Danau Shikaribetsu

Home / Attraction / Danau Shikaribetsu
Item image

Danau Shikaribetsu adalah danau air tawar tertinggi di Hokkaido. Berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut, danau Shikaribetsu punya pesona indah dengan deretan pegunungan di Taman Nasional Daisetsuzan di sekitarnya. Buat yang masih bingung, di mana sih Danau Shikaribetsu ini, letaknya di Shikaoi, Tokachi, atau sekitar 40 kilometer dari kota besar terdekat, yakni Obihiro. Danau ini begitu terkenal di musim dingin karena ada igloo dan onsen di tengah-tengah permukaan danau yang membeku. Ribuan wisatawan, mayoritas dari Eropa dan Australia berlomba-lomba datang dan merasakan sensasi liburan musim dingin di sini. Banyak juga yang menyebut Shikaribetsu sebagai Kota Es, karena kehidupan di kota ini hanya berlangsung di saat musim dingin. Salah seorang pembaca setia Tim Info Jepang mengirimkan kisah perjalanannya ke Danau Shikaribetsu, berikut ini kisahnya.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Danau Shikaribetsu

1. Mencoba tinggal di dalam igloo di atas danau yang membeku

Dari awal Desember, saat musim dingin mulai menyergap di area Taman Nasional Daisetsuzan, Danau Shikaribetsu mulai membeku. Bahkan di bulan Januari, lapisan es sudah cukup tebal dan keras dan bisa dilalui orang di atasnya. Nah, para penduduk lokal akan membangun igloo (rumah berbentuk kubah khas orang Eskimo) dari balok-balok es. Beberapa bangunan igloo ini akhirnya disebut dengan Shikaribetsu-ko kotan atau kampung Shikaribetsu. Kita bisa masuk ke dalamnya dan merasakan sensasi tinggal di dalam igloo, lengkap dengan alas es yang membeku seperti kristal. Beberapa wisatawan lain juga mencoba memancing ikan di atas es yang membeku.

Hotel es di Danau Shikaribetsu pada musim dingin

Hotel es di Danau Shikaribetsu pada musim dingin

Di dalam bangunan igloo, kita bisa menonton pertunjukkan seni atau musik, bahkan ada bar es di mana seluruh dinding dan perlengkapannya terbuat dari es. Wah kerennya!

2. Bersantai sejenak dengan berendam di onsen

Suhu musim dingin di sekitar Danau Shikaribetsu bisa mencapai -30 derajat celcius membuat tidak ada orang yang tinggal di sekitar danau ini. Tapi, di musim dingin (musim favorit para pengunjung) para penduduk desa sekitar datang ke sini dan membuka kedai atau restoran. Salah satu atraksi unik yang bisa dicoba di sini adalah berendam di onsen yang terletak di tengah-tengah es yang membeku. Di musim gugur, para penduduk meletakkan bak-bak di permukaan danau. Saat air danau membeku, bak-bak ini akan diisi dengan air panas, dan orang-orang akan berendam di dalamnya, layaknya berendam di onsen. Uniknya, dari jauh kita seperti melihat orang-orang berendam di tengah-tengah es!

Di musim panas, kita bisa berkeliling dengan naik perahu menyusuri keindahan Danau Shikaribetsu.

Naik perahu mengitari Danau Shikaribetsu Hokkaido

Naik perahu mengitari Danau Shikaribetsu Hokkaido

3. Mencoba berbagai kegiatan seru di musim dingin

Danau Shikaribetsu benar-benar baru akan “hidup” di saat musim dingin. Beberapa atraksi yang bisa kita lakukan saat berkunjung di sini antara lain membuat gelas dari es, naik kendaraan seluncur es, menyusuri hutan di tepi danau, hingga mencoba tidur di dalam bangunan igloo. Tenang, suhu di dalam igloo hangat kok, dan disediakan alas tidur juga. Selain itu ada juga bangunan cafe yang terbuat dari es!

Mengunjungi kafe es di Shikaribetsu

Mengunjungi kafe es di Shikaribetsu

4. Melihat keindahan musim Panas dan Musim gugur

Ribuan pepohonan yang tumbuh di kaki gunung akan berubah warna menjadi hijau cerah di musim panas. Di musim gugur, pohon-pohon ini berubah warna menjadi merah dan oranye, sebelum semuanya tertutup salju putih tebal sepanjang musim dingin. Sebuah keindahan musim gugur di Shikaribetsu yang tak terlupakan.

Danau Shikaribetsu pada musim panas

Danau Shikaribetsu pada musim panas

Akses ke Danau Shikaribetsu

Dari Stasiun Obihiro, teman-teman bisa naik bus menuju Danau Shikaribetsu selama 100 menit.  Tersedia keberangkatan jam 7:52, 11:00, 14:00, dan 16:30. Kalau teman-teman menginap di Hotel Fusui atau Hotel Fukuhara (terletak di tepi danau), tersedia layanan penjemputan gratis dari Stasiun Obihiro ke hotel.

