Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Aoi Matsuri 2018

May 15

Suasana Aoi Matsuri

Aoi Matsuri (lebih dikenal dengan Hollyhock Festival) adalah salah satu tiga festival besar di Kyoto, bersama dengan Gion Matsuri dan Jidai Matsuri. Festival ini diadakan di Kuil Kano (Kuil Shimogamo dan Kuil Kamigamo) yang diadakan di yang terkenal Kyoto. Festival ini diadakan setiap tahun pada tanggal 15 Mei.

Aoi sendiri adalah bahasa Jepang dari daun hollyhock (daun besar dengan warna cerah), yaitu daun yang biasa digunakan oleh penduduk Kyoto selama matsuri ini. Bahkan kambang bunga hollyhock ini digambar juga pada kuda atau sapi yang ikut ke dalam parade. Selama matsuri ini, teman-teman bisa bebas berfoto atau bergabung dalam parade di barisan belakang. Namun, pastikan untuk datang agak pagi agar bisa memperoleh spot yang bagus untuk mengabadikan momen.

Saat Aoi Matsuri, penduduk Kyoto akan berpakaian seperti layaknya seorang pejabat di masa Periode Heian (periode kejayaan Kyoto sebagai ibukota Jepang), juga dengan riasan wajah tradisional jaman dahulu kemudian akan berjalan dalam parade besar dari Istana Kekaisaran Kyoto, kemudian Kuil Shimogamo, dan berakhir di Kuil Kamigamo. Parade ini biasanya dimulai sekitar pukul 10.30 di Istana dan berakhir di Kuil Kamigamo sekitar jam 15.30. Daya tarik utama festival ini terletak pada parade yang melibatkan peserta yang mengenakan kostum dari periode Heian, yang konon jumlahnya bisa mencapai lebih dari 500 orang. Totalnya adalah 500 orang, 35 kuda, 4 lembu, dan 2 gerobak sapi.

Akses dan Informasi menuju ke Kuil Shimogamo (Lokasi Aoi Matsuri)

Dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa naik kereta JR Local Nara sampai Stasiun Tofukuji (sekitar 3 menit, dengan ongkos 140 yen). Lalu naik kereta Keihan Main Line sampai Stasiun Demachiyanagi (sekitar 10 menit, dengan ongkos 270 yen). Setibanya di Stasiun Demachiyanagi, teman teman-teman bisa berjalan kaki 10 menit ke arah utara.

Bisa juga dengan naik bus wisata kota Kyoto nomor 4 langsung dari Stasiun Kyoto atau juga nomor 46 yang berjalan memutari objek wisata terkenal seperti Gion, Higashiyama, Kyoto Imperial Palace, dan Istana Nijo yang terkenal. Teman-teman bisa turun di halte atau perhentian Shimogamojinja-mae di samping Kuil Shimogamo.

Akses ke Kyoto dari Tokyo

1. Dengan kereta Dari Tokyo

Dari Tokyo, teman-teman bisa mengambil kereta JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Tokyo atau Shinagawa sampai di Stasiun Kyoto. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki. Pertama kereta Nozomi (138 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 14.110 yen untuk kursi pesanan). Atau bisa juga naik kereta Hikari (158 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 13.800 yen untuk kursi pesanan) atau Kodama (220 menit) dengan harga tiket yang lebih murah dengan JR Pass.

2. Dengan pesawat dari Tokyo

Teman-teman bisa naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda atau Bandara Narita menuju Bandara Kansai. ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo-Kyoto dengan kisaran harga tiket 20.000-23.000 yen. Namun, tersedia tiket penerbangan murah sekitar 9.000-16.000 yen khusus wisatawan asing.

Perjalanan dari Bandara Kansai ke Kyoto dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 70 menit. Biayanya 2.850 yen untuk kursi biasa dan 3.500 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu Icoca (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.600 yen.

3. Dengan kereta dari Osaka

Dari Osaka, teman-teman bisa mengambil kereta JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Shin-Osaka sampai di Stasiun Kyoto. Lama perjalanannya 15 menit dengan harga tiket 3.570 yen (green class), 2.810 yen (reserved seat), 1.420 yen (unreserved seat). Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki, yaitu Hikari dan Kodama (tidak perlu membayar tiket jika dengan JR Pass), atau kereta Nozomi.

Selain itu, kalau kereta shinkansen terasa mahal, teman-teman bisa naik kereta JR Kyoto Line dari Stasiun Osaka ke Stasiun Kyoto. Lama perjalanan sekitar 30 menit, dengan harga tiket 560 yen atau gratis dengan JR Pass.

[/restab][/restabs]

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Guesthouse
from ¥8000/night
Bakpak Kyoto Hostel
from ¥2328/night
Hotel Keihan Kyoto
from ¥7000/night
Hotel Kanra Kyoto
from ¥27185/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Genkoan
Jendela Kebijaksanaan di Kuil Genkoan
Kuil Ninnaji
Momiji musim gugur di Kuil Ninnaji Kyoto
Makan Malam di Pontocho K
Suasana malam hari di Pontocho Alley Kyoto
Sungai Kamogawa
Suasana malam hari Sungai Kamogawa Kyoto

Recommended for you

Details

Date:
May 15
Event Category:
Event Tags:
,

Venue

Kuil Shimogamo
59 Shimogamo Izumigawa-cho
Kyoto, Kyoto Prefecture Japan
+ Google Map
Website:
http://www.shimogamo-jinja.or.jp/english.html