Taman Onuma Hakodate

Home / Nature / Taman Onuma Hakodate
Item image

Hokkaido memang tidak pernah habis untuk dieksplor apalagi pesona pemandangan alamnya. Buat teman-teman yang sedang mengunjungi Hakodate atau dalam perjalanan dari Tokyo-Sapporo dengan menggunakan kereta shinkansen, bisa mampir sejenak di Taman Onuma. Letaknya ada di sisi utara Kota Hakodate dan bisa dicapai dengan naik kereta selama 20 menit saja. Taman seluas lebih dari 9000 hektar ini memiliki pemandangan alam yang indah sehingga menjadi salah satu dari Shin Nihon San Kei tiga pemandangan terindah Jepang yang baru. Di taman ini, kita bisa berkeliling dan menikmati keindahan Danau Onuma dengan bersepeda, berjalan kaki melintasi pepohonan, naik kano, atau naik kapal berkeliling. Simak kunjungan Tim Info Jepang ke tempat yang juga dikenal sebagai produsen daging Onuma yang lezat.

Buat teman-teman yang ingin menikmati keindahan pemandangan di Taman Nasional Jepang tapi gak pengen terlalu jauh bepergian dari kota, Taman Onuma ini adalah tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi. Perpaduan sempurna danau, taman, rawa, dan pegunungan sebagai latar belakang memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Di hari yang cerah, kita bisa melihat puncak Gunung Komagatake berpadu dengan langit biru cerah khas Hokkaido.

Kegiatan wisata seru di Taman Onuma Hakodate

1. Menyaksikan pemandangan Taman Onuma yang menakjubkan

Taman Onuma juga menawarkan pemandangan musim panas, musim gugur, dan musim dingin yang keren dan tidak ada bandingannya. Deretan pepohonan berwarna hijau merekah menyambut kedatangan musim panas yang berlangsung sekitar bulan Juni sampai akhir September.

Suasana musim panas di Taman Onuma

Suasana musim panas di Taman Onuma

2. Coba naik perahu dan berkeliling danau di Taman Onuma

Setelah musim panas berlalu, tibalah musim gugur yang dimulai dari akhir September. Pemandangan pepohonan yang berubah warna menjadi kuning kemerahan jadi latar belakang sempurna buat kenang-kenangan kita di Taman Onuma. Sepanjang musim panas dan gugur, kita juga bisa naik kano atau kapal pesiar untuk berkeliling Danau Onuma. Kita cukup mengeluarkan 1.100 yen untuk bisa menyusuri danau dengan kapal selama 30 menit.

3. Coba kuliner khas Hokkaido dengan pemandangan alam menawan

Setelah puas berkeliling dan melihat keindahan taman dan danau Onuma, jangan lewatkan menyantap daging steak Hakodate Onuma Beef. Daging ini berasal dari sapi Onuma muda yang hidup bebas dan makan rumput alami di sekitar taman Onuma. Restoran di tepi Danau Onuma menyediakan menu steak dan aneka olahan daging sapi yang juicy dan amat lezat, cocok buat kamu para petualang alam dan pecinta kuliner.

Musim gugur di Taman Onuma

Musim gugur di Taman Onuma

4. Mencoba memancing ikan di danau yang membeku

Nah, di musim dingin, kita bisa juga menikmati pengalaman bermain salju, ski, atau naik kereta luncur di bukit-bukit sekitar Taman Onuma. Memang tempat ini bukan seperti Resort Ski Rusutsu atau Niseko yang punya jalur panjang dan menantang, namun salju tebal di sini saya rasa “cukup” sebagai pemanasan kita di musim dingin. Oiya, yang tidak boleh terlewat adalah, kita bisa merasakan pengalaman memancing di atas permukaan kolam membeku. Jadi kita akan melubangi es, lalu memancing ikan sambil duduk di tepi lubang yang kita buat. Wah, kayak di film dokumenter ya…

Kita bisa menyusuri jalanan di sekeliling danau Onuma dengan sepeda sewaan, atau berjalan keliling area taman dan deretan toko yang menjual kue mochi dan permen. Selain itu, buat yang hobi mancing dan punya cukup waktu, bisa juga mencoba memancing ikan trout di kolam.

