Pasar Pagi Hakodate

Home / Shopping Center / Pasar Pagi Hakodate
Item image

Udara sejuk kota Hakodate memang membuat kita ingin tetap tidur di hotel menantikan siang hari. Tapi sayang sekali jika kita melewatkan pagi hari di Hakodate! Ada pasar pagi yang selalu ramai dan sayang kalau tidak dikunjungi dalam liburan ke Hakodate. Pasar Pagi Hakodate atau Hakodate Asaichi dalam bahasa Jepang adalah pasar yang terkenal di Hakodate dan buka semenjak pukul 5 pagi. Dengan lebih dari 300 kios, pasar pagi Hakodate tidak hanya ramai dikunjungi oleh para penduduk lokal, namun para wisatawan juga selalu ramai berkunjung ke sini. Pasar pagi Hakodate biasanya mulai ramai pukul 08.00 hingga 13.00, di mana banyak orang yang datang untuk mencari makan pagi atau makan siang.

Selain karena lokasinya dekat dengan Stasiun kereta Hakodate (hanya 3 menit berjalan kaki dari JR Hakodate Station), pasar tradisional ini menyediakan beragam jenis ikan dan hewan laut, buah-buahan, dan sayuran segar dengan harga yang sangat murah. Produk utama perikanan Hakodate yang dengan mudah kita temui di sini adalah ikan-ikan segar langsung dari pelabuhan seperti ikan salmon, ikan tuna, kepiting, dan landak laut (bulu babi). Tidak hanya membeli bahan mentah, kita bahkan bisa memintanya dimasak menjadi sarapan kita secara langsung! Simak yuk kisah Tim Info Jepang di sini!

Kegiatan Seru di Pasar Pagi Hakodate

1. Coba menawar harga di Morning Market

Yang menarik di pasar ini, teman-teman bisa mencoba menawar sebelum membeli ikan, kepiting, atau sayuran. Para pedagang di sini sudah terbiasa dengan orang asing (di Hakodate banyak tinggal para pedagang dari negara-negara Eropa), jadi mayoritas mereka bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Pasar ini biasanya beroperasi dari jam 5-9 pagi.

Tangkap cumi di Pasar Pagi Hakodate

Kegiatan tangkap cumi di Pasar Pagi Hakodate

2. Bermain tangkap cumi-cumi

Di Pasar pagi Hakodate ini ada atraksi favorit para wisatawan, yakni menangkap cumi-cumi. Meskipun bermain, ada hadiahnya, yakni sarapan gratis. Kita akan diberikan satu kail dengan umpan dan menangkap cumi-cumi yang berenang di bak atau ember besar. Jadi kesempatan kita hanya sekali saja. Jika berhasil menangkap cumi-cumi dengan kail, pemilik toko akan memberikan  dengan menu sarapan sashimi daging cumi yang enak dan tentunya segar! Jangan heran, jika setiap pagi (khususnya di musim liburan), suasana pasar pagi akan riuh karena para pengunjung berteriak karena cumi-cumi mereka lepas dari kail, haha.

Suasana Pasar Pagi Hakodate

Suasana Pasar Pagi Hakodate

3. Mencoba menu khas Hakodate

Menu favorit yang harus dicoba di sini adalah nasi jepang hangat dengan telur ikan salmon (ikura) dan sop landak laut (uni). Banyak yang bilang, jika belum mencoba menu khas Hakodate ini, kita belum berkunjung ke Hakodate. Apa benar? Bagi orang Indonesia, mungkin menu ini akan terasa asing, namun patut dicoba. Di siang hari, teman-teman juga bisa menikmati Ramen (Mi khas Jepang) Hakodate yang terkenal juga.

Menu makanan laut di Pasar Pagi Hakodate

Menu makanan laut di Pasar Pagi Hakodate

Akses ke Pasar Pagi Hakodate

Dari Stasiun Hakodate, teman-teman bisa berjalan kaki sebentar ke arah Pelabuhan Hakodate. Nanti akan ada papan penujuk pasar atau saat teman-teman menemukan banyak kios dengan pedagang di pinggir jalan, itulah Pasar Pagi Hakodate.

Cheap Hotels in Hakodate [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Pension Yumekukan
1 km away
Pension Yumekukan
from ¥5300/night
Hakodate Danshaku Club Ho
0 km away
Hakodate Danshaku Club Hotel & Resorts
from ¥27800/night
Hakodate Perry House
1 km away
Hakodate Perry House
from ¥9443/night
Hotel Nets Hakodate
3 km away
Hotel Nets Hakodate
from ¥8382/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Yachigashira Onsen
2 km away
Pemandian air panas indoor Yachigashira Onsen
Pelabuhan Hakodate
1 km away
Kanemori Red Brick Warehouse di Pelabuhan Hakodate
Fort Goryokaku
4 km away
Benteng Fort Goryokaku di Hakodate
Cape Tachimachi
3 km away
Panorama laut Tsugaru dari Cape Tachimachi

