Berkeliling Kobe Murah dengan Naik Bus

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Berkeliling Kobe Murah dengan Naik Bus

Berdasarkan data yang diolah dari komentar pembaca dan para pengguna Tour Guide Online, rencana kunjungan wisatawan ke Kobe naik hampir 15% dari periode yang sama tahun lalu. Tidak heran, karena Kobe adalah kota yang lengkap untuk berwisata: ada pusat perbelanjaan dan pusat makanan murah, bangunan landmark dengan bentuk unik yang instagrammable, pemandangan laut, serta pegunungan yang semuanya saling berdekatan. Kalau kamu hanya punya waktu sedikit (1 hari) untuk berkeliling Kobe, solusi terbaik dan paling praktis untuk berkeliling Kobe murah dengan naik bus keliling kota. Simak uraian penggunaannya dari Tim Info Jepang.

Berapa harga One Day City Loop Bus?

Kobe One Day City Loop Bus ini harganya 660 yen untuk one-day pass (bisa digunakan untuk naik bus loop seharian penuh). Lama perjalanan untuk menempuh satu rute penuh sekitar 1 jam.

Selain itu, kalau teman-teman hanya ingin mengunjungi beberapa tempat saja, bisa juga dengan naik bus loop ini dengan harga 260 yen (untuk sekali naik).

Teman-teman bisa membeli Kobe One Day City Loop Bus di pusat informasi turis di Stasiun Sannomiya dan Stasiun Shin-Kobe, lalu di Pusat Informasi Turis di Bandara Kansai, Stasiun Osaka, dan Stasiun Kyoto. Selain itu, bisa juga langsung dibeli di dalam bus loop Kobe.

Tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan Kobe City Loop Bus

1. Kobe Port Tower

Kobe Port Tower adalah ikon kota Kobe setinggi 108 meter yang berbentuk drum khas Jepang. Lokasinya yang berada di tepi Teluk Osaka membuat menara ini menjadi salah satu ikon sekaligus objek wisata Kobe yang terkenal.

Lantai observasi menara ini akan berputar penuh setiap 20 menit, membuat kita bisa menikmati keindahan panorama Kobe: pegunungan Rokko dan kota Kobe di sisi utara, lalu melihat kesibukan pelabuhan Kobe dan pulau buatan Rokko di sisi timur, Bandara Kobe yang terletak di atas laut Teluk Osaka dan Umie Mosaic dengan wahana bianglalanya di selatan, lalu keindahan jembatan Akashi-Keiko dan pulau Awaji di sisi barat. Halte bus terdekat dengan Kobe Port Tower adalah halte nomor 17.

Berkeliling Kobe Murah dengan Naik Bus Kobe Port Tower

Berkeliling Kobe Murah dengan Naik Bus: Kobe Port Tower

2. Sannomiya Kobe

Sannomiya adalah area pusat bisnis, hiburan, dan belanja di Kobe. Dibandingkan dengan Stasiun Kobe (berbeda satu stasiun di selatan), daerah ini jauh lebih ramai, karena Sannomiya dilalui kereta JR, Hanshin Line, Hankyu Line, Kobe Subway ke stasiun shinkansen Shin-Kobe, dan Port Liner ke Bandara Kobe.

Jika berjalan dari arah stasiun ke arah pelabuhan, kita bisa melihat Flower Clock, Monumen Memorial Gempa Kobe, dan tempat-tempat wisata di daerah pelabuhan seperti Kobe Harbor Land, Museum Maritim Kobe, dan Kobe Port Tower yang terkenal, termasuk mencicipi Kobe Beef yang termashyur. Halte bus terdekat dengan Sannomiya Kobe adalah halte nomor 6,7, atau 13.

3. Kobe Chinatown

Menjadi tiga kawasan pecinan terbesar di Jepang, bersama dengan Yokohama Chinatown dan Nagasaki Chinatown, Kobe Chinatown menawarkan atraksi wisata berupa pusat perbelanjaan dan kuliner murah di pusat kota Kobe.

Di sini, kita bisa mencoba makanan favorit Cina seperti yaitu roti kukus (manju), dimsum, bebek peking, dan tentu saja mie ramen. Selain itu, ada beragam oleh-oleh seperti rempah-rempah, perlengkapan dapur unik, hingga buah yang tersedia dengan harga yang murah. Halte bus terdekat dengan Kobe Chinatown adalah halte nomor 4 atau 15.

Berkeliling Kobe Murah dengan Naik Bus Kobe Chinatown

Berkeliling Kobe Murah dengan Naik Bus: Kobe Chinatown

4. Kobe Herb Garden

Kobe Herbs Garden terletak sangat dekat dengan pusat kota Kobe, dan bersebelahan dengan stasiun kereta shinkansen Shin Kobe. Namun, karena letaknya yang berada di kaki gunung, kita harus naik kereta gondola sampai ke puncak selama 10 menit. Halte bus terdekat dengan Kobe Herbs Garden adalah halte nomor 11.

