Shin Chitose Airport

Home / Airport / Shin Chitose Airport
Item image

Shin Chitose Airport adalah gerbang utama transportasi udara menuju ke Sapporo di Hokkaido, dan menjadi bandara utama bagi kamu yang hendak berlibur ke Hokkaido. Terletak di daerah bernama Chitose di tenggara kota Sapporo, bandara ini menjadi bandara terbesar di Hokkaido. Hampir seluruh bandara di kota utama Jepang seperti Narita dan Haneda di Tokyo, Kansai di Osaka, serta bandara Chubu di Nagoya terhubung dengan Shin Chitose Airport, sehingga aksesnya sangat mudah.

Shin Chitose Airport merupakan bandara tersibuk keempat di Jepang setelah bandara Narita dan Haneda di daerah Tokyo, Bandara Kansai di daerah Kyoto, Osaka, Nara. Posisi 4 ini menunjukkan makin banyak wisatawan yang datang ke daerah utara Jepang ini, dan berkeliling tempat wisata di Hokkaido.

Stasiun Kereta Bandara Shin-Chitose

Stasiun Kereta Bandara Shin-Chitose

Setelah mendarat di Bandara Shin Chitose dan melewati proses imigrasi, kita bisa menyaksikan kemegahan bandara terbesar di pulau Hokkaido ini. Kita juga dapat menemukan banyak tempat belanja, restoran, kafe, dan food court, serta fasilitas hiburan seperti Taman Bermain Doraemon Wakuwaku Skypark yakni area bermain khusus anak-anak yang buka mulai dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore, Royce Chocolate World, Hello Kitty Happy Flight, Steiff Discover Walk, serta puluhan restoran ramen dengan cita rasa khas Hokkaido. Tim Info Jepang sudah merangkum informasi mengenai Shin Chitose Airport serta bagaimana cara akses menuju ke pusat kota.

Toko Royce Chocolate World di Shin Chitose Airport

Toko Royce Chocolate World di Shin Chitose Airport

Khusus bagi teman-teman penggemar coklat, Royce Chocolote World di Bandara Chubu adalah surga tersembunyi buat kamu. Tidak hanya membeli oleh-oleh atau menikmati lezatnya coklat, kita  bahkan bisa melihat keseluruhan proses pembuatan coklat secara langsung melalui sebuah koridor kaca yang dibuka untuk umum. Selain itu ada juga Hokkaido Milk Castella yang menyediakan susu Hokkaido yang terkenal lezat dan kue spons Jepang.

Satu lagi yang bisa lihat di sini adalah Bioskop Sora yang ada di lantai 4. Di sini ada tiga buah layar bioskop di mana kita bisa menonton aneka film dalam bahasa Inggris untuk menghabiskan waktu menunggu jadwal penerbangan. Harga tiketnya juga cukup terjangkau, mulai dari 1.700 yen untuk dewasa atau cukup dengan 1.000 yen untuk anak-anak.

Akses Dari Shin Chitose Airport Menuju ke Sapporo

Shin Chitose Airport letaknya sekitar 50 kilometer di tenggara kota Sapporo. Ada beberapa alternatif moda transportasi dari Shin Chitose Airport Sapporo, yakni dengan kereta JR, naik bus, atau taksi.

1. Kereta Ekspress JR Airport

Moda transportasi ini adalah yang paling nyaman karena bisa sampai di Sapporo tanpa berpindah kereta dengan durasi paling cepat. Dari Shin Chitose Airport kita cukup mengikuti petunjuk jalan menuju ke stasiun di bawah tanah sampai ke pintu masuk stasiun Shin Chitose Kuko Eki. Kereta ekspress JR Airport ini berangkat setiap 15 menit sekali dan sampai di Sapporo dalam 37 menit. Biaya perjalanannya 1.070 yen (tercover dengan JR Pass). Harap perhatikan jenis kereta yang akan dinaiki karena ada juga kereta lokal yang akan berhenti di tiap stasiun. Kalau salah naik, perjalanan ke Sapporo jadi 1 jam. Saran dari Tim Info Jepang: ikuti orang-orang atau wisatawan luar negeri yang membawa koper besar. Mereka biasanya akan naik kereta ekspress menuju ke Sapporo.

Kereta ekspress pertama dari Sapporo menuju ke Shin Chitose Airport berangkat jam 06.16 dan kereta terakhir pukul 20.45. Di rute sebaliknya dari Shin Chitose Airport menuju ke Sapporo, kereta ekspress pertama berangkat jam 08.15 dan kereta terakhir pukul 22.53. Informasi selengkapnya mengenai kereta di Bandara Shin Chitose bisa dilihat di halaman berikut.

