Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Festival Kunchi Nagasaki

September 7, 2016 - September 9, 2016

Para Festival Kunchi Nagasaki

Festival Kunchi Nagasaki adalah festival paling terkenal di Nagasaki. Festival yang diadakan di awal musim gugur ini (setiap tanggal 7-9 Oktober) sudah ada sejak tahun 1642 atau hampir 400 tahun yang lalu. Itulah mengapa Festival Kunchi Nagasaki menjadi festival musim gugur tertua yang ada di Jepang. Istilah “Kunchi” berasal dari “ku-nichi” yang artinya “yang kesembilan”– seperti pada penyelenggaraan festival ini, pada tanggal 9 di bulan yang ke-9. Sepanjang festival ini, lebih dari setengah juta pengunjung dari wilayah selatan Jepang akan berkumpul dan merayakan festival ini di Kuil Suwa dan parade di pusat kota Nagasaki.

Masing-masing distrik dari Prefektur Nagasaki akan memberikan penampilan mereka kepada para pengunjung festival. Mulai dari tarian, permainan musik, dan juga parade berkeliling kota. Penampilan para penduduk ini bisa kita saksikan di empat tempat: di Kuil Suwa, Otabisho, Kuil Yasaka, dan di Kokaido, masing-masing pada tanggal 7 (pagi dan malam), tanggal 8 pagi, dan tanggal 9 pagi.

Baca juga: Info Wisata di Nagasaki

Kuil Suwa yang jadi pusat Festival Kunchi Nagasaki

Kuil Suwa yang jadi pusat Festival Kunchi Nagasaki

Jangan lewatkan juga parade perahu cina berukuran raksasa berwarna merah cerah lengkap dengan hiasan berbentuk lentera. Perahu cina ini merupakan simbol dari jasa perdagangan yang merupakan motor penggerak ekonomi di Nagasaki.

Untuk bergabung dalam festival ini, kita tidak dikenai biaya tiket masuk. Teman-teman bisa langsung datang ke sekitaran Kuil Suwa dan Kuil Yasaka pada tanggal 7-9 September. Saat pertunjukan tarian dan musik tradisional, suasana biasanya akan sangat padat. Beberapa wisatawan bisa memperoleh spot yang cukup bagus untuk bisa menonton, namun kita butuh kemampuan bahasa Jepang untuk membeli “tempat” dari masyarakat lokal.

Selama di Nagasaki, teman-teman juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata favorit juga, mulai dari Nagasaki Peace Park atau Taman Perdamaian Nagasaki. Taman ini adalah taman yang dibangun untuk mengenang korban yang meninggal dalam peristiwa bom atom di Nagasaki. Masih ada juga pulau Gunkanjima di lepas pantai Nagasaki. Terus Gereja Oura (gereja pertama di Jepang) dan Taman bergaya Belanda satu-satunya di Jepang: Huis Ten Bosch.

Akses menuju Nagasaki

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo atau Stasiun Shinagawa, kita bisa mengambil kereta Nozomi JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagasaki dengan transit di Stasiun Hakata Fukuoka. Lama perjalanan 8 jam (445 menit) dengan tiket seharga 24.600 yen. Kereta Nozomi tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Jika ingin lebih murah dengan JR Pass, teman-teman bisa naik kereta Hikari atau Kodama. Waktu tempuh selama 8,5 jam atau 510 menit, dengan ongkos 24.600.

Atau kita bisa naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda atau Bandara Narita menuju Bandara Nagasaki selama dua jam. ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo-Nagasaki dengan kisaran harga tiket 44.000 yen. Namun, tersedia tiket penerbangan murah dengan harga mulai 15.000-33.000 yen khusus wisatawan asing. Setibanya di Bandara Nagasaki, kita tinggal naik bus menuju pusat kota Nagasaki (di sekitar Stasiun Nagasaki) selama 45 menit dengan ongkos 800 yen. Saran Tim Info Jepang bagi yang ingin mengunjungi Nagasaki, lebih baik naik pesawat terbang dengan tiket penerbangan murah. Selain menghemat waktu hampir 6-7 jam, harganya juga jauh lebih murah.

2. Dari Osaka atau KYOTO

Pada dasarnya, jika ingin ke Nagasaki dari Osaka atau Kyoto, kita akan naik kereta JR Tokaido Shinkansen seperti dari Tokyo.

Dari stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik kereta Hikari atau Kodama JR Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Nagasaki dengan transit di Stasiun Hakata Fukuoka. Lama perjalanan sekitar 4,5 jam dengan tiket seharga 17.270 yen yang termasuk ke dalam cakupan JR Pass.

Dari stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta Hikari atau Kodama JR Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Nagasaki dengan transit di Stasiun Hakata Fukuoka. Lama perjalanan sekitar 5 jam dengan tiket seharga 18.010 yen yang termasuk ke dalam cakupan JR Pass.

Atau bisa juga naik pesawat dari Bandara Kansai sampai negara Nagasaki, Peach Aviation menyediakan tiket pesawat murah mulai dari 3.500-13.000 yen. Dari Bandara Nagasaki, kita tinggal naik bus menuju pusat kota Nagasaki (di sekitar Stasiun Nagasaki) selama 45 menit dengan ongkos 800 yen.

Cheap Hotels in Nagasaki [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Europe
from ‎¥18526/night
Royal Hotel
from ¥7432/night
Quintessa Hotel Sasebo
from ¥9672/night
Richmond Hotel Nagasaki S
from ‎¥8300/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr jpellgen, Marufish


Recommended for you

Details

Start:
September 7, 2016
End:
September 9, 2016
Event Category:
Event Tags:
,

Venue

Suwa Shrine
18-15, Kaminishiyama-machi
Nagasaki City, Nagasaki Prefecture Japan
+ Google Map