5. Melihat pemandangan alam dari jendela kereta

Saat kembali ke Hakodate atau melanjutkan perjalanan ke Sapporo, jangan pejamkan mata kita dulu. Jalur kereta Hakodate-Onuma-Sapporo berada persis di samping area Taman Nasional Onuma dan juga Danau Onuma, di mana kita bisa menikmati pemandangan danau dengan latar belakang Gunung Komagatake yakni gunung setinggi 1131 meter yang berada di tengah Taman Onuma Hakodate. Selain itu, setiap akhir pekan di bulan Juli-Agustus, kita bisa merasakan pengalaman naik lokomotif uap Hakodate Onuma yang sudah berusia ratusan tahun.

Pemandangan Taman Onuma dari kereta JR

Pemandangan Taman Onuma dari kereta JR

Akses menuju ke Taman Onuma

Taman Onuma terletak sekitar 20 kilometer di utara Kota Hakodate. Untuk sampai ke sini, kita bisa naik kereta limited ekspress dari Stasiun Hakodate sampai Stasiun Onuma-Koen selama 20 menit dengan harga 1.160 yen. Selain itu, tersedia juga kereta lokal JR dengan harga yang lebih murah yakni 540 yen, namun dengan 1 jam perjalanan. Dari Stasiun Onuma-Koen, kita tinggal berjalan kaki menuju area taman dan Danau Onuma.

Cheap Hotels in Hakodate [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Pension Yumekukan
24 km away
Pension Yumekukan
from ¥5300/night
Hakodate Grand Hotel
25 km away
Hakodate Grand Hotel
from ¥10900/night
Hakodate Danshaku Club Ho
24 km away
Hakodate Danshaku Club Hotel & Resorts
from ¥27800/night
Comfort Hotel Hakodate
24 km away
Comfort Hotel Hakodate
from ¥8900/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pasar Pagi Hakodate
24 km away
Suasana Pasar Pagi Hakodate
Fort Goryokaku
22 km away
Benteng Fort Goryokaku di Hakodate
Motomachi Hakodate
25 km away
Tanjakan Hachimanzaka di Motomachi Hakodate
Taman Onuma Hakodate
0 km away
Musim panas di Taman Onuma Hakodate

Sumber gambar: Flickr Ted Tsangsmalluforearjet_747, hironimir10, hironimir10, rearjet_747


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (16)

  1. salam, sy tgl 7 Januari 2019 dr Sapporo ke Tokyo, kalau mau mampir ke taman Onuma bagaimana Pak? jam brp sy harus brgkt dr Sapporo dan kami membawa koper2 juga krn pindah ke Tokyo, terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Bapak bisa naik kereta ekspress Super Hokuto sampai ke Shin Hakodate Hokuto Station, kemudian naik JR Hakodate sampai ke Onuma Koen Station. Waktu perjalanan sekitaran 3 jam.
      Kemudian pulangnya nanti bisa naik JR Hakodate Line lagi ke Shin Hakodate Hokuto Station, lanjut naik Hokkaido Shinkansen ke Tokyo waktu perjalanan sekitaran 4 jam. Salam

  2. Siang Pak, saya mau beratanya, jika saya ingin ke sapporo dari tokyo, apakah bisa naik kereta JR, yang dimana dicover dengan menggunakan JR pass?? lalu apakah maksud dari hokaido pass, dimana semua kereta JR bisa digunakan, kecuali kereta hokaido shinkansen (tokyo – hakodate – shin hakodate hokuto)?? bisa bantuan penjelasannya??? Hokaido pass itu apakah cakupan dari JR pass? terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta Hokkaido Shinkansen, rutenya Tokyo-Shin Hakodate Hokuto, lalu naik kereta limited ekspress Hokuto sampai ke Sapporo. JR Pass mengcover seluruh ongkos kereta JR di Jepang. Untuk Hokkaido Pass, hanya mengcover ongkos naik kereta JR di Hokkaido saja, jadi tidak mengcover ongkos ke Tokyo. Hokkaido Pass dan JR Pass itu adalah 2 pass kereta yang berbeda. Salam.

