Danau Shikotsu

Home / Nature / Danau Shikotsu
Item image

Danau Shikotsu di Hokkaido adalah satu dari dua danau besar di kompleks Taman Nasional Shikotsu Toya, selain Danau Toya. Keindahan pesona alam danau dan pegunungan di Shikotsu sudah diakui oleh pemerintah Jepang, lewat banyak poster dan kartu pos yang menggunakan foto panorama di tempat ini. Danau Shikotsu juga termasuk dalam kompleks taman nasional dan keberadaan dan kehidupan hewan dan tumbuh-tumbuhan dilindungi oleh pemerintah, sehingga kita bisa melihat dan merasakan sendiri bagaimana rubah atau burung pematuk berjalan di hutan-hutan menuju ke Danau Shikotsu. Meskipun berada agak di pedalaman, namun akses ke Danau Shikotsu sangatlah mudah. Dengan naik bus satu setengah jam dari pusat kota Sapporo, kita bisa sampai di Danau Shikotsu.

Berikut kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan di Danau Shikotsu, hasil rangkuman Tim Info Jepang.

Kegiatan Seru yang bisa dilakukan di Danau Shikotsu Hokkaido

1. Menikmati panorama Alam dari Gunung Tarumae

Ada juga Gunung Tarumae di dekat Danau Shikotsu. Kita dapat melihat gunung Tarumae setinggi 1038 meter yang masih aktif dan mengeluarkan aroma belerang dari kalderanya sejak letusan terakhirnya di tahun 1981. Gunung Tarumae sendiri sangat mudah diakses, kita bisa mengikuti tour dan naik mobil sampai ke dekat puncak Gunung Tarumae di Taman Nago-mae, dan mendaki sebentar sekitar satu jam. Dari atas gunung, kita bisa melihat keindahan panorama alam Danau Shikotsu, kembaran Gunung Fuji yaitu Gunung Yotei, dan deretan pegunungan Hidaka. Gambar di bawah adalah foto rusa di alam bebas yang diambil dalam perjalanan mendaki Gunung Tarumae.

Hewan-hewan di pinggir danau Shikotsu

2. Mengikuti festival musim dingin di Danau Shikotsu

Festival Es Danau Shikotsu merupakan festival es yang istimewa karena seluruh patung, perosotan, terowongan es untuk pengunjung ternyata dibuat dari air Danau Shikotsu yang sengaja dibekukan. Danau Shikotsu sejak lama memegang predikat sebagai salah satu danau dengan air terjernih di Jepang. Dengan begitu, kita bisa melihat pantulan sinar matahari senja secara sempurna di permukaan air danau Shikotsu. Di musim dingin, sinar matahari berpadu menyinari salju-salju putih yang membuat warna langit dan tanah menjadi keemasan! Festival musim dingin di Danau Shikotsu biasanya diadakan dari 24 Januari hingga 16 Februari setiap tahunnya, dan jangan lupa kenakan pakaian lengan panjang dan jaket tebal, supaya teman-teman tidak beku dan jadi patung, hehe.

Festival es di Danau Shikotsu

3. Melihat panorama keindahan alam Danau Shikotsu

Keindahan Danau Shikotsu memang tidak ada duanya. Danau ini mirip seperti Danau Toba di Indonesia, yang terbentuk dari letusan tiga gunung berapi, Gunung Eniwa, Gunung Tarumae, dan Gunung Fuppushi sekitar 40 ribu tahun yang lalu. Dan meskipun berada di Hokkaido yang adalah daerah artik, air Danau Shikotsu tidak pernah membeku. Itu dikarenakan sumber air panas yang mengalir di bawah danau berasal dari celah gunung berapi.

Danau Shikotsu di Hokkaido

4. Naik perahu bebek di Danau Shikotsu

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di Danau Shikotsu. Kita bisa mencoba naik sepeda motor (perlu ijin mengemudi) atau scuba diving di Danau Shikotsu. Kita dapat menanyakan cara meminjam sepeda atau peralatan menyelam ke kantor polisi yang berada di sebelah barat danau. Di bulan April sampai ke awal November saat udara relatif hangat, kita juga bisa menaiki perahu, speedboat, atau perahu bebek dan mengelilingi Danau Shikotsu.

Pinggir Danau Shikotsu di Hokkaido

5. Menikmati makan jagung manis di pinggir danau

Lapar setelah berpetualang di sini? Tenang saja ada banyak restoran yang menyediakan kuliner khas daerah Shikotsu. Kita bisa mencicipi jagung bakar yang sangat manis, atau makan kue imo atau kue talas manis khas Hokkaido, ada juga es krim melon Yubikari yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang lezat.

Menikmati jagung manis di Danau Shikotsu

Akses menuju ke Danau Shikotsu di Hokkaido

Kita bisa menikmati perjalanan ke Danau Shikotsu dengan mudah. Keindahan pohon-pohon hijau di musim semi dan musim panas, lalu daun-daun pohon maple yang memerah, serta kehangatan pemandian air panas dan putihnya salju, panorama di Danau Shikotsu ini siap menyambut kedatangan kita. Dari ibukota Hokkaido yakni kota Sapporo, kita bisa naik bus sekitar 1 jam dan 25 menit perjalanan. Lalu bisa juga dari Shin Chitose Airport, bandara terdekat dan terbesar di Hokkaido, dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Bus dari bandara tersedia pada jam 08:40, 11:40, 14:40, dan 16:40 di hari-hari biasa serta tambahan bus pada jam 09:40 dan 12:40 di hari Sabtu, Minggu, atau hari libur.

Cheap Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Porte
33 km away
Porte
from ¥7958/night
Best Western Hotel
35 km away
Best western Hotel Fino Sapporo
from ¥10822/night
Hotel Sunroute Sapporo
35 km away
Hotel Sunroute Sapporo
from ¥9180/night
JR Tower Hotel Nikko
35 km away
JR Tower Hotel Nikko Sapporo
from ¥27799/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Nijo Market
34 km away
nijo market
Taman Odori
34 km away
Taman Odori di Sapporo
Taman Nakajima
32 km away
Keindahan musim gugur di Taman Nakajima Sapporo
Stasiun Sapporo
35 km away
Sapporo Station

Sumber gambar : Flickr MIKI Yoshihito, JayLan_TW, MIKI Yoshihito, Hiroyuki Takeda, JayLan_TW, MIKI Yoshihito


Recommended for you


Last modified: October 4, 2016 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!