Setibanya di Kobe Herb Garden (Kobe Nunobiki) taman ini, kita bisa melihat lebih dari 75.000 tanaman dari total 200 spesies. Semuanya tersusun rapi dalam 14 tema musim dan habitat hidup. Di musim semi (awal April), kita bisa menikmati keindahan bunga sakura, poppy, dan tulip yang mekar. Lalu, melihat bunga mawar aneka warna yang mekar dari Mei hingga pertengahan Juni. Di bulan Juli, ada bunga lavender, geranium, oregano, dan chicory yang mekar. Sebagai penutup, kita bisa melihat keindahan warna pohon yang berubah warna menjadi kuning-jingga-dan merah (momiji) di bulan November hingga awal November.

Berkeliling Kobe Murah dengan Naik Bus Kobe Herbs Garden

Berkeliling Kobe Murah dengan Naik Bus: Kobe Herbs Garden

Berkeliling Kobe Murah dengan Naik Bus: Info Jalur Bus

Berkeliling Kobe Murah dengan Naik Bus Jalur Bus

Berkeliling Kobe Murah dengan naik Bus : Jalur Bus Loop Kobe

Nama-nama Halte Bus dengan tempat wisata di dekatnya:

  1. Kamomeria Bus Stop : pelabuhan Kobe Cruise
  2. Harborland Mosaic Mae Bus Stop: Kobe Harborland, Anpanman Museum, Mall Umi Mosaic
  3. Minatomotomachi Eki Mae Bus Stop
  4. Nankinmachi Bus Stop : Kawasan Pecinan Kobe (Kobe Chinatown)
  5. Kyu-kyoryuuchi Bus Stop : Museum Kota Kobe
  6. Sannomiya Centa-gai Higashi Guchi Bus Stop (pintu timur Stasiun Sannomiya)
  7. Chikatetsu Sannomiya Eki-mae Bus Stop (pintu utara Stasiun Sannomiya)
  8. Kitano Kobo no Machi Bus Stop
  9. Kitano Saka Bus Stop
  10. Kitano Ijinkan Bus Stop
  11. Kobe Nunobiki Habu Kan Bus Stop: Kobe Herbs Garden
  12. Shin Kobe Station Bus Stop
  13. Chikatetsu Sannomiya Eki-mae Bus Stop (pintu selatan Stasiun Sannomiya)
  14. Shiyakusho Mae Bus Stop
  15. Motomachi Shotengai Bus Stop: Kawasan Pecinan Kobe Kobe Chinatown
  16. Meriken Park Bus Stop : Meriken Park dan Museum Maritim Kobe
  17. Naka Tottei Bus Stop: Kobe Port Tower

Nah, semoga panduan berkeliling Kobe murah dengan naik bus ini bisa membantu teman-teman. Sebagai catatan, speaker informasi di dalam bus semuanya dalam bahasa Jepang. Jadi pastikan untuk selalu memperhatikan nomor halte bus yang dekat dengan tempat tujuan teman-teman, seperti yang sudah dituliskan oleh Tim Info Jepang di atas. Kalau masih ada yang bingung, silahkan tanya melalui kolom komentar di bawah ini ya!

Cheap Hotels in Kobe [More Hotels]

Arima Hot Spring Ryokan K
Arima Hot Spring Ryokan
from ¥6790/night
Hotel Himeji Plaza
Hotel Himeji Plaza
from ¥4602/night
Kobe Motomachi Tokyu REI
from ¥7300/night
Himeji 588 Guest House
Himeji 588 Guest House
from ¥2659/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr adrian8_8, ih, Manish Prabhune, Amy W


Recommended for you

Last modified: September 10, 2017

Comments (4)

  1. Selamat malam Pak. says mau nanya:

    1. dengan kobe one day city loop bus ( 660 yen ), kita bisa naik bus dari jam brp sampai jam brp?
    rute 1 harian penuh hanya mengunjungi 4 tempat wisata saja?
    2. kalau dengan biaya 260 yen itu untuk 1x naik ke 1 tujuan? ato bisa ke beberapa tujuan?

    mohon infonya. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bus terakhir beroperasi sekitar jam 5 sore. Total ada 17 halte bus, dengan 8 yang dekat tempat wisata favorit. 4 tempat yang kami soroti itu adalah tempat wisata favorit yang biasanya jadi list “wajib dikunjungi” di Kobe.
      2. 260 yen adalah untuk sekali naik bus.

    • pak. saya mau nanya lagi:

      1. kalau mulai beroperasi dari jam brp y busnya?
      2. jadi kalau saya jam 5 sore naik bus city loop ini dari tempat wisata herb garden dan ingin berhenti di Sta. Sannomiya bisa y? atau dari sebelum jam 5 saya sudah naik bus?
      3. informasi pemberhentian bus apakah ada bahasa inggrisny? atau hanya dalam bahasa jepang dan kita harus menghafal no rute pemberhentian?

      mohon saran dan infonya. terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bus mulai beroperasi dari jam 9-10 pagi.
      2. Bisa, busnya terakhir berangkat jam 17.57 dari Kobe Nunobiki ke Sannomiya Kobe.
      3. Pemberhentian bus ada, tapi mungkin kecil. Ibu bisa hafalkan saja haltenya (ada 17) atau print saja peta jalurnya. Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!