  3. naik kereta lokal ke hakodate station tercakup jr pass ya?

    tanggal 27 saya saya berencana ke sapporo (tapi nanti kembali ke hakodate lagi) dan benteng goryokaku
    pertanyaannya :

    3. apakah benteng goryokaku lebih bagus dikunjungi malam hari atau spagi hari? karena kalau pagi hari maka saya ke sapporo setelah mengunjungi benteng, kalau lebih bagus malam, maka setelah breakfast saya pergi ke sappor dulu..
    lalu untuk ke sapporo dari hakodate apakah tercover jr pass (tanpa bayar) berapa lama perjalanan hakodate – sapporo?
    wisata apa saja yang terdapat di sapporo?

    tanggal 28 saya berencana ke sapporo lagi full malamnya ke taman onuma
    pertanyaannya :

    4. apakah ada referensi lain selain saporo di pulau hokaido? ke taman onuma sebaiknya pagi hari atau malam hari?

    tanggal 29 saya checkout lalu berangkat ke nagoya menginap 3 malam di nagoya area sakae
    pertanyaannya

    5. berapa lama perjalanan dari hakodate ke nagoya (mengingat timetable keretanya tidak ada jurusan hakodate-kyoto) rute apa yang saya harus ambil, kira2 saya kalau berangkat jam 9 pagi sampai nagoya jam berapa?
    kalau memungkinkan setelah check in saya mau ke kyoto ke benteng dulu lalu malam pulang ke nagoya

    tanggal 29 saya pagi-pagi mau ke osaka, main di universal studio berapa jam perjalanan ke Osaka dari nagoya?

  4. selamat pagi pak nugroho
    saya berencana liburan ke jepang tanggal 26-8 januari 2018 dengan total 7 orang ( 2 lansia, 2 dewasa, 2 anak, 1 bayi)
    saya berencana membeli jr pass 14 hari

    ini itinerary kasar saya
    tanggal 26 mendarat pk 07.30 di narita
    ke shinjuku, cari makan langsung berangkat ke hakodate
    pertanyaan saya
    1. apakah dari narita ke shinjuku tercover jr pass shinkasen?naik apa? atau area tokyo mana yang paling cocok untuk keberangkatan ke hakodate (mengingat saya masih membawa koper)
    apakah perlu membayar lagi? bagaimana caranya untuk reserve seat?
    apakah untuk ke hakodate dari stasiun tokyo harus pindah line train? mengingat list kereta yang ada di internet untuk jam siangnya itu memakai bahasa jepang

    saya berencana menginap di hakodate 3 malam, setelah sampai di hakodate menjelang sore (perkiraan berangkat jam 11.00 dari tokyo) saya check in di sekitar HAKODATE BAY
    lalu saya langsung berangkat ke kota tua motomachi cari makan, lalu lanjut ke gunung hakodate
    pertanyaannya :
    2. apakah ada kereta dari hakodate ke kota tua dan dari kota tua ke gunung? mengingat saya membawa lansia, kalau ada, apakah kereta itu tercover jr pass? jika tidak, apakah perjalanan dari sekitar hotel itu agak berat bila jalan kaki?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau ingin berangkat ke Hakodate, silakan ke Tokyo Station. Kalau sudah membeli JR PASS, bisa tukar JR PASS sekaligus reservasi tiket-tiket di Ticket Office JR di Narita Airport. Dari Tokyo Station, sekali naik kereta shinkansen sampai ke Shin Hakodate Hokuto station, baru kemudian naik kereta lokal sampai Hakodate Station.
      Kereta ke Motomachi Hakodate dan Pelabuhan Hakodate tidak tercover dengan JR PASS, namun bisa kok membayar uang tunai. Lebih baik naik kereta sampai ke stasiun terdekat, mengingat jalan di Hakodate semuanya naik turun. Salam

