Museum Ninja

Mie
Home / Museum / Museum Ninja
Item image

Sosoknya misterius. Wajahnya tertutup balutan kain hitam. Hanya sorotan tajam dari sepasang matanya yang terlihat. Sementara itu, pisau berbentuk bintang siap terhunjam ke arah musuh. Inilah gambaran tentang seorang ninja. Sosoknya kerap kali muncul dalam film atau komik. Namun bagaimana jika teman-teman diajak masuk ke dalam rumah para ninja di Jepang?

Ninja diartikan sebagai seorang yang menggunakan ninjutsu, senin perang independen yang berkembang di kawasan Iga Prefektur Mie, dan Koka di Prefektur Shiga, Jepang. Banyak orang membayangkan bahwa ninja lihai terbang dan menghilang ubahnya Supermen. Inilah gambaran keliru yang sering dihadirkan dalam film dan komik. Sejatinya, tugas seorang ninja dibagi menjadi dua kategori utama, yakni melakukan penyusupan dan mengatur strategi.

Kelompok ninja yang paling terkenal dari Iga adalah Hattori Hanzo, Momochi Tambanokami, dan Fujibayashi Nagatomokami. Jadi teringat ninja Hattori ya? Kita bisa mengenal lebih dalam mengenai sejarah ninja ketika berkunjung ke Museum Ninja yang terletak di Iga, Prefektur Mie.

Berkunjung Ke Museum Ninja

Berikut adalah beberapa item yang ditampilkan di Museum Ninja di kota Iga, prefektur Mie Jepang. Silakan melihat.

Aksara di jaman Ninja
Item di museum Ninja

Senjata ninja dan penjelasannya Senjata ninja di museum Ninja Suasana rumah Ninja Beberapa penjelasan tentang peraturan Ninja

Museum Ninja memiliki perlindungan khusus, berupa perangkap set dan lorong-lorong labirin. Ini biasanya dilakukan untuk mencegah adanya aksi pencurian dari pihak musuh. Bentuk rumah terlihat serupa dengan hunian sederhana, tapi penuh kejutan dan perangkap seru. Di dalamnya terdapat rute melarikan diri, pintu tersembunyi, ruang penyimpanan pedang, dan alat perangkap. Kita bisa merasakan suasana layaknya ninja sungguhan. Di sini kita juga bisa mengenakan kostum ninja dan merasakan bagaimana menjadi ninja. Selain itu ada juga ninja show, di mana para petugas akan menjelaskan seputar kehidupan di jaman ninja dahulu dan peraturan-peraturan yang berlaku di antara para ninja.

Pengunjung akan dipandu oleh ninja perempuan. Setiap bagian dari rumah akan ditelusuri satu per satu tak terkecuali ruang dengan perangkap penuh kejutan. Museum Ninja juga memiki toko suvenir yang menyediakan peralatan khas ninja yang tak dapat ditemukan di tempat lain. Misalnya kasos, set permainan, alat dan kostum ninja, dan berbagai benda langka lainnya.

Biaya masuk: Biaya masuk untuk dewasa 756 yen dan anak-anak 432 Yen. Buka setiap hari sepanjang tahun, kecuali saat liburan akhir tahun.

Akses ke Museum Ninja Iga

Dari Stasiun Iga-Ueno, kita bisa naik kereta Iga Railway. Lama perjalanan sekitar 5 menit dengan ongkos 260 yen. Kereta Iga Railway ini tidak dioperasikan oleh perusahaan JR, jadi ongkosnya tidak tercover dengan JR Pass atau JR Kansai Area Pass. Dari Stasiun Uenoshi, kita tinggal berjalan kaki sekitar 5-10 menit sampai area Taman Ueno dan Museum Ninja Iga. Beberapa tempat wisata lain di sekitaran Taman Ueno yang bisa dikunjungi antara lain: Museum Basho, Museum Danjiri, dan Kastil Ueno, semuanya bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Akses ke Iga-Ueno

Dari Stasiun Kyoto bisa naik kereta JR Nara Line dan turun di Stasiun Kizu. Kemudian, berpindah ke kereta JR Kansai Line sampai ke Stasiun Iga-Ueno. Lama perjalanan sekitar 90 menit dengan ongkos 1.140 yen, dan tercover dengan JR Pass atau JR Kansai Area Pass, dan JR Kansai Wide Area Pass.

Kalau teman-teman memiliki Kintetsu Rail Pass, lebih baik naik kereta Kintetsu Kyoto Line atau Kashihara Line dari Stasiun Kyoto sampai Stasiun Yamatoyagi. Lalu berpindah ke kereta Kintetsu Osaka Line dan turun di Stasiun Iga-Kambe. Lama perjalanannya sekitar 100 menit dengan ongkos 1.380 yen (namun gratis dengan Kintetsu Rail Pass). Dari Stasiun Iga-Kambe, kita bisa naik kereta Iga Railway. Lama perjalanan sekitar 25 menit dengan ongkos 360 yen.

Kalau dari Osaka, bisa ke Stasiun Kyoto dahulu dengan kereta lokal JR Kyoto Line (30 menit, 560 yen). Atau bisa naik langsung kereta Kintetsu Osaka Line dari Stasiun Osaka-Namba atau Tsuruhashi dan turun di Stasiun Iga-Kambe. Lama perjalanannya sekitar 100 menit dengan ongkos 1.140 yen (namun gratis dengan Kintetsu Rail Pass). Dari Stasiun Iga-Kambe, kita bisa naik kereta Iga Railway. Lama perjalanan sekitar 25 menit dengan ongkos 360 yen.

Cheap Hotels in Iga [More Hotels]

Comfort Hotel Suzuka
43 km away
from ¥8387/night
Fine Garden Suzuka
41 km away
from ¥5854/night
Hotel Route-Inn Matsusaka
43 km away
from ¥16257/night
Hotel Nagashima
62 km away
from ¥14756/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Nagashima Spa Land
62 km away
pintu masuk nagashima spa land
Sirkuit Suzuka
38 km away
Start di Sirkuit Suzuka Jepang
Nabana no Sato
63 km away
Iluminasi malam di Nabana no Sato
Museum Ninja
0 km away
Foto ninja

Sumber gambar: Flickr Neko Mundo, Neko Mundo, Neko Mundo, Neko Mundo, Liqueur Felix, Neko Mundo, Twitter


Recommended for you


Tutup di liburan tahun baru.
Last modified: July 20, 2017 by

Close Comments

Comments (4)

  1. Selamat malam Pak Nugroho,
    Kalau dr Kyoto bagaimana yah kesananya? Apakah transportasi tercover dengan JR Pass?

    Oh yah, sekalian mau bertanya juga :
    Highlight perjalanan suami saya ke Jepang adalah ingin berkunjung ke museum ninja, museum toyota, museum robot, museum pesawat, dimana kira2 museum2 ini berada?
    Mohon bantuannya
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Osaka Namba Station bisa naik kereta Kintetsu sampai Iga Kambe Station, kemudian pindah ke Iga Line sampai ke Uenoshi Station. Ongkosnya 1500 yen dengan waktu perjalanan 2 jam, atau 2400 yen kalau naik kereta ekspress dengan ongkosnya 2400 yen.
      Dari Uenoshi Station tinggal jalan kaki 10 menit sampai Museum Ninja Iga. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!