulai dari jam 09.50 hingga jam 13.00, sedangkan tur sore dimulai dari jam 13.00 hingga kembali jam 16.05. Titik keberangkatannya ada di pelabuhan Nagasaki (di sebelah Dejima Wharf dan Nagasaki Seaside Park, dan di Tokiwa (di dekat Glover Garden dan Gereja Oura).

Untuk mengikuti tur ini, kita dikenakan biaya 4.000 yen untuk orang dewasa, 3.300 yen untuk pelajar SMP-SMA, dan 2.000 yen untuk anak-anak. Selain biaya tur, ada tambahan 300 yen untuk orang dewasa dan 150 yen untuk anak-anak yang dipungut oleh pemerintah kota untuk melestarikan Gunkanjima. Jika ingin mengikuti tur ini, teman-teman harus melakukan pemesanan atau reservasi dahulu. Bisa menghubungi Yamasa Kaiun Co.,Ltd di nomor telepon 095-822-5002.

Tur ke Gunkanjima ini sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan keadaan gelombang laut. Lokasinya yang “terpisah” cukup jauh dari daratan utama ditambah dengan laut dalam di sekitarnya, Gunkanjima cukup berbahaya untuk dikunjungi saat cuaca tidak cerah. Bahkan sebelum tur dimulai ada safety briefing dan kita diharuskan menandatangani kontrak keselamatan. Di dalam kontrak ini, para peserta tur khususnya yang punya penyakit jantung, mabuk laut, atau penyakit kronis lainnya boleh mengikuti tur tapi tidak boleh menggugat perusahaan jika terjadi sesuatu. Saran Tim Info Jepang, teman-teman lebih baik mengecek kondisi cuaca terlebih dahulu. Juga saat sedang kurang enak badan atau kondisi tidak fit, sebaiknya tidak ikut tur mengunjungi Gunkanjima.

Akses menuju Sasebo di Nagasaki

Dari pemberhentian tram Nagasaki ekimae, kita bisa naik tram nomor 1 dan turun di pemberhentian Ohato. Setelah itu, kita bisa melanjutkan perjalanan ke arah pelabuhan Nagasaki. Kalau ingin berjalan kaki, bisa juga kok. Pelabuhan Nagasaki ada di selatan Stasiun Nagasaki, sekitar 1 kilometer atau 15 menit berjalan kaki.

Baca juga: Akses menuju Nagasaki

Cheap Hotels in Nagasaki [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Royal Hotel
19 km away
from ¥7432/night
Hotel Europe
51 km away
from ‎¥18526/night
Sasebo Green Hotel
60 km away
from ¥7229/night
Casa Blanca Guesthouse
18 km away
from ¥2545/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gereja Oura Nagasaki
17 km away
Bangunan Gereja Oura Nagasaki
Gunkanjima Nagasaki
0 km away
Suasana Gunkanjima dari atas kapal
Glover Garden
17 km away
Taman bunga Glover Garden Nagasaki
Nagasaki Chinatown
18 km away
Suasana saat Festival lentera di Nagasaki Chinatown

Sumber gambar: Flickr Emil Olsen, Stuart Frisby, Stuart Frisby


Recommended for you


Last modified: November 20, 2016 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!