Pasar Nishiki

Home / Restaurant / Pasar Nishiki
Item image

Pasar Nishiki atau “Nishiki Ichiba” dalam bahasa Jepang adalah pasar rakyat yang terletak di pusat kota Kyoto, di dekat stasiun Kawaramachi dekat Gion. Kita bisa menemukan lebih dari 130 kios sepanjang 400 meter lebih yang menjual berbagai jenis makanan dan jajanan khas kota Kyoto. Pasar Nishiki ini katanya sudah ada sejak jaman Edo yakni 400 tahun lalu dan selalu menjadi pusat ekonomi dan belanja penduduk Kyoto. Ada kakek nenek yang mencari asinan, anak muda yang makan Okonomiyaki, hingga anak kecil yang mengunyah kudapan daging gurita dengan asyiknya. Di sini selain menikmati kuliner murah, kita juga bisa menemukan oleh-oleh atau jajanan enak. Tim Info Jepang sering menganjurkan kepada pengguna Tour Guide Online untuk mampir ke Pasar Nishiki saat makan siang dalam perjalanan mengelilingi kota Kyoto.

Kuliner Kyoto yang terkenal antara lain okonomiyaki, kroket, dan kaiseki ryori. Okonomiyaki mirip seperti martabak, namun berisi sayur kubis, telur, daging yang dipanggang di atas penggorengan panas. Sebenarnya okonomiyaki juga ada di Hiroshima dan Osaka, namun banyak yang bilang okonomiyaki di Kyoto memiliki cita rasa berbeda dengan yang ada di daerah lainnya. Kroket adalah sejenis gorengan dengan adonan lembut di dalamnya. Di Kyoto kita bisa menemukan kroket dengan isi daging, potongan ikan, kepiting, bahkan coklat. Mmm, lezat ya! Sementara kaiseki ryori adalah paket makanan yang berisi beragam jenis hidangan laut yang sudah diolah. Buat kamu yang liburan bersama dengan keluarga atau kerabat, makan kaiseki ryori adalah pilihan tepat karena bisa mencoba kuliner seafood segar dengan harga terjangkau di sini. Selain itu kita juga bisa menemukan sate dan juga goreng-gorengan hidangan laut lainnya di sini. Semuanya murah-murah!

Aneka gorengan tradisional Jepang di Nishiki Market

Aneka gorengan tradisional Jepang di Nishiki Market

Menemukan Nishiki Market ini tidak susah kok, teman-teman cukup mencari Jalan Shijo (salah satu jalan utama di Kyoto). Terbentang di sepanjang jalan sejauh kurang lebih 400 meter, teman-teman akan menemukan banyak restoran yang menjual aneka jajanan hingga toko yang menjual aneka oleh-oleh dan kerajinan tradisional. Pasar Nishiki ini ada 1 blok di sisi utara Jalan Shijo. Biasanya teman-teman yang baru keliling Gion akan mampir ke Pasar Nishiki sebelum kembali ke Stasiun Kyoto.

Toko buah dan sayur di Nishiki Market

Toko buah dan sayur di Nishiki Market

[/image]Suasana nishiki market di Kyoto[/image]

Suasana nishiki market di Kyoto

Setelah berjalan-jalan dan menyantap kudapan di Pasar Nishiki, teman-teman juga bisa mampir di Nishiki Tenmagu Shrine. Kuil ini dipenuhi dengan banyak lentera yang digantung di tembok sisi depannya. Meskipun tidak sebesar Kuil Kitano Tenmangu atau Kuil Dazaifu Tenmangu, namun keunikan kuil ini tetap jadi daya tarik. Kuil ini biasanya ramai dikunjungi para pelajar menjelang waktu ujian atau tes masuk perguruan tinggi, di mana mereka akan menuliskan doa atau keinginan mereka dan menggantungnya di atas pohon plum di depan kuil. Menurut kepercayaan, doa dan keinginan kita akan terkabul..wah!

Akses menuju ke Pasar Nishiki Kyoto

Stasiun terdekat adalah stasiun Shijo di jalur Subway Karasuma dari arah Stasiun Kyoto, lalu Stasiun Kawaramachi di jalur Hankyu Kyoto Line atau stasiun Gion Shijo di jalur Keihan Line. Dari stasiun di atas kita bisa berjalan kaki sekitar 3 menit menuju ke arah keramaian. Supermarket Daimaru atau Mall Loccitane juga bisa dipakai sebagai tanda menuju ke pasar.

