Nagasaki Chinatown

Home / Attraction / Nagasaki Chinatown
Item image

Nagasaki adalah kota yang terletak di ujung selatan wilayah Jepang. Bersama dengan Yokohama dan Hakodate, Nagasaki menjadi pelopor perdagangan Jepang dengan luar negeri selepas masa isolasi Jepang sampai tahun 1850-an. Nah, saat sedang kerja praktek di wilayah Saga tahun 2014 kemarin, saya menyempatkan diri berkeliling di Nagasaki. Termasuk ke Nagasaki Chinatown. Salah satu dari tiga kawasan pecinan terbesar di Jepang, bersama dengan Yokohama Chinatown dan Kobe Chinatown, ini menyandang status sebagai kawasan pecinan tertua. Di sini, teman-teman bisa menikmati beragam makanan enak dan murah dan juga oleh-oleh unik khas Nagasaki. Simak kisah perjalanan saya berikut ini.


Kegiatan Wisata di Nagasaki Chinatown
1. Berkeliling kota Pecinan Nagasaki Chinatown

Area Nagasaki Chinatown ini terkenal dengan pintu gerbang merahnya yang megah dan menghadap ke empat penjuru mata angin. Dipercaya keempat pintu penjuru ini dijaga oleh hewan-hewan keramat, yakni Azure Dragon di sisi timur, White Tiger di sisi barat, Vermilion Bird di selatan, dan juga Black Tortoise di utara. Keberadaan kawasan pecinan berusia ratusan tahun di Nagasaki dipercaya sebagai bentuk perlindungan hewan itu kepada warga keturunan yang hidup di sini.

Pintu gerbang Nagasaki Chinatown

Pintu gerbang Nagasaki Chinatown

Dengan ratusan toko dan restoran, kita dapat merasakan makanan khas Cina, seperti masakan Beijing, Shanghai, Guangdong, dan daerah lainnya. Ada juga menu favorit yaitu roti kukus (manju), dimsum, bebek peking yang terkenal dan mie ramen. Setiap restoran atau toko di sini juga memiliki nuansa warna-warna cerah khas negeri tirai bambu, sangat ideal untuk diabadikan atau dijadikan kenangan jalan-jalan di Jepang. Restoran di sini mulai buka dari jam 11 siang sampai jam 9 malam. Sangat pas buat kamu yang ingin mencicipi kuliner saat makan siang atau makan malam.

Di Nagasaki Chinatown, kita juga bisa menjumpai toko-toko yang menjual sayuran dan buah-buahan dari negeri Cina, lalu juga bumbu dan rempah-rempah dari China. Sebagai oleh-oleh, kamu bisa beli beberapa bungkus teh cina yang konon bisa memperpanjang umur kita. Wah, keren nih buat bos, hehe!

2. Festival Kunchi Nagasaki

Jangan lewatkan juga Festival Kunchi Nagasaki yang diadakan di Kuil Suwa-jinja di sekitar Nagasaki Chinatown. Festival yang diadakan di awal musim gugur ini (dilaksanakan pada 7-9 Oktober) adalah festival musim gugur tertua yang sudah berlangsung lebih dari 380 tahun. Di dalam festival ini, teman-teman bisa bergabung bersama dengan dengan penduduk lokal dan wisatawan lain dalam parade berkeliling kota termasuk dengan tarian singa. Oiya, dalam festival ini, masing-masing distrik dari Prefektur Nagasaki akan menampilkan beragam bentuk kesenian. Mulai dari tarian, permainan musik, dan tentu ikut serta dalam juga parade berkeliling kota dengan pakaian tradisional khas Jepang.

Festival Kunchi Nagasaki di Nagasaki China Town

Festival Kunchi Nagasaki di Nagasaki China Town

3. Festival Lentera Nagasaki

Masih ada satu festival satu lagi yang sayang untuk dilewatkan, yakni festival lentera Nagasaki. Festival ini awalnya hanya dilakukan memperingati tahun baru Cina, namun sejak tahun 1994 diubah namanya menjadi Festival Lentera Nagasaki. Sepanjang bulan Februari (dalam minggu Tahun Baru Cina atau Chinese New Year), lebih dari 15.000 lampion akan dinyalakan setiap malamnya di area Nagasaki Chinatown. Di pesta pergantian tahun, diadakan juga festival kembang api yang begitu indah. Festival ini menjadi salah satu daya tarik utama musim dingin di Nagasaki. Untuk tahun 2017, festival diadakan dari tanggal 28 Januari hingga 11 Februari 2017. Sedangkan untuk tahun 2018, diadakan pada 16 Februari hingga 2 Maret.

Akses ke Nagasaki Chinatown

Teman-teman bisa naik tram jalur 1 atau jalur 5 dari Stasiun Nagasaki dan turun di perhentian Tsukimachi. Setibanya di Tsukimachi, kita tinggal berjalan kaki ke area pecinan ini.

Baca juga: Akses menuju Nagasaki

Cheap Hotels in Nagasaki [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Monterey Nagasaki
1 km away
from ‎¥6300/night
Dormy Inn Nagasaki
0 km away
from ¥8349/night
Toyoko Inn Nagasaki Ekima
1 km away
from ¥5803/night
Hotel Nagasaki
1 km away
from ¥8349/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Glover Garden
1 km away
Taman bunga di Glover Garden
Gereja Tabira
72 km away
Gereja Tabira Nagasaki dari luar
Huis Ten Bosch
39 km away
Bunga tulip di Huis Ten Bosch Nagasaki
Museum Bom Atom Nagasaki
4 km away
Gerbang Museum Bom Atom Nagasaki

Sumber Gambar : Flickr Oi Oiko, Marufish, Yoshihiro Sakai


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!