Tokyo Toy Museum

Home / Museum / Tokyo Toy Museum
Item image

Pernah membayangkan berkunjung ke toko yang penuh dengan mainan? Kalau kamu pernah nonton serial Home Alone, khususnya yang Home Alone 2, pasti mudah membayangkannya. Dalam kisah itu, Kevin (tokoh utama) bermain ke toko mainan Duncan. Ada begitu banyak mainan, mulai dari boneka, mainan kereta api tut..tut.., robot, mobil-mobilan, hingga rumah boneka. Meskipun tidak menjual mainan, Museum Mainan Tokyo atau Tokyo Toy Museum ini punya banyak mainan yang bisa kita nikmati. Mari sejenak bersantai dan bernostalgia mengingat masa-masa kecil kita bermain bersama dengan saudara.

Liburan bersama Anak-Anak di Tokyo Toy Museum

Museum mainan yang mulai dibuka tahun 2008 ini memang jadi daya tarik utama para wisatawan pengoleksi mainan maupun yang sedang liburan bersama dengan anak-anak. Museum ini menempati bangunan bekas SD Shinjuku Kuritsu Yotsuya di pusat kota Tokyo. Ada banyak cerita di baliknya, entah karena lokasinya yang strategis dan tentu mahal harganya, hingga kisah pemilik sekolah yang menyerahkan tanahnya untuk membuat museum mainan bagi seluruh anak di Jepang. Persis seperti motto museum ini, yakni menyediakan generasi sekarang dengan beragam permainan dan menciptakan quality time–yakni saat orangtua dan anak bersama-sama menghabiskan waktu dengan bermain.

Museum ini terdiri dari 3 lantai, dengan tema masing-masing. Lantai 1F, ini diperuntukkan khusus bagi anak kecil. Di sisi kiri pintu masuk, ada Wooden Baby Room yang bisa digunakan oleh anak-anak batita untuk bermain. Di sini ada papan seluncur, puzzle aneka bentuk dan warna yang digunakan untuk mengajarkan anak. Tenang saja, seluruh area di sini dilapis dengan kayu yang lembut sehingga dijamin aman untuk anak-anak.

Naik ke lantai 2F, ada area favorit anak-anak yakni Wood Toy Forest. Beragam permainan ketangkasan ada di sini termasuk kolam bola. Yang unik, bolanya bukan dari plastik seperti yang sering kita lihat, melainkan dari kayu Cypress. Total ada lebih dari 20 ribu bola di kolam bola, membuat anak-anak kita dijamin puas bermain berjam-jam di sini. Selain itu, ada juga Museum Apty di mana kita bisa membeli aneka mainan, peralatan makan, maupun pajangan unik dan imut sebagai oleh-oleh. Sebagai catatan, mayoritas mainan yang dijual di sini tidak dapat kita temukan di tempat lain, jadi pas banget buat teman-teman yang ingin membelinya untuk oleh-oleh, bagi keponakan yang masih kecil atau buat anak bos di kantor.

Mandi bola di Tokyo Toy Museum

Mandi bola di Tokyo Toy Museum

Dan tentunya, lantai favorit saya sekaligus mayoritas pengunjung yakni lantai 3F. Di sini, kita bisa bergabung dalam kegiatan workshop untuk membuat mainan sendiri. Tenang, untuk workshopnya sendiri dibagi menjadi level sesuai umur dan keahlian, dan tentunya bersama dengan para pegawai yang siap mengajari kita dengan sabar. Saya sendiri mencoba membuat kincir angin dari kertas dan sedotan. Anak-anak kecil pun terlihat kegirangan ketika bisa membuat binatang tiga dimensi dari kertas.

Mainan-mainan kayu di Tokyo Toy Museum

Mainan-mainan dari kayu di Tokyo Toy Museum

Di lantai 3F ini juga, ada area eksibisi dan galeri mainan. Di area ini kita bisa melihat total 15000 mainan dari 100 negara di dunia. Dijamin kita bakal kaget dan terpana melihat aneka mainan dari negara lain. Ada mainan dari Indonesia juga loh, yakni ketapel. Tahu kan ketapel itu gimana? hehe. Lalu di bagian Toy Square Red, anak-anak akan diajak untuk bermain dengan beragam mainan yang berkaitan dengan pekerjaan orang dewasa, entah sebagai penjaga toko, petani, atau dokter. Kebanyakan sih memilih menjadi pekerja kantor. Mungkin itulah yang mereka lihat dari orangtuanya ya. Selain itu, karena bermain bersama dengan anak-anak yang lainnya, mereka akan belajar untuk berkomunikasi dan saling berbagi juga loh.

Koleksi mainan di Tokyo Toy Museum

Koleksi mainan di Tokyo Toy Museum

Informasi Tiket Masuk Tokyo Toy Museum

Untuk tiket masuk, bagi orang dewasa (mulai dari pelajar SMP) dikenakan tiket seharga 800 yen, dan 600 yen untuk anak-anak hingga usia sekolah dasar.

Akses ke Tokyo Toy Museum

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tokyo Metro Marunouchi Line dan turun di Stasiun Yotsuya-Sanchome. Lama perjalanannya sekitar 14 menit dengan ongkos 170 yen. Dari pintu keluar Stasiun kita tinggal berjalan kaki ke pintu masuk Tokyo Toy Museum.

Dari Stasiun Shinjuku, kita bisa naik kereta Tokyo Metro Marunouchi Line dan turun di Stasiun Yotsuya-Sanchome. Lama perjalanannya sekitar 4 menit dengan ongkos 170 yen.

Recommended Hotels near Tokyo Toy Museum [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Capsule Hotel Anshin Oyad
1 km away
Capsule Hotel Anshin Oyado Shinjuku
from ¥6600/night
Citadines Shinjuku Tokyo
0 km away
Citadines Shinjuku Tokyo
from ¥15444/night
City Hotel Lonestar
1 km away
City Hotel Lonestar
from ¥18800/night
Odakyu Hotel Century
2 km away
Odakyu Hotel Century Southern Tower
from ¥19805/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Ramen Enak di Nakano
5 km away
Ramen Hakodate nakano tokyo
J-World Tokyo
4 km away
Ayo bermain di J-World Tokyo
Haneda Airport
17 km away
Suasana Bandara Haneda
Kuil Hie
3 km away
Suasana Kuil Hie di Tokyo

Sumber gambar: Flickr Reiko, Kentaro Ohno, Kentaro Ohno, Kentaro Ohno


Recommended for you


Last modified: December 17, 2016 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!