Jika teman-teman mau naik bus kota Kyoto, bisa naik bus nomor #5, #205, #206, atau #101 dan berhenti di Stasiun Shijo. Lihat juga: Panduan lengkap jalur bus di Kyoto.

Objek wisata terdekat antara lain Kuil Yasaka, Kuil Chionin, Taman Maruyama dan distrik Gion di sebelah timur, yang semuanya bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit (1 kilometer).

Buat kamu yang ingin mengunjungi Pasar Nishiki, Distrik Gion dan Arashiyama di Kyoto, lalu ke Umeda Osaka, Gunung Rokko dan dan kawasan pusat kota Sannomiya Kobe,Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Cheap Hotels near Nishiki Market [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Travellers Inn
2 km away
click for detail
Eco and Tec Kyoto
1 km away
click for detail
Ryokan Inn Yoshida-sanso
3 km away
from ¥50049/night
14003 km away
blog-image

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Shigureden Arashiy
9 km away
Pendopo utama Museum Shigureden Arashiyama
Museum Manga Kyoto
1 km away
Rak buku di Museum Manga Kyoto
Kuil Ryoanji
6 km away
Taman Kuil Ryoanji di Kyoto
Kuil Kurama
13 km away
Pemandangan momiji musim gugur di Kuil Kurama

Sumber gambar: Flickr u dou, Binder.donedat, Thilo Hilberer


Recommended for you


Last modified: February 22, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (55)

  1. selamat siang pak,

    saya akan ke kyoto dengan rute sbb :
    Osaka – kyoto sta – fushimi inari – arashiyama – nishiki market

    Yang akan saya tanyakan, one day pass apa atau pass apa yang harus saya beli?

    Terima kasih

  2. Sore pak.. kalu one day trip ke kyoto dgn rute sbb st kyoto, gion distrik, mkn siang di nishiki market, museum manga, philosophers path dan mkn mlm di pontocho lalu kembali ke osaka apa sdh sesuai pak tdk rute berputar2 dlm artian nya.. ma kasih banyak

  3. PAgi mas mau tanya
    saya rencana dari umeda langsung ke Kyoto (daerah Shijokarasuma)naik Hankyu Kyoto Line Ltd. Exp. for KAWARAMACHI lgsng stop di karasuma st.

    Saya search di hyperdia dari Umeda ada kereta lgsng menuju karasuma, namum hanya umeda HANKYU saja, sedangkan umeda hanshin/subway tidak, hrus transfer dl.

    Pertanyaannya
    1.bagaimana saya tau mana yg umeda HANKYU dan HANSHIN>? apa beda kedua nya ?
    2. Hotel saya di Sotetsu+Fresa+Inn+Kyoto+Shijo+Karasuma,+Jepang, dekat sekali dgm Shijo/karasuma ST.

    nah saya mau ke arishiyama naik BUS, (liat dipeta bus kyoto ada stasiun shijo karasuma), tp saya otak atik google map kok ga ada simbol bus, adanya kereta saja, kira2 mas nugroho tau ga ya letak bus terdekat dan cara menuju kesana. tks y

    • Nugroho Christian  |  

      1. Beda, kalau Hankyu Umeda Station ada di sisi timur laut Stasiun Osaka, sementara Hanshin ada di sisi selatan. Detailnya bisa dibaca di Stasiun Osaka.
      2. Lebih mudah dengan naik kereta Hankyu, bus biasanya penuh dan jadi pilihan terakhir saja. Kamu bisa naik kereta Hankyu dari Karasuma-Katsura-Arashiyama. Dan kamu sudah bisa balik modal dengan Hankyu Tourist Pass.

