Shima Onsen

Home / Hot Spring / Shima Onsen
Item image

Shima Onsen adalah kota resort sumber air panas yang terletak di Prefektur Gunma, dan termasuk ke dalam Taman Nasional Joshinetsu Kogen (Dataran tinggi Joshinetsu). Bersama dengan Kusatsu Onsen, Ikaho Onsen, Minakami Onsen, Shima Onsen merupakan kota resort air panas terkenal di Gunma. Mandi di mata sumber air panas Shima dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit. Bahkan, kita bisa meminum air panasnya secara langsung! Mau tahu kegiatan seru dan tempat-tempat apa saja yang bisa kita kunjungi di Shima Onsen, berikut ini tulisan kontributor Tim Info Jepang.

Kegiatan Seru di Shima Onsen

1. Berkeliling resort onsen yang alami

Dengan lebih dari 40 sumber mata air panas, ada banyak ryokan, pemandian umum, pemandian kaki, dan air mancur pemandian air panas yang dapat dinikmati pengunjung. Sedikit berbeda dengan Kusatsu Onsen yang sudah cenderung modern, di Shima Onsen, suasana kota yang alami dan bersanding dengan alam dapat kita rasakan. Rumah dan penginapan dibangun dengan tetap menyisakan area terbuka untuk memandang ke arah lereng gunung, pepohonan maple yang menawarkan keindahan momiji di musim gugur. Kita juga bisa menikmati pemandangan sungai, danau kecil, dan rumah-rumah khas Jepang sambil berkeliling Shima Onsen.

Pemandangan Shima Onsen dengan latar belakang pegunungan

Pemandangan Shima Onsen dengan latar belakang pegunungan

2. Mengunjungi kota bagian bawah yang Terkenal

Shima Onsen tersebar di sepanjang sungai Shima dan memiliki tiga wilayah kota (bawah, tengah, dan atas) yang masing-masing berjarak sekitar satu kilometer atau bisa ditempuh dengan 20-30 menit berjalan kaki. Bagian bawah adalah wilayah kota pertama yang bisa kita kunjungi dengan beberapa ryokan dan pemandangan ngarai Kamagafuchi Abyss.

Pemandian yang bisa teman-teman kunjungi antara lain:

  1. Seiryunoyu, pemandian umum outdoor dengan pemandangan sungai Shimagawa dan pegunungan. Tiketnya 500 yen untuk 2 jam. Seiryunoyu buka setiap hari (kecuali rabu terakhir setiap bulan), dari jam 10.00-21.00. Ngarai atau Kamagafuchi Abyss bisa dicapai dari jalan kecil di sisi selatan Seiryunoyu.
  2. Yamaguchikan, salah satu ryokan terbesar di Shima Onsen. Tersedia pemandian untuk umum dari jam 12.00-19.00 dengan biaya 1.000 yen. Buat teman-teman yang ingin menginap, harganya mulai dari 11.000 yen dan bisa memperoleh fasilitas private onsen.

3. Mengunjungi Ryokan Sekizenkan yang terkenal

Area tengah kota adalah jantung Shima, di mana pengunjung dapat berjalan-jalan menyusuri jalan-jalan sempit yang dipenuhi toko-toko kecil, pemandian kaki, dan air mancur air panas. Banyak ryokan dan hotel yang terletak di daerah ini, termasuk  ryokan Sekizenkan. Ryokan berusia ratusan tahun ini punya area pemandian indoor dengan arsitektur Romawi Taisho yang indah.

  1. Sekizenkan, salah ryokan tertuadi Shima Onsen. Tersedia pemandian untuk umum dari jam 10.00-17.00 dengan biaya 1.200 yen. Buat teman-teman yang ingin menginap, harganya mulai dari 11.000 yen dan bisa memperoleh fasilitas private onsen dan makan malam untuk 2 orang tamu.
  2. Shima Tamura. Tersedia pemandian untuk umum dari jam 09.00-15.00 dengan biaya 1.730 yen. Buat teman-teman yang ingin menginap, harganya mulai dari 16.000 yen dan bisa memperoleh fasilitas private onsen dan makan malam untuk 2 orang tamu. Shima Tamura adalah ryokan mewah dengan pemandangan langsung ke air terjun.
  3. Pemandian umum Kawaranoyu yang bisa kita kunjungi secara gratis. Kawaranoyu adalah ikon Shima Onsen.
Ryokan Sekizenkan di Shima Onsen

Ryokan Sekizenkan di Shima Onsen

Area kota terakhir adalah yang paling atas, terletak di dekat Danau Okushima. Di sini, kita dapat mandi di sumber mata air panas pertama di Shima yakni pemandian umum Gomusoyu. Ada juga Kuil Yakushido terdekat yang didedikasikan untuk pendiri kota, dan juga beberapa air terjun yang menuju ke sungai Shima.

4. Mengunjungi Ochiai Dori

Ochiai Dori adalah jalanan di kawasan pusat kota yang dilapisi dengan beberapa restoran kecil, bar, dan toko-toko. Kita bisa menikmati beragam makanan dan minuman. Di malam hari, lampu-lampu toko yang bercahaya menjadi daya tarik sebelum kita beristirahat malam di ryokan.

5. Minum air langsung di Shionoyu Drinking Fountain

Salah satu dari beberapa air mancur sumber air panas yang tersebar di seluruh kota, adalah Shionoyu. Shionoyu berarti air panas asin terletak di di tengah jalan utama di area kota tengah. Airnya, seperti namanya, terasa sedikit asin, tetapi meminumnya dianggap dapat membantu meringankan berbagai penyakit.

Akses menuju ke Shima Onsen

Shima Onsen dapat dicapai dengan berbagai transportasi dari Tokyo selama kurang lebih 2 jam.

  1. Teman-teman bisa naik kereta shinkansen Joetsu atau shinkansen Hokuriku dari Stasiun Tokyo sampai ke Stasiun Takasaki atau Stasiun Omiya. Setelah itu, kita naik kereta ekspress Kusatsu atau JR Agatsuma Line sampai ke Stasiun Nakanojo. Lama perjalanan sekitar 50 menit. Total ongkosnya 5.670 yen untuk sekali perjalanan dan tercover dengan JR Pass atau Tokyo Wide Pass.
  2. Selain itu, bisa juga dengan naik kereta lokal dari Stasiun Tokyo atau Ueno ke Takasaki, lalu lanjut naik kereta JR Joetsu atau JR Agatsuma sampai ke Stasiun Shibukawa. Lama total perjalanan sekitar 130-140 menit dengan ongkos 2.310 yen. Dari stasiun Shibukawa kemudian naik JR Agatsuma Line sampai ke Stasiun Nakanojo. Ongkosnya tercover dengan JR Pass atau Tokyo Wide Pass.

Setibanya di Stasiun Nakanojo, kita bisa lanjut naik bus Kanetsu sampai ke perhentian bus ke Halte Bus Shima Onsen. Lama perjalanan sekitar 40 menit dengan ongkos 950 yen. Bus-bus ini beroperasi mulai dari jam 05:30 dan 21:00 setiap 40-70 menit.

Recommended Hotels at Shima Onsen [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Shima Onsen Ichigekan
1 km away
Foto Shima Onsen Ichigekan
from ‎¥24500/night
Shima Onsen Kashiwaya Ryo
0 km away
Foto Shima Onsen Kashiwaya Ryokan
from ‎¥29300/night
Sekizenkan Kashotei Sanso
1 km away
Foto Sekizenkan Kashotei Sanso
from ‎¥50900/night
Tokiwasure-no-Yado Yoshim
2 km away
Foto Tokiwasure-no-Yado Yoshimoto
from ‎¥52072/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Ikaho Onsen
24 km away
Kusatsu Onsen
18 km away
Pemandangan alam di Resort Kusatsu Onsen
Pabrik Benang Sutera Tomi
48 km away
Kepompong ulat sutera di Tomioka
Maebashi Park
40 km away
Pemandangan bunga sakura di Maebashi Park

Sumber gambar: Flickr Haya_BS, mari


Recommended for you


Last modified: July 3, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!