Berpetualang di Daerah Wisata Arashiyama

You are here Home  > Nature, Wisata Jepang >  Berpetualang di Daerah Wisata Arashiyama

Kyoto dan Arashiyama adalah satu paket, itulah yang sering Tim Info Jepang sampaikan. Namun, masih banyak orang Indonesia yang liburan ke Kyoto tetapi tidak mengunjungi Arashiyama. Mayoritas hanya berkeliling di pusat kota dan tempat wisata populer seperti Kuil Kiyomizudera, Kuil Kinkakuji, atau Kuil Ginkakuji. Sayang sekali kalau melewatkan daerah wisata Arashiyama di pegunungan barat Kyoto yang memiliki segudang tempat wisata. Mulai dari jembatan Togetsubashi yang terkenal, pegunungan Iwatayama, atau hutan bambu Arashiyama. Kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum 5 kegiatan seru yang bisa dilakukan di Arashiyama. Simak selengkapnya.

1. Mengunjungi kuil Jojakukoji: kuil nomor 1 Arashiyama

Kuil ini terletak di sebelah utara jembatan Togetsubashi, dan dekat dengan stasiun JR Arashiyama di jalur kereta Sanin Line. Kuil Jojakukoji terkenal dengan dek observasinya, di mana kita bisa melihat seluruh daerah Sagano dan Arashiyama. Tempat ini juga memiliki spot momiji musim gugur yang terkenal yakni terowongan momiji yang terbentuk dari bebatuan dan pohon momiji. Kuil Jojakukoji buka setiap hari mulai jam 09.00 sampai 17.00 dengan biaya masuk 400 yen.

Pagoda Kuil Jojakukoji di daerah wisata Arashiyama

Pagoda Kuil Jojakukoji di daerah wisata Arashiyama

2. Ikon wisata Arashiyama: Kuil Tenryuuji

Nama Kuil Tenryuuji adalah yang paling terkenal di Jepang ketika menyebut daerah wisata Arashiyama. Kuil di bagian selatan stasiun Arashiyama ini berada di bagian dalam hutan bambu Arashiyama yang terkenal. Ikon Kuil Tenryuuji adalah taman Jepang atau Nihonteien yang terkenal dengan panoramanya yang menyatu dengan pegunungan Arashiyama di kejauhan. Kuil Tenryuuji bagus dikunjungi saat di setiap musimnya. Kuil Tenryuuji buka setiap hari mulai dari jam 08.30 sampai 17.30 dengan biaya masuk 500 yen untuk orang dewasa dan 300 yen untuk pelajar SMP kebawah.

Kuil Tenyuuji di daerah wisata Arashiyama

Kuil Tenyuuji di daerah wisata Arashiyama

3. Menjelajah villa Okochi Sanso

Okochi Sanso adalah bangunan villa dengan taman indah dan kolam di tengahnya. Letaknya sangat dekat dari stasiun JR Arashiyama, cukup berjalan kaki 5 menit dari stasiun. Di kompleks Okochi Sanso kita bisa menikmati keindahan alam pegunungan dan bunga-bunga yang mekar bergantian setiap musimnya. Kita juga bisa melihat panorama pegunungan Arashiyama dengan sungai Hozukawa dari taman. Okochi Sanso buka setiap hari mulai dari jam 09.00 sampai 17.00 dengan biaya masuk 1.000 yen untuk pelajar SMA dan dewasa serta 500 yen untuk anak-anak hingga pelajar SMP. Kita juga bisa mendapatkan makanan ringan dan minum teh jepang sambil beristirahat santai di Okochi Sanso dengan menunjukkan tiket masuk.