    • tiaratiara  |  

      pass itu hanya mengcover hangyu line sj y?

      rencana saya mau beli kyoto one day pass, lebihbaik pilih yang mana?
      saya mau ke gion, ke 3. Fushimi Inari, nishiki market

      baikny pake pass itu apa kyoto one day pas?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Sebetulnya kalau ibu ingin ke Karasuma Station dengan kereta Hankyu, Kyoto One Day Pass bisa diabaikan. Ini karena Kyoto One Day Pass hanya bisa dibeli ke Kyoto Station, yang notabene tidak akan dilewati oleh rute perjalanan Ibu. Kalau ibu membaca link di mengenai penggunaan Hankyu Tourist Pass, perjalanan ke Gion, Nishiki Market, dan Arashiyama tercover oleh Hankyu Tourist Pass. Konsekuensinya ibu harus menambah ongkos sendiri untuk perjalanan dari Gion Shijo (stasiun kereta dekat dengan Kawaramachi Station ke Fushimi Inari Station) seharga 210 yen one way. Salam

    • tiaratiara  |  

      mas sepengelaman mas Nugroho
      SAYA kan membawa Anak 1 tahun dgn stroller,
      kalau naik kereta kan pasti harus jalan dl masuk kedalam stasiun utk mencari platform dll
      begitu jg kl sudah sampai keluar exit yang juga lumayan jauh

      lebih baik naik bus saja atau kereta ?
      jika memang lbh mudah naik bus, sy akan merubah rute nginep didaerah kyoto st.
      mengingat naik bus itu tdk jalan jauh,hny mencari halte sj, kl kereta harus jalan masuk ke stasiun,apalagi kl besar, tks y

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Saya akan berikan ibu insight mengapa lebih bagus naik kereta. Gion dan Nishiki Market itu berada dekat dengan Stasiun kawaramachi, sementara Arashiyama adalah stasiun kecil bila dibandingkan dengan Osaka dan Kyoto Station. Nah, kalau ibu naik bus, pertama ibu akan sulit mencari halte bus, sebab lokasi haltenya tidak muncul di google map. Kedua, bus wisata di Kyoto sangat penuh, akan sulit bila membawa stroller ketika naik dan turun. Ketiga, ibu jadi ribet mengubah hotel lagi, padahal sudah dapat hotel di Karasuma sudah sangat strategis menurut saya. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Toko-toko dan restoran Nishiki Market di Kyoto buka dari jam 10 pagi sampai sekitar pukul 6 malam

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Nishiki Market bisa naik bus nomor 5 sampai ke Kyoto Station. Untuk perjalanan ke Fushimi Inari bisa pp naik kereta JR Nara Line dari Kyoto Station. Salam

  4. siang, jika saya dari distrik gion lalu ingin makan ke nishiki market bisa jalan kaki saja atau harus naik bus ya? jika naik bus bagaimana rutenya dan naik bus no berapa ya? trims

    • Ok terimaksih pak, sama mau tanya kalau saya begitu sampai di kansai berarti beli ic card icoca ya, pulangnya saya melalui narita. KAlau untuk refund apakah bs di vending machine narita?

    • Nugroho Christian  |  

      ICOCA hanya bisa dibeli dan direfund di wilayah Kansai. Tapi, tetap bisa digunakan di seluruh wilayah Jepang. Sebaiknya Sinta menghabiskan saja dahulu isi IC card nya sebelum pulang. Salam.

    • apakah hal tersebut sama juga dengan pasmo/suica? karena setelah osaka saya ke kawaguchiko baru ke tokyo, berarti saya habiskan icoca di osaka lalu bisa beli pasmo/suica di kawaguchiko lalu refundnya di bandara narita bisa?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau beli pasmo/suica juga hanya bisa direfund di daerah Kanto seperti Tokyo dan sekitarnya. Tapi, kartu ICOCA bisa juga digunakan di Tokyo, begitu juga sebaliknya, SUICA/Pasmo juga bisa digunakan di Kansai. Jadi ibu cukup membeli salah satu saja untuk mengcover seluruh ongkos perjalanan dengan naik bus/ kereta. Sebelum pulang, nanti dihabiskan saja dengan membeli makanan/ minuman di swalayan. Salam.

  5. malam pak, tlg tny..kalo saya naik bus 206, saya turunnya di nishiki ichiba dulu (stasiun shijo) baru lanjut ke gion ya pak? lanjut ke gionnya naik bis 206 lagi atau bs jalan kaki saja dr nishiki pak? makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari Nishiki Market bisa jalan kaki ke Gion kok Ibu. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Mudah bu, sudah ada beberapa kios yang menuliskan “halal” selebihnya, ibu harus bertanya kepada pedagangnya. Atau jika masih sangsi sebaiknya tidak membeli makanan di sini dan hanya sebatas sightseeing saja. Salam.

