Showa Kinen Koen

Home / Park / Showa Kinen Koen
Item image

Showa Kinen Koen atau Showa Memorial Park adalah sebuah taman luas yang terletak di Tachikawa, sekitar satu jam perjalanan ke arah barat Tokyo. Showa Memorial Park adalah tempat terbaik untuk menikmati musim gugur di Tokyo, di mana kita bisa menikmati pemandangan pepohonan yang berwarna kuning dan merah. Dengan area total hampir 200 hektar, ribuan pohon maple, gingko, tulip, sakura, dan poppies menawarkan pemandangan di setiap musimnya. Setengah atau satu hari penuh mengeksplorasi taman ini beserta beragam atraksi dan fasilitasnya akan menjadi pengalaman seru sekali. Mari simak ulasan khas Tim Info Jepang di Showa Kinen Koen.

Pemerintah merencanakan membangun sebuah taman di sekitar ibukota Tokyo untuk memperingati 50 tahun pemerintahan Kaisar Akihito di tahun 1975. Tahun 1983, taman luas hektar di sisi barat Tokyo selesai dibangun dan dibuka untuk umum, dan dikenal dengan Showa Kinen Koen atau Taman Memorial Showa. Dengan ribuan bunga tulip, sakura, dan poppies kita bisa menikmati pemandangan musim semi yang indah. Tetapi tentu, yang terindah adalah pohon maple dan ginkgo yang berubah warna di musim gugur.

showa kinen koen fall

Pemandangan Showa Kinen Koen di musim gugur

Kegiatan yang harus dinikmati di Showa Kinen Koen

1. Berkeliling taman Showa kinen

Tim Info Jepang menghabiskan satu hari penuh untuk mengelilingi taman luas ini. Saking luasnya, sejauh mata memandang, teman-teman hanya akan melihat area taman dengan pepohonan dan taman bunga. Total panjang jalan setapak yang bisa kita susuri di taman ini hampir 12 kilometer. Salah satu cara terbaik untuk menikmati taman ini adalah dengan bersepeda. Di dekat pintu masuk utama, teman-teman bisa menyewa sepeda 600 yen untuk dipakai sepuasnya di taman ini.

showa kinen koen

Pemandangan Taman Showa Kinen Koen

2. Menikmati fasilitas permainan dan area bermain di taman Showa Kinen

Taman Showa Kinen dibagi ke dalam lima zona, Zona A, B, C, D, dan E. Zona A adalah area pintu masuk utama dan dikenal sebagai zona budaya. Di sini kita bisa mengunjungi Hanamidori Cultural Center, Museum Kekaisaran Showa, dan lapangan luas bernama Field of Dreams. Di zona B, teman-teman bisa menikmati berjalan di pinggir kanal dengan 5 buah air mancur raksasa. Kemudian di Zona C, kita bisa naik perahu di atas Danau Waterfowl, wahana permainan air, dan taman bunga sakura seluas hampir 8 hektar. Di Zona D tersedia lapangan olahraga, area barbecue, dan taman terbuka dengan pemandangan seperti Taman Rikugien atau Taman Hama Rikyu di Tokyo. Di zona E atau di wilayah taman paling utara, ada Japanese Garden, Children’s Forest yakni area permainan petualangan bagi anak-anak, Misty Forest yang mengajak kita bernostalgia dengan kisah dongeng hutan terlarang. Detail seluruh fasilitas Taman Showa  Kinen dapat dilihat di website showakinen-koen.

3. Menikmati pemandangan musim semi dan musim gugur

Taman Showa Kinen terkenal luas oleh karena pemandangan musim gugurnya yang spektakuler, dan menjadi salah satu yang paling mengagumkan di wilayah Tokyo. Dengan ribuan pohon maple dan gingko, dedaunan yang berubah warna menjadi kuning kemerahan menjadi pemandangan yang amat indah. Selain itu, pemandangan musim semi di sini juga tidak kalah indah. Bunga sakura dan plum yang bermekaran di awal musim semi maupun bunga tulip dan poppies menjelang musim panas siap menyambut teman-teman. Untuk musim semi, waktu paling pas mengunjungi Taman Showa Kinen adalah akhir bulan April hingga awal Mei. Tahun 2020, Flower Festival diadakan dari tanggal 20 Maret sampai 31 Mei 2020. Informasi lengkap mengenai Flower Festival bisa dicek di halaman berikut.

