Rayakan Tahun Baru di Tokyo Disney Resort

You are here Home  > Festival >  Rayakan Tahun Baru di Tokyo Disney Resort

Berencana liburan akhir tahun di Jepang? Dibandingkan negara-negara lainnya, Jepang memang lebih “sepi”, dengan mayoritas masyarakatnya tinggal di dalam rumah berkumpul bersama dengan keluarga sambil menyambut tahun baru. Banyak juga tempat wisata yang tutup di akhir dan awal tahun. Nah, buat para pembaca setia Bagaimana kalau menghabis waktu akhir tahun dan sambut tahun baru di Tokyo Disney Resort? Berikut adalah cara untuk dapat rayakan tahun baru di Tokyo Disney Resort.

Informasi tentang Perayaan Tahun Baru di Tokyo Disney Resort

Perayaan Tahun Baru di Tokyo Disney Resort diadakan di Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea, setelah lewat waktu beroperasi normal. Dan untuk ikut serta acara yang dimulai dari pukul 20.00 ini hingga pukul 07.00 pagi keesokan harinya, teman-teman memerlukan tiket khusus. Tiket biasa hanya bisa digunakan untuk tanggal 31 Desember hingga waktu tutup Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea, sekitar pukul 18.00. Kemudian di atas jam 07.00 tanggal 1 Januari, teman-teman membutuhkan tiket Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea biasa.

Cara Mendapatkan Tiket Khusus Perayaan Tahun Baru di Tokyo Disney Resort

Tiket khusus ditetapkan melalui undian peserta. Para peserta dari Jepang dan negara-negara lain bisa mendaftarkan diri di website registrasi Tokyo Disney Resort. Pendaftaran pertama dimulai dari 12 September pukul 12.00 hingga 26 September pukul 19.00. Pendaftaran kedua dimulai dari 11 November pukul 12.00 hingga 13 November pukul 19.00. Satu cara lagi adalah dengan pengiriman kartu pos yang dibuka dari tanggal 12-26 September 2017. Namun cara ini sepertinya lebih cocok untuk masyarakat lokal di Jepang.

Cara di atas adalah cara yang paling mudah, namun bisa dibilang kecil kemungkinannya mendapatkan kesempatan mendapatkan tiket perayaan tahun baru di Tokyo Disney Resort. Untuk teman-teman yang punya “dana lebih” dan ingin sekali merayakan tahun baru di sini, bisa menginap di tanggal 31 Desember malam di salah satu dari Disney Resort Official Hotel: Tokyo Disneyland Hotel, Disney Ambassador Hotel, atau Tokyo DisneySea Hotel MiraCosta. Teman-teman bisa menanyakan kepada Cast (petugas Tokyo Disney Resort) mengenai lokasi pembelian tiketnya, sebab tiket ini tidak diperjualbelikan di tiket counter. Teman-teman juga harus berhati-hati akan website-website yang menyatakan ketersediaan tiket tahun baru di Tokyo Disney Resort, sebab tiket ini hanya didapatkan dari pendaftaran langsung dari internet. Harga tiketnya adalah sebesar 9.700 yen untuk masing-masing tiket Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea.

Parade Tahun Baru di Tokyo Disney Resort

Parade Tahun Baru di Tokyo Disney Resort

Suasana parade Tahun Baru di Tokyo Disney Resort

Suasana parade Tahun Baru di Tokyo Disney Resort

Apa yang Menarik dari Perayaan Tahun Baru di Tokyo Disney Resort?

Pertama adalah festival kembang api raksasa dan megah yang dimulai dari count down pukul 23.55. Festival kembang api ini sangat langka di Jepang, sebab hampir tidak ada festival kembang api atau perayaan tahun baru di Jepang. Teman-teman juga bisa mencoba makan toshi koshi soba yakni tradisi makan mie soba menyambut tahun baru di dalam Tokyo Disney Resort. Selain itu teman-teman juga bisa menyaksikan parade dan show populer yang dilangsungkan sepanjang malam dari pukul 20.00 hingga 07.00 di tahun baru.

Bagaimana dengan transportasi saat perayaan tahun baru?

Di Tokyo Disney Resort, transportasi bus dan Resort Train tetap beroperasi hingga besok paginya. Hanya saja, transportasi umum dari Maihama Station akan berhenti di tengah malam. Jadi lebih baik kalau teman-teman menghabiskan waktu di Tokyo Disney Resort hingga esok harinya.

Yah.. saya tidak kebagian..

Tenang saja, buat teman-teman yang tidak kebagian tiketnya, kita tetap bisa merasakan suasana tahun baru hingga tanggal 5 Januari. Kita bisa menyaksikan Mickey, Minnie, dan teman-teman lainnya tampil dalam kimono tradisional Jepang. Wah seru banget kayaknya yaa.. Menu spesial dan makanan penutup serta kue-kue khas Jepang juga bisa kita nikmati di restoran dan kios-kios di dalam Tokyo Disney Resort hingga tanggal 5 Januari.

Bagaimana menuju ke Tokyo DisneySea?