Panorama Okochi Sanso di daerah wisata Arashiyama

Panorama Okochi Sanso di daerah wisata Arashiyama

4. Kuil Hokyoin: kuil Jepang yang sebenarnya

Kuil Hokyoin adalah salah satu kuil bersejarah dengan pemandangan indah di daerah wisata Arashiyama. Dibangun di zaman Heian sekitar 1000 tahun yang lalu, kita bisa merasakan kesunyian dan suasana kuil Jepang yang sebenarnya. Kita juga bisa berkeliling taman di kompleks kuil dengan kolam dan pohon-pohon maple Jepang yang sangat indah di musim gugur. Kuil Hokyoin adalah salah satu spot momiji musim gugur tersembunyi di daerah wisata Arashiyama dan hanya diketahui oleh masyarakat lokal kota Kyoto. Kuil Hokyoin buka setiap hari mulai dari jam 09.00 sampai 16.00 (buka sampai 16.30 di bulan November) dengan biaya masuk 500 yen untuk dewasa dan 200 yen untuk pelajar SMP kebawah.

Suasana Kuil Hokyoin di daerah wisata Arashiyama

Suasana Kuil Hokyoin di daerah wisata Arashiyama

5. Naik rakit menyusuri sungai Hozukawa

Satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di daerah wisata Arashiyama adalah menyusuri sungai Hozukawa. Kegiatan ini sering disebut Hozukawa Kudari atau menyusuri muara sungai Hozukawa dalam bahasa Jepang. Naik rakit dan menyusuri sungai ini awalnya dilakukan sekitar 400 tahun lalu untuk transportasi orang dan barang jualan ke kota Arashiyama yang terkenal. Namun semenjak pembangunan jalan di era Meiji, fungsinya beralih jadi kegiatan wisata.

Dari atas rakit kita bisa menikmati keindahan pegunungan Arashiyama dari sudut yang berbeda. Jika sebelumnya hanya dari kejauhan, kita bisa memandangnya dari dekat dan 360 derajat. Pengalaman naik rakit tentu akan jadi pengalaman spesial yang tidak bisa dilakukan di kota dan negara lainnya.

Untuk dapat naik rakit menyusuri sungai Hozukawa kita bisa mengantri di pelabuhan rakit dan membayar ongkos 4.100 yen untuk dewasa dan 2.700 yen untuk anak-anak. Kita bisa menikmati pemandangan menyusuri sungai Hozukawa sejauh 16 kilometer dalam 2 jam waktu perjalanan. Adapun waktu keberangkatannya adalah pukul 09.00, 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00 dan 15.30 (waktu berubah di hari libur).

Informasi selanjutnya mengenai Hozukawa Kudari bisa dibaca di website bahasa Jepang.

Naik rakit di Sungai Hozukawa daerah wisata Arashiyama

Naik rakit di Sungai Hozukawa daerah wisata Arashiyama

Menyusuri sungai Hozukawa di Daerah Wisata Arashiyama

Menyusuri sungai Hozukawa di Daerah Wisata Arashiyama

Akses Menuju Daerah Wisata Arashiyama

Dari Kyoto Station kita bisa naik kereta JR Sanin Line sampai ke Arashiyama Station dengan ongkos 320 yen. Lalu berjalan kaki ke tempat-tempat wisata Arashiyama di atas.

Selain itu, teman-teman dari Osaka (Umeda atau Juso) maupun dari Sannomiya Kobe, bisa naik kereta Hankyu Kyoto Linesampai ke Arashiyama. Ongkos tiketnya seharga 400 yen dan ditempuh selama 49 menit.

Buat kamu yang ingin mengunjungi Arashiyama, Gion, atau Pasar Nishiki di Kyoto lalu ke Umeda Osaka, Gunung Rokko dan seluruh objek wisata di Sannomiya Kobe, maupun Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Dari Osaka Station

Osaka Station – Kyoto Station dengan JR San-yo Main Line
Kyoto Station – Saga Arashiyama Station dengan JR San-in Main Line (48 menit, ongkosnya 950 Yen)

Umeda Station (Osaka) – Katsura Station (Kyoto) dengan Hankyu Kyoto Line
Katsura Station – Arashiyama Station dengan Hankyu Arashiyama Line (41 menit, ongkosnya 390 Yen)

Dari Gion di Kyoto

Kalau mau ke Arashiyama, dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama via Katsura Station.

Cheap Hotels in Arashiyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Saga Grace Hotel
from ¥21580/night
Sun Members Kyoto Saga
from ¥15000/night
Rangetsu
click for detail
Ranzan
click for detail

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr lin Judy(快樂雲), Patrick Vierthaler, kelly reeves, Tetsuji Sakakibara, Laura Tomàs Avellana, Laura Tomàs AvellanaPYONKO OMEYAMA


Recommended for you

Last modified: August 20, 2017

Comments (26)

  1. Selamat malam pak, apakah bisa hanya mengunjungi beberapa tmpt di arashimaya?biasanya butuh brp lama rata2 turis menghabiskan wkt disini?
    Karena saya mengajak org tua dan kuatir terlalu lelah jika semua tmpt di arashimaya dikunjungi. Terima kasih sebelumnya.salam..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Biasanya sekitar 2-3 jam tergantung tempat-tempat yang mau dikunjungi. Namun, area ini memang biasanya di eksplor dengan berjalan kaki karena tidak ada bus dari satu tempat ke tempat lain. Salam.

  2. saya akan mengunjungi tempat wisata di Kyoto, apa baiknya dimulai dari Fushimi Inari atau Arashiyama ya pak..? berhubung Arashiyama jaraknya lebih jauh dari St.Kyoto, dan luas tempatnya.

    lalu diteruskan ke Kuil Kiyomizudera,Gion, dan kalau masih ada waktu ke Nishiki market

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Fushimi Inari hampir selalu jadi itinerary awal karena memang paling bagus dikunjungi pagi hari dan jaraknya yang paling dekat dengan Stasiun Kyoto (hanya berbeda 1 stasiun dengan JR Nara Line). Salam.

    • oh begitu ya pak, oke2..

      tapi untuk arashiyama itu dekat2 gak si pak misal ke jembatan togetshu-hutan bambu…dan naik kereta wisata sagano..?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ketiga tempat yang Ibu sebutkan terpisah cukup jauh, dan harus jalan kaki menempuhnya. Salam

    • FITRI  |  

      jadi baiknya seperti apa pak..? untuk menikmati arashiyama ini, saya masih tdk paham? mohon diinfo yah. trima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Rutenya bisa dibuat seperti ini Jembatan Togetsubashi, Kuil Tenryuuji, Hutan Bambu Arashiyama, baru kemudian sampai di stasiun keberangkatan kereta wisata Sagano.
      Untuk mencapainya ibu harus jalan masing-masing 10-15 menit, tidak ada cara yang lain. Salam

    • FITRI  |  

      mksdnya jalan 10-15 menit itu, jalan kaki ..?? atau perjalanan naik kereta/bus dengan durasi masing2 10-15 menit?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak ada kereta atau bus untuk berkeliling Arashiyama, itu maksudnya jalan kaki. Salam.

  3. Bapak selamat siang..banyak sekali yang ingin saya tanya kan hhhehe
    1.apakah ada shinkansen dari bandara haneda langsung ke osaka?
    Saya berencana membeli jr.pass hokuriku
    2.apakah di kyoto perlu beli pass lagi bila sudah punya jr.pass hokuriku
    Tujuan di kyoto fushimi inari.arashiyama.nishiki market.kiyomizu dera
    Atau ada urutan tepatnya dari mana ke mana.bila saya datang dari osaka (rencana pp ke penginapan di osaka).bapak terima kasih banyak informasinya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tidak ada shinkansen dari Haneda. Ibu harus naik kereta Keikyu dahulu sampai ke Shinagawa Station, dan kemudian naik shinkansen sampai ke Shin-Osaka Station.
      Kalau ibu datang dari Osaka bisa naik kereta JR terlebih dahulu ke Kyoto Station, beli one day bus pass Kyoto, dan kemudian mengunjungi tempat-tempat wisata di atas.
      Urutannya bisa dibuat: Fushimi Inari-Kiyomizudera-Nishiki Market-Arashiyama.
      Salam

  4. Halo admin, saya berencana utk pergi ke kyoto dan bermain disana sekitar 1hari tanpa menginap, sebaiknya alur perjalanan saya bagaimana ya? Tmpt yg ingin saya kunjungi, kiyomozudera, fushimi inari, gion, kinkakuji, hutan bambu arashimaya dan shimogamo-jinja. Apakah cukup utk berkunjung ke tempat tersebut selama 1? Dan alur tansportasinya bagaimana sampai bisa kembali ke osaka?
    Mohon bantuannya min, krn saya sedang membuat itineray. Saya brgkt pda bulan januari

  5. Selamat sore pak Nugroho,
    Mohon informasi untuk pass yang tepat bagi kami.
    Senior 2 orang, dewasa 2 orang, remaja 1 orang.
    Berikut rencana itinerary kami :
    Hari 1 : Pesawat ke Osaka tiba malam hari.
    Hari 2 : Osaka:
    Osaka castle.
    Dotonbori Street, Shin Saibashi.
    Malam menuju Kyoto
    Hari 3 : Kyoto:
    Fushimi Inari.
    Gion.
    Kinkakuji.
    Arashimaya.
    Malam menuju Tokyo.
    Hari 4: Shinjuku, Shibuya, Harajuku, dan sekitarnya.
    Hari 5 : Danau Kawaguchiko, Mt.Fuji dan sekitarnya.
    Hari 6 : Disney sea.
    Hari 7 : Keliling Tokyo.
    Hari 8 : Keliling Tokyo.
    Hari 9 : kembali Indonesia.
    Apakah ada tiket khusus untuk senior (transport dan wisata) dan dapat dibeli di Tour Guide Online juga?

    • Joyce  |  

      Selamat malam, Pak.
      Mohon info untuk tiket senior, apakah ada tiket khusus utk Disney sea atau pass?
      Dapatkah dibeli di Indonesia?
      Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Seperti tertulis di halaman Tokyo Disneyland, ada tiket dengan diskon 700 yen untuk senior (diatas 65 tahun).
      Pembelian bisa dilakukan online dari Indonesia. Salam

  6. Pak, mau tanya kalau dari Kyoto Station ke Golden temple berapa lama dan naik apa ya? Mau tau juga tempat wisata sekitar golden temple. Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau Bapak baca dengan teliti, nama-nama hotel yang saya berikan berada di sekitar Kansai Airport, dan bisa dicapai dengan naik taksi membayar 1500-2000 yen. Tidak perlu naik kereta.
      Salam.

  7. samsun soesilo ( Thomas )  |  

    pak saya mau tanya kalau saya tiba di bandara KIX ( Kansai Osaka ) jam. 23.15 tapi baru pesawat landing keluar mungkin satu jam ya kira-kira jam.24.15 itu kalau mau ke hotel kan tidak ada kereta yang ada hanya taksi jadi solusinya bagaimana ??? mohon beri jalan keluarnya atau ada tidak hotel murah disekitar bandara itu yang jaraknya tidak terlalu jauh terimakasih

  8. Maaf mohon infonya lagi, jika rencana ke Arashiyama pada hari jumat, rute dan transportasi apa yang bisa digunakan dari arashiyama ke lokasi ke masjid/islamic center terdekat untuk sholat jumat?

  9. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Ada Kyoto Mosque di dekat Kyoto Imperial Palace.
    Kalau dari Arashiyama, Bapak bisa naik bus nomor 93 dari halte Arashiyama atau halte Arashiyama Tenryuuji Mae, turun di halte Kawaramachi Marutamachi.
    Dari situ bisa jalan kaki ke utara lewat jalan Kawaramachi-dori dan Kyoto Mosque ada di sebelah kanan. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!