Pemandangan bunga sakura di Showa Kinen Koen

Pemandangan bunga sakura di Showa Kinen Koen

4. Bermain di wahana permainan air Rainbow Pool yang spektakuler

Sepanjang musim panas, wahana permainan air raksasa (hampir 1,5 kali lebih luas dari pada Tokyo Dome) akan dibuka untuk umum. Wahana bernama Rainbow Pool ini terdiri dari sembilan area kolam renang, kolam ombak, dan seluncuran sepanjang lebih dari 100 meter yang tentu sangat mengasyikkan. Kolam Rainbow Pool ini hanya buka di musim panas saja. Untuk tahun 2018, buka dari tanggal 14 Juli hingga 2 September 2018 dari pukul 09.30 hingga pukul 18.30. Biaya masuknya adalah 2500 yen untuk dewasa, dan 1400 yen untuk anak SD-SMP, serta 500 yen untuk anak 4-6 tahun. Ada juga restoran-restoran dengan berbagai macam menu dengan harga sangat terjangkau dari 600-1000 yen buat kamu yang kelaparan setelah bermain di Rainbow Pool Showa Kinen Koen.

Akses ke Showa Kinen Koen

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta JR Chuo Line menuju Takao, dan turun di Stasiun Tachikawa (lama perjalanan 44-54 menit, dengan tiket seharga 650 yen). Dari Shinjuku bisa naik JR Chuo Line sampai ke Stasiun Tachikawa dengan ongkos 480 yen. Keluar dari stasiun teman-teman bisa mengikuti petunjuk jalan atau berjalan ke arah timur laut selama 10 menit sampai di pintu masuk taman Showa. Jadi sangat praktis dari stasiun. Untuk harga tiket masuk ke Showa Kinen Koen, dewasa diatas 15 tahun 450 yen dan anak-anak gratis.

Cheap Hotels near Showa Kinen Park [More Hotels]

Toyoko Inn Tokyo Tachikaw
2 km away
from ¥7356/night
R&B Hotel Hachioji
8 km away
from ¥5945/night
Marroad Inn Tokyo
8 km away
from ¥5038/night
Tachikawa Grand Hotel
2 km away
from ¥6449/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Shops and Restaurants Ven
36 km away
Suasana di dalam Venus Fort Odaiba
Museum Nasional
34 km away
Fosil Dinosaurus di Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo
Sanrio Puroland
10 km away
Meriahnya Sanrio Puroland di malam hari
Tokyo Toy Museum
29 km away
Mainan di dekat loket Tokyo Toy Museum

Sumber gambar: Flickr Japanexperterna.se, Reginald Pentimio, Takashi .M


Recommended for you


Last modified: March 24, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (18)

  1. Selamat siang Pak Nugroho,

    Saya berencana berangkat ke Jepang pada tanggal 3-13 Desember bersama keluarga saya (total 5 dewasa dan 2 anak di bawah 5 tahun)

    Adapun itinerary yang sudah saya persiapkan adalah sebagai berikut:
    Day 1: (3/12 Selasa) Tiba di Narita sekitar pukul 14.00, hotel di daerah Shinjuku Gyoenmae
    Day 2: (4/12 Rabu) Tokyo Disneyland
    Day 3: (5/12 Kamis) Shinjuku + Showa Kinen Koen + Harajuku + Shibuya
    Day 4: (6/12 Jumat) Asakusa + Akihabara
    Day 5: (7/12 Sabtu) Day trip keluar Tokyo (Rencana ingin sekedar melihat/bermain salju di daerah Karuizawa/Kagura)
    Day 6: (8/12 Minggu) Ikut tur Limon Bus dari Tokyo ke Takayama
    Day 7: (9/12 Senin) Ikut tur Limon Bus dari Takayama ke Osaka
    Day 8: (10/12 Selasa) Universal Studio Japan
    Day 9: (11/12 Rabu) Kyoto (Arashiyama, Gion, Fushimi Inari Taisha) dan apabila mungkin lanjut ke Nara/Kobe?
    Day 10: (12/12 Kamis) Osaka
    Day 11: (13/12 Kamis) Osaka, kembali ke Jakarta pesawat pukul 17.55

