Mesjid Tokyo Camii

Home / Attraction / Mesjid Tokyo Camii
Item image

Buat teman-teman yang sedang mengunjungi Tokyo, khususnya yang beragama muslim, jangan lupa untuk mampir sejenak di Mesjid Tokyo Camii. Camii berasal dari kata jami, yang dalam bahasa arab berarti jemaah atau jemaat. Mesjid yang lokasinya ada di dekat distrik bisnis dan wisata Shibuya dan Shinjuku ini adalah mesjid terbesar yang ada di Jepang. Kalau dilihat sekilas, desain bangunannya sangat kental dengan berbagai ornamen Kekaisaran Ottoman yang berasal dari peradaban Turki. Berbagai ornamen dan hiasan, marmer,  dan para pengrajinnya didatangkan langsung dari Turki dan menyelesaikan renovasi mesjid ini di tahun 2000. Simak laporan salah seorang kontributor Tim Info Jepang mengunjungi Mesjid Tokyo Camii berikut ini.

Mesjid ini mampu menampung total 1.200 orang jemaah yang datang untuk beribadah, khususnya pada hari-hari besar agama muslim, seperti Idul Fitri, awal Ramadhan, dan juga Idul Adha. Setiap hari Jumat, ada ratusan orang yang berkumpul dan melakukan shalat Jumat bersama. Ibadah dibawakan dalam bahasa Turki, Inggris, dan Jepang.

Mesjid seluas sekitar 700 meter persegi ini punya kubah (dome) berdiameter 25 meter. Kita bisa melihat bagaimana Allah menciptakan semesta dari ornamen kubah. Disebut-sebut sebagai mesjid terindah se-Asia, memang kita akan dibuat terkagum-kagum dengan desain bangunan, kaligrafi, dan juga karya seni yang ada di dalam setiap hiasan dan ornamennya.

Kita juga bisa berkeliling kompleks mesjid dengan bebas, dengan catatan tidak mengganggu para jemaah yang sedang melakukan kegiatan ibadah. Oiya, tidak seperti mesjid di Indonesia yang buka sampai malam bahkan 24 jam, Mesjid Tokyo Camii hanya buka sampai jam 18.00 saja.

Suasana Mesjid Tokyo Camii

Suasana Mesjid Tokyo Camii

Mesjid Tokyo Camii lokasinya tidak begitu jauh dari kawasan Shinjuku dan Harajuku, tempat wisata yang tentu sudah tidak asing di telinga kita. So, teman-teman bisa mampir sejenak untuk melihat sejarah dan peradaban Islam yang ada di Jepang, khususnya di Tokyo. Di hari-hari besar, jangan mengira tidak ada ibadah shalat bersama, mari datang dan bertemu dengan teman-teman muslim lainnya dari seluruh penjuru dunia.

Mesjid Tokyo Camii di Yoyogi Uehara

Mesjid Tokyo Camii di Yoyogi Uehara

Khusus bagi teman-teman wisatawan muslim yang sedang berkunjung ke Tokyo bersama-sama dengan grup (minimal 10 orang), bisa memesan dan menikmati menu makanan halal di mesjid ini. Kamu cukup memesan atau menghubungi pegawai atau staff dan memesan makanan untuk tanggal kunjungan kamu saja. Selain itu, kita juga bisa bertanya kepada staff restoran di sini mengenai rekomendasi restoran makanan halal di sekitaran Tokyo. Wah, enak bukan?

Beberapa kebudayaan atau adat istiadat yan gperlu teman-teman perhatikan saat mengunjungi mesjid-mesjid di Tokyo dan di Jepang antara lain:

  1. Untuk wisatawan perempuan, diwajibkan untuk menutupi rambut dan kulit dengan hijab atau jilbab. Di Mesjid Tokyo Camii, kain-kain ini bisa ditemukan di area pintu masuk Tokyo Camii.
  2. Untuk wisatawan pria, diwajibkan memakai celana panjang atau kain sarung. Bagi yang memakai celana pendek, tidak diijinkan untuk masuk ke ruang ibadah.
  3. Selama jam-jam ibadah, dilarang berteriak atau berbicara dengan suara keras yang mengganggukekhusyukan ibadah.
  4. Tidak diperbolehkan mengambil gambar tanpa seijin petugas.

Akses menuju Mesjid Tokyo Camii

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tokyo Metro Marunouchi Line sampai Stasiun Kasumigaseki atau Kokkai-Gijidomae, lalu berpindah ke kereta Tokyo Metro Chiyoda Line sampai Stasiun Yoyogi-Uehara. Lama perjalanan sekitar 24 menit dengan ongkos tiket seharga 200 yen.

Kalau dari Stasiun Shinjuku, kita bisa naik kereta Odakyu Odawara Line dan turun di Stasiun Yoyogi-Uehara. Lama perjalanan sekitar 4 menit dengan ongkos 160 yen.

Setibanya di Stasiun Yoyogi-Uehara, teman-teman tinggal berjalan kaki ke arah timur sekitar 5-10 menit. Tidak sulit menemukannya karena kita bisa melihat menara mesjidnya.

Cheap Hotels in Shinjuku [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Tokyu Stay Shinjuku
4 km away
Tokyu Stay Shinjuku
from ¥18500/night
Tokyo Business Hotel
4 km away
Tokyo Business Hotel
from ¥12500/night
Odakyu Hotel Century
3 km away
Odakyu Hotel Century Southern Tower
from ¥19805/night
Hotel Wing International
4 km away
Hotel Wing International Premium Tokyo
from ¥20300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tokyo Toy Museum
4 km away
Mainan di dekat loket Tokyo Toy Museum
Tokyo DisneySea
20 km away
Karakter imut Tokyo Disneyland
Sky Duck Tokyo
13 km away
Naik Sky Duck Tokyo
Museum Nasional
10 km away
Fosil Dinosaurus di Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo

Sumber gambar: Flickr Guilhem Vellut, Guilhem Vellut, Guilhem Vellut


Recommended for you


Last modified: March 19, 2017 by

Close Comments

Comments (2)

  1. Siang Mas,

    Stasiun Yoyogi dengan yoyogi- uehara ini beda ya ?

    Apakah Tokyo Wide Pass meng- cover perjalanan dari st shinjuku ke yoyogi uehara kalau mau ke masjid camii.

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, stasiun Yoyogi dan Yoyogi Uehara berbeda. Ibu bisa naik kereta Odakyu dari Shinjuku sampai ke Yoyogi Uehara Station dengan ongkos 160 yen (tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass). Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!