Taman Sewaritei Kyoto

Home / Nature / Taman Sewaritei Kyoto
Item image

Mungkin hanya sedikit teman-teman yang mengetahui Taman Sewaritei di Kyoto ini. Taman Sewaritei berlokasi di kota Yawata, tepat di antara kota Kyoto dan Osaka. Taman ini menunjuk pada area terbuka yang menjadi pertemuan sungai utama Kyoto dan Osaka, yakni sungai Yodo (yang juga melewati kota Osaka, bagus dilihat dari Umeda Sky Building) dan sungai Kizu. Di area terbuka di pinggir sungai ini, kita bisa menjumpai deretan pohon bunga sakura mirip-mirip seperti Kawazu Sakura di Semenanjung Izu yang terkenal. Ada 250 pohon bunga sakura di jalan sepanjang 1,4 kilometer. Kalau ke sini, jangan lupa bawa kamera kamu untuk berfoto dengan latar belakang bunga sakura dan langit biru yang cerah. Apa saja kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Taman Sewaritei Kyoto ini?

Kegiatan Wisata Seru di Taman Sewaritei

1. Ayuk berkeliling Taman Sewaritei Kyoto

Taman Sewaritei sangat mudah diakses, hanya berjalan kaki 10 menit dari stasiun terdekat yakni Yawata Station di jalur kereta Keihan. Jalur kereta ini menghubungkan Osaka dengan tempat-tempat wisata kota Kyoto terkenal seperti Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari (tidak perlu pindah-pindah naik bus, bisa dengan kereta dan stasiunnya sangat dekat dengan kuil tersebut). Lalu ke pusat kota Gion. Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji. Semuanya ongkos keretanya gratis dan tercover oleh Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass.

Begitu sampai di Yawata Station, tidak perlu bingung harus jalan ke arah mana. Teman-teman tinggal mengikuti orang-orang yang semuanya pergi ke arah pinggir sungai, melihat deretan bunga sakura. Awalnya kita akan menyusuri jalan seperti terowongan dengan bunga sakura di kanan kiri jalan. Nah, di ujung jalan, setelah melewati terowongan kita bisa melihat deretan bunga sakura yang berbaris memanjang di sepanjang pinggir sungai. Dan semuanya gratis, tidak ada biaya yang perlu dibayarkan.

Sakura sepanjang Taman Sewaritei Kyoto

Terowongan Sakura di Taman Sewaritei Kyoto

Keindahan sakura di Taman Sewaritei Kyoto

Keindahan sakura di Taman Sewaritei Kyoto

2. Bersantai melihat bunga sakura dengan keluarga

Di puncak musim semi, sekitar akhir bulan Maret hingga awal April, banyak orang yang berjalan menyusuri jalan setapak untuk melihat deretan bunga sakura. Kemudian berbalik arah ke tempat semula. Beberapa orang menggelar terpalnya dan mulai berpiknik di bawah pohon sakura. Tentu sangat menyenangkan dapat bersantai bersama keluarga sambil melihat kelopak bunga sakura yang terbang ditiup angin. Buat kamu yang lupa membeli makanan, tenang saja! Ada beberapa kios-kios yang menjual makanan dan minuman kecil, sangat cocok bagi piknik keluarga.

Buat teman-teman yang berlibur di Kyoto pada musim semi dan mengincar bunga sakura, memang banyak tempat bunga sakura yang terkenal seperti Philosophers Path, Kuil Daigoji, dari Istana Kaisar Kyoto atau kereta wisata Sagano, Yo-zakura (sakura malam hari) di kuil Kodaiji dan Kuil Eikando. Namun tempat-tempat itu sangat terkenal dan sangat ramai di musim bunga sakura. Kamu jadi berdesak-desakan dan tidak bisa menikmati bunga sakura. Lebih baik ke tempat-tempat tersembunyi seperti Taman Sewaritei ini, yang lebih sepi sehingga bisa menikmati pemandangan bunga sakura santai bersama dengan keluarga.