2. Bus Bandara dan Bus Wisata Luar Kota

Selain kereta tersedia pula moda transportasi bus dengan ongkos 1.030 yen (lebih murah sedikit dibandingkan kereta), namun dengan perjalanan lebih lama yakni 90 menit. Tim Info Jepang menyarankan untuk naik kereta ekspress JR Airport jika ingin pergi langsung ke Sapporo dan berwisata di tempat-tempat wisata kota Sapporo. Bus akan lebih efektif dan pas digunakan jika teman-teman ingin pergi ke tempat-tempat wisata di luar kota Sapporo seperti wisata alam di Danau Toya dan Shikotsu, pergi ke daerah wisata pemandian air panas di Jozankei, atau ke tempat bermain ski seperti Rusutsu dan Niseko. Ada bus-bus umum yang berangkat setiap 30 menit sekali menuju ke tempat-tempat wisata ini.

Cheap Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Richmond Hotel Sapporo
39 km away
Richmond Hotel Sapporo Ekimae
from ¥10186/night
Keio Plaza Hotel
40 km away
Keio Plaza Hotel Sapporo
from ¥14006/night
Hotel Hamilton Sapporo
40 km away
Hotel Hamilton Sapporo
from ¥7427/night
ANA Hotel Sapporo
40 km away
ANA Hotel Sapporo
from ¥18568/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Moerenuma Park
42 km away
Panorama Moerenuma Park di Sapporo
Taman Odori
40 km away
Suasana Odori Park Sapporo di siang hari
Jozankei Onsen
45 km away
Keindahan Tebing Jozankei Onsen
Pabrik Shiroikoibito
46 km away
Bangunan Pabrik Shiroikoibito

Sumber gambar: Flickr Kentaro Ohno, hirotomo t, Sapporo Tourism Association


Recommended for you


Last modified: February 5, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (39)

  1. Slmt siang pa, sy sekeluarga ber 4, berencana ke jepang tiket jkt narita pp tgl 7-16 juni 2018, tiba tgl 8 jam 9 pagi , siangnya sy langsung ke sapporo pake jetstar narita-sapporo pp, tgl 12 sya tiba ke narita lagi, dan berencana berkeliling area tokyo saja, mgkn akan ke gotemba, pass apa yg sy harus beli, mohon pencerahannya, trims banyak pa

  2. Halo Pak Nugroho.

    Kalo Pakai hokkaido Intercity bus pass tercover tidak ya dari airport ke sapporo? Kira-kira lebih hemat tidak ya pak jika menggunakan bus pass tersebut.

    Terima Kasih

  3. halo pak Nugroho,, saya akan ke sapporo januari ini seminggu beserta keluarga,,, ini pertama kali ke sapporo,, yg saya mo nanya perihal transportasi disana:
    1.. kami sekeluarga lebih byk main dikota sapporo såja,, paling sehari pp ke niseko, apakah kita perlu jr pass ato pass lainnya ? ato lebih irit beli di sapporo saja,, kalo beli jr pass di indo ,lumayan mahal ( 3jt)
    2.. dari airport ke hotel sapporo lebih baik mengunakan bus ato kereta jr ?

    minta pencerahannya ,,,thx

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu Pak kalau seperti itu, dan kalau memang mau PP ke Niseko, bisa gunakan bus tour saja. Silahkan lengkapnya baca tulisan saya tentang Niseko. Dari airport, bisa naik kereta saja pak sampai Stasiun Sapporo, lebih cepat namun ongkosnya hanya lebih mahal sedikit. Salam.

  4. Sore Pak..
    Pak berarti kalau mau naik JR line ke bandara dari sapporo naiknya dari Minami station yah? Atau dari station mana yah Pak di kota Sapporo nya?

    Tq Pak

  5. Selamat pagi pak Nugroho,
    Mohon maaf,Pak.. Saya masih belum paham dengan JR pass. Apakah itu semacam kartu naik kereta yang dibeli di Shin Chitose airport?
    Kedua, apakah memungkinkan jika naik kereta JR ekspress dengan membawa 2 koper? Jika ya, apakah ada biaya tambahan?

    Terima kasih

  6. Selamat pagi pak Nugroho,
    Mohon maaf, saya masih belum paham mengenai JR pass. Apakah itu semacam kartu untuk naik kereta di mana untuk mendapatkannya saya harus beli dahulu si bandara?
    Kalau saya bawa barang sekitar 2 koper, apakah diijinkan untuk naik kereta JR ekspres? Jika ya, apakah ada biaya tambahan?
    Terima kasih, Pak.

  7. Hi, saya punya plan ke jepang pada winter 2018 untuk 8 hari dan berikut itinerary atau beberapa spot yang ingin saya kunjungi;
    Tokyo (Arrive-Depart)
    Sapporo (Flight from tokyo to sapporo & return from sapporo to osaka)
    Osaka
    Kyoto
    Shirakawa go
    Mt.Fuji
    Universal Studio
    Tokyo – Cgk
    Mohon masukannya mengenai:
    – JR Pass (perlu atau tidak)?
    – Since ini winter apakah ada yg perlu atau perlu untuk dilakukan atau didatangi,?
    – 8 hari, 2 pulau (hokkaido & honsu) apakah memungkinkan?
    – & many more, thanks in advance?

