Kawasan Pecinan di Jepang

You are here Home  > Center Town >  Kawasan Pecinan di Jepang

Ada tiga kawasan pecinan di Jepang atau Chinatown yang terkenal. Satu ada di Yokohama (paling dekat dengan Tokyo), lalu ada di Kobe (dekat dengan Kyoto dan Osaka), dan terakhir di Nagasaki. Semuanya terletak di dekat pelabuhan-pelabuhan utama Jepang yang dibuka setelah periode Edo. Para pedagang yang datang, tinggal, kemudian membentuk komunitas pecinan sampai dengan hari ini.

Sebenarnya budaya Cina telah banyak “diserap” dalam kebudayaan Jepang. Kita bisa lihat dari jenis tulisan, bangunan kuil, dan juga taman-taman di Jepang banyak yang terkait atau berhubungan dengan desain dan sejarah Cina. Panganan mie terkenal Jepang yakni ramen bahkan sebenarnya berasal dari Cina. Hanya saja, penduduk Jepang bisa membuat mie ramen yang jauh lebih lezat, yang membuat ramen dikira berasal dari Jepang.

Sekarang, kawasan pecinan atau sering disebut chuukagai dalam bahasa Jepang merupakan salah satu ikon atau tempat wisata favorit di Jepang. Daya tarik utamanya adalah suasananya yang khas dengan mayoritas benda-benda berwarna merah, lengkap dengan pajangan tulisan atau lampion, tentu dengan aneka restoran dan makanannya yang lezat dan tentu “murah”. Selain itu, masih ada juga toko-toko yang menjual aneka suvenir atau oleh-oleh khas berupa pajangan.

Kawasan Pecinan di Jepang

1. Yokohama Chinatown

Yokohama Chinatown adalah kawasan pecinan terbesar di Jepang, terletak di pusat kota Yokohama. Ada banyak toko dan restoran Makanan Cina yang dapat kita temukan di sini. Yang Khas dari Yokohama Chinatown adalah keempat gerbang berwarna-warni berdiri di pintu masuk ke Chinatown. Selain itu, ada juga Candi atau Kuil Kanteibyo yang ada di dalam kawasan pecinan. Kanteibyo ini dibangun pada tahun 1873 oleh warga Cina, itu didedikasikan untuk dewa kemakmuran.

Baca juga: Pecinan di Jepang Yokohama Chinatown

Jalan-jalan ke Yokohama Chinatown

Pecinan di Jepang: Yokohama Chinatown

2. Kobe Chinatown

Kobe Chinatown atau Kobe Nankin-machi adalah kawasan pecinan yang berlokasi di pusat kota Kobe. Kawasan pecinan ini adalah satu-satunya yang ada di wilayah Kansai. Di sini ada ratusan toko dan restoran, termasuk yang menjual menu-menu favorit Cina seperti yaitu roti kukus (manju), dimsum, bebek peking, dan tentu saja mie ramen. Harganya makanan di sini juga jauh lebih murah daripada makan di area Kobe Harbor Land atau Sannomiya. Kobe Chinatown juga terkenal dengan oleh-olehnya berupa teh cina, peralatan masak, hingga aneka dekorasi dapur yang unik.

Baca juga: Akses ke Kobe Chinatown

Pecinan di Jepang Kobe Chinatown

Pecinan di Jepang: Kobe Chinatown

3. Nagasaki Chinatown

Terletak di ujung selatan Jepang, Nagasaki Chinatown adalah kawasan pecinan tertua di Jepang. Nagasaki di ujung selatan Jepang merupakan area pelabuhan terdekat dengan Cina, Taiwan, dan Korea ketimbang Yokohama dan wilayah Kansai. Dengan ratusan toko dan restoran, kita dapat merasakan makanan khas Cina, seperti masakan Beijing, Shanghai, Guangdong, dan daerah lainnya. Saat Tahun Baru Cina atau lebih dikenal dengan Imlek, kita bisa bergabung dalam festival lentera Nagasaki, di mana lebih dari 15.000 lampion akan dinyalakan dan dilepaskan dengan berbagai harapan di tahun yang baru.

Baca juga: Akses ke Nagasaki Chinatown

Pecinan di Jepang Nagasaki Chinatown

Pecinan di Jepang: Nagasaki Chinatown

Sumber gambar: Flickr iris, Yoshihiro Sakai, John Jones


Recommended for you

Last modified: January 29, 2017

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!