Bunga sakura di Taman Sewaritei Kyoto

Bunga sakura di Taman Sewaritei Kyoto

3. Festival Kuliner Marche di Taman Sewaritei Kyoto

Buat teman-teman yang ke Taman Sewaritei, tidak perlu kuatir mencari tempat makan. Karena bersamaan dengan festival bunga sakura, ada juga festival kuliner Marche. Selama festival akan ada banyak kios-kios dari restoran terkenal di Kyoto dan Osaka yang akan menyajikan menu-menu masakan terkenal dan terlezat. Teman-teman bisa makan makanan laut, sayur-sayuran, kue kering dan kue manis, serta banyak oleh-oleh yang menarik.

4. Sakura Deai Cruise

Buat yang ingin menikmati pemandangan bunga sakura dari kapal, bisa mencoba naik Sakura Deai Cruise ini. Cruise ini khusus diadakan pada musim bunga sakura saja. Untuk tahun 2019, diadakan dari tanggal 27 Maret 2019 hingga 16 April 2019, rutenya menyusuri kurang lebih 1,4 kilometer Taman Sewaritei dari atas sungai Yodo selama kurang lebih 20 menit. Cruise berangkat setiap 10-30 menit sekali dari pukul 10.00-16.00. Biayanya sendiri adalah 1500 yen untuk pelajar SMP ke atas, dan 500 yen untuk anak SD.

Ada juga kapal berukuran lebih kecil namanya E Board. Jarak tempuhnya lebih pendek dengan ongkos 800 yen untuk pelajar SMP ke atas, dan 500 yen untuk anak SD.

5. Naik ke Menara Sakura Deai

Eits jangan buru-buru pulang. Teman-teman juga bisa melihat pemandangan pohon sakura dan sungai Yodo dari ketinggian loh.. Wah keren banget sih orang Jepang dalam membuat tempat wisata yah! Dengan membayar tiket masuk 300 yen untuk pelajar SMP ke atas, dan 100 yen untuk anak SD, teman-teman bisa naik ke menara Sakura Deai. Sayang banget deh kalau gak mampir ke sini. Oh iya, jika datangnya bukan saat musim bunga sakura, gratis kok naik ke menara ini. Menara Sakura Deai di Taman Sewaritei ini buka dari jam 09.00 hingga 16.30.

Informasi Mengenai Taman Sewaritei Kyoto

Taman buka setiap hari, 24 jam dan bisa diakses dengan 10 menit berjalan kaki dari stasiun Yawata-Shi Station di jalur kereta Keihan. Tahun 2016 yang lalu, jumlah pengunjung mencapai 270.000 orang. Kalau teman-teman memiliki Keihan Kyoto Osaka Sightseeing Pass maka ongkos kereta menuju ke Taman Sewaritei semuanya gratis.

Recommended Hotels near Kyoto Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Keihan Kyoto
12 km away
from ¥7000/night
Hotel Gran Ms Kyoto
15 km away
from ¥9774/night
Almont Hotel Kyoto
12 km away
from ¥13800/night
Hotel Kanra Kyoto
13 km away
from ¥27185/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Ninnaji
16 km away
Momiji musim gugur di Kuil Ninnaji Kyoto
Kuil Kokedera
11 km away
Bangunan Kuil Kokedera di Kyoto
Philosophers Path
18 km away
Philosophers Path di musim semi
Kuil Eikando
17 km away
Suasana iluminasi malam di Kuil Eikando

Sumber gambar: Flickr yuuukiii, yuuukiii, Keisuke Fujii, Japanexperterna.se


Recommended for you


Last modified: January 26, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (6)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Taman Sewaritei hanya direkomendasikan saat musim semi karena ada bunga sakura yang mekar. Kalau sudah musim panas, pemandangannya hanya pohon di pinggir sungai saja Ibu. Salam

  1. selamat pagi Pak. saya dari osaka-namba mau ke kyoto (tgl 4 mei 2017) untuk mengunjungi:

    1. taman sewaritei
    2. fushimi inari, kiyomizudera, ginkakuji, kinkakuji
    3. philosopher path
    4. arashiyama
    4.1 togetsu bridge
    4.2 kuil tenryuuji
    4.3 hutan bambu
    4.4. saga no train

    transportasi yang cocok dari namba ke kyoto (PP) untuk itnry di atas apa y pak? (saya tidak memiliki JR Pass)
    urutan terbaik di kyotony sprt ap?
    apakh keihan kyoto sightseeing 1 day pass sudah ccok untuk rncana di atas? (sudah tercover semua?)

    terima kasih sebelumnya.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!