Kuil Onsenji

Home / Hot Spring / Kuil Onsenji
Item image

Kuil Onsenji di Kinosaki sering disebut sebagai Kuil Pemandian Air Panas atau Kuil Onsen. Kuil Onsenji ini dibangun untuk menghormati seorang pendeta Buddha yang berdoa terus menerus selama 1000 hari kepada Sang Buddha untuk meminta air di Kinosaki. Singkat cerita, Sang Buddha mengabulkan doanya dan memunculkan banyak sumber-sumber air panas di Kinosaki. Perekonomian Kinosaki pun tumbuh dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang ke sini. Sampai beberapa tahun yang lalu, ada ritual khas yang selalu dilakukan oleh pengunjung Kinosaki, yakni berdoa di Kuil Onsenji sebelum memulai tur berkeliling ke onsen-onsen di Kinosaki. Meskipun kebiasaan ini mulai pudar, Kuil Onsenji punya beberapa keunikan yang sayang untuk dilewatkan, khususnya untuk menikmati siang hari di Kinosaki.

Kegiatan wisata seru di Kuil Onsenji

1. Berkeliling kompleks kuil Onsenji

Salah satu ikon Kuil Onsenji adalah patung kannon Buddha berkepala sebelas. Patung setinggi hampir 2 meter ini masuk ke dalam warisan sejarah nasional Jepang. Namun, patung kannon Buddha ini tidak dapat dilihat setiap waktu. Kita hanya bisa melihatnya selama 3 tahun setiap 33 tahun sekali, di mana periode terdekat adalah pada 23 April 2018-23 April 2021, diawali dengan festival Onsen Matsuri yang diadakan setiap tanggal 23-24 April.

Masih di dalam kompleks kuil, kita juga bisa mampir ke Museum Seni Kinosaki. Ada beragam artefak dan benda-benda seni peninggalan kebudayaan Buddha berusia ratusan tahun, seperti tulisan/ kaligrafi, arca dan patung berukuran kecil, dan juga beberapa panjangan dinding.

Selain itu juga masih ada juga aula Yakushi Buddha yang digunakan untuk berdoa dan juga gerbang Sanmon dengan ukirannya yang khas. Letaknya yang ada di lereng gunung juga membuat kita bisa menikmati pemandangan kota Kinosaki dari ketinggian.

Kuil Onsenji di musim dingin

Kuil Onsenji di musim dingin

2. Mengunjungi Onsen Kono-yu

Tidak begitu jauh dari area pintu gerbang kuil, ada Kono-yu, salah satu onsen umum di Kinosaki. Memang setelah ritual berdoa di kuil, para pengunjung akan memulai tur onsen dengan mengunjungi Kono-yu. Lengkapnya, teman-teman bisa membacanya di onsen-onsen Kinosaki

3. Naik ke Puncak Gunung

Puas berkeliling dan melihat-lihat Kuil Onsenji, kita bisa naik Kinosaki Ropeway atau kereta gantung ke atas puncak gunung. Dari atas, kita bisa melihat pemandangan kota Kinosaki yang dikelilingi dengan hutan dan persawahan dan juga lautan biru di depan mata. Biaya untuk naik kereta gantung ini 560 yen untuk sekali perjalanan atau 900 yen untuk rute pulang pergi sampai ke puncak. Sebagai catatan, Kinosaki Ropeway tersedia setiap 20 menit dari jam 09.10 sampai jam 17.10 dan tutup setiap hari Rabu (minggu kedua dan keempat).

Pemandangan sewaktu naik Kinosaki Ropeway

Pemandangan sewaktu naik Kinosaki Ropeway

Akses ke Kuil Onsenji

Dari Stasiun Kinosaki atau area pusat kota Kinosaki, kita bisa berjalan kaki sekitar 20 menit sampai ke Kuil Onsenji atau Kono-yu Onsen. Selanjutnya, kita bisa naik kereta gantung sampai ke puncak gunung atau mendaki melalui jalur pegunungan sekitar  20 menit lagi. Kuil Onsenji di daerah Kinosaki Onsen buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.30, dan tutup pada hari Kamis minggu kedua dan keempat setiap bulannya. Biaya masuknya 400 yen untuk masuk ke kompleks bangunan kuil dan museum seni.

Sumber gambar: Flickr Daniel, Nishimuraya Kinosaki Onsen, Nishimuraya Kinosaki Onsen


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!