  8. Malam pak , jika naik kereta ekspress jR airpot dari shin chitose ke sapporo station bisa bawa koper yang besar kedalam kereta?
    Terima kasih

  9. Priska Chandra  |  

    Selamat Siang Pak, mohon info . Saya berencana ke Hokaido di bulan Des. Bila saya tiba di Narita pukul 16.05, apakah saya mempunyai waktu yang cukup untuk melanjutkan perjalanan ke Sapporo dari Haneda dgn pesawat Pukul 20.30 ? Terima kasih infonya.

  10. Selamat siang pa Nugroho

    tiket pesawat saya pakai NH ( Jakarta – Haneda – Chitose )
    1. Haneda Intersional airport menuju Haneda Domestik aiport prosedurnya gmn pa?
    2. Imigrasi ( pengecekan visa dan pasport ) apakah di Haneda Internasional atau di Haneda Domestik
    3. Bagasi apakah bs lsg direct ke Haneda Domestik jd tdk perlu ambil bagasi di Haneda Intersional ?

    Terima Kasih

    Joko

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa naik kereta Keikyu Line atau Kereta Monorel dari Haneda Airport International Terminal ke Haneda Domestic Terminal.
      Pengecekan visa nya dilakukan di bandara pertama ketibaan di Jepang, jadi ke Haneda Airport International Terminal.
      Untuk bagasinya Tim Info Jepang tidak tahu, kalau nomor pemesanannya sama berarti bagasinya langsung. Silakan dicek sendiri ke maskapainya. Salam

  11. maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimanakah caranya kalau dari bandara new chitose ke sapporo dengan menggunakan kereta api? kami berangkat 16 orang, dan kami semua baru pertama kali pergi ke sapporo dan juga apakah disana ada city tour harian? atau apakah ada saran lain? sebelumnya kami akan berangkat di akhir bulan desember 2017. terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Akses dari Shin Chitose ke Sapporo dengan kereta bisa dicek di artikel di atas.
      Salam

  12. Iya Pak, tp transport menuju ke fukagawa nya kan sendiri. Menurut Bapak, dr rute new chitose ke otaru dan nginap semalam di otaru, terus pagi jalan otaru dan siang nya jalan ke sapporo malam nya lgsg ke fukagawa, sebaiknya saya pake train atau jr atau bus yg mana? Yg worth it Pak. Balik nya dr fukagawa ke sapporo sebaiknya naik train atau bus? Atau ada tiket PP fukagawa sapporo yg murah?

    Salam dan terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau ingin naik kereta, tidak ada yang cocok kalau menggunakan Hokkaido Pass. Ibu silakan membeli tiket satuan, dari Shin Chitose ke Otaru (1780 yen), Otaru-Fukagawa (4610 yen), dan Fukagawa-Sapporo-Shin Chitose (4750 yen).
      Kalau ingin transportasi yang lebih murah, bisa naik bus dari Sapporo ke Fukagawa ongkosnya PP 3020 yen. Salam

  13. Siang Pak,

    Ada bus yg lgsg ke otaru tidak dari new chitose?
    Rencn saya dr new chitose lgsg ke otaru trus nginap di otaru, besok paginya jalan otaru dan siang nya lgsg ke sapporo dan jalan sampe malam dan malamnya ke fukagawa menjenguk sodara. Trus H6 nya balik dr fukagawa ke sapporo. Dari h1 sampe H6, saran Bapak sebaiknya saya pake transport bus atau train atau pass apa yg cocok untuk saya.
    *note selama di fukagawa saya pake mobil sodara

    Salam dan terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tidak ada bus langsung dari Shin Chitose Airport ke Otaru, semuanya harus ke Sapporo Station dulu.
      Maksud ibu transportasi yang cocok apa? Bukannya naik mobil saudara di Fukagawa dari malam hari kedua sampai pulang?
      Salam

  14. Malam pak sy brgkt jkt narita jam 6.25 pagi .narita chitose 17.55 sore rencana lsg ke sapporo. Sampai disapporo jam berapa ya pak. Soalnya mau menghemat waktu.menurut pak nugroho enaknya Gimna.apakah imigrasi di chitose cepat ya pak.soalnya ud malam.trus bermalam di sapporo tokyo rei hotel.jauh nggk dari airport.sekalian tanya hotelnya ud cukup lumayan ya pak. Thanks ya

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Bandara Chitose ke Sapporo butuh waktu 30 menit dengan kereta Riana (cukup dekat kok). Imigrasi di Chitose cepat kok (maks hanya 30-45 menit saja). Hotel Sapporo Tokyo Rei ada di area Susukino, bisa naik kereta Namboku Line setibanya di Stasiun Sapporo. Oiya, Riana bisa jalan-jalan berburu kuliner di malam hari di area Susukino. Hotelnya juga cukup bagus dan memang sering jadi tempat menginap para wisatawan di Sapporo karena dekat dengan Susukino.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!