Jembatan Akashi Kaikyo

Home / Attraction / Jembatan Akashi Kaikyo
Item image

Jembatan Akashi Kaikyo atau Akashi Kaikyo Bridge adalah jembatan terpanjang di dunia. Dengan total panjang 3.911 meter dan bentangan utama sepanjang 1991 meter, jembatan ini menjadi ikon wisata sekaligus bukti keunggulan bangsa Jepang di bidang transportasi dan struktur bangunan. Kalau teman-teman pernah pergi dan melihat jembatan Rainbow Bridge di Odaiba Tokyo, maka jembatan Akashi Kaikyo ini 6 kali lebih panjang dan 2 kali lebih tinggi daripada jembatan Rainbow Bridge yang jadi ikonkota Tokyo. Terletak di atas Selat Akashi yang memisahkan distrik Maiko di Hyogo dengan kepulauan Awaji, jembatan ini tetap kokoh berdiri saat gempa besar Hanshin di Kobe melanda tahun 1995. Saat hampir seluruh bangunan di Kota Kobe runtuh, jembatan ini tetap tegak berdiri meski disebut-sebut strukturnya melar hampir sepanjang 1 meter. Keindahan dan kokohnya struktur jembatan ini terhadap arus laut dan angin kencang serta ancaman gempa membuatnya menjadi contoh bagi pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) yang menghubungkan Jawa dan Sumatera. Mari lihat keindahan jembatan Akashi Kaikyo bersama Tim Info Jepang.

Wilayah Jepang yang rawan gempa tidak luput dari perencanaan pembangunan jembatan dengan bentang terpanjang di dunia ini. Gempa besar Hanshin yang mengguncang Kobe ternyata menjadi “uji coba” terhadap kekuatan desain dan struktur jembatan ini. Dibangun dengan biaya hampir 5 miliar dolar atau 65 triliun (dalam kurs rupiah hari ini), jembatan ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana transportasi, melainkan juga sebagai objek wisata di wilayah Kobe dan Prefektur Hyogo.

Kegiatan Seru di Akashi Kaikyo

1. Melihat iluminasi menakjubkan Akashi Kaikyo di malam hari

Jembatan Akashi Kaikyo dilengkapi dengan 1.737 lampu berwarna-warni yang siap memberikan pemandangan menakjubkan setiap malamnya. Saat mengunjungi jembatan ini di musim semi, kita akan melihat iluminasi hijau, biru di musim panas, merah dan kuning di musim gugur dan musim dingin. Sistem iluminasi di jembatan ini sudah menggunakan sistem komputer, menyimpan 28 pola iluminasi dan warna untuk setiap jam, setiap musim, dan acara-acara spesial. Kalau teman-teman pernah mengunjungi Yokohama Bay Bridge, iluminasi di Akashi Kaikyo ini jauh lebih keren dan indah. Beberapa spot terbaik untuk menikmati iluminasi malam di Yokohama Bay Bridge antara lain di dari tepi taman di sisi Maiko dan di sisi Awaji, selain itu kita juga menikmati keindahan ini dengan naik tur kapal pesiar Kobe Bay Cruise.

Jembatan Akashi Kaikyo Bridge

Jembatan Akashi Kaikyo Bridge

2. Melihat pemandangan  dari Maiko Marine Promenade

Kita juga melihat kemegahan dan keindahan iluminasi jembatan dari area observasi yang dibangun di bagian bawah jembatan. Letaknya ada di sisi Kobe dan dapat dicapai dengan naik elevator dari dasar struktur jembatan. Dari ketinggian sekitar 50 meter dari permukaan air laut, kita bisa melihat pemandangan kota Osaka dan selat Akashi. Maiko Marine Promenade buka dari jam 09.30-18.00 dengan tiket masuk seharga 250 yen untuk hari kerja dan 310 yen untuk akhir minggu dan hari libur.

3. Mengenal sejarah jembatan di Museum Jembatan

Tidak jauh dari elevator menuju Maiko Marine Promenade, kita bisa mengunjungi Museum Jembatan Akashi Kaikyo atau Akashi Kaikyo Bridge Exhibition Center. Museum ini terletak di kaki jembatan megah ini. Di museum ini, kita bisa melihat sejarah dan perencanaan jembatan di atas selat Akashi, proses pembangunan jembatan yang menghubungkan pulau Honshu dan Shikoku, teknologi suspensi yang digunakan, hingga simulasi kekuatan jembatan menghadapi gempa dan angin besar. Kita juga bisa melihat maket (miniatur) jembatan serta liputan media kepada jembatan saat peresmian dan setelah gempa besar Hanshin tahun 1995. Museum ini buka dari jam 09.15-17.00, dengan tiket masuk seharga 310 yen. Dari kaca besar museum, kita bisa melihat kemegahan struktur jembatan Akashi Kaikyo ini. Tersedia juga informasi wisata di kota Kobe, dan informasi tur berkeliling jembatan Akashi Kaikyo.

4. Ikut tur berkeliling jembatan Akashi Kaikyo

Salah satu tur yang disukai oleh para wisatawan adalah tur “Bridge World” di mana kita bisa naik dan menikmati pemandangan dari menara suspensi jembatan setinggi 300 meter. Wah, pemandangan dari atas menara ini sungguh indah, kita bisa melihat kota Osaka, Kobe hingga pulau Awaji. Bagi teman-teman yang ingin bergabung, tur ini diadakan setiap hari Kamis-Minggu selama 2,5 jam. Biayanya juga cukup murah, mulai dari 3.000 yen. Untuk informasi selanjutnya atau pemesanan tur, bisa langsung dilihat di website Bridge World Tour.

Suasana Akashi Kaikyo Bridge Kobe

Pemandangan Jembatan Akashi Kaikyo Bridge dari Taman Maiko

Akses menuju Akashi Kaikyo

Dari Stasiun Sannomiya, Motomachi, dan Kobe (Hyogo) kita bisa naik kereta JR Sanyo Line sampai ke Stasiun Maiko. Lama perjalanannya sekitar 25 menit dengan ongkos 300 yen.

Baca juga: Akses menuju Kobe dari Osaka, Kyoto, atau Tokyo

Cheap Hotels in Kobe [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Himeji Plaza
38 km away
Hotel Himeji Plaza
from ¥4602/night
Maple Arima
28 km away
Maple Arima
from ¥11100/night
ANA Crowne Plaza Kobe
17 km away
from ¥8900/night
Kobe Motomachi Tokyu REI
16 km away
from ¥7300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pantai Suma Kobe
9 km away
pantai suma kobe
Kuil Onsenji
113 km away
Pemandangan Kinosaki Onsen dari atas gunung
Perkebunan Gunung Rokko
21 km away
Suasana Perkebunan Gunung Rokko
Gunung Rokko Kobe
27 km away
pemandangan malam gunung rokko

Sumber gambar: Flickr Xiaojun Deng, Takuma Kimura


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!