Kuil Hie

Home / Park / Kuil Hie
Item image

Tidak jauh dari rumah perdana menteri Jepang di distrik Chiyoda Tokyo, kita bisa mengunjungi Kuil Shinto Hie atau Hie Shrine. Kuil ini dibangun tahun 830 atau hampir 1200 tahun yang lalu. Namun sejak tahun 1607, Tokugawa Ieyasu (penguasa wilayah Tokyo) saat itu memindahkan kuil ini ke sisi timur Istana Kaisar Tokyo. Kuil ini dibangun sebagai tempat ibadah agama Shinto sekaligus tempat tinggal Kami atau roh leluhur pelindung keluarga Tokugawa. Saya sempat berbincang-bincang dengan para pendeta di Kuil Hie, dahulu setiap ada anak lahir di keluarga Tokugawa, seluruh keluarga akan datang ke kuil dan memohon perlindungan kepada anak tersebut. Menjelang Sanno Matsuri yang akan segera datang, Tim Info Jepang khusus membuatkan tulisan mengenai Kuil Hie ini.

Mengunjungi Kuil Hie

Kuil ini juga hubungan erat dengan Kuil Hie atau Kuil Hiyoshi yang ada di Kyoto. Dewa Oyamakuni-no-kami yang dipercaya melindungi Kyoto dipindahkan oleh Tokugawa Ieyasu ke Kuil Hie Tokyo untuk melindungi Istana Kaisar dan keluarga Tokugawa. Kita juga bisa menjumpai ratusan pintu gerbang torii bewarna merah seperti gambar di bawah ini.

Gerbang torii di Kuil Hie

Gerbang torii di Kuil Hie

Bagi teman-teman yang sedang ada di Tokyo, bisa mengunjungi kuil ini. Saat mengunjungi Kuil Hie, kita tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Pintu masuk kuil berada di sisi timur dan menghadap ke bangunan National Diet Building (Gedung DPR-nya Jepang). Di pintu masuk, kita bisa melihat dua patung penjaga Yadaijin dan Saidaijin. Patung dengan panah dan pedang yang terhunus menjadi objek wisata menarik yang pas dijadikan latar belakang foto.

Kita bisa berkeliling dan melihat bangunan Haiden (bangunan doa) yang biasa digunakan para pendeta untuk berdoa setiap hari. Atau juga melihat bangunan Honden, di mana Mikoshi Hie diletakkan. Orang-orang atau para pengunjungi biasanya berkumpul untuk memohon perlindungan dan berkah dari Dewa Kami. Mikoshi dan Dewa Kami Kuil Hie akan dibawa keluar area kuil dan mengelilingi kota Tokyo dalam Sanno Matsuri maupun Kanda Matsuri.

Sanno Matsuri adalah festival yang dirayakan bulan Juni di Tokyo, dan disebut-sebut sebagai salah satu festival terbesar di Tokyo. Ada 50 mikoshi (miniatur bangunan kuil yang dipercaya sebagai tempat tinggal Dewa atau Kami) yang akan dibawa berkeliling kota. Para penduduk kota Tokyo akan berkumpul bersama dan mengikuti parade mengelilingi kota. Teman-teman bisa bergabung juga loh ke festival ini secara gratis.

Festival Sanno Matsuri di Kuil Hie

Festival Sanno Matsuri di Kuil Hie

Akses menuju Kuil Hie

Dari Stasiun Tokyo atau Stasiun Shinjuku, kita bisa naik kereta Tokyo Metro Marunouchi Line dan turun di Stasiun Kokkai-gijidomae. Lama perjalanan sekitar 6 menit (dari Stasiun Tokyo) atau 11 menit (dari Stasiun Shinjuku) dengan ongkos tiket seharga 170 yen.

Cheap Hotels near Hie Shrine [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Holiday View Inn
4 km away
from ¥3300/night
APA Hotel Tokyo Itabashi
8 km away
from ¥7500/night
Citadines Shinjuku Tokyo
3 km away
Citadines Shinjuku Tokyo
from ¥15444/night
Shinjuku City Hotel NUTS
3 km away
Shinjuku City Hotel NUTS
from ¥16000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut

Odaiba Tokyo
6 km away
Menikmati keindahan Odaiba Tokyo
Shibuya Station
4 km away
Jalan-jalan ke Shibuya Jepang
Stasiun Tokyo
3 km away
Stasiun Tokyo di malam hari
Tokyo National Museum
6 km away
Sejarah budaya Jepang di Tokyo National Museum

Sumber gambar :Flickr Carlos Donderis, Hajime NAKANO, somazeon, tabibird


Recommended for you


Last modified: August 3, 2016 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!