Kastil Takada Niigata

Home / Castle / Kastil Takada Niigata
Item image

Prefektur Niigata cukup populer di telinga para wisatawan oleh karena keberadaan Resort Ski Gala Yuzawa dan Echigo-Yuzawa yang sangat terkenal. Dengan akses yang sangat mudah dari Tokyo (dengan kereta Shinkansen Joetsu hanya 70 menit). Namun, masih ada kota lainnya di Prefektur Niigata yang punya daya tarik wisata yang unik. Salah satunya adalah Kastil Takada di Joetsu. Bangunan kastil megah bertingkat tiga ini begitu terkenal dengan ketiga turretnya (menara kecil di atap kastil). Dan seperti kastil-kastil lainnya yang ada di Jepang, Kastil Takada dikelilingi oleh taman seluas 60 hektar, lengkap dengan area taman bermain, lapangan baseball, dan tentunya 4000 pohon sakura. Tidak heran, Kastil Takada atau Takada Castle menjadi salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan buat kamu para pecinta hanami sakura di Jepang, di mana tahun kemarin tercatat ada lebih dari 1.000.000 pengunjung yang datang ke sini.

Kegiatan seru di Kastil Takada Niigata

1. Mengenal sejarah Kastil Takada

Kastil Takada yang berdiri sekarang adalah kastil hasil rekonstruksi yang selesai dibangun pada tahun 1993. Kastil Takada kembali dipugar dan diperkenalkan sebagai objek wisata Niigata saat perayaan ulang tahun ke-20 kota Joetsu. Bangunan kastil yang selesai dibangun tahun 1614 oleh Matsudaira Tadateru (anak ke enam dari Tokugawa Ieyasu, penguasa mayoritas wilayah Jepang, yakni keluarga Tokugawa) rusak akibat kebakaran dan gempa besar yang terjadi pada tahun 1755 dan 1802.

Kastil Takada begitu ikonik karena berada di tengah-tengah taman kota yang sangat luas. Yang khas juga adalah keberadaan tiga buah turret di bagian atap kastil. Lantai satu dan dua kastil kini menjadi area museum, di mana ditampilkan beragam prasasti maupun foto-foto yang mengenai keberadaan kastil di masa lampau. Di lantai ketiga atau lantai paling atas, difungsikan sebagai lantai observasi di mana kita bisa menikmati pemandangan Taman Takada dari ketinggian.

Light up bunga sakura di Kastil Takada

Light up bunga sakura di Kastil Takada

2. Hanami sakura tak terlupakan  di Kastil Takada

Taman Takada di area sekitar Kastil Takada masuk ke dalam jajaran 100 spot terbaik hanami sakura di Jepang. Total ada 4.000 pohon bunga sakura yang akan mulai bermekaran dari pertengahan sampai akhir bulan April. Jadwal hanami sakura di Niigata memang mundur sekitar 1-2 minggu dari kebanyakan kota utama di Jepang seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka yang berlangsung di akhir Maret sampai awal April.

Di malam harinya, jangan lewatkan juga iluminasi sakura yang dimulai selepas matahari terbenam (sekitar pukul 18.00) sampai jam 22.00. Sambil menikmati iluminasi sakura yang berpadu cantik dengan lebih dari 3.000 lentera, kita bisa melihat penampilan tarian dan parade penduduk lokal atau panganan lokal khas Niigata. Iluminasi sakura malam hari dilangsungkan setiap malam dari tanggal 1 April sampai tanggal 17 April. Jika teman-teman “terlambat” datang ke Jepang namun tetap ingin melihat bunga sakura, bisa datang ke area kastil.

3. Melihat keindahan bunga lotus dalam Festival Lotus

Di awal bulan Agustus, permukaan air kanal di sekeliling kastil akan dipenuhi oleh bunga lotus yang bermekaran. Beragam warna bunga lotus–yang dipercaya membawa keberuntungan dalam agama Buddha–mekar bersamaan dan memberikan pemandangan yang spektakuler.

Sacred Lotus di Kastil takada

Sacred Lotus di Kastil takada

Informasi Tiket Masuk

Kita dikenakan biaya tiket masuk seharga 200 yen untuk masuk dan berkeliling kastil. Namun, kalau hanya ingin mengunjungi Taman Takada, teman-teman tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Akses ke Kastil Takada Niigata

Dengan mulai beroperasinya kereta Shinkansen Hokuriku, akses ke Kastil Takada menjadi sangat mudah. Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta shinkansen Hakutaka atau Kagayaki sampai ke Stasiun Joetsu-Myoko di pusat kota Joetsu. Lama perjalanan 2 jam dengan total ongkos 8.760 yen. Seluruh ongkos perjalanan dari Tokyo sampai Stasiun Joetsu-Myoko tercover sepenuhnya dengan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass atau JR Pass.

Dari Stasiun Joetsu-Myoko, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan dengan kereta lokal JR Shinetsu Line atau Echigo TOKImeki Railway Myoko Haneuma Line sampai Stasiun Takada. Lama perjalanannya sekitar 7 menit dengan ongkos 190 yen. Dari Stasiun, area Kastil Takada bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 20 menit (sekitar 1,6 kilometer). Yang lebih praktis, teman-teman bisa naik bus dari Stasiun Joetsu-Myoko sampai ke Stasiun Takada dengan ongkos 200 yen. Seluruh ongkos dari Tokyo sampai Stasiun Takada tercover dengan JR East Pass Nagano Niigata.

Recommended Hotels near Niigata [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Takada Terminal Hotel
1 km away
Takada Terminal Hotel
from ‎¥7000/night
Hotel Route-Inn Jouetsu
6 km away
Hotel Route-Inn Jouetsu
from ‎¥7000/night
Herbal Spa & Hotel G
6 km away
Herbal Spa & Hotel Genkijin
from ‎¥6800/night
Art Hotel Joetsu
1 km away
Art Hotel Joetsu
from ‎¥7200/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gala Yuzawa Resort
51 km away
Bermain ski di Gala Yuzawa Resort
Resort Ski Kagura
52 km away
Bermain ski di Resort Ski Kagura
Festival Balon Ojiya
54 km away
Suasana Festival Balon Ojiya di Niigata
Niigata Furusato Village
108 km away
Keliling Niigata Furusato Village

Sumber gambar: Niigata Prefectural Office


Recommended for you


Last modified: February 26, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (4)

  1. Laura Sidhartawan  |  

    Sore Pak Nugroho,
    Mau tanya ya, saya ada rencana ke Japan tgl. 12-20 April 2019. Kalau saya dari Tokyo mau ke Gala Yuzawa & lanjut ke Takada Castle di Niigata utk hunting Sakura & illumination, apakah bisa dilakukan day trip dalam 1 hari ya?
    Kalau misal bisa, rute dan transportnya seperti apa ya Pak sampai balik ke Tokyonya lagi? Rencana saya akan membeli JR Pass. Oh ya Pak, kalau JR pass ini kan bisa mengcover seluruh perjalanan di Japan kan ya? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Sepertinya sulit bu, namun kalau ibu hanya ingin main ski/ salju sebentar ke Gala Yuzawa, lalu perjalanan ke Takada Castle dilanjutkan dengan naik kereta Shinkansen Max Toki sampai Stasiun Takasaki, dan lanjut naik kereta Hokuriku Shinkansen sampai Stasiun JoetsuMyoko (sekitar 100-120 menit perjalanan). Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Fai. Niigata di kota mana ya? Niigata, Nagaoka, Gala Yuzawa, mohon informasinya yang lengkap.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!