Selain itu, Danau Shikaribetsu bisa dicapai juga dari Stasiun Shintoku yang jauh lebih dekat. Tersedia juga layanan bus gratis dari Stasiun Shintoku ke Hotel Furukawa, untuk jam 13.10 dan 15.15, atau dari Hotel Furukawa ke Shitoku pada jam 10.10 dan 14.10.

Dari Stasiun Sapporo, teman-teman bisa naik kereta Super Ozora atau Super Tokachi sampai Stasiun Shintoku atau Stasiun Obihiro. Lama perjalanannya sekitar 2,5 jam (sampai Obihiro) dengan ongkos 6.700 yen, atau sekitar 2 jam (sampai Shintoku) dengan ongkos 5.400 yen. Semuanya tercover dengan Hokkaido Pass.

Cheap Hotels in Obihiro [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Fujita Kanko Washington H
82 km away
Fujita Kanko Washington Hotel Asahikawa
from ¥6048/night
Art Hotels Asahikawa
83 km away
Art Hotels Asahikawa
from ¥14854/night
Natural Spa Hotel Paco As
82 km away
Natural Spa Hotel Paco Asahikawa
from ¥11459/night
Custom Plaza
83 km away
Custom Plaza
from ¥2971/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Cape Tachimachi
260 km away
Panorama laut Tsugaru dari Cape Tachimachi
Resort Ski Furano
62 km away
Suasana Resort Ski Furano dari gondola
Tokachidake Onsen
39 km away
Puncak tokachidake
Shakotan-Cape Kamui
224 km away
Melihat keindahan Cape Kamui di Hokkaido

Sumber gambar: Flickr circusline, Hiroshi Yoshioka, circusline, Junichi HASHIMOTO


Recommended for you


Last modified: July 3, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (8)

  1. kak mau tanya, untuk sampe ke lake shikaribetsu dari obihiro / shintoku itu harus pakai bus ya? nah bus nya harus booking dlu apa bisa langsung naik setelah sampai di stasiun obihiro/shintoku? kemudian info bus nomor berapa dan pemberhentian dimana kak?

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Obihiro, bapak bisa naik bus menuju Danau Shikaribetsu selama 100 menit. Tersedia keberangkatan jam 7:52, 11:00, 14:00, dan 16:30. Untuk reservasi, sepertinya tidak perlu karena rutenya tidak terlalu ramai. Lengkapnya bisa dibaca di website Takubus. Salam

  2. Selamat malam mas, dimana ya saya bisa melihat timetable ato jadwal jr di hokaido? Sy rencana membuat jdwl yg mepet dlm 1hr dari saporo ke shikaribetsu lake lalu ke furano dan kembali ke saporo lagi. Takutnya klo kemalaman sudah tdk beroprasi lg keretanya. Makasi :)

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa membuka website Hyperdia, rasanya agak sulit bu untuk sehari. Mungkin ibu hanya sampai Shikaribetsu lalu Furano atau Asahikawa (stay di sana) kemudian besok paginya baru kembali ke Sapporo. Atau kalau mau semua, ya paling dengan menyewa mobil.

    • Mas, kalau sy nginapnya di saporo tapi tdk jalan2 di saporonya. Jd sy dari saporo pagi2 sekali lgsg shikaribetsu lake lalu furano. Malamnya balik ke saporo hanya utk stay aja. jd hanya habisin wktu di danau sm furano. Itu ga cukup juga ya mas? Dari furano nya naik shinkansen malam mas balik ke saporo. Makasi

    • Nugroho Christian  |  

      Secara teori bisa saja. Dari Stasiun Sapporo, ibu bisa naik kereta Super Ozora atau Super Tokachi sampai Stasiun Shintoku atau Stasiun Obihiro, selama 2,5 jam, lalu lanjut naik bus 100 menit ke Shirakaribetsu. Lalu ke Furano. Namun, ibu perlu mengatur waktu dengan sangat ketat, terutma untuk kereta pulang rute Furano-Sapporo saja sudah memakan waktu 2,5 jam, dimana ibu harus sudah pulang dari Furano jam 8 malam maksimal. Salam.

  3. Malam mas, dari saporo ke shintoku saya liat di peta tercover jr pass. Kemudian dari shintoku naik bus ke danau nya bisa diliat dimana ya mas jadwal keberangkatannya? Apa sama jadwalnya dgn ke hotel diatas? Kalau tdk nginap di hotel tsb, apa bole jg ikut free bus nya? Perlu reservasi dulu? Makasi

    • Nugroho Christian  |  

      Jadwalnya dari Shintoku ada di 07.40, 11.30, 14.35, dan itu tidak harus di reservasi. Jadwalnya sedikit berbeda bu.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!