Shin Chitose Airport

Home / Airport / Shin Chitose Airport
Item image

Shin Chitose Airport adalah gerbang utama transportasi udara menuju ke Sapporo di Hokkaido, dan menjadi bandara utama bagi kamu yang hendak berlibur ke Hokkaido. Terletak di daerah bernama Chitose di tenggara kota Sapporo, bandara ini menjadi bandara terbesar di Hokkaido. Hampir seluruh bandara di kota utama Jepang seperti Narita dan Haneda di Tokyo, Kansai di Osaka, serta bandara Chubu di Nagoya terhubung dengan Shin Chitose Airport, sehingga aksesnya sangat mudah.

Shin Chitose Airport merupakan bandara tersibuk keempat di Jepang setelah bandara Narita dan Haneda di daerah Tokyo, Bandara Kansai di daerah Kyoto, Osaka, Nara. Posisi 4 ini menunjukkan makin banyak wisatawan yang datang ke daerah utara Jepang ini, dan berkeliling tempat wisata di Hokkaido.

Stasiun Kereta Bandara Shin-Chitose

Stasiun Kereta Bandara Shin-Chitose

Setelah mendarat di Bandara Shin Chitose dan melewati proses imigrasi, kita bisa menyaksikan kemegahan bandara terbesar di pulau Hokkaido ini. Kita juga dapat menemukan banyak tempat belanja, restoran, kafe, dan food court, serta fasilitas hiburan seperti Taman Bermain Doraemon Wakuwaku Skypark yakni area bermain khusus anak-anak yang buka mulai dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore, Royce Chocolate World, Hello Kitty Happy Flight, Steiff Discover Walk, serta puluhan restoran ramen dengan cita rasa khas Hokkaido. Tim Info Jepang sudah merangkum informasi mengenai Shin Chitose Airport serta bagaimana cara akses menuju ke pusat kota.

Toko Royce Chocolate World di Shin Chitose Airport

Toko Royce Chocolate World di Shin Chitose Airport

Khusus bagi teman-teman penggemar coklat, Royce Chocolote World di Bandara Chubu adalah surga tersembunyi buat kamu. Tidak hanya membeli oleh-oleh atau menikmati lezatnya coklat, kita  bahkan bisa melihat keseluruhan proses pembuatan coklat secara langsung melalui sebuah koridor kaca yang dibuka untuk umum. Selain itu ada juga Hokkaido Milk Castella yang menyediakan susu Hokkaido yang terkenal lezat dan kue spons Jepang.

Satu lagi yang bisa lihat di sini adalah Bioskop Sora yang ada di lantai 4. Di sini ada tiga buah layar bioskop di mana kita bisa menonton aneka film dalam bahasa Inggris untuk menghabiskan waktu menunggu jadwal penerbangan. Harga tiketnya juga cukup terjangkau, mulai dari 1.700 yen untuk dewasa atau cukup dengan 1.000 yen untuk anak-anak.

Akses Dari Shin Chitose Airport Menuju ke Sapporo

Shin Chitose Airport letaknya sekitar 50 kilometer di tenggara kota Sapporo. Ada beberapa alternatif moda transportasi dari Shin Chitose Airport Sapporo, yakni dengan kereta JR, naik bus, atau taksi.

1. Kereta Ekspress JR Airport

Moda transportasi ini adalah yang paling nyaman karena bisa sampai di Sapporo tanpa berpindah kereta dengan durasi paling cepat. Dari Shin Chitose Airport kita cukup mengikuti petunjuk jalan menuju ke stasiun di bawah tanah sampai ke pintu masuk stasiun Shin Chitose Kuko Eki. Kereta ekspress JR Airport ini berangkat setiap 15 menit sekali dan sampai di Sapporo dalam 37 menit. Biaya perjalanannya 1.070 yen (tercover dengan JR Pass). Harap perhatikan jenis kereta yang akan dinaiki karena ada juga kereta lokal yang akan berhenti di tiap stasiun. Kalau salah naik, perjalanan ke Sapporo jadi 1 jam. Saran dari Tim Info Jepang: ikuti orang-orang atau wisatawan luar negeri yang membawa koper besar. Mereka biasanya akan naik kereta ekspress menuju ke Sapporo.

Kereta ekspress pertama dari Sapporo menuju ke Shin Chitose Airport berangkat jam 06.16 dan kereta terakhir pukul 20.45. Di rute sebaliknya dari Shin Chitose Airport menuju ke Sapporo, kereta ekspress pertama berangkat jam 08.15 dan kereta terakhir pukul 22.53. Informasi selengkapnya mengenai kereta di Bandara Shin Chitose bisa dilihat di halaman berikut.

2. Bus Bandara dan Bus Wisata Luar Kota

Selain kereta tersedia pula moda transportasi bus dengan ongkos 1.030 yen (lebih murah sedikit dibandingkan kereta), namun dengan perjalanan lebih lama yakni 90 menit. Tim Info Jepang menyarankan untuk naik kereta ekspress JR Airport jika ingin pergi langsung ke Sapporo dan berwisata di tempat-tempat wisata kota Sapporo. Bus akan lebih efektif dan pas digunakan jika teman-teman ingin pergi ke tempat-tempat wisata di luar kota Sapporo seperti wisata alam di Danau Toya dan Shikotsu, pergi ke daerah wisata pemandian air panas di Jozankei, atau ke tempat bermain ski seperti Rusutsu dan Niseko. Ada bus-bus umum yang berangkat setiap 30 menit sekali menuju ke tempat-tempat wisata ini.

Cheap Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Sonia
71 km away
Hotel Sonia
from ¥20584/night
Sapporo Grand Hotel
40 km away
Sapporo Grand Hotel
from ¥14006/night
Nakamuraya Ryokan
40 km away
Nakamuraya Ryokan
from ¥16632/night
Hotel Gracery Sapporo
40 km away
Hotel Gracery Sapporo
from ¥13196/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Nijo Market
39 km away
Suasana pasar makanan laut Nijo Market
Kebun Binatang Maruyama
41 km away
Jerapah di Kebun Binatang Maruyama
Pabrik Shiroikoibito
46 km away
Bangunan Pabrik Shiroikoibito
Taman Bir Sapporo
40 km away
Bangunan di dalam Taman Bir Sapporo

Sumber gambar: Flickr Kentaro Ohno, hirotomo t, Sapporo Tourism Association


Recommended for you


Last modified: February 5, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (33)

  1. Pagi pak nugroho , salam
    Sy mimi mau tnya tgl 05 jan sy brkt dr hotel ibis SAPPORO dgn pesawat JAL jam 7.35 pagi menuju OSAKA apakah ada transportasi yg paling utk ke bandara Mohon petunjuk Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu harus naik taksi sepertinya dari Hotel menuju ke Shin Chitose Airport.
      Kereta dari Sapporo Station ke arah Shin Chitose Airport baru jalan sekitar pukul 06.00 dan sampai di Airport jam 07.00, sudah tidak terkejar pesawatnya. Salam

  2. Selamat pagi pak Nugroho, saya dengan Maria, saya berencana ke Jepang pada Desember nanti, sudah pesan tiket tiba di Osaka pd tgl 26 Desember dan kembali ke Jakarta melalui Narita 4 Januari 2019, yg saya mau tanyakan berhubung jadwal liburan saya pada high season sehingga penginapan harganya sangat mahal, selain di Kyoto, dan Tokyo dimana saran bapak saya bisa stay dengan biaya penginapan yg tidak semahal jika saya harus stay di Tokyo.

    Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu mungkin bisa mencari di sekitaran Kamata, Ogikubo, atau Asakusabashi. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!