Sumber gambar: Flickr bryan…, bryan…, bryan…


Recommended for you


Last modified: December 24, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (12)

  1. Pagi Pa..
    Sy berencana ke Hakodate tanggal 4-6 Jan 2020. Apakah Morning Market memancing cumi2 sudah buka tanggal 5 atau 6 January?
    Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Morning Marketnya libur sampai tanggal 3 Januari. Jadi kalau 4-6 sudah buka, dan bisa mencoba memancing cumi-cumi. Salam

  2. Pak, sy dari Hakodate ke tokyo naik Shinkanzen hari terachir pake JRpass.
    Lalu hari terachir nya (sudab tdk bisa pake JRpass) balik ke haneda dari tokyo. Lebih praktis di tokyo nya menginap di Apa hotel asakusa ekimae atau apa hotel Nippori ekimae?
    Karena saya bawa anak agar tidak repot geret2 koper nya?
    Masih bingung pilih hotel dimana..

    • Nugroho Christian  |  

      Lebih baik di Asakusa bu, nanti bisa naik kereta sekali ke Bandara Haneda, ketimbang dari Nippori. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Seluruh stasiun di Jepang akan dikunci dan tidak boleh ada orang yang mengingap di dalam stasiun. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Hakodate dan Sapporo punya banyak festival musim dingin di bulan Januari hingga Februari, dan tentu akan sangat seru kalau bisa melihat festivalnya juga.

  3. Mohon bantuannya. Group kami (6 orang/adult) berencana ke shirakawago dari Hakodate by shinkansen. Yang ingin kami tanyakan :
    1. Sebaiknya dari shin hakodate kami mempergunakan shinkansen jam berapa supaya tidak kemalaman?
    2. Apakah untuk shinkansen harus pakai reseved seat atau noreseved seat?
    3. Apakah sebaiknya kami menginap 1 malam di takayama/kanazawa supaya tour kami di shirakawago maksimal dan dapat menikmati suasana malam di shirakawago.
    4. Bagaimana caranya kami melakukan reseved seat?
    Atas perhatian dan bantuannya. Kami ucapkan terima kasih.

    Salam,
    Ting Siang

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang
      1. Perjalanan dari Shin-Hakodate membutuhkan waktu sekitar 6,5 jam (Shin-Hakodate-Omiya-Kanazawa). Kereta terakhir berangkat jam 17.21 dari Shin-Hakodate dan tiba di Kanazawa jam 23.35. Kereta nya sendiri ada setiap 1 jam. Jadi amannya, bapak berangkat jam sekitaran 15.30 supaya sampai jam 21.00-21.30
      2. Shinkansen jarak jauh sebaiknya pakai kursi reserved saja, apalagi pergi grup, nanti terpencar-pencar
      3. Ya, sebaiknya bapak menginap di Kanazawa, lalu ambil bus Nohi/Hokutetsu paling pagi ke Shirakawago
      4. Tinggal datang ke loket tiket di stasiun, jika punya JR Pass tunjukkan (gratis, tidak ada biaya tambahan). Bisa juga saat membeli tiket langsung pesan/reservasi kursi.

    • Ting Siang  |  

      Selamat siang, mohon dapat dibantu :
      1. Perjalanan dari shin hakodate-omiya-kanazawa itu apakah harus berpindah-pindah shinkansen atau tidak? Jika harus berpindah-pindah bagaimana cara reseved seatnya?
      2. Apakah untuk reseved seat shin hakodate-omiya-kanazawa dapat dilakukan di hakodate stasiun?
      3. Kami kurang memahami perihal jadwal bus nohi/hokutetsu untuk rute kanazawa-shirakawago-kanazawa. Supaya kami dapat menikmati suasana malam di shirakawago, kami harus booking jam berapa bus nohi/hotkutetsu supaya tidak tertinggal bus terakhir.
      4. Jika kami mau ke niseko, toya dan ashikawa. Apakah efektif jika kita menginap di sapporo sebagai base hotel kami?

      Terima kasih.

      Salam,
      Ting Siang

    • Nugroho Christian  |  

      1. Iya, harus berpindah 1 kali. Dari Hokkaido Shinkansen (Shin-Hakodate – Omiya) dilanjutkan dengan Hokuriku Shinkansen (Omiya-Kanazawa). Silahakn reserved pas membeli tiketnya di Stasiun Shin-Hakodate
      2. Bisa dilakukan di Stasiun Shin-Hakodate
      3. Silahkan berangkat dengan bus jam 8 (paling pagi). Info lengkap busnya bisa dibaca di bus Nohi/Hokutetsu paling pagi ke Shirakawago
      4. Niseko atau Toya mungkin, namun Asahikawa sepertinya tidak mungkin karena PPnya sudah 4 jam. Silahkan mencari semua aksesnya di website kami.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!