    • giovani ivej  |  

      siang pak tanya lagi
      naik kereta lokal ke hakodate st. tercover jr pass ya?

      tanggal 27 saya saya berencana ke sapporo (tapi nanti kembali ke hakodate lagi) dan benteng goryokaku
      pertanyaannya :

      3. apakah benteng goryokaku lebih bagus dikunjungi malam hari atau spagi hari? karena kalau pagi hari maka saya ke sapporo setelah mengunjungi benteng, kalau lebih bagus malam, maka setelah breakfast saya pergi ke sappor dulu..
      lalu untuk ke sapporo dari hakodate apakah tercover jr pass (tanpa bayar) berapa lama perjalanan hakodate – sapporo?
      wisata apa saja yang terdapat di sapporo?

      tanggal 28 saya berencana ke sapporo lagi full malamnya ke taman onuma
      pertanyaannya :

      4. apakah ada referensi lain selain saporo di pulau hokaido? ke taman onuma sebaiknya pagi hari atau malam hari?

      tanggal 29 saya checkout lalu berangkat ke nagoya menginap 3 malam di nagoya area sakae
      pertanyaannya

      5. berapa lama perjalanan dari hakodate ke nagoya (mengingat timetable keretanya tidak ada jurusan hakodate-kyoto) rute apa yang saya harus ambil, kira2 saya kalau berangkat jam 9 pagi sampai nagoya jam berapa?
      kalau memungkinkan setelah check in saya mau ke kyoto ke benteng dulu lalu malam pulang ke nagoya

      tanggal 29 saya pagi-pagi mau ke osaka, main di universal studio berapa jam perjalanan ke Osaka dari nagoya?

  5. Ok baik pak terimakasih info nya.

    Satu lg ni pak ingin memastikan, kereta/bus dr Tokyo ke Sapporo maksimal jam 19:00 ya berangkat, tidak ada yg malam sekali di atas jam 21:00? Dan akhir Nov apakah sdh turun salju? Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau ingin sampai di hari yang sama di Sapporo, ibu harus berangkat paling telat jam 15.20 dari Tokyo Station, dan tiba jam 23.40 di Sapporo Station.
      Di akhir November sudah turun salju, namun mungkin tidak menumpuk, baru menumpuk mulai awal Desember. Salam

    • justru saya ingin yg malam pak bermalam di kereta/bus, tidak ada ya? kereta atau bus yg sdh full tercover JR pass.

      Terimakasih banyak pak info nya

  6. Malam Pak Nugroho,

    Jika akhir November sdh turun salju kan ya?
    Dan mau tanya, klo yg dicover full oleh JR Pass itu cuma sampe Hakodate ya? klo lanjut dr Hakodate ke Sapporo bayar sendiri ya?

  7. Saya akan ke Sapporo dari Tokyo pakai JR pass, pakai Shinkansen-Hayabusa dan transfer pindah kereta pakai super hokuto di Shin-hakodate-hokuto, masalah nya arrival Hayabusa dan departure Super Hokuto adalah 12 menit saja, dengan membawa koper apakah perpindahan kereta akan cukup waktu ? atau apakah sebaiknya kami menunggu kereta berikutnya? ( nunggu 1 jam lagi)

    Terimakasih atas percatan dan jawabannya

    • Nugroho Christian  |  

      Sepertinya bisa pak. Ada pintu langsung ke platform ke kereta limited ekspress Hokuto. Atau kalau mau aman, ada baiknya menunggu 1 jam saja pak. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!