Toyosu Market

Home / Attraction / Toyosu Market
Item image

Pasar Toyosu atau Toyosu Market bulain beroperasi mulai tanggal 11 Oktober 2018 seiring Pasar Tsukiji yang ditutup operasionalnya. Secara perlahan, pemerintah kota Tokyo memindahkan seluruh kegiatan operasional pasar (ikan, buah-buahan, dan sayur) serta restoran-restoran yang ada di sekitarnya ke Toyosu. Desain bangunan yang lebih kokoh dan modern dipercaya akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan turis yang ingin merasakan suasana “Lelang Tuna” yang sangat terkenal. Buat teman-teman yang belum tahu, letak Toyosu Market ini cukup jauh dari lokasi awal Pasar Tsukiji. Letaknya ada di pulau buatan Toyosu, tidak jauh dari kawasan wisata dan hiburan Odaiba yang sudah terkenal lebih dahulu. Simak liputan kontributor Tim Info Jepang mengeksplorasi Pasar Toyosu: pasar lama dengan cita rasa yang baru!

Pasar Toyosu terdiri dari tiga bangunan utama: dua bangunan untuk pasar ikan dan tangkapan laut dan satu untuk pasar buah-buahan dan sayuran. Ketiga bangunan utama pasar ini saling terhubung dengan jalanan utama, juga ke Stasiun Shijo-Mae (stasiun terdekat dengan Pasar Toyosu yang dilayani oleh jalur Yurikamome Line).

suasana bongkar muat di toyosu market

Suasana bongkar muat di toyosu market

Kegiatan Seru di Toyosu Market

1. Melihat lelang tuna melalui jendela observasi

Di sepanjang koridor jalan bangunan terdapat jendela-jendela di mana kita bisa melihat kegiatan pelelangan ikan yang berlangsung di dalam. Namun, kita akan sulit mengambil foto pelelangan dari jendela ini karena jenis kaca lapis yang memantulkan cahaya. Buat teman-teman yang mau mengikuti langsung pelelangan ikan, bisa melakukan reservasi dilanjutkan dengan sejenis pengundian/ lotere, pendaftar yang beruntung bisa menonton langsung (hanya 120 orang setiap hari). Setiap harinya, hanya ada 3 kelompok dengan masing-masing 40 orang yang bisa melihat langsung lelang tuna yang diadakan di sini. Mulai dari 5:45, 5:55, dan 6:05 dengan durasi sekitar 10 menit.

lorong dengan jendela observasi ke area pelelangan ikan

Lorong dengan jendela observasi ke area pelelangan ikan

2. Menikmati sarapan atau makan siang di restoran-restoran sekitar

Di sekeliling bagunan, ada banyak toko kedai dan restoran yang menyediakan aneka produk olahan hidangan laut, seperti sashimi, sushi, dan makanan lainnya. Mayoritas kedai atau restoran yang ada di Tsukiji juga beroperasi di Toyosu Market. Jika ingin menikmati sarapan pagi, usahakan datang agak pagi karena jika sudah di atas jam 9 biasanya antrian sudah panjang. Beberapa restoran yang bisa teman-teman kunjungi antara lain:

  1. Daiwa Sushi (menjual menu sushi)
  2. Tenfusa (menjual menu tempura)
  3. Sushi Dai (menu sushi)
  4. Odayasu (menu kerang dan kerang goreng)
  5. Oedo (menjual menu nasi dengan topping tuna, telur salmon, atau bulu babi)
  6. Fudino (menu ramen)

kedai restoran di toyosu market

Kedai restoran di Toyosu Market

3. Menikmati pemandangan lepas pantai dari atas Rooftop Garden

Setelah puas berkeliling dan menikmati sarapan pagi, teman-teman bisa menikmati pemandangan lepas pantai Teluk Tokyo dari atas Rooftop Garden. Hanya saja, kalau sudah siang, suhu udaranya cukup panas.

Selain itu, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke Odaiba dengan menggunakan kereta Yurikamome Line melalui Stasiun Shijo Mae dan turun di Stasiun Daiba atau Stasiun Odaiba Kaihin Koen.

Akses ke Toyosu Market

Dari Stasiun Shimbashi, teman-teman bisa naik kereta Yurikakome Line sampai Stasiun Shijo-Mae. Lama perjalanan sekitar 25 menit dengan ongkos 380 yen. Stasiun Shimbashi sendiri dilalui oleh jalur kereta JR Yamanote Line, sehingga teman-teman yang berangkat dari kawasan Shibuya, Shinjuku, atau Tokyo Station, bisa naik kereta JR Yamanote Line dahulu, baru kemudian melanjutkan perjalanan dengan Yurikamome Line.

Cheap Hotels near Toyosu Market [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Shiba Park Hotel
4 km away
Shiba Park Hotel
from ¥13350/night
Hilton Tokyo Odaiba
3 km away
Hilton Tokyo Odaiba
from ¥26600/night
InterContinental Tokyo Ba
2 km away
InterContinental Tokyo Bay
from ¥18700/night
Hotel Trusty Tokyo
2 km away
Hotel Trusty Tokyo Bayside
click for detail

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Stasiun Tokyo
4 km away
Stasiun Tokyo di malam hari
Ramen Enak di Nakano
13 km away
Ramen Hakodate nakano tokyo
Shops and Restaurants Div
3 km away
Suasana Odaiba Diver City malam hari
Sunshine City Ikebukuro
11 km away
Planetarium Manten di Sunshine City Ikebukuro

Sumber gambar: Flickr lazy fri13th, lazy fri13th, : : Ys [waiz] : :


Recommended for you


Last modified: June 5, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comment (1)

  1. Please advice me how to join a tour for walking along the pedestrian tunnel under the sea between Honshu and Kyushu Islands

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!