  6. hi..
    saya mau tanya mengenai opening hours nya.
    saya ada baca 1 artikel katanya market ini tutup hari rabu n minggu (byk toko tutup) apakah benar?
    apakah bapak mengetahui kah?
    thanks share infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Pasar Nishikinya tetap buka setiap hari bu Eli, namun memang ada beberapa toko (sebagian saja) yang tutup hari Rabu. Namun, ibu tetap bisa berkeliling dan melihat-lihat ke toko lainnya kok hari Rabu atau Minggu. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, pasarnya hanya sampai sore. Gion sebenarnya juga sudah banyak yang tutup tokonya, hanya kita bebas berkeliling saja. Salam.

  7. Pak Christian,

    Saya menginap di Osaka dan bermaksud mengunjungi Kyoto seharian.

    Tujuan saya : Arashiyama + Sagano , Kinkakuji, Kiyumizudera,Fushimi Inari, Gion, dan Nishiki Market.

    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah bisa mengunjungin tempat2 diatas dalam sehari? Bagaimana urutan sehingga efisien waktu?
    2. Apakah saya cukup beli one day bus card saja, karena JR Pass saya masih bisa dipake juga?
    3. Jam berapa JR paling malam untuk kembali ke Osaka lagi?

    Terima kasih ya pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Rute searah dan paling efektif adalah
      Osaka-Kyoto Station (beli one day bus pass)-Fushimi Inari-Kiyomizudera-Gion-Nishiki Market-Kinkakuji-Arashiyama dan Sagano.
      Tapi mungkin untuk Arashiyama dan Sagano sudah sore atau malam hari sehingga tidak bisa menikmati pemandangan saat hari terang.
      Mungkin rutenya bisa diubah sedikit:
      Osaka-Kyoto Station (beli one day bus pass)-Fushimi Inari-Kiyomizudera-Kinkakuji-Arashiyama dan Sagano-Gion-Nishiki Market
      Kereta terakhir dari Kyoto Station kembali ke Osaka Station adalah pukul 00.15 dan sampai di Kyoto 01.00
      Salam

  8. Halo…saya berencana pergi ke Jepang dengan tujuan wisata osaka dan kyoto. berikut itinerarynya:
    Hari pertama : Jakarta-Kansai, tiba malam jam 21.45 langsung menuju hotel. (FYI: untuk menuju hotel menggunakan kereta Hankyu Line).

    Hari kedua : Fushimi Inari, Kinkakuji, Nishiki Market, Gion

    Hari Ketiga: Osaka castle, Shinsaibashi, Dotonbori

    Hari Keempat: sagano romantic train, arashiyama bamboo grove

    Hari Kelima : kembali ke indonesia

    Nah untuk itinerary seperti di atas sebaiknya saya menggunakan Suica, JR kansai pass atau apa?

    terima kasih sebelumnya

    • Terima kasih banyak informasinya.

      Oya satu lagi bagaimana menuju hotel toyoko inn osaka hankyu juso eki nishiguchi dari bandara kansai?

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Kansai, Deti bisa naik kereta JR Kansai Airport Rapid Service sampai Stasiun Osaka. Lalu berjalan sedikit ke Stasiun Hankyu Umeda, dan berpindah ke kereta Hankyu Kobe Line menuju Stasiun Juso. Hotel Deti bisa dicapai dengan 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Juso. Salam.

  9. Dear mas nugroho..punten mau tanya kalau itin saya:
    Hari 1: dari KIX lalu ke osaka , lalu ke tempozan,umeda,osaka castle
    Hari 2 : Usj
    Hari 3: Kyoto; fushimi inari,arashiyama,nishiki, gion
    Hari 4 : dotonbori, shinsaibashi.
    Apakah pass yg cocok utk saya? Apa lebih baik membeli satuan?
    Pertimbangan saya apakah ada pass yg cover naik kereta dari KiX ke osaka, dan juga naik kereta dr osaka-kyoto-osaka dan juga utk nail bus di osaka yg fungsinya sama seperti 1 day bus pass kyoto? Ataukah tetap lbh murah membeli satuan?
    Terima kasih mas nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk hari pertama bisa membeli Osaka Amazing Pass versi Kansai Airport. Yang mengcover ongkos dari Kansai Airport ke pusat kota Osaka, juga ongkos dan biaya masuk Tempozan, Umeda Sky Building, dan Osaka castle. Bisa lihat hitung-hitungan Tim Info Jepang di halaman Osaka Pass.
      Untuk hari ketiga, kalau ibu menginapnya di Osaka, ibu bisa membeli Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass. Untuk hari lainnya, tidak perlu membeli pass karena lebih murah membeli tiket satuan. Salam

    • Dear mas nugroho..berarti yg cover dr KiX ke osaka adalah Osaka amazing pass versi Nankai ya..dan bukan free semua atraksi yg saya tuju,melainkan discount.Jika dibandingkan dengan Yokoso Osaka Ticket mana yg lebih menguntungkan ya mas?thank youu

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya dimaksud potongan harga adalah sebenarnya gratis untuk tempat-tempat wisata tersebut. Osaka Amazing Pass-Nankai Expansion ini sebenarnya Osaka Amazing Pass (2300 yen) plus ongkos kereta Nankai Airport.
      Kalau Yokoso Osaka Tiket tidak gratis biaya tempat-tempat wisata di atas.
      Salam

  10. Malam Pak Nugroho, saya akan pergi ke Jepang tanggal 4-11 Maret 2017 dengan itinerary sbg berikut:

    H1: Tiba di Osaka, Osaka City tour sekitar Namba
    H2: Osaka City Tour (Osaka Castle, Tempozan, dll)
    H3: Universal Studio Japan
    H4: Go to Kyoto: kiyomizu dera, Fusihiminari, nishiki market, arashiyama
    H5: Go to tokyo (city tour)
    H6: Tokyo Disneyland
    H7: Back to Osaka-Kansai Airport back to Jakarta

    yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah itinerary diatas sudah cukup efektif?
    2. saya ingin tanya mengenai biaya sewa koper di namba station apakah ada? jika iya berapa ya pak?
    3. untuk H4 di kyoto, bagaimana cara jika ingin pergi ke fushiminari? apa bisa naik JR? atau harus naik buss?
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, rutenya sudah tepat Ibu. Kalau PP Osaka-Tokyo-Osaka nya ingin naik shinkansen, bisa membeli JR Pass karena sudah balik modal. Lalu mengenai loker di Namba Station, ada total 150 loker ukuran besar dan jumbo di Namba Station. Ibu khususnya bisa menitipkan di sekitar stasiun kereta subway Namba yang lokernya paling banyak sekitar 80an, sehingga tidak perlu kuatir lokernya penuh dan tidak bisa menitipkan kopernya. Mengenai harganya berbeda-beda ibu, namun rata-rata harganya bisa dicek di halaman berikut.
      Untuk ke Fushimi Inari Taisha, ibu bisa naik bus kota Kyoto atau naik kereta JR. Salam

    • Lalu apa betul di namba JR pass tidak bs digunakan? Apa sebaiknya saya menggunakan ICOCA untuk naik kereta?
      Selanjutnya saya jg ingin tanya jika ingin ke GION dan kiyomizudera di kyoto dari osaka bagaimana caranya ya? Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Di Namba, ada 3 stasiun: Nankai Line, subway Line, dan JR Line.
      Kalau pakai yang JR line maka JR Pass bisa digunakan. Untuk ke Gion dan Kiyomizudera, ibu bisa naik kereta JR sampai Kyoto Station dan naik bus seperti yang tertulis di pergi ke Gion dan info wisata Kiyomizudera.
      Salam

  11. Selamat malam pak, mohon petunjuk nya slama 2 hr di kyoto saya rencananya akan mengunjungi:
    1. Fushimi Inari
    2. Kiyomizu-dera
    3. Arashiyama
    4. Kinkakuji
    5. Gion
    6. Nishiki market
    Mohon petunjuk nya bgmn sebaiknya urutan tmp yg hendak dikunjungi agar lbh efisien wkt nya dan transportasi nya naek apa enaknya? Terima kasih pak

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!