Kuil Nikko Toshogu

Home / Temple / Kuil Nikko Toshogu
Item image

Kuil Nikko Toshogu di kawasan pegunungan Nikko merupakan kuil Shinto yang dibangun untuk menghormati Tokugawa Ieyasu sebagai dewa Tosho Daigongen, dewa agung yang disebut “Sumber cahaya dari timur”. Perlu diketahui bahwa Tokugawa Ieyasu adalah pendiri keluarga Tokugawa yang menguasai hampir seluruh wilayah Jepang di tahun 1600 sampai 1869. Kuil yang selesai dibangun pada tahun 1617 ini terletak di pusat kota Nikko, Tochigi, dan masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1999. Area kuil ini awalnya hanya terdiri dari satu buah mausoleum, namun diperbesar oleh cucu Ieyasu yakni Iemitsu di tahun 1650-an, hingga kini punya total 55 bangunan dalam kompleks kuil yang dikelilingi dengan taman yang indah. Simak kunjungan saya ke kuil Nikko Toshogu dengan pagoda lima lantai dan gerbang Yomeimon-nya yang ikonik.

Seluruh bangunan di Kuil Toshogu ini dibangun dengan sangat apik. Detail ukiran pada tiang, atap, maupun dinding bangunan begitu diperhatikan. Apalagi ditambah dengan tangga dan jalan yang dibangun menyesuaikan dengan kontur perbukitan yang ada di kota Nikko. Banyak yang menyebut, jika seluruh kompleks kuil ini dibangun hari ini, setidaknya diperlukan biaya hampir 40 miliar yen. Angka yang luar biasa bukan untuk pembangunan sebuah kompleks kuil.

Berkeliling objek wisata di Kuil Nikko Toshogu

1. Gerbang Torii Ishidorii

Gerbang Torii Ishidorii yakni pintu masuk kuil Nikko Toshogu. Torii dipercaya sebagai batas antara dunia roh dan dunia manusia. Yang unik dari gerbang torii di sini adalah gerbang torii ini dibuat dari batu dan warnanya putih keabu-abuan, bukan merah terang seperti torii yang sering kita lihat, seperti di Kuil Itsukushima, Kuil Heian Jingu, atau Kuil Hakone.

Torii Ishidorii di kompleks Kuil Nikko Toshogu

Torii Ishidorii di kompleks Kuil Nikko Toshogu

2. Pagoda lima tingkat Gojunoto

Pagoda Gojunoto, pagoda lima tingkat ini adalah ikon kuil Nikko Toshogu. Selain karena letaknya yang ada di dekat pintu masuk, keindahan pagoda ini selalu jadi latar belakang foto favorit para wisatawan yang berkunjung ke sini. Pagoda ini didedikasikan kepada Sakai Tadakatsu, penguasa wilayah Wakasa (kini Fukui).

Pagoda Gojunoto di kompleks Kuil Nikko Toshogu

Pagoda Gojunoto di kompleks Kuil Nikko Toshogu

3. Bangunan-bangunan Bersejarah dalam kompleks Kuil Nikko Toshogu

Gudang Sanjinko, bangunan gudang ini terdiri dari tiga buah bangunan gudang: Kamijinko, Nakajinko, Shimojinko di mana lebih dari 1000 pakaian samurai dari jaman Kekaisaran Edo disimpan. Yang tidak boleh terlewatkan adalah lukisan berukuran besar yang disebut “Gajah Khayalan” yang ada di dinding Kamijinko. Disebutkan sebagai “gajah khayalan” karena pelukisnya Kano Tanyu tidak pernah melihat gajah selama hidupnya.

4. Ukiran kayu 3 monyet Mizaru, Kikazaru, Iwazaru

Kandang kuda Shinkyusha, di mana kuda-kuda kuil dipelihara dan dirawat. Pada jaman dahulu, kuda ini digunakan oleh para pendeta untuk berkeliling, mengajar dan menyebarkan agama Buddha dan Shinto. Selain itu ada lukisan tiga monyet dengan tulisan “Mizaru, Kikazaru, Iwazaru”, “See No Evil, Speak No Evil, Hear No Evil” yang dipercaya sebagai penjaga kuda-kuda tersebut.

Tiga monyet di Kuil Nikko Toshogu Tochigi

Tiga monyet di Kuil Nikko Toshogu Tochigi

5. Bangunan utama Kuil Nikko Toshogu

Gerbang Yomeimon, gerbang ini disebut-sebut sebagai gerbang terindah yang ada di Jepang dan menjadi harta kekayaan nasional Jepang. Ada lebih dari 500 lukisan dan ukiran yang berkisah mengenai kehidupan manusia.

Bangunan kuil Gohonsha, yang terdiri dari bangunan hall utama (Honden), ruang berdoa (Haiden), dan ruangan Ishinoma, yang dibangun untuk menghormati Ieyasu. Seluruh acara keagamaan akan diadakan di kompleks ini. Kita bisa masuk dan berkeliling saat sedang tidak ada acara, dan melihat lukisan dan ukiran di seluruh bangunan ini.

Bangunan utama Kuil Nikko Toshogu

Bangunan utama Kuil Nikko Toshogu

Bangunan Kyakuden dan kantor Shamusho, yang dibuka bagi para pengunjung yang ingin berdoa. Selain itu, bangunan yang dikelilingi dengan taman yang indah ini juga sering digunakan sebagai tempat upacara minum teh.

Informasi Tiket Masuk Kuil Nikko Toshogu

Untuk bisa masuk dan berkeliling di seluruh area kuil, kita harus membayar 1.300 yen di loket tiket dekat pintu masuk kuil. Area berbayar dimulai dari pintu gerbang torii batu Ishidorii.

Akses menuju Kuil Nikko Toshogu

Dari Stasiun Nikko atau Tobu-Nikko, kita bisa naik bus selama 50 menit sampai ke kompleks kuil Nikko Toshogu. Harga tiketnya sebesar 310 yen.

Akses menuju Nikko

Dari Bandara Narita atau Bandara Haneda, kita bisa naik kereta menuju Stasiun Asakusa atau Stasiun Shinjuku. Dari Stasiun Asakusa, kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line sampai Stasiun Tobu-Nikko melalui Stasiun Shimo-Imaichi. Lama perjalanan sekitar 140-160 menit dengan ongkos 1.360 yen. Selain itu, tersedia juga kereta Ekspress Tobu Kinu dari Stasiun Asakusa sampai Stasiun Tobu-Nikko selama 2 jam dengan ongkos 2.800 yen. JR Pass tidak dapat digunakan untuk naik kereta Tobu. Namun, jika teman-teman punya Tokyo Wide Pass, East Nagano-Niigata Pass, East Tohoku Area Pass, dan East-South Hokkaido Pass bisa digunakan untuk perjalanan ke Nikko. Baca juga: Tipe-Tipe Japan Rail Pass.

Kalaupun terpaksa hanya dengan JR Pass, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Yamabiko sampai Stasiun Utsunomiya, lalu dilanjutkan dengan kereta lokal Nikko sampai Stasiun Nikko.

Cheap Hotels near Nikko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ohruri Sanso Nikko
17 km away
Ohruri Sanso Nikko
from ¥4187/night
Nikko Guesthouse Sumica
2 km away
Nikko Guesthouse Sumica
from ¥2961/night
Nikko Tokinoyuu
1 km away
Nikko Tokinoyuu
from ¥3676/night
Hotel Harumoto
0 km away
Hotel Harumoto
from ¥6536/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Rinnoji
0 km away
Jembatan Shinkyo menuju ke Kuil Rinnoji di Nikko
Kuil Nikko Toshogu
0 km away
Kuil Nikko Toshogu di musim gugur
Danau Yunoko
16 km away
Pemandangan Danau Yunoko di Nikko
Taman Ashikaga
50 km away
Bunga Wisteria di Taman Ashikaga

Sumber gambar: Flickr Travis Rigel Lukas Hornung, Travis Rigel Lukas Hornung, hama-kawasakee2007, David Hsu, hiroooooki


Recommended for you


Last modified: December 7, 2016 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (65)

  1. Selamat siang pak Christian Nugroho

    Minta tolong informasi .. untuk saya yang hanya memegang JR Pass apakah bisa dipakai untuk wisata keliling daerah Nikko.. jika tidak bisa ..disarankan membeli pass apa ? Saya sampai di Nikko jam 11 siang , dan pulang hari sekitar jam 6-7 malam ..

    apakah bulan awal Januari daerah Nikko bersalju ? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak bisa naik kereta Tohoku Shinkansen dari Tokyo sampai Stasiun Utsunomiya, dilanjutkan dengan kereta JR Nikko Line, ongkosnya tercover dengan JR Pass. Awal januari sepertinya tidak pak, kalaupun ada hanya tipis. Salam.

    • Baik pak Nugroho ..Terima kasih atas infonya , , setelah sampai di Stasiun Nikko , kita bisa membeli paket apa untuk wisata di Nikko ? Terima kasih

  2. kalau saya mau ke nikko .. baiknya menginap di seputar wilayah nikko atau PP aja cukup untuk 1 hari ? saat ini sudah booking hotel di Asakusa-Tokyo

  3. Pak Nugroho, Bisa bantu buatkan itenerari kalau mau ke Nikko dan Hitachi seaside park dari PP dari tokyo dalam 1 hari. saya mau ke sana di tgl 30 Okt ini.

    tks.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa pak dalam 1 hari, terlalu jauh dan sulit terkejar. Bapak bisa ke Hitachi Seaside Park dahulu dari Stasiun Tokyo/ Ueno ke Stasiun Katsuta, dilanjutkan dengan naik bus, kembali ke Tokyo, lalu naik kereta Spacia Nikko sampai ke Nikko. Salam.

  4. Selamat siang pak,
    Kami rencana ke Jepang akhir Nov 2017 dengan tujuan sbb :
    – 25 nov : arrival Haneda
    – 26 – 27 nov : hakone & Kawaguchiko, pakai fuji hakone pass
    – 28 – 29 nov : nikko
    – 29 nov : tokyo
    – 30 niv – 1 dec : kyoto
    – 2 dec : kembali ke Indonesia dari Kansai
    Saya tidak beli JR pass, mohon advise :
    – sebaiknya saya beli suica atau pasmo ?
    – apa suica bisa dipakai di kyoto dan osaka? Atau hanya Tokyo?
    – suica bisa dikembalikan di osaka jg ya pak?
    Maaf banyak tanya krn masih bingung. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      SUICA dan Pasmo itu sama saja untuk penggunaannya. Baik SUICA, Pasmo, dan ICOCA bisa digunakan di seluruh tempat di Jepang. SUICA/ Pasmo tidak bisa dikembalikan di wilayah Kansai, triknya, ibu habiskan saja saldonya, dan dibawa pulang sebagai kenangan. Nanti kalau ke Jepang bisa dipakai juga kok. Salam.

  5. Mas Nugroho, saya berencana ke Tokyo-Fuji-Nikko via Haneda 2-6 Sep 17, berdua dg istri.

    TWP sangat membantu harusnya ya.
    Mohon info juga guesthouse yg bagus di Tokyo, dan ryokan di Nikko.

    Thanks before hand

  6. Christina Christina  |  

    Siang pak…
    Untuk perjalanan saya apakah penggunaan Tokyo Wide Pass sudah pas?
    Start Narita

    Day 1 Narita (Tokyo) – Nikko
    Day 2 Nikko
    Day 3 Nikko
    Day 4 Nikko – Motegi – Tokyo
    Day 5 Tokyo – Narita

    Sebaiknya di aktifkan di hari ke berapa? Dan sisanya menggunakan tambahan pass apa?
    Terima kasih atas bantuannya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Mohon maaf sepertinya pertanyaannya terlewat. Ibu cukup membeli Tokyo Wide Pass.
      Kalau boleh memberi saran, di hari pertama silakan menginap di Tokyo, dan baru ke Nikko di hari kedua. Supaya Tokyo Wide Pass bisa digunakan dari hari kedua hingga hari keempat. Untuk perjalanan ke Motegi, ibu juga harus menambah 1030 yen (satu arah). Salam

  7. halo mas, saya punya itinerary sbg berikut
    hari 1: narita – tokyo (ueno, shibuya, tokyo tower)
    hari 2: tokyo – mount fuji – tokyo
    hari 3: tokyo – nikko – tokyo
    apakah menguntungkan jika saya menggunakann Tokyo Wide Pass? Apakah saya masih harus mengkombinasikannya dengan pass lainnya, seperti pasmo/suica, hakone, dsb?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu lagi Isti. Sudah tercover sesuai dengan itinerary kamu. Salam.

  8. malam pak..naik kereta tobu dr asakusa sptnya paling mudah ya pak utk ke nikko tp tdk tercover jr. sya lihat dr asakusa ke tobu nikko menggunakan tobu kegon biayanya 1360 dan reserve seat 1340 jd total 2700. kalau kita berangkatnya pagi2 sekitar jam 7, apakah masih perlu reserve seat pak? dimana kita bisa melakukan reserve nya pak ? kalo kita ga reserve seat artinya kita bisa duduk kalo ad tmp kosong atau harus berdiri pak? makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau dari Asakusa memang lebih bagus naik Tobu Line. Kereta JR menuju ke Nikko lebih cocok buat yang berangkat dari Shinjuku atau Ikebukuro Station. Kemudian, untuk semua kereta limited express di Jepang (ditandai dengan adanya nama kereta, tidak hanya nama jalur saja).
      Kemudian untuk reservasinya bisa dilakukan di stasiun Tobu terekat (di Stasiun Tobu Asakusa). Kalau tidak reserve, berarti tidak bisa naik kereta limited express, ibu harus naik kereta lokal tanpa reservasi yang waktu perjalanannya jauh lebih lama. Salam

  9. Selamat malam pak Nugroho. Saya mau minta advise. Kami akan ke Jepang akhir Nov. Rencananya jadwal sbb :
    Day 1: arrival Haneda
    Day 2 : menuju Nikko : lake Chuzenji, kegon falls, Ryusu Fall, toshugu shrine
    Day 3 : nikko ke mount fuji / hakone
    Day 4 : mount fuji , Hakone
    Day 5 : Tateyama kurobe alpine
    Day 6 : meuju kyoto
    Day 7 : kyoto
    Day 8 : kembali ke jkt
    Mohon advise :
    – apa jadwal tsb kira2 memungkinkan?
    – ut Nikko apa 1 hari dg tujuan di atas cukup dan perlu pass apa
    – sebaiknya ke hakone dulu atau kawaguchiko , kalau mau ke Tateyama?
    – apa tgl 29 nov memungkinkan kalau ke Tateyama.
    – apakah sebaiknya beli JR pass ?
    Thank you sebelumnya

  10. Selamat siang Pak Nugroho:
    Berikut itinerary perjalanan saya bulan November 2017
    Day 1 tiba di haneda
    Day 2 Eksplore Tokyo
    Day 3 Nikko-Tokyo
    Day 4 Kawaguchiko Lake
    Day 5 Takayama-Shirakawa go-Takayama
    Day 6 Eksplore Takayama kemudian Takayama-Kyoto
    Day 7 Eksplore Kyoto
    Day 8 Eksplore Kyoto
    Day 9 USJ dan Eksplore Osaka
    Day 10 Back to Jakarta from Osaka
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah itinerary saya sudah cukup efektif?
    2. Saya berencana menggunakan Takayama Hokuriku Pass kombinasi dengan willer bus dari shinjuku ke takayama serta all day pass di Nikko, apakah sudah efisien?atau ada pertimbangan lain?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya itinerary nya sudah bagus dan efektif. Penggunaan pass dan naik bus malam juga sudah tepat.
      Salam

    • Terima kasih pak atas jawabannya, ada yang ingin saya tanyakan lagi:
      1. Sebaiknya Takayama Hokuriku Pass diaktifkan pada hari ke berapa?
      2. Perjalanan balik dari Takayama ke Kyoto naik apa yang dicover oleh Takayama Hokuriku Pass?
      dan berapa lama perjalanannya.

    • Haii Pak Nugroho,

      Pak perjalanan Saya mirip dgn Sdr. Wita, yang ingin saya Tanyakan lebih efektif manakah?
      1. Untuk hari ke 4. Dari kawaguchi apakah baiknya menginap di Kawaguchi, lalu besok pagi ke Takayama? apakah ada rute langsung yg tercover Takayama Pass?
      rute nya: Kawaguchi -Takayama- Shirakawago-Kanazawa-Kyoto
      2. Atau dari Kawaguchi saya kembali menginap d Tokyo lalu baru esoknya saya ambil rute dari Kanazawa?
      Rutenya: PP Kawaguchi Tokyo – Kanazawa- Shirakawago -Takayama -kyoto
      terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tidak ada rute kereta langsung dari Kawaguchiko ke Takayama, hanya ada Nohi Bus Express (tidak tercover Takayama Hokuriku Pass).
      Kalau mau kembali ke Tokyo, dan kemudian naik shinkansen ke Kanazawa lalu ke Shirakawago, bisa saja. Namun perlu waktu lebih lama dan ongkosnya lebih besar. Salam

  11. Dear Pak Nugroho,

    Berikut Itinerary saya bulan Nov 2017:

    Day 1 : Mendarat di haneda, eksplore Tokyo
    Day 2 : Tokyo-Nikko-Tokyo
    Day 3 : Tokyo-Kawaguchiko Lake-Tokyo
    Day 4 : Eksplore Tokyo (Malamnya Tokyo-Kyoto)
    Day 5 : Eksplore Kyoto
    Day 6 : Eksplore Kyoto
    Day 7 : Ekspore Kyoto
    Day 8 : Kyoto-Osaka (USJ)
    Day 9 : Eksplore Osaka
    Day 10: KIX -CGK

    Apakah itinerary saya ini memungkinkan untuk 10 hari? apakah saya perlu beli JR Pass?

  12. Selamat malam pak.
    Saya akan ke jepang untuk pertama kalinya. Mohon pencerahan untuk JR pass yang tepat untuk saya.
    28 april sampai di tokyo (narita)
    29 april tokyo – nikko
    30 april tokyo – hitachi park
    1 mei disneyland / disneysea
    2 mei kawaguchi lake
    3, 4, 5 mei osaka-kyoto
    6 mei tokyo (narita) – jakarta
    JR mana yang lebih tepat untuk saya mengingat JR Pass hanya 7 hari. Apa saya harus ambil Tokyo wide pass untuk 3 hari pertama di tokyo, kemudian hokuriku pass untuk tokyo-osaka-kyoto-tokyo. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk tanggal 28 April mendarat di Narita, dan tanggal 6 Mei kembali ke Jakarta, penerbangannya jam berapa ya Ibu?
      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Halo Ibu Lensi,
      Ibu sebaiknya membeli JR Pass 7 hari, namun itinerary nya dibalik antara tokyo – nikko (awalnya 29 April) dengan Disneyland dan DisneySea (1 April). Jadi seperti ini:
      28 april sampai di tokyo (narita)
      29 april disneyland / disneysea
      30 april tokyo – hitachi park
      1 mei tokyo – nikko
      Nah, JR Passnya ibu aktifkan pada tanggal 30 April yang bisa mengcover perjalanan pulang ibu dari Osaka/Kyoto ke Tokyo dan Narita. Logikanya sederhana, keliling di Tokyo dulu (yang dekat) baru ke tempat yang jauh supaya JR Pass nya terpakai/ lebih efektif.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa bus pass Nikko yang 2000 yen (link) di kantor tiket Midori no Madoguchi di JR Nikko Station. Salam

  13. hilda situmorang  |  

    dengan memakai tokyo wide pass bagai mana caranya ke nikko? kalau cuma tujuannya tosho-gu shrine,kegon falls dan akechidaira ropeway, adakah bus pass yang menguntungkan untuk 1 hari saja?

    • Nugroho Christian  |  

      Wah kalau pakai bus, bakalan makan waktu lama. Perjalanan paling cepat adalah dengan kereta ekspress.
      Dengan Tokyo Wide Pass bisa naik shinkansen dari Tokyo sampai Oyama Station. Dari situ bisa lanjut ke Tochigi station, lalu naik kereta Tobu Express (semua tercover JR Wide Pass). Salam.

  14. Aku sudah baca – baca lagi mengenai kegunaan JR Tokyo Wide Pass yang hanya berlaku di area kanto, jadi selain ke Gala Yuzawa, JR ini juga dapat men cover area seperti : Gunma, Karuizawa dan Nikko betul gak? dan apakah untuk wilayah yang di cover tersebut saya tidak perlu membayar tiket kereta lagi?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya betul. JR Widepass juga bisa dipakai buat ke Nagano, Saitama, Niigata, Yamanashi, dan Shizuoka. jika naik kereta JR, Anggie tidak perlu membayar kereta lagi, cukup tunjukkan JR Tokyo Wide Pass nya.

      Salam dan selamat liburan!

    • anggie  |  

      Mau tanya lagi ya, klo dari haneda international airport ke daerah nihombashi, bila kita ingin menggunakan Keikyu Main/Airport Line Rapid, apakah bisa menggunakan kartu pasmo? kalau boleh tahu Keikyu itu apakah semacam subway?

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa kok menggunakan PASMO/ SUICA buat naik kereta Keikyu. Keikyu sendiri kereta biasa kok, kayak KRL commuter line di Indonesia, cuma dia dioperasikan ama perusahaan swasta.
      Info lengkap akses dari Haneda bisa Anggie baca di sini juga ya: Panduan Lengkap Bandara Haneda

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!