Gunung Maya Kobe

Home / Nature / Gunung Maya Kobe
Item image

Gunung Maya-san adalah salah satu dari puncak gunung di pegunungan Rokko di Kobe. Kalau Gunung Rokko berada di sisi timur laut kota Kobe, Gunung Maya berada persis di sisi utara kota, menyajikan pemandangan kota Kobe sampai ke laut Teluk Osaka. Meskipun pemandangan malam dari Gunung Maya tidak se-spektakuler pemandangan Gunung Rokko yang menjadi salah satu dari tiga pemandangan terbaik di Jepang, kita tetap dapat menikmati panorama dan keindahan kota dari Gunung Maya. Selain itu, masih ada kegiatan lain yang bisa kita lakukan di Gunung Maya Kobe, berikut ini laporan khas Tim Info Jepang mengunjungi gunung setinggi 699 meter ini.

Kegiatan seru di Gunung Maya Kobe

1. Menikmati keindahan malam yang tak terlupakan dari puncak Gunung Maya

Tidak perlu peralatan atau persiapan khusus untuk sampai puncak Gunung Maya. Kita bisa mencapainya dengan naik Maya cable-car dari Stasiun Maya Cable sampai Stasiun Nijinoeki (kalau dalam bahasa Indonesia berarti Stasiun Pelangi). Lama perjalanannya sekitar 5 menit. Perjalanan mencapai puncak Maya dilanjutkan dengan naik Maya-Ropeway sampai ke stasiun akhir yang bernama Hoshi Eki (Stasiun Bintang), yang juga sekitar 5 menit. Diberi nama bintang mungkin karena kita bisa melihat pemandangan langit malam dengan bintang-bintang yang indah dari area puncak gunung ini.

Suasana stasiun bintang di Gunung Maya

Suasana stasiun Bintang di Gunung Maya

Pergi ke Gunung Maya Kobe

Papan Penanda saat naik ke Gunung Maya Kobe

Jika udara cerah dan tidak mendung, kita bisa menyaksikan langsung pemandangan malam Kobe dan Teluk Osaka, Kobe Port Tower, dan Museum Maritim Kobe yang yang selalu menghiasi kartu pos dan lukisan oleh-oleh dari Kobe. Oiya, sambil naik atau turun dari puncak gunung, jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan malam Kobe dari ketinggian ya. Keren banget deh! Serasa ngeliat keindahan Bandung dari daerah Dago Pakar, hehe.

2. Mengunjungi Kuil Tenjoji di Puncak Gunung Maya

Di area puncak gunung, kita bisa mengunjungi kuil Buddha Tenjoji atau Kuil Mayasan Tenjoji. Menurut catatan sejarah, kuil ini sudah dibangun sejak tahun 646 atau lebih dari 1400 tahun yang lalu. Kuil ini dibangun untuk menghormati Maya, ibu Buddha yang berasal dari China. Maya, nama inilah yang kemudian menjadi nama gunung yang kita kenal sampai dengan hari ini. Para penduduk yang beragama Buddha di Kobe berkumpul di kuil ini untuk berdoa dan berharap keberuntungan sambil menyaksikan matahari terbit pertama kali pada awal tahun.

Informasi Transportasi di Gunung Maya

Jam operasional Maya Cable Car: 10.00-17.40 (hari biasa, di musim semi dan musim dingin), atau 10.00-21.00 (jumat, sabtu, dan hari libur).

Jam operasional Maya Ropeway: 10.10-17.30 10.00-17.40 (hari biasa, di musim semi dan musim dingin), atau 10.10-20.50 (jumat, sabtu, dan hari libur).

Akses Menuju Gunung Maya

Dari Stasiun JR/ Hanshin/ Hankyu Sannomiya, di pusat kota Kobe, naik bus no 18 ke Stasiun Gunung Maya-san (Mt. Maya Cable Car Station) selama 25 menit. Bus ini bisa kita temukan di Terminal Bus dekat pintu keluar sisi timur Stasiun Sannnomiya.

Selain itu, bisa juga dengan naik bus Saka dari Stasiun JR Nada. Lama perjalanan sekitar 15 menit.

Kalau teman-teman dari Osaka, bisa naik kereta JR Kobe Line dari Stasiun Osaka sampai Sannomiya Station Kobe selama 28 menit dengan tiket seharga 410 yen.

Cheap Hotels in Kobe [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Claire Higasa
48 km away
Hotel Claire Higasa
from ¥6443/night
Arima Onsen Motoyu Ryuuse
8 km away
Arima Onsen Motoyu Ryuusenkaku
from ¥6800/night
Diora Rikyuan
8 km away
Diora Rikyuan
from ¥6900/night
Maple Arima
8 km away
Maple Arima
from ¥11100/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Takeda Castle
72 km away
Suasana Takeda Castle
Kobe Bay Cruise
6 km away
kapal pesiar concerto sedang bersandar di dermaga
Kinosaki Onsen
105 km away
Kinosaki Onsen Nishimuraya Shogetsu
Luminous Kobe
6 km away
Perjalanan malam hari Kobe Luminous

Sumber gambar: Flickr Dokumentasi Tim Info Jepang, Dokumentasi Tim Info Jepang


Recommended for you


Last modified: February 23, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (11)

    • Pak nug, tolong dibantu lagi utk kembali ke Sannomiya Station dari Maya Cable gimana ya?
      Sebaiknya menggunakan bus atau menggunakan Hankyu-kobe line?
      terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Pada hari biasa, bus beroperasi sampai jam 21.31, sementara untuk hari sabtu dan minggu sampai jam 21.24. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa dengan naik bus lagi bu ke Stasiun Sannomiya. Maksudnya kembali itu kembali ke mana? Ke kota Kobe kan? Salam.

    • Regina Nathania  |  

      Iya ke kobe berarti naik bus lagi ya? Dg nomor bus yg sama ya? Dan sebelum pukul 21.24 kah? Utk bus kembali ke sannomiya nya palig malamnya? Pada saat weekend lebih awal ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya benar, bus yang sama, yakni nomor 18. Bus beroperasi sampai jam 21.31 (hari biasa), sementara untuk hari sabtu dan minggu sampai jam 21.24. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!