Untuk mencapai Tokyo DisneySea, teman-teman dapat menggunakan moda transportasi umum seperti kereta dan bis, atau menggunakan kendaraan pribadi. Kalau naik kereta, cara termudah adalah dengan memilih jalur mana pun yang berhenti di Stasiun Tokyo. Dari Stasiun Tokyo, kita dapat memilih JR Keiyo Line maupun JR Musashino Line dan turun di Stasiun Maihama, dengan waktu perjalanan kira-kira 15 menit dengan ongkos 220 yen dan tercover bila memiliki JR Pass. Dari Stasiun Maihama, kita bisa jalan kaki ke arah kiri selama kurang lebih 15 menit untuk sampai ke pintu masuk Tokyo Disneysea. Ada shuttle bus dari Stasiun Tokyo dan Haneda Airport (berangkat 10-15 menit sekali, dari jam 07.30-19.00, dengan ongkos 830 yen untuk dewasa dan 420 yen untuk anak-anak) yang langsung menuju ke Tokyo Disney Resort, dengan waktu tempuh kurang lebih 35 menit.

Bagi teman-teman yang datang dari Haneda Airport, tidak perlu menunggu hingga siang hari untuk check-in di hotel. Kita bisa langsung menuju ke Tokyo Disneysea dengan membawa koper dan tas, lalu menitipkannya di loker yang tersedia (ke bangunan di sebelah kanan dan kiri pintu masuk). Adapun harga lokernya adalah sebagai berikut:
ukuran kecil 300 yen
ukuran sedang 400 yen
ukuran besar 500 yen
ukuran sangat besar 700 yen

Loker juga tersedia di Terminal Bus Annex Tokyo Disney Resort. Loker ini berada di luar area Tokyo Disney Resort, sehingga bisa digunakan buat teman-teman yang tidak ingin masuk ke area wahana permainan Tokyo DisneySea. Loker di Terminal Bus Annex Tokyo Disney Resort cocok buat kamu yang akan melanjutkan perjalanan bus malam yang berangkat dari Terminal Bus Annex.

Cheap Hotels near Tokyo DisneySea [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sheraton Grande Tokyo
Sheraton Grande Tokyo Bay Hotel
from ¥17800/night
Tokyo Bay Maihama Hotel
Tokyo Bay Maihama Hotel Club Resort
click for detail
Hotel Okura Tokyo Bay
Hotel Okura Tokyo Bay
from ¥21800/night
Sunroute Plaza Tokyo
Sunroute Plaza Tokyo
click for detail

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Hama Rikyu
Taman Hama Rikyu di Tokyo
Shops and Restaurants Ven
Suasana di dalam Venus Fort Odaiba
Museum Nasional
Fosil Dinosaurus di Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo
Shinjuku Gyoen
Panorama khas Inggris di Taman Shinjuku Gyoen

Sumber gambar: Flickr nagi usanonagi usanonagi usano.


Recommended for you

Last modified: August 19, 2017

Comments (14)

  1. Untuk tiket New Year Eve, apakah hanya khusus untuk Disney Account yang Jepang / orang Jepang? Kalau kita Login dengan Disney Account yang Indonesia, selalu diminta login dari website kita terdaftar. Tapi dari website Indonesia, tidak ada pilihan untuk applikasi tiket New Year Eve.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya memang sampai hari ini baru tersedia pembelian dari situs berbahasa jepang saja Yenly. Salam.

  2. Halo apakah tiket disney malam tahun baru dijual di counter? apakah tidak ada cara lain selain menginap di disney resort dan undian online ini?

  3. Malem team saya mau tanya.. saya ada rencana ke Jepang sekeluarga dan anak anak sangat ingin ke Disney Sea.. apakah tanggal 01 Januari sampai 05 Januari disney sea buka ya??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam bu Nursidawaty, untuk tanggal 01-05 Januari, Tokyo DisneySea tetap buka full dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Tapi khusus tanggal 1, taman bermain Disney Resort buka dari jam 9 pagi.

    • nursidawaty  |  

      Oke makasih tapi tempat wisata Alpine Route itu tidak dibuk untuk umum ya Pak bulan Desember dan Januari? Ooh iya pak.. saya kan tiba di Haneda dan di Tokyo 4 hari kemudian saya ke Hakone.. Kyoto dan Osaka.. apakah saya perlu membeli JR Pass dari Indonesia yg bisa dipakai bbrp kali atau lebih hemat beli yang hanya sekali jalan saja??

    • nursidawaty  |  

      Ooh iya lupa saya pulang dari bandara Kanzai. Osaka.. kayaknya saya pengen joun tour guide onlinenya nih karena takut repot nanti.. dan satu lagi saya sampai Jepang tgl 31 Desember apakah kalau saya langsung ke Disney sea buka kan ya?? Tapi pulangnya susah nggak karena malem tahun baru.. thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Ya boleh bu, silahkan langsung menghubungi nomornya (ada di Tour Guide Online). Tanggal 31 desember DisneySea, namun jam bukannya hanya dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore (berkurang 4 jam dari jam operasional normal). Salam.

    • nursidawaty  |  

      Maaf Pak… hihi pertanyaan saya belum dijawab apakah dengan route begitu saya perlu beli JR Pass yg bisa dipake berkali kali dari Indo atau beli yg satu kali jalan aja??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Karena tiba dari Haneda dan kembali dari Kansai Airport, JR PASS belum balik modal kalau hanya ke Tokyo, Hakone, Kyoto dan Osaka. Jadi tidak perlu beli JR PASS, cukup membeli tiket untuk satu kali jalan saja. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!