Sirkuit Suzuka

Mie
Home / Attraction / Sirkuit Suzuka
Item image

Bagi teman-teman penggemar Formula 1, pasti sudah sering mendengar Sirkuit Suzuka di Jepang. Bersama dengan Sirkuit Sepang di Malaysia dan Sirkuit Dubai Autodrome di Abu Dhabi, Sirkuit Suzuka menjadi tuan rumah Grand Prix Formula atau lebih dikenal dengan balap jet darat alias Formula 1. Sirkuit Suzuka ini terletak di wilayah Suzuka, Prefektur Mie. Sejak tahun 1987, Grand Prix Jepang diselenggarakan di Sirkuit Suzuka, termasuk dengan GP 2016. Biasanya dalam minggu penyelenggaraan Grand Prix, hotel-hotel di Suzuka akan penuh dengan para fans Formula 1, utamanya yang berasal dari Tiongkok, Korea Selatan, dan kawasan Asia lainnya. Mereka ingin menyaksikan lebih dekat keseruan lomba balap mobil tercepat di dunia ini.


Panorama Sirkuit Suzuka di Jepang

Panorama Sirkuit Suzuka di Jepang

Sirkuit Suzuka ini dibangun oleh perusahaan otomotif Honda di tahun 1962. Awalnya bukan sebagai sirkuit balapan, melainkan sebagai arena pengujian mobil dan motor yang diproduksi. Ada peraturan di Jepang motor dan mobil yang belum disertifikasi/ mendapatkan ijin, tidak boleh digunakan di jalanan umum. Selama 25 tahun digunakan sebagai trek uji coba kendaraan, akhirnya di tahun 1987, untuk pertama kalinya Grand Prix diadakan di Suzuka, yang kemudian dikenal dengan Grand Prix Jepang, negara tempat diadakannya balapan jet darat ini.

Sirkuit ini adalah satu-satunya sirkuit balapan dengan trek crossing (menyeberang) dengan menggunakan jembatan. Bentuknya pun unik, membentuk angka 8 yang dipercaya sebagai angka keberuntungan bagi orang-orang Jepang. Selain itu, sirkuit ini juga terkenal dengan area start yang lurus dan menurun, spoon curve (tikungan berbentuk sendok) dan S-curve (tikungan berbentuk huruf S). Jika sedang tidak ada balapan Formula 1, biasanya area sirkuit ini dijadikan tempat latihan bagi para pembalap mobil dan motor.

Trek Sirkuit Suzuka Jepang

Trek Sirkuit Suzuka Jepang

Akses menuju Sirkuit Suzuka

Stasiun terdekat dengan sirkuit adalah Stasiun Suzuka Circuit Ino dan Stasiun Shiroko. Dari Stasiun Suzuka Circuit Ino, kita tinggal berjalan kaki 15-20 menit ke arah timur untuk sampai di pintu masuk sirkuit. Kalau dari Stasiun Shiroko, kita bisa naik shuttle bus selama 20 menit dengan ongkos 400 yen.

Dari Stasiun Nagoya, kita bisa naik kereta JR Rapid Toba sampai stasiun Yokkaichi. Dari Stasiun Yokkaichi, kita lanjut naik kereta Ise sampai Stasiun Suzuka Circuit Ino. Lama perjalanan sekitar 70 menit dengan harga tiket 1.060 yen. Dalam minggu balapan, tersedia kereta langsung dari Stasiun Nagoya menuju Stasiun Suzuka Circuit Ino. Lama perjalanannya 50 menit dengan ongkos tiket 2.500 yen.

Dari Stasiun Osaka atau Stasiun Namba, kita bisa naik kereta Kintetsu sampai Stasiun Shiroko. Lama perjalanan sekitar 100 menit dengan ongkos 3.120 yen.

Cheap Hotels in Mie [More Hotels]

Ace Inn Matsuzaka
30 km away
from ¥7450/night
Garden Hotel Olive Mie
27 km away
from ¥26890/night
Fine Garden Suzuka
4 km away
from ¥5854/night
Hotel Nagashima
27 km away
from ¥14756/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Nabana no Sato
31 km away
Iluminasi malam di Nabana no Sato
Sirkuit Suzuka
0 km away
Start di Sirkuit Suzuka Jepang
Museum Ninja
38 km away
Foto ninja
Nagashima Spa Land
27 km away
pintu masuk nagashima spa land

Sumber gambar: Flickr Carlos Honda, Ben Sutherland, machu.


Recommended for you


Last modified: April 23, 2017 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!