    Rencana yang sudah saya buat untuk transportasi Tokyo:
    – Bayar normal untuk menggunakan Tokyo Shuttle/Access Narita Bus, turun di Tokyo Station lalu naik Marunouchi Line ke Shinjuku GyoenMae
    – 72h subway pass untuk hari kedua hingga hari keempat
    – Bayar Shinkansen normal untuk ke Karuizawa/Kagura
    atau apakah lebih baik menggunakan Tokyo Wide Pass saja?

    Mohon masukanya jika ada alternatif lebih murah secara keseluruhan selama di Tokyo dan sekitarnya termasuk (Narita-Tokyo dan Kota sekitar Tokyo).
 Terima kasih. :)

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk day 2 dan Day 3, lebih baik dengan kartu SUICA/ Pasmo saja, karena tempat-tempat yang dikunjungi tidak tercover dengan Tokyo Subway Pass. Jadi day 2 cukup beli Tokyo Subway Pass 24 hour saja. Dengan asumsi sudah akan balik modal kalau mau ke Gala Yuzawa atau Karuizawa, ibu bisa membeli Tokyo Wide Pass dan mengcover ongkos day 3, day 4, dan day 5. Untuk ke Resort Ski Kagura saya tidak sarankan karena perjalanannya lebih jauh dan akan lelah. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Perjalanan kereta sampai ke Tachikawa Station (stasiun terdekat ke Showa Kinen Koen) tercover dengan JR PASS. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu harus menambah 510 yen (one way) dari Nishi Ogikubo sampai ke Tachikawa Station. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. JR Tokyo Osaka Hokuriku Pass tidak mengcover ongkos ke Showa Kinen Koen. Salam

    • Wah padahal itu jalur jr ya pak si chuo line itu. Cara taunya lihat dimana ya pak jalur2 yg tercover hokuriku arch pass? Karena di hyper dia atau Google map tdk ada infonya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Di Tokyo memang pemakaiannya terbatas, di Chuo Line hanya sampai di stasiun Nishi Ogikubo. Salam

    • Oke terima kasih pak. Apakah ada website untuk tau coverage hokuriku pass? Karena website hokuriku-arch-pass.com tidak ada spesifikasi jalur seperti chuo line dll.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk harga tiket masuk ke Showa Kinen Koen, dewasa diatas 15 tahun 410 yen dan anak-anak 80 yen.
      Salam

  2. Selamat sore, saya akan ke Tokyo bulan Maret 2017 dgn itinerary sbb :
    1. Sampai di Narita
    2. Ghibli Museum
    3. Showa Kinen Park Tachikawa
    4. Edo Wonderland
    5. Tokyo Disneyland
    6. Shibuya – Shinjuku – Central Tokyo – Harajuku – Odaiba

    dengan itinerary tersebut apakah saya bisa hanya pakai Suica ato di kombinasikan dengan JR Tokyo Wide Pass ? apakah Tokyo Wide Pass bisa di pakai untuk keliling naik metro/train di dalam Tokyo, misal dr Shibuya ke Shinjuku ?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan menggunakan JR Tokyo Wide Pass dan gunakan untuk hari pertama hingga ketiga. Catatan: Nikko Edo Wonderland bisa ditukar dengan hari kedua, karena letak Ghibli Museum lebih dekat dengan Tokyo. Jadi Tokyo Wide Pass bisa dimaksimalkan untuk perjalanan kereta yang jauh. Untuk perjalanan ke Shibuya dan Shinjuku di hari ke 6 bisa menggunakan Tokyo Metro 24-Hours Pass. Salam

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!