Danau Kasumigaura Tsuchiura

Home / Attraction / Danau Kasumigaura Tsuchiura
Item image

Satu lagi tempat wisata di Prefektur Ibaraki yang bisa teman-teman kunjungi sebagai day-trip “anti-biasa” dari Tokyo, yakni kota Tsuchiura. Lokasinya hanya 50 kilometer dari pusat kota Tokyo, dan dapat ditempuh hanya 60 menit perjalanan kereta. Saat mengunjungi Mito atau Hitachi Seaside Park, teman-teman pasti melewati kota yang terletak di tepi Danau Kasumigaura ini. Danau Kasumigaura sendiri adalah danau terbesar kedua di Jepang setelah Danau Biwa, dan menjadi daya tarik utama kota Tsuchiura. Simak kisah perjalanan berkeliling kota Tsuchiura sambil berlayar menikmati keindahan danau di tepi Samudera Pasifik ini.

Danau Kasumigaura awalnya adalah sebuah laguna yang terpisah dari Samudera Pasifik dan airnya payau. Namun, selepas perang dunia, aliran sungai Hitachi dan Tonegawa ditutup dengan bendungan, untuk memisahkan Danau Kasumigaura dengan Samudera Pasifik. Tujuannya supaya danau ini menjadi danau air tawar dan bisa digunakan untuk irigasi dan budidaya perikanan oleh penduduk lokal maupun sebagai pasokan air baku. Danau seluas total 220 kilometer persegi ini (hampir 1/3 wilayah DKI Jakarta) ini jadi tempat wisata favorit bagi para penggemar pancing atau olahraga air lainnya, seperti kano atau wind-surfing.

Kota Tsuchiura sendiri terletak di tepi barat danau, dan menjadi akses termudah sekaligus tempat menginap (akomodasi) buat para pengunjung Danau Kasumigaura.

Kegiatan seru di Danau Kasumigaura

1. Berkeliling dan menikmati pemandangan danau Kasumigaura sambil bersepeda

Bersepeda adalah kegiatan favorit para wisatawan danau. Selain harganya yang terjangkau, kegiatan ini cocok buat teman-teman yang cuma punya waktu sebentar, entah bagi yang ingin melanjutkan perjalanan ke objek wisata lain di Ibaraki atau bagi yang ingin mampir sejenak sebelum kembali ke Tokyo. Ada banyak tempat penyewaan sepeda yang terletak di sekitar Stasiun Tsuchiura, mulai dari 400 yen/ jamnya.

Jalur bersepeda di sepanjang Danau Kasumigaura

Jalur bersepeda di sepanjang Danau Kasumigaura

2. Melihat budidaya tanaman lotus

Tanaman Lotus adalah simbol kesucian dan kemurnian. Dalam kepercayaan Buddha, digambarkan bahwa Buddha duduk di atas bunga lotus yang mekar. Selain itu, kelopak bunganya sering digunakan sebagai hiasan atau bahan tambahan pada makanan Jepang. Beberapa restoran masakan China juga punya menu makanan dari akar tanaman lotus yang digoreng. Buat teman-teman yang bingung, lotus ini bentuknya seperti bunga teratai, yang tumbuh di atas permukaan air. Nah, di musim panas (Juli-Agustus), kita bisa melihat keindahan hamparan bunga lotus yang mekar di area-area budidaya di sekitar Danau Kasumigaura. Jangan lewatkan juga pemandangan indah senja hari di tepi Danau Kasumigaura.

3. Memancing dengan kapal (Hobikibune)

Saat mengunjungi danau kemarin, saya menyempatkan diri untuk memancing ikan di sini atau yang dikenal dengan Hobikibune. Hobikubune ini merupakan kegiatan yang sudah ada dari jaman Kekaisaran Edo.Kita cukup jalan kaki ke dermaga (sekitar 5 menit) dari Stasiun Tsuchiura dan bergabung bersama nelayan atau pengunjung lain yang ingin Hobikibune bersama. Untuk biayanya juga masih terjangkau, mulai dari 770 yen-2.000 yen tergantung besar kapalnya. Sambil memancing ikan catfish (sejenis lele), wakasagi, atau shirauo, black-bass kita juga bisa menikmati pemandangan dan tiupan angin di Danau Kasumigaura.

Untuk kota Tsuchiura (akses yang paling mudah), kapal Hobikibune akan berlayar antara tanggal 21 Juli hingga 16 Oktober, setiap hari Sabtu-Minggu dan hari libur. Keberangkatan dari pelabuhan Tsuchiura. Ada dua jenis kapal sightseiing boat.

  1. Lacus Marina (White-Iris). Tur ini dimulai sekitar jam 13.30 dengan durasi tur sekitar 30 menit. Biayanya 1.540 yen untuk orang dewasa dan 770 yen untuk anak-anak.
  2. Joyo Kanko (Jetfoil Tsukuba) yang berangkat jam 13.25 untuk durasi perjalanan sekitar 50 menit. Biayanya 1.680 yen untuk orang dewasa dan 840 yen untuk anak-anak.

Sedangkan satu lagi diadakan oleh kota Kasumigaura, dari tanggal 24 Juli hingga 27 November setiap hari Minggu. Keberangkatan dari pelabuhan Shitozaki yang ada di bagian tengah Danau Kasumigaura. Biayanya 2.000 yen untuk dewasa, 1.000 yen untuk anak-anak.

Perahu Hobikibune Danau Kasumigaura

Perahu Hobikibune Danau Kasumigaura

4.Mengunjungi bangunan Kastil Tsuchiura

Setelah puas melihat keindahan danau, teman-teman bisa mampir sejenak untuk melihat Kastil Tsuchiura. Kastil ini adalah tempat tinggal keluarga Tsuchiya penguasa wilayah timur Jepang pada periode Edo. Kastil Tsuchiura ini juga punya benteng pertahanan berbentuk tanduk.

5. Kemegahan Festival Kembang Api Tsuchiura

Perayaan Kembang Api Tsuchiura menjadi salah satu yang dinanti-nanti di Jepang, karena festival ini menjadi ajang perlombaan perusahaan pembuat kembang api seluruh Jepang. Jadi, bisa dipastikan kembang api model baru, dengan bentuk dan variasi warna baru akan ditampilkan di festival kembang api Tsuchiura. Bagi teman-teman yang ingin melihatnya, kami sarankan untuk datang semenjak siang karena banyaknya orang yang akan pergi ke sini.

Festival ini diadakan di pinggir sungai Sakuragawa sekitar 30 menit jalan kaki atau naik bus shuttle dari Stasiun Tsuchiura di Prefektur Ibaraki, tiap sabtu pertama bulan Oktober (Tahun 2017, diadakan pada tanggal 7 Oktober 2017). Festival dimulai dari pukul 18.00-20:30. Saat perayaan jadwal perjalanan kereta juga biasanya ditambah, sehingga kita bisa kembali ke Tokyo setelah festival kembang api berakhir.

Akses ke Tsuchiura dan Danau Kasumigaura

Dari Stasiun Tokyo atau Ueno, teman-teman bisa naik kereta JR Joban Line dan turun di Stasiun Tsuchiura. Lama perjalanan sekitar 60 menit dengan ongkos 1.110 yen yang semuanya tercover oleh JR Tokyo Wide Pass maupun JR Pass.

Selain itu kita juga bisa menggunakan kereta limited ekspress Hitachi yang lebih cepat hanya 45 menit, dengan ongkos 2.140 yen. Untuk hotel, lebih baik melanjutkan perjalanan ke arah Mito dan menginap semalam di sana, karena lokasi hotel yang lebih dekat dengan stasiun dan harganya yang lebih murah dibandingkan hotel di daerah Tsuchigaura atau Danau Kasumigaura. Berikut adalah rekomendasi hotel di dekat Stasiun Mito, ibukota prefektur Ibaraki.

Cheap Hotels near Mito [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Mito Keisei Hotel
40 km away
Mito Keisei Hotel
from ¥6485/night
APA Hotel Mito
40 km away
APA Hotel Mito
from ¥4661/night
Court Hotel Mito
40 km away
Court Hotel Mito
from ¥4458/night
Daiwa Roynet Hotel Mito
40 km away
Daiwa Roynet Hotel Mito
from ¥6891/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata dekat Kasumigaura!

Hitachi Seaside Park
50 km away
Bunga Cochia di Hitachi Seaside Park
Taman Kairakuen Ibaraki
40 km away
Taman Kairakuen Ibaraki Ume Matsuri
Air Terjun Fukuroda
78 km away
Keindahan musim gugur di Air Terjun Fukuroda
Aqua World Oarai
45 km away
Akuarium raksasa di Aqua World Oarai

Sumber gambar: Flickr Daisuke K, tetsuo1128RYU H


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!