Megane Bridge Nagasaki

Home / Bridge / Megane Bridge Nagasaki
Item image

Megane Bridge atau Meganebashi Nagasaki adalah jembatan lengkung batu tertua yang ada di Jepang. Dibangun sejak tahun 1634–atau hampir 400 tahun yang lalu–jembatan ini menjadi saksi sejarah kejayaan Nagasaki sebagai pelabuhan dagang utama di wilayah selatan Jepang. Sungai Nakajima yang membelah kota Nagasaki dahulunya dilewati oleh kapal-kapal kecil yang memindahkan muatan ke gudang-gudang di tepi sungai Nakajima, untuk kemudian dikirimkan ke seluruh penjuru selatan Jepang termasuk ke Fukuoka dan Hiroshima. Kalau teman-teman pernah melihat Jembatan Nihonbashi di Tokyo, maka Megane bridge ini bentuknya bisa dibilang mirip, hanya saja jumlah lengkung lebih sedikit, yakni hanya berjumlah dua buah. Mari lihat keindahan Megane bridge dalam kunjungan Tim Info Jepang ke Nagasaki.

Megane bridge sering disebut juga sebagai jembatan kacamata (spectacles), karena saat pantulan bentuk dua lengkung jembatan ini di permukaan air menciptakan bentuk seperti kacamata. Sebagai salah satu jembatan lengkung batu tertua di Jepang, pemerintah Kota Nagasaki memasukkan jembatan ini sebagai objek penting bersejarah kota, yang secara tidak langsung menaikkan pamor jembatan ini di mata para wisatawan.

Pemandangan Megane Bridge di Nagasaki

Pemandangan Megane Bridge di Nagasaki

Bersama dengan jembatan Nihonbashi di Tokyo dan jembatan Kintai di wilayah Iwakuni, jembatan Megane bridge dikenal sebagai tiga jembatan paling terkenal di Jepang. Selain karena struktur lengkungnya yang khas, jembatan ini juga dibangun dengan perhitungan yang tepat dan teknik penyusunan batu tradisional dengan menggunakan katrol. Sungguh luar biasa melihat struktur yang berusia hampir 400 tahun masih kuat berdiri sampai hari ini.

Bermain dekat Megane Bridge di Nagasaki

Bermain dekat Megane Bridge di Nagasaki

Waktu terbaik untuk melihat keindahan jembatan Megane bridge ini adalah pagi atau siang hari. Kita bisa melihat bentuk kacamata yang terbentuk di permukaan air sungai secara sempurna. Di malam hari, lampu-lampu di sepanjang kiri-kanan sungai Nakajima juga memberikan kesan syahdu dan romantis.

Akses ke Megane Bridge

Untuk melihat jembatan ini, teman-teman bisa berjalan kaki sekitar 1,2 kilometer (15-20 menit) ke arah tenggara dari Stasiun Nagasaki. Atau bisa juga dengan naik tram nomor 3 dari depan Stasiun Nagasaki (halte Nagasakiekimae) dan turun di pemberhentian tram Kokaidomae. Dari Kokaidomae, kita tinggal berjalan kaki ke arah selatan menyusuri sungai Nakajima kira-kira 300 meter sampai di jembatan ini.

Baca juga: Akses menuju Nagasaki

Cheap Hotels in Nagasaki [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Nagasaki Ekimae
1 km away
from ¥8349/night
Hotel Amsterdam
38 km away
from ‎¥33656/night
Hotel Monterey Nagasaki
1 km away
from ‎¥6300/night
S Peria Hotel Nagasaki
1 km away
from ‎¥6500/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Glover Garden
2 km away
Taman bunga Glover Garden Nagasaki
Nagasaki Chinatown
1 km away
Suasana saat Festival lentera di Nagasaki Chinatown
Nagasaki Seaside Park
1 km away
Pemandangan dari Nagasaki Seaside Park
Sasebo di Nagasaki
49 km away
Pulau-pulau Kujukushima lepas pantai Nagasaki

Sumber gambar: Flickr hkflc, Jacques Beaulieu, Fredrik Rubensson, hkflc


Recommended for you


Last modified: November 20, 2016 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!