Kifune Jinja

Home / Restaurant / Kifune Jinja
Item image

Kifune Jinja (artinya Kuil perahu kuning) adalah kuil Kyoto kuno yang memiliki prestise dan sejarah panjang. Menurut legenda, seorang peri bernama Tamayori-hime yang muncul menaiki perahu kuning dan menyuruh membuat tempat pemujaan di mana perahu kuning ini berhenti. Perahu kuning ini kemudian terus berjalan dan akhirnya berhenti di mata air Yodogawa dan Kamogawa yang berada di pegunungan. Sejak saat itulah, Kifune Jinja dibangun dan tetap kokoh hingga saat ini. Kifune Jinja dipercaya sebagai tempat bersemayam dewa air dan dewa hujan oleh sebagian besar penduduk Kyoto.

Kifune Jinja yang berada di sebelah timur laut kota Kyoto menawarkan suasana pegunungan yang berbeda dengan suasana kota Kyoto yang sangat padat dengan para turis mancanegara dan domestik. Jadi kalau kamu tertantang dan ingin pergi ke objek wisata baru di Kyoto, Kifune Jinja adalah tepat yang sangat pas! Berikut hal-hal menarik yang bisa kita lakukan saat pergi ke Kifune Jinja.

1. Mengunjungi Kifune Jinja

Masyarakat Jepang sangat terkenal dengan kebiasaan menerawang keberuntungan dengan menarik kertas mikuji. Biasanya kertas mikuji dipilih dari sederetan laci di kuil dan kemudian tingkat keberuntungan dapat dilihat. Namun di Kifune Jinja, tulisan kertas keberuntungan tidak langsung kelihatan namun akan muncul setelah dicelupkan ke dalam air. Benar-benar kuil dewa air ya! Kifune Jinja dan kuil lain di sini juga sangat bersejarah dan berusia lebih dari 1600 tahun! Bahkan lebih tua dari sejarah kota Kyoto. Jangan lupa pergi ke kuil ini yah.

Kifunegawa atau Sungai Kifune

2. Menikmati Santap Siang dan Santap Malam

Kita dapat beristirahat sekaligus menyantap makanan khas Kyoto di restoran-restoran dan penginapan yang tersebar hampir di sepanjang sungai Kibune. Ada juga restoran di mana kita menyantap makanan dengan air mengalir di bawah kita yang disebut Kawadoko. Romantis bukan? Tentu akan jadi pengalaman tidak terlupakan selama liburan di Kyoto. Kalau berminat lebih baik menelepon lebih dahulu dan memesan tempat. Tapi cek dulu isi dompet karena harganya cukup mahal, berkisar antara 3000 yen hingga 20 ribu yen untuk satu orang.


Fushimi Inari Taisha di Kyoto

Rangkuman informasi terlengkap mengenai objek wisata terbaik kota Kyoto. Objek wisata ini dipilih berdasarkan kemudahan akses dan keindahan panoramanya.


Tempat Wisata Gratis di Kyoto Heian Jingu

15 top tempat wisata di Kyoto berdasarkan oleh laporan pusat informasi turis, akses kunjungan, daftar itinerary pengguna Tour Guide Online, dan pertanyaan yang masuk ke website Info Jepang.



Restoran di atas air di Kifune Jinja

Suasana restoran dekat Kifune Jinja

3. Menikmati keindahan musim gugur

Di musim gugur pohon-pohon Momiji daunnya akan berubah warna menjadi kuning dan kemerahan. Keindahan daun-daun itu ditambah dengan temaramnya sinar-sinar dari lampion di sepanjang jalan ke Kifune Jinja. Jangan lupa untuk mengambil foto di tempat ini!

4. Mengunjungi Kibune Jinja saat musim dingin

Kibune Jinja juga sangat menawan jika dikunjungi di musim dingin. Salju yang menyelimuti batu-batu di jalan dan halaman Kibune Jinja memberikan pesona tersendiri yang berbeda dibanding saat musim panas.

Kifune jinja di musim dingin

Akses ke Kifune Jinja

Kita bisa menuju ke Kifune Jinja dengan berjalan kaki 5 menit dari halte bus Kifune atau 30 menit jalan kaki dari stasiun Kibuneguchi di Eizan Kurama Line. Stasiun Kibuneguchi sendiri bisa ditempuh dengan naik kereta Keihan dari pusat kota Kyoto sampai stasiun Demachiyanagi dan kemudian pindah ke Eizan Kurama Line. Kifune Jinja buka setiap hari sepanjang tahun mulai dari jam 06.00 pagi hingga jam 20.00, dan biaya masuknya gratis.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Keihan Kyoto
15 km away
from ¥7000/night
APA Hotel Kyoto-eki
15 km away
from ¥7534/night
Hyatt Regency Kyoto
15 km away
from ¥31812/night
Kyoto Century Hotel
15 km away
from ¥10487/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Nanzenji Kyoto
13 km away
Bangunan utama Hojo di Kuil Nanzenji
Okochi Sanso
14 km away
Panorama musim gugur di Okochi Sanso Arashiyama
Sannenzaka Ninenzaka
14 km away
Suasana Sannenzaka Ninenzaka di senja hari
Philosophers Path
11 km away
Philosophers Path di musim semi

Sumber gambar :  Flickr Norio NAKAYAMA, Amy Ross, imamiya.jp, Flickr Oame, Oame, sparklig


Recommended for you


Last modified: February 14, 2017 by

Close Comments

Comments (10)

  1. Saya akan ke kyoto 3 februari 2017 Kira2 di kuil kifune ini bersalju apa tidak pak?
    Dan kalau tidak, dimana saya bisa menemukan salju di bulan itu di sekitaran kyoto/osaka? Dan bagaimana cara akses termurah dan berapa?

    • Nugroho Christian  |  

      Seharusnya iya, namun harus menunggu info cuaca selama musim dingin Januari nanti (kami belum bisa memastikan). Prasetyo bisa coba ke Biwako Valley, tempat main ski favorit para penduduk kota Kyoto dan Osaka. Salam.

  2. Selamat Siang Pak,
    Saya mau tanya nih, One Day atau Two Day Pass di kyoto dan Osaka itu mencakup semua transportasi (minus shinkansen) yang ada di kota itu? Terima kasih

    • Rahmat Noprisandi  |  

      Makasih infonya pak… Sejauh yg saya baca dari artikel yg bapak sarankan dan beberapa artikel lainnya jg, untuk di kyoto itu lebih hemat menggunakan Kyoto One Day Bus Pass dibandingkan yg lain.. Terima kasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Iya benar pak, tapi jika memang ingin mengunjungi beberapa tempat wisata (utamanya Kuil di Kyoto) yang memang aksesnya jauh lebih praktis jika dengan bus dan membeli One Day Bus Pass Kyoto. Kalau dengan kereta bisa, namun perlu jalan kaki jauh dan pindah-pindah kereta. Kalau bapak hanya ingin ke Kiyomizudera dan Arashiyama dengan hankyu ya saya beri tahu jalurnya pak. Salam.

    • Rahmat Noprisandi  |  

      iya pak, kalo bisa mohon informasinya BUS dari Kinkakuji Temple menuju Kuramadera Temple, kemudian dari Kuramadera Temple menuju St. Kyoto? Bus nomor berapa, Rutenya kemana, dan Turunnya di Halte apa, serta BUSnya berakhir dijam berapa? Terima kasih sekali lagi pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Tidak ada bus menuju ke Kuramadera Temple. Bapak harus naik kereta Keihan sampai ke Demachiyanagi Station, kemudian naik kereta Eizan Railway sampai ke Kurama Station. Salam

    • Rahmat Noprisandi  |  

      Makasih infonya pak, tp kalo dari Kinkakuji Temple ke Demachiyanagi, kemudian Demachiyanagi ke St. Kyoto (Dengan pertanyaan yang sama pak)

      Terima kasih banyak
      Salam

    • Rahmat Noprisandi  |  

      Saya sudah dapat jalur nya pak

      Kinkakuji Temple menuju Kuramadera Temple :
      Halte BUS Kinkakuji-michi menggunakan BUS No 101, 102, 204, 205 kemudian Transit di Kitaoji BUS Terminal. Dari Terminal BUS Kitaoji menggunakan BUS No. 206 menuju Halte BUS Hyakumanben (Jalan kaki menuju St. Demachiyanagi) selanjutnya menggunakan Eizan Railway menuju St. Kurama…

      Kuramadera Temple menuju St. Kyoto :
      St. Kurama menggunakan Eizan Railway menuju St. Demachiyanagi, selanjutnya jalan kaki menuju Halte Hyakumanben. Dari Halte Hyakumanben menggunakan BUS No.206 menuju Halte Kyotoeki-mae (St. Kyoto)

      Hanya saja waktu tempuh perjalanannya lebih lama dibandingkan menggunakan kereta, tetapi lebih efisien biaya

      Terima kasih bantuannya
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!