Kiyosumi Garden

Home / Park / Kiyosumi Garden
Item image

Kiyosumi Garden atau Taman Kiyosumi termasuk taman baru di Jepang karena baru dibuat sekitar awal abad ke 19. Taman ini digagas oleh Iwasaki Taro, salah satu konglomerat dan founder dari Mitsubishi. Yang menarik dari Kiyosumi Garden ini adalah lokasinya yang terletak di daerah Fukagawa, muara sungai Sumidagawa, sungai utama di kota Tokyo. Sekarang memang peta Tokyo sudah berubah dengan banyak dibangunnya daerah-daerah reklamasi, sehingga kini letaknya tidak di muara sungai lagi, namun dulu letaknya berhadapan langsung dengan teluk Tokyo di sebelah selatan. Ini menyebabkan taman ini punya panorama yang berubah setiap harinya. Saat air laut pasang maka sebagian taman akan dipenuhi oleh air laut dan air sungai, dan kering saat air surut. Panorama inilah yang membuat taman ini spesial di kalangan pejabat dan konglomerat jaman dahulu. Kini Kiyosumi Garden terletak di pusat kota Tokyo, dekat dengan Ryogoku (Museum Edo Tokyo dan Tempat Pertandingan Sumo) serta Kinshicho (stasiun terdekat dengan Tokyo Sky Tree).

Kegiatan-kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Kiyosumi Garden

1. Mengunjungi Museum Sejarah Fukagawa Edo Museum

Museum Sejarah Fukagawa Edo menjadi tempat koleksi dokumen-dokumen dan foto-foto sejarah kejayaan daerah Fukagawa. Museum ini terletak di sebelah timur Kiyosumi Garden, dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki 10 menit melewati rumah-rumah tradisional Tokyo. Teman-teman bisa berfoto di salah satu daerah tradisional yang masih tersisa di Tokyo ini.

Keindahan Kiyosumi Garden di Tokyo

Keindahan Kiyosumi Garden di Tokyo

2. Yuk berkeliling Kiyosumi Garden

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Kiyosumi Garden. Orang Jepang sering menyebutnya Kiyosumi Teien yang berarti taman khas Jepang Kiyosumi. Keindahan taman ini dikenal oleh para pengusaha dan bangsawan, dengan lanskap dan tata taman yang menawan dan keindahan taman dari ujung ke ujung. Jika masuk ke dalam Kiyosumi Garden, maka niscaya kita akan terpesona dengan kesunyian taman, dan lupa bahwa taman ini berada di tengah-tengah kota metropolitan Tokyo. Kita bisa melihat kolam di tengah-tengah taman, yang juga menjadi habitat burung-burung. Foto-foto berikut menunjukkan keindahan Kiyosumi Garden di musim panas, momiji di musim gugur, dan salju yang memenuhi taman di musim dingin.

Pemandangan kolam di tengah Kiyosumi Garden Tokyo

Pemandangan kolam di tengah Kiyosumi Garden Tokyo

Taman ini buka setiap hari dari jam 09.00-17.00, dan tutup saat hari libur tahun baru tanggal 29 Desember sampai 1 Januari. Biaya masuknya adalah 150 yen untuk dewasa dan gratis untuk anak SD ke bawah. Jika memiliki Tiket Tokyo Subway Pass, Common One-day Ticket for Tokyo Metro & Toei Subway, Tokyo Metro 24-hour Ticket, Tiket Tokyo Combination, Toei One-Day Economy Pass dan Tiket Welcome Tokyo Subway Pass biaya tiket masuk ke Kiyosumi Garden menjadi 120 yen.

Bersantai di gazebo Kiyosumi Garden Tokyo

Bersantai di gazebo Kiyosumi Garden Tokyo

Akses menuju ke Kiyosumi Garden

Untuk ke taman ini, dari Stasiun Tokyo, bisa jalan kaki sebentar ke arah Otemachi Station. Kemudian naik kereta Tokyo Metro Hanzomon Line sampai ke Kiyosumi-Shirakawa Station. Waktu perjalanan sekitar 15 menit dengan ongkos 170 yen.

Kalau teman-teman dari Stasiun Shinjuku, bisa naik kereta subway Toei Oedo Line langsung ke Kiyosumi-Shirakawa Station. Lama perjalanan sekitar 30 menit dengan ongkos tiket seharga 270 yen. Dari pintu keluar Stasiun Kiyosumi-Shirakawa, tinggal berjalan kaki ke arah selatan sekitar 5 menit sampai ke pintu masuk taman.

Cheap Hotels near Kiyosumi Garden  [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Asakusa View Hotel
4 km away
Asakusa View Hotel
from ¥12625/night
Bunka Hostel Tokyo
4 km away
Bunka Hostel Tokyo
from ¥5900/night
Hotel Nihonbashi Villa
2 km away
from ¥2300/night
Hotel MyStays Kameido
3 km away
from ¥5850/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut

Rainbow Bridge
6 km away
Rainbow Bridge
Museum Toyota Mega Web
6 km away
Kuil Yasukuni Jinja
5 km away
Menikmati hanami sakura di Kuil Yasukuni Jinja
Distrik Kabukicho Shinjuk
9 km away
Pintu masuk area Shinjuku Kabukicho

Sumber gambar: Flickr nakashiCameron AdamsNaoki Nakashima


Recommended for